Apa itu kelopak mata ganda

Kelopak mata adalah bagian tubuh yang kecil, tetapi sangatlah penting. Mereka menjaga mata kita terlindung dari kotoran dan keringat, menjamin mata kita berfungsi sebaik mungkin. Namun, tidak semua kelopak mata sama, dan beberapa dari kita memiliki kelopak mata ganda. Apa itu kelopak mata ganda? Seperti apa bentuknya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah berbagai informasi berguna dan penting yang bisa membantu Anda memahami dan mengenal yang namanya kelopak mata ganda. Perhatikan informasi berikut ini.

Apa itu kelopak mata ganda?

Kelopak Mata Ganda

Secara umum, kelopak mata adalah lipatan kulit yang terdiri dari lipatan atas dan bawah. Kulit ini adalah bagian kulit tertipis di tubuh. Otot yang terhubung ke kelopak mata untuk membuka dan menutupnya ini dapat bekerja otomatis ketika berkedip ataupun dikendalikan seperti saat ingin menutup mata.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama kelopak mata adalah untuk melindungi mata. Selain itu juga berfungsi membuat kelembaban permukaan mata (kornea) terjaga secara konstan. Kelopak mata akan bertanggung jawab untuk menyebarkan lapisan air mata secara merata di seluruh permukaan mata. Ketika Anda tidur, kelopak mata tidak hanya menghalangi cahaya tapi juga mencegah kornea mongering. 

Bagi yang jarang mendengar istilah kelopak mata ganda, mungkin akan mengartikanya seperti kondisi di mana seseorang memiliki kelopak mata dua kali lebih banyak dari “normalnya”. Penggunaan istilah “ganda” sebenarnya mengacu pada kelopak mata yang memiliki lipatan lebih dari satu. Dalam istilah teknis, kelopak mata ganda adalah adanya lipatan kelopak mata supratarsal. Istilah yang satu ini digunakan untuk membedakannya dengan bentuk kelopak mata “monolid”, yaitu kelopak mata yang tidak memiliki lipatan itu. Sementara monolids sering dikaitkan dengan orang-orang keturunan Asia, kelopak mata ganda sebenarnya lebih umum dijumpai daripada yang Anda kira.

Baca juga: Cara Mencerahkan Mata Panda dalam Waktu Singkat

Operasi Kelopak Mata Ganda

Kelopak mata ganda sering dianggap sebagai standar kecantikan, dan banyak orang akan mencari operasi untuk mendapatkannya. Namun tidak selalu orang yang menjalani prosedur ini atas dasar kecantikan. Anda dapat memilih prosedur ini, yang disebut blepharoplasty, jika ingin memperbaiki suatu kondisi kelopak mata yang turun atau kantung mata berlebih. 

Beberapa alasan lain adalah:

  • Kelopak mata Anda mengganggu penglihatan Anda.
  • Anda memiliki satu kelopak mata tunggal dan satu kelopak mata ganda, dan Anda ingin keduanya cocok.
  • Lipatan permanen dapat membantu membuat mata Anda tampak lebih besar.
  • Akan lebih mudah untuk menerapkan gaya riasan tertentu.

Pada tahun 2014, lebih dari 1,43 juta orang menjalani prosedur kelopak mata ganda. Operasi kelopak mata harus dilakukan oleh ahli bedah plastik yang berpengalaman dalam jenis prosedur ini.

Monolid vs Kelopak Mata Ganda

Orang yang memiliki monolid memiliki lipatan epicanthal. Bagian kulit ini menutupi sudut dalam mata, mengurangi atau menghilangkan tampilan lipatan kelopak mata. Monolids dapat membuat kelopak mata bagian atas tampak lebih bengkak atau memberikan tampilan mata yang sipit.

Monolid identik sebagai fitur wajah orang Asia Timur. Namun, ras lain mungkin juga memiliki bentuk kelopak mata tunggal atau kelopak mata tanpa lipatan. Terlebih lagi, beberapa orang dengan tudung kelopak mata yang lebih besar mungkin tampak memiliki kelopak mata tunggal atau monolid. Ini disebut sebagai hooded monolid. Kulit terlipat di atas lipatan yang terlihat, memberikan tampilan monolid.

Masih menjadi misteri mengapa monolid begitu identik dengan keturunan Asia. Para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami mengapa hal ini bisa terjadi. Ada teori bahwa monolid memberikan keuntungan untuk adaptasi bagi orang Asia kuno yang tinggal di iklim dingin dan berangin seperti Mongolia dengan melindungi mata. Namun, belum ada alasan yang pasti mengenai hal ini.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Monolid terkadang disalah artikan dengan ptosis, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Ptosis adalah penurunan kelopak mata atas yang biasanya berada pada posisi yang lebih tinggi. Meskipun monolid dan ptosis adalah kondisi yang berbeda, orang dengan monolid sering memiliki keluhan yang sama tentang kelopak mata mereka seperti seseorang dengan ptosis. Mereka ingin melakukan operasi kosmetik untuk alasan yang sama. Mereka merasa kelopak mata atas yang rendah membuat mereka terlihat lelah, bosan, lebih tua atau tidak bahagia.

Itulah dia sedikit penjelasan mengenai apa itu kelopak mata ganda. Sebagian besar orang merasa jika kelopak mata ganda ini akan bisa meningkatkan kecantikan mereka. Namun hal ini sepenuhnya tidak benar. Bagi yang memiliki monolid, Anda tetap terlihat cantik layaknya orang yang memiliki kelopak mata ganda. Percantik diri Anda dengan berbagai perawatan tubuh dan wajah yang terbaik dan profesional. Dapatkan perawatan ini hanya di Jakarta Aesthetic Clinic. Mulai dari perawatan kulit hingga rambut, semuanya dikerjakan oleh tim ahli. Tunggu apalagi, segera hubungi kami dan mulai proses kecantikan Anda.

Sumber:

https://www.verywellhealth.com/monolids-eyes-5095165

https://www.healthline.com/health/eye-health/monolid-eyes

https://www.britannica.com/science/eyelid

https://www.thelist.com/161915/what-does-it-mean-to-have-double-eyelids/

https://www.healthline.com/health/double-eyelid#nonsurgical-techniques

https://www.verywellhealth.com/double-eyelid-surgery-5083476

https://www.allaboutvision.com/eye-care/eye-anatomy/monolids-vs-double-eyelids/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.