perawatan kulit kusam

Kulit yang kusam bisa saja disebabkan oleh faktor usia, namun sering kali kondisi kulit ini merupakan hasil dari pola hidup dan kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat, lho. Apabila kulit Anda kusam, lakukanlah sembilan langkah perawatan kulit kusam di bawah ini untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bercahaya.

Namun, sebelum membahas tentang bagaimana perawatan kulit kusam yang alami, ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyababkan kulit kusam.

Apa Penyebab Kulit Kusam?

1. Dehidrasi

Kurang meminum air akan mempengaruhi penampilan kulit Anda. Hal ini telah dibuktikan melalui studi di tahun 2015, menemukan hubungan kuat antara minum cukup air dan memiliki kulit yang sehat. Minum cukup air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Wajah Belang yang Mengganggu

2. Kurangnya Pelembab

Tidak menggunakan pelembab, terutama jika kulit Anda cenderung kering, dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Menggunakan pelembab 2 kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit Anda.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Tubuh Anda secara alami melepaskan sel-sel kulit mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Tetapi terkadang sel-sel kulit mati tersebut tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka menumpuk di permukaan kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, tidak merata dan kusam.

4. Kulit Kering

Kulit kering dapat dengan cepat terlihat kusam. Hal ini terutama terjadi ketika udara dingin dan kering, atau jika Anda tinggal di iklim yang memiliki kelembapan sangat rendah.

Baca juga: Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

5. Penggunaan Tembakau

Merokok merupakan salah satu faktor yang penting dalam terjadinya penuaan kulit.

Dalam studi yang dilakukan oleh Morita pada tahun 2010 menemukan bahwa merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit Anda. Semua ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit yang tampak kusam.

6. Penuaan

Penuaan merupakan bagian yang tidak dapat terhindarkan dari kehidupan. Begitu juga kulit yang menua. Walaupun Anda tidak dapat mengontrol proses penuaan, setidaknya Anda masih dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit untuk membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan cerah.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Anti Aging

10 Cara Merawat Kulit Kusam Agar Glowing

Ada berbagai cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat dan mencerahkan wajah kusam secara Alami, yaitu:

1. Mencuci Wajah 2 Kali Sehari

Perawatan kulit kusam yang paling mudah dilakukan adalah mencuci wajah. Cucilah wajah Anda dengan facial foam yang sesuai dengan kulit Anda.

Bila kulit wajah Anda berminyak, berjerawat sekaligus kusam, jangan memaksakan diri untuk mencuci wajah menggunakan facial foam untuk mencerahkan kulit. Utamakan untuk membasmi jerawat Anda dahulu dan pilihlah sabun wajah khusus untuk kulit berminyak.

Cuci wajah Anda dengan sabun wajah minimal dua kali sehari yaitu saat mandi pagi dan sebelum tidur.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit Kusam?

2. Membersihkan Make Up

Saat melakukan perawatan kulit kusam, selain mencuci wajah dengan facial foam, imbangilah dengan membersihkan wajah menggunakan face tonic.

Bersihkan wajah Anda sebelum mencuci wajah Anda dengan facial foam dan setiap kali habis menggunakan make-up.

3. Maskeran/Luluran Menggunakan Teh Hijau

Gunakan masker yang terbuat dari teh hijau untuk membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya.

Anda juga bisa menggunakan face tonic yang mengandung teh hijau.

Bila perawatan kulit kusam Anda tujukan untuk kulit badan, maka pilihlah lulur dan sabun badan yang mengandung teh hijau.

Kandungan teh hijau pada masker/lulur dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, flek atau bekas luka serta membuat kulit Anda terasa lebih kencang dan muda.

Baca juga: 5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

4. Gunakan Sunblock

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kusam. Nah, bila Anda sering melakukan pekerjaan lapangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya (sunblock).

Meski terdengar terlalu berlebihan, tetapi mengingat suhu udara di Indonesia yang bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius, maka menggunakan sunscreen saja tidak cukup, maka dari itu Anda perlu menggunakan sunblock.

Gunakan sunblock 15 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

5. Mandi Susu

Susu merupakan salah satu bahan yang paling terkenal dalam perawatan kulit kusam. Mandi dan berendamlah menggunakan susu sapi dua minggu atau sebulan sekali untuk membuat kulit kusam Anda menjadi lebih cerah.

