perawatan rambut smoothing

Tahukah Anda bila rambut yang telah di-smoothing memiliki cara perawatan yang berbeda dengan rambut biasa? Ya, proses smoothing memang dapat membuat rambut lurus, halus, dan lembut, tapi apabila Anda tidak merawat rambut dengan benar, dampak itu akan cepat hilang.

Bagi Anda yang memiliki rambut hasil smoothing, di bawah ini adalah 7 cara perawatan rambut smoothing yang wajib Anda terapkan agar rambut Anda tidak rusak.

 

7 Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lembut

Proses smoothing tidaklah murah, jadi pastikan Anda merawat rambut Anda dengan benar agar hasilnya tahan lama. Ingin rambut hasil smoothing tetap halus, rapi, dan mudah diatur? Yuk, simak tips-tips merawat rambut smoothing agar tetap sehat dan halus di bawah ini.

 

1. Jangan Langsung Keramas Setelah Proses Smoothing

Tahukah Anda kalau perawatan rambut smoothing dimulai sejak proses smoothing selesai? Hindari mencuci rambut selama 3 hari setelah treatment smoothing rambut dilakukan. Hal ini karena bahan kimia yang digunakan membutuhkan waktu untuk diserap dan bekerja. Apabila Anda terlalu cepat mencucinya, hasil bahan kimia tersebut tidak akan maksimal dan efek smoothing akan cepat hilang.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mencuci rambut terlalu sering karena dapat mengikis bahan kimia dari perawatan smoothing. Apabila ingin hasil smoothing rambut tahan lama, hindari keramas lebih dari 3 kali seminggu.

 

2. Memberi Vitamin/Pelembab Rambut

Perawatan rambut smoothing yang paling penting dan mesti Anda lakukan adalah pemberian vitamin rambut atau pelembab rambut.

Anda bisa menggunakan vitamin rambut merk apapun yang sekiranya cocok untuk rambut Anda.

Perlu Anda ketahui, smoothing bersifat kering, jadi jika Anda melakukan smoothing maka membuat rambut Anda cenderung kering, jadi pilihlah vitamin rambut yang melembabkan rambut Anda.

Jika baru beberapa kali memakai vitamin tersebut rambut Anda terasa begitu kering, maka Anda harus segera menghentikan penggunaan vitamin rambut tersebut.

 

3. Oleskan Minyak Orang Aring atau Minyak Zaitun

Perawatan rambut smoothing yang berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak orang aring ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tujuan pemberian minyak orang aring untuk membuat rambut tetap lembab, tidak kering, tidak kaku dan lebih mudah diatur.

Bila Anda kesulitan menemukan minyak orang aring, maka Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Merawat rambut smoothing dari luar saja tidak cukup, Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein.

Mengapa harus makanan atau minuman yang mengandung protein? Karena obat yang digunakan untuk melakukan smoothing rambut Anda mengandung protein, maka Anda untuk merawat rambut hasil smoothing juga harus diusahakan menggunakan sesuatu yang mengandung protein.

Makanan dan minuman yang mengandung protein antara lain adalah susu, keju, yoghurt dan kacang-kacangan.

5. Gunakan Masker Rambut

Hasil smoothing biasanya tidak bertahan lama, hanya beberapa bulan saja. Untuk dapat mempertahankan hasil smoothing tersebut Anda bisa melakukan perawatan rambut smoothing dengan menggunakan masker rambut.

Anda bisa mendapatkan masker rambut di supermarket/swalayan. Bila Anda kesulitan menemukannya maka Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai masker rambut.

Pilihlah yoghurt alami atau tawar (bukan yoghurt yang memiliki rasa buah-buahan) dan tidak mengandung gula. Anda bisa menggunakan yoghurt krim ataupun yoghurt cair.

Oleskan yoghurt ke seluruh rambut hingga meresap ke kulit kepala, diamkan hingga yoghurt kering. Selama proses tersebut jangan bungkus rambut Anda dengan handuk, biarkan rambut Anda terkena angin.

Setelah itu bilas dengan air bersih kemudian keramas dengan sampo.

6. Kurangi Penggunaan Hair Dryer

Bila setiap kali habis keramas Anda selalu menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda, maka mulai sekarang kurangi bahkan bila perlu berhentilah menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda.

Menggunakan hair dryer terlalu sering dapat merusak rambut Anda dan menyebabkan rambut Anda bercabang.

7. Jangan Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Tips terakhir ini diperuntukkan bagi Anda yang gemar mewarnai rambut. Bila rambut Anda sudah di-smoothing, maka Anda harus berhenti untuk berganti warna rambut terlalu sering. Terlalu sering menyemir rambut dapat menyebabkan rambut Anda rusak. Apalagi jika Anda menggunakan merk semir rambut yang berbeda-beda tiap kali mewarnai rambut.

Tidak hanya menyebabkan kerusakan pada rambut, terlalu sering menyemir rambut juga dapat menyebabkan kerusakan kulit kepala. Apalagi bila Anda tidak cocok dengan semir rambut tersebut. Anda bisa mengalami gatal-gatal hingga muncul borok pada kepala Anda.

 

Source:

  • https://www.matrixprofessional.co.id/blog/7-tips-merawat-rambut-setelah-smoothing
  • https://www.orami.co.id/magazine/amp/cara-merawat-rambut-smoothing/
  • https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/8-tips-merawat-rambut-tetap-sehat-dan-lembut-setelah-smoothing.html

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021

Comments are closed.