Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Minyak kayu putih adalah salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa gatal hingga nyeri. Sejak dahulu, minyak kayu putih juga banyak dipercaya dapat menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah. Namun, apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat? Untuk menemukan jawaban selengkapnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Minyak Kayu Putih

Mengenal Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah jenis minyak yang dihasilkan dari tanaman kayu putih yang diletakkan pada proses penyulingan. Pada umumnya, minyak kayu putih digunakan sebagai obat yang dioleskan pada kulit badan untuk menghilangkan pegal atau rasa sakit di bagian badan tertentu. 

Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga dapat dihirup untuk meredakan hidung tersumbat dan melegakan sistem pernafasan. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan kemudahan dalam memberi serta menerima informasi, minyak kayu putih ini juga digunakan sebagai bahan perawatan tubuh. 

Daun dari tanaman kayu putih ini memiliki antioksidan tinggi yang mengandung flavonoid. Oleh karenanya, minyak kayu putih sangat baik untuk mengurangi stres dan rasa sakit pada tubuh. 

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih dapat Menghilangkan Jerawat

Minyak kayu putih memiliki berbagai kelebihan dalam hal menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada tubuh bahkan wajah. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk merawat penyembuhan luka, eksem dan pereda nyeri. 

Sayangnya, hingga saat ini uji klinis yang menyatakan bahwa minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat masih sangat terbatas. Menggunakan minyak kayu putih pada wajah juga memiliki banyak risiko terutama bagi seseorang dengan tipe kulit sensitif. Penggunaan minyak kayu putih pada kulit sensitif justru dapat memicu peradangan maupun iritasi. 

Hingga saat ini, belum ditemukan penelitian dan uji klinis yang menyatakan bahwa minyak kayu putih dapat digunakan pada area wajah atau bisa menyelesaikan permasalahan