Anda juga perlu minum susu agar perawatan tersebut tidak hanya terjadi dari luar tetapi juga dari dalam.

Baca juga: 9 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

6. Gunakan Masker dan Body Scrub Kefir

Di Indonesia sedang marak masker, sabun dan body scrub yang terbuat dari kefir untuk membuat kulit menjadi cerah, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Maraknya penggunaan masker, sabun dan body scrub yang terbuat dari kefir karena masker, sabun dan body scrub tersebut telah terbukti dapat mencerahkan dan menghilangkan noda bekas jerawat ataupun akibat flek hitam.

Anda bisa mencoba menggunakan masker wajah dan body scrub yang terbuat dari kefir.

Namun perlu Anda ketahui, masker dan body scrub yang terbuat dari kefir artinya terbuat dari bahan alami sehingga Anda harus sabar untuk melihat hasilnya.

Gunakan masker dan body scrub kefir sehari sekali dalam jangka waktu tertentu misalkan selama satu hingga tiga bulan hingga kulit wajah maupun badan Anda menjadi cerah.

Baca juga: Perawatan Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

7. Konsumsi Yoghurt

Selain melakukan perawatan dari luar untuk mengatasi kulit kusam, Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam salah satunya dengan cara mengkonsumsi yoghurt.

Yoghurt tidak hanya akan membuat kulit kusam Anda menjadi lebih bercahaya, tetapi juga dapat menghilangkan jerawat, noda bekas jerawat atau flek hitam, melembutkan kulit badan dan kulit wajah serta menghilangkan kerutan pada kulit.

Bila Anda rutin mengkonsumsi yoghurt sehari sekali, Anda tidak hanya melakukan perawatan untuk kulit Anda saja, tetapi Anda juga melakukan perawatan pada sistem pencernaan Anda.

Selain meminum/memakannya, Anda juga dapat menjadikan yoghurt sebagai masker atau lulur.

Baca juga: Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

8. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan yang penting dilakukan untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap bersih dan bersinar.

Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara konsisten, Anda bisa menghilangkan sel kulit mati dan membentuk kulit baru. Kelebihan dari jenis perawatan ini adalah mampu diterapkan di hampir semua bagian tubuh, dari wajah, bibir, hingga kaki.

Anda dapat melakukan eksfoliasi 3-4 kali dalam seminggu. Untuk melakukan eksfoliasi, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mencerahkan kulit kusam Anda. Bahan alami tersebut dapat Anda baca lebih lanjut melalui artikel berikut “7 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami“.

9. Minum Air Putih

Meski terlihat sepele, meminum air putih yang cukup ternyata sangat penting bagi kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, maka kulit akan terhidrasi dan tidak kusam.

Inilah sebabnya, penting juga untuk memperhatikan asupan cairan pada tubuh setiap hari yaitu minimal 8 gelas per hari.

Baca juga: Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

10. Istirahat yang Cukup

Cara perawatan kulit kusam secara alami yang terakhir adalah dengan memperhatikan waktu istirahat. Aktivitas-aktivitas berselancar di media sosial pada malam hari misalnya dapat membuat lalai sehingga membuat Anda begadang.

Padahal waktu beristirahat sangat mempengaruhi penampilan kulit. Jadi, buat Anda yang sering begadang, sebaiknya batasi aktivitas tersebut karena dapat menyebabkan kulit kusam dan kurang bercahaya.

Perawatan Kulit Kusam Bersama JAC

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan metode anti aging facial dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) – salah satu prosedur paling populer dalam dunia anti-aging yang membantu mengurangi kinerja otot berlebih saat Anda berekspresi, sehingga wajah tampak lebih muda dan segar. JAC juga menawarkan anti-oxidant infusion – terobosan baru perawatan kulit bebas noda hitam dan kusam yang membuat Anda nyaman beraktivitas seharian meski terpapar sinar matahari.

Nah, dengan beberapa perawatan kulit kusam di atas, sekarang Anda bisa mendapatkan kulit ‘glowing’ cerah terawat yang memukau. Semoga bermanfaat!

Sumber:

  • https://www.dovepress.com/dietary-water-affects-human-skin-hydration-and-biomechanics-peer-reviewed-fulltext-article-CCID
  • https://www.healthline.com/health/dull-skin
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.