Apa Itu Peeling? Inilah Manfaat Dan Efek Sampingnya

Apa itu peeling? Belakangan ini, sebagian besar orang mulai menyadari pentingnya membersihkan wajah dari sel kulit mati agar skincare atau produk perawatan lainnya dapat menyerap lebih sempurna. Prosedur menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori inilah yang disebut dengan peeling.

Saat ini, peeling juga dapat dilakukan melalui penggunaan skincare dengan bahan aktif seperti AHA BHA, retinol, glycolic acid, dan lain sebagainya. Namun tetap saja, prosedur lebih lanjut tetap perlu ditangani langsung oleh dokter kecantikan. Lalu, apakah peeling hanya bisa dilakukan untuk menghaluskan wajah?  Dalam artikel kali ini, JAC akan membagikan jawabannya untuk Anda

Apa itu Peeling Wajah?

Apakah Anda ingin memiliki kulit wajah yang lebih sehat dan bercahaya? Peeling wajah mungkin adalah solusi yang tepat. Dalam dunia perawatan kulit, peeling wajah telah menjadi salah satu prosedur yang populer untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan memperoleh tampilan yang lebih muda dan segar. Tetapi sebenarnya apa itu peeling?

Peeling adalah prosedur perawatan kulit yang melibatkan pengelupasan lapisan atas kulit untuk mengungkapkan kulit baru yang lebih segar dan sehat di bawahnya. Bayangkan seperti mengupas kulit apel yang matang untuk mengungkapkan kulit yang segar di dalamnya. 

Proses ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimia atau alat khusus yang membantu mengikis lapisan kulit yang rusak, termasuk sel-sel kulit mati, noda, kerutan halus, dan bekas jerawat. Hasilnya adalah kulit yang lebih cerah, lebih halus, dan lebih muda.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana prosedur peeling wajah dilakukan. Biasanya, peeling wajah dilakukan di klinik kecantikan atau oleh profesional medis yang terlatih. Prosesnya melibatkan aplikasi bahan kimia atau penggunaan alat khusus di area wajah yang ingin di peeling

Bahan kimia yang umum digunakan dalam peeling wajah termasuk asam glikolat, asam laktat, retinol, atau campuran bahan kimia tertentu. Sedangkan alat khusus seperti mikrodermabrasi atau alat laser juga dapat digunakan untuk mengikis lapisan kulit yang rusak. Namun saat ini, Anda juga dapat melakukan peeling secara mandiri di rumah dengan menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif seperti yang telah disebutkan di atas. 

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis Chemical Peeling dan Manfaatnya

Jenis Peeling Wajah

jenis peeling wajahSetiap jenis peeling wajah memiliki karakteristik dan manfaat yang berbeda. Agar dapat memilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah, berikut adalah beberapa jenis peeling wajah yang umum dilakukan yang perlu Anda ketahui:

1. Glycolic Peel

Glycolic peel menggunakan asam glikolat sebagai bahan peeling yang merupakan bahan kimia alami yang ditemukan dalam gula tebu. Peeling jenis ini biasanya digunakan untuk mengatasi kerutan halus, bekas jerawat, dan mencerahkan kulit. Glycolic peel umumnya cocok untuk hampir semua jenis kulit, terutama kulit kering dan berminyak. Dari jenis peeling yang satu ini, hanya dalam beberapa sesi peeling, Anda sudah dapat melihat perubahan signifikan pada kulit Anda.

2. Lactic Peel

Saat melakukan lactic peel, asam laktat menjadi  bahan utamanya. Asam laktat berasal dari susu atau produk susu fermentasi. Peeling jenis ini lebih lembut dibandingkan glycolic peel, sehingga cocok untuk kulit yang sensitif dan kering. 

Lactic peel sendiri dapat membantu menghidrasi kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerutan halus. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, lactic peel mungkin menjadi pilihan yang lebih aman dan efektif untuk Anda.

Baca Juga : Ketahui 5 Tips Memilih Jenis Peeling Wajah Yang Tepat

Manfaat Peeling Wajah untuk Kecantikan

manfaat peeling wajah untuk kencantikan

Peeling bukan hanya sekadar prosedur kosmetik. Hal ini dapat menjadi investasi dalam kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Berikut adalah beberapa manfaat peeling wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Peeling dapat membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya sebab prosedur peeling wajah merangsang regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih muda dan sehat. Dalam beberapa proses peeling, Anda akan melihat perubahan yang signifikan pada kulit yang tentunya membuat wajah terlihat lebih muda dan segar.

2. Mencerahkan Kulit

Apakah Anda menginginkan kulit yang cerah dan bercahaya? Peeling wajah bisa jadi salah satu solusinya. Peeling membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan noda pada permukaan kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Secara tidak langsung, hal ini adalah solusi yang efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi, bintik-bintik hitam, dan noda akibat paparan sinar matahari.

3. Mengurangi Bekas Jerawat

Bekas jerawat seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Namun, dengan peeling wajah, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan bekas jerawat tersebut. Peeling wajah membantu mengurangi produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan mempercepat regenerasi kulit. Hal ini membantu menghilangkan bekas jerawat dan meninggalkan kulit yang lebih halus dan bebas dari noda.

4. Meratakan Tekstur Kulit

Pada permasalahan kulit wajah yang tidak rata akibat bekas jerawat, pori-pori tersumbat, dan beruntusan, peeling wajah dapat membantu meratakan tekstur kulit yang kasar dan menghilangkan kerutan halus. Melalui proses pengelupasan lapisan kulit yang rusak, peeling wajah akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih muda.

5. Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Adanya proses menghilangkan lapisan kulit yang kusam dan mengelupas pada dasarnya membantu wajah membuka pori-pori dan memungkinkan bahan aktif dalam produk perawatan kulit meresap dengan lebih baik. Hasilnya, produk perawatan kulit Anda akan bekerja lebih efektif dan memberikan manfaat yang lebih optimal.

Baca Juga : 5 Pantangan Setelah Chemical Peeling yang Wajib Diketahui

Tujuan dan Indikasi Peeling Wajah

Peeling wajah memiliki berbagai tujuan dan indikasi dalam perawatan kulit. Jenis perawatan ini tentunya dapat sangat bermanfaat bagi wajah. Berikut adalah beberapa tujuan dan indikasi umum peeling wajah:

1. Membuat Wajah Terlihat Lebih Muda

Proses pengelupasan lapisan kulit yang rusak melalui prosedur peeling dapat merangsang produksi kolagen dan elastin yang merupakan komponen penting dalam menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit. Jadi, Anda dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan mendapatkan kulit yang lebih muda.

2. Menghilangkan Noda dan Hiperpigmentasi

Noda dan hiperpigmentasi seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Namun, dengan peeling, Anda dapat menghilangkan noda dan hiperpigmentasi tersebut. Peeling wajah membantu menghilangkan lapisan kulit yang mengandung pigmen berlebih dan merangsang pertumbuhan kulit yang lebih cerah. Ini membantu menciptakan kulit yang lebih merata dan bebas dari noda.

3. Mengobati Jerawat dan Komedo

Peeling wajah membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mempercepat regenerasi kulit. Melakukan peeling wajah secara teratur ini nantinya dapat membantu Anda dapat mengatasi jerawat dan komedo yang sering muncul.

4. Meremajakan Kulit

Salah satu tujuan yang sering dicari oleh banyak orang dalam peeling wajah adalah meremajakan kulit. Proses alami penuaan membuat kulit kehilangan elastisitas, kekenyalan, dan kecerahan. Namun, dengan bantuan peeling wajah yang tepat, Anda dapat meremajakan kulit Anda dan mencapai penampilan yang lebih muda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peeling wajah juga membantu dalam proses regenerasi sel kulit. Ketika lapisan kulit atas dihilangkan, sel-sel kulit baru yang lebih muda dan sehat muncul. Hal ini menghasilkan kulit yang lebih cerah, segar, dan bercahaya. Kekeringan dan kekusaman pada kulit dapat berkurang, memberikan tampilan yang lebih muda dan bersemangat.

5. Mengurangi Pori-Pori yang Membesar

Pori-pori yang membesar dapat memberikan tampilan kulit yang tidak rata. Beruntungnya, peeling wajah dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Dari proses pengelupasan lapisan kulit yang rusak, peeling membantu memperkecil tampilan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, dan memberikan hasil yang lebih halus dan lebih rata.

Efek Samping dan Komplikasi Peeling Wajah

Seperti prosedur medis lainnya, peeling wajah juga memiliki potensi efek samping dan komplikasi yang perlu diperhatikan. Meskipun efek samping ini jarang terjadi, penting untuk mengetahui kemungkinan risiko yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa efek samping dan komplikasi yang dapat terjadi setelah peeling wajah:

1. Kemerahan dan Rasa Gatal Pada Kulit

Setelah menjalani peeling wajah, kulit Anda mungkin menjadi kemerahan dan terasa gatal. Ini adalah efek samping yang umum dan biasanya akan memudar dalam beberapa hari setelah prosedur. 

Oleh karenanya, hal yang tidak boleh dilupakan setelah melakukan peeling adalah menggunakan produk perawatan yang lembut dan menjaga kelembapan kulit untuk mengurangi iritasi dan mempercepat pemulihan.

2. Kulit Kering dan Mengelupas

Setelah prosedur peeling dilakukan atau produk peeling diaplikasikan, kulit mungkin mengalami kekeringan dan mengelupas. Tenang saja, ini adalah respons normal dari proses pengelupasan kulit yang baru. 

Itu sebabnya, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, penting untuk Anda menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan moisturizer yang cocok dan hindari pengelupasan paksa yang dapat menyebabkan luka atau infeksi. Hindari juga penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit selama proses pemulihan.

3. Sensitivitas Kulit Terhadap Sinar Matahari

Setelah peeling, kulit Anda dapat menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan iritasi dan bahkan memperburuk masalah pigmentasi.  Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi setiap kali beraktivitas di luar ruangan dan melindungi kulit dari sinar matahari secara menyeluruh. Selalu gunakan perlindungan matahari yang memadai dan hindari paparan sinar matahari secara berlebihan.

Jangan lupa meremajakan kulit melalui peeling wajah tidak terjadi dalam semalam. Proses ini membutuhkan waktu dan perawatan yang konsisten. Penting untuk menjalani beberapa sesi peeling wajah secara berkala, sesuai dengan rekomendasi profesional medis, untuk mencapai hasil yang optimal.

Saat mempertimbangkan untuk melakukan peeling wajah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter profesional medis yang berpengalaman. Mereka akan mengevaluasi kondisi kulit Anda dan menentukan rencana perawatan yang paling sesuai. Perlu diperhatikan bahwa setiap individu memiliki kondisi kulit yang unik dan perawatan yang disesuaikan akan memberikan hasil yang optimal.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bebas dari masalah kulit akibat penumpukan sel kulit mati, pilih perawatan facial peeling & skincare dari JAC. Ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi, prosedur peeling dari JAC menggunakan bahan alami yang aman untuk kulit dan mampu membersihkan pori-pori dari sel kulit mati maupun komedo.

Agar kulit tidak terlalu kering setelah peeling, JAC juga memberikan prosedur tambahan berupa penggunaan masker gel housemade yang tentunya dari bahan alami. Masker ini dapat membuat kulit lebih rileks dan segar. 

Perawatan Pasca Peeling Treatment

Setelah melakukan peeling, perlu Anda ketahui bahwa penting untuk selalu merawat kulit agar tidak kering dan kelembapannya selalu terjaga. Pasalnya, tidak dapat dimungkiri bahwa metode peeling membuat kulit menjadi lebih kering sebab mengalami proses pengelupasan. Sebab itu Anda membutuhkan toner untuk menghindari kulit kering. 

AYOM Skin Refreshment Toner

Untuk perawatan yang lebih maksimal setelah prosedur peeling, gunakan AYOM skincare untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat, halus, dan terhindar dari kulit kering setelah peeling. AYOM Skin Refreshment Toner diciptakan dengan kandungan alami yang membantu mengembalikan kelembapan kulit dan menjaga lapisan di dalamnya proses regenerasi kulit menjadi lebih maksimal. 

Toner ini mengandung bahan berupa aqua, propylene glycol, centella asiatica extract, benzoic acid, caprylyl glycol, tetrasodium EDTA, glycerin, butylene glycol, dan beberapa kandungan alami lainnya. Hal ini membuat AYOM Skin Refreshment Toner dapat membantu menyegarkan kulit, memperkecil pori-pori, dan menghaluskan tekstur kulit. 

Cara penggunaannya cukup mudah, tuang toner ke telapak tangan atau Anda juga bisa menggunakan kapas untuk sekaligus menghilangkan kotoran pada wajah yang tersisa. Bila langsung dituang pada tangan, tepukan toner ke wajah hingga leher secara merata agar lebih cepat meresap. Namun jika menggunakan kapass, usap dengan halus. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap skincare selanjutnya.

JAC

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja konsultasikan kebutuhan kulit wajah Anda di JAC dan dapatkan kulit bersih bercahaya sekarang juga.

Sumber:

  • https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/non-surgical-cosmetic-procedures/chemical-peels/#:~:text=There%20are%203%20types%20of,Deeper%20peels%20are%20more%20risky 
  • https://www.healthline.com/health/chemical-peel-benefits#recovery
  • https://auraemd.com/2019/11/04/what-makes-chemical-peels-so-popular-10-top-benefits/
  • https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/chemical-peel/about/pac-20393473
  • https://www.halodoc.com/artikel/pahami-sebelum-memilih-ini-6-jenis-peeling-wajah 
  • https://beautymadesimply.com/peel-so-good-understanding-the-different-types-of-chemical-peels/ 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui 5 Efek Polusi Udara pada Kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

Ketahui 5 Efek Polusi Udara pada Kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

September 22, 2023
Ketahui Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit Anda

Ketahui Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit Anda

September 21, 2023
Perawatan Rambut Rontok Berjilbab

Perawatan Rambut Rontok Berjilbab

September 21, 2023

Comments are closed.