Apa itu Body Goals dan Bagaimana Cara Mencapainya?

Anda mungkin sering mendengar dan mengucapkan kata body goals, tapi tahukah apa itu body goals? Body goals adalah salah satu impian banyak orang terutama wanita. Bahkan, tidak sedikit yang bersedia menahan lapar dan memperketat jadwal serta porsi makan mereka untuk menciptakan body goals yang diimpikan. 

Memimpikan body goals bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi bukan berarti menjadi sesuatu yang harus dilakukan dengan menghalalkan berbagai cara. Agar lebih mengenal apa itu body goals, simak informasinya berikut ini. 

Apa itu Body Goals?

Body Goals itu Seperti Apa

Body goals banyak diartikan sebagai keinginan untuk membuat bentuk tubuh sesuai dengan yang diharapkan dapat dengan target tertentu maupun hanya untuk kebutuhan tampilan saja. Setiap orang memiliki tujuan bentuk tubuh masing-masing, bentuk tubuh yang diimpikan tersebut umumnya menjadi standar sempurna yang harus dicapai.

Baca juga: 4 Tipe Perawatan Tubuh Wanita

Standar body goals ini dapat tercipta dari tontonan dan penampilan public figure yang banyak terlihat di berbagai media baik digital maupun konvensional. Karena, masyarakat menganggap apa yang banyak ditampilkan adalah sebuah standar kecantikan yang harus dicapai. Berkaitan dengan hal ini, media dikatakan berperan besar dalam menyebabkan krisis diri terutama pada wanita yang berada di bawah 40 tahun.  

Namun, tidak sedikit dari mereka yang mendambakan body goals sebab melihat dari sisi kesehatan. Menjaga dan mengontrol jenis makanan yang masuk ke tubuh, dapat membantu untuk mencegah atau mengendalikan berbagai seperti diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya. 

Diet dengan cara yang ekstrem dalam mencapai body goals dapat menyebabkan risiko eating disorder lebih besar. Sebenarnya, membentuk badan sesuai dengan body goals bukanlah hal yang buruk jika dilakukan dengan metode yang tepat dan tetap menjaga gaya hidup yang sehat.

Baca juga: Tips Perawatan Tubuh yang Simple dan Praktis untuk Praktikan 

Bagaimana Mencapai Body Goals dengan Cara yang Sehat?

Bagaimana Cara Mencapai Body Goals

Berkaitan dengan permasalahan body goals, untuk mencapai body goals yang baik, Anda harus menerapkan cara yang sehat dan menghindari diet ekstrem. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan body goals adalah:

1. Perencanaan

Sebelum melakukan berbagai rangkaian program diet, pastikan Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu. Setiap orang memiliki karakter dan bentuk tubuh yang berbeda, maka dari itu penting untuk menemukan cara dan metode yang tepat serta menyesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Hindari melakukan berbagai metode diet dengan acuan tipe tubuh orang lain, sebab beberapa orang memiliki tipe orang yang sulit gemuk dan beberapa lainnya memiliki tipe tubuh yang sulit untuk kurus. Anda dapat membuat perencanaan berupa hasil riset metode yang sesuai dengan tipe tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat

2. Temukan Trainer yang Sesuai

Trainer yang baik akan membantu Anda mencapai target tubuh ideal yang diimpikan. Oleh sebab itu, penting untuk memilih trainer secara tepat dan dapat melatih secara perlahan dengan metode yang benar. Maka, sangat disarankan untuk menyewa pelatih dengan sertifikat tertentu atau tergabung pada sebuah pusat kebugaran yang berpengalaman.

3. Olahraga di Gym

Merasa kesulitan untuk menemukan personal trainer yang tepat dan memiliki keterbatasan peralatan olahraga? Bergabung dengan gym dapat menjadi solusi yang tepat. Sebab, gym umumnya dilengkapi dengan personal trainer bagi Anda dan tentunya memiliki peralatan olahraga yang jauh lebih lengkap. 

Olahraga yang teratur dengan porsi waktu yang tepat akan membantu Anda untuk mencapai body goals yang diharapkan.

Baca juga: Cara Biar Langsing dengan Waktu 3 Hari yang Bisa Dicoba

4. Mengatur Pola Makan

Salah satu cara untuk mendapatkan body goals impian adalah dengan mengatur pola makan. Orang dengan tipe tubuh sulit untuk gemuk dapat mengatur pola makan dengan menambah jam makan untuk cemilan. Sedangkan bagi orang dengan tipe tubuh yang cenderung sulit kurus, maka atur pola makan dengan tetap makan 3 kali sehari, namun mengurangi total cemilan terutama yang mengandung banyak gula.

5. Buat Meals Plan

Selain perencanaan metode, membuat perencanaan makanan atau meals plan juga dapat membantu menciptakan diet untuk mencapai body goals dengan cara yang sehat. Sehingga, jenis makanan dan porsi yang akan menjadi menu makan telah tersedia dan tersusun.

Baca juga: 5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

6. Makan Buah dan Sayur

Untuk mendapatkan bentuk badan impian, Anda dapat memperbanyak jumlah konsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan susu yang bebas lemak. Jenis makanan tersebut, terutama buah dan sayur, merupakan makanan dengan kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi. 

7. Mengonsumsi Suplemen

Mencapai bentuk badan yang ideal dapat didukung dengan konsumsi suplemen yang menunjang secara rutin. Suplemen ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing orang. Apabila dibutuhkan, Anda dapat melakukan konsultasi pada dokter agar memastikan bahwa suplemen yang dikonsumsi aman dan sesuai kebutuhan tubuh. 

8. Perbanyak Minum Air Putih

Dalam beberapa penelitian, minum air putih dikatakan mampu membakar kalori dalam tubuh. Maka dari itu, minum air putih yang banyak dapat mencegah dehidrasi sekaligus membantu menjaga bentuk tubuh yang ideal dan sehat.

Baca juga: 3 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

9. Aktif Bersosialisasi 

Menerapkan gaya hidup yang aktif nyatanya mampu membantu seseorang mendapatkan body goals yang diharapkan. Hal ini dikarenakan selama bergerak, tubuh juga mengeluarkan banyak kalori yang terbakar. 

10. Tidur yang Cukup

Jumlah tidur yang cukup juga berperan dalam menjaga kondisi tubuh tetap prima dan bentuk badan. Bagi orang dewasa, pastikan untuk memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup yaitu selama 7 hingga 8 jam. 

Jadi itulah penjelasan mengenai apa itu body goals dan 10 tips untuk mencapainya dengan cara yang sehat yang dapat Anda terapkan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu di antara pilihan cara di atas?

Apabila permasalahan bentuk tubuh berada pada penumpukan lemak, Anda dapat mencoba Coolsculpting Fat Freezing dari JAC. Program tersebut ditangani oleh dokter yang telah tersertifikasi, menggunakan mesin yang canggih, dan tentunya tidak memberikan efek samping yang membahayakan untuk Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi mudah. 

Sumber:

  • https://thevarsity.ca/2018/06/27/what-is-the-true-meaning-of-reasonable-body-goals/
  • http://www.thejakartapost.com/life/2021/08/24/body-goals-and-losing-weight-looking-and-feeling-good-beyond-the-scales.html
  • https://www.shortform.com/blog/performance-science/
  • https://www.fitnessfirst.com.au/get-there/how-to-know-what-is-a-realistic-and/
  • https://www.timesindonesia.co.id/read/news/390725/7-cara-mencapai-body-goal-dalam-36-bulan

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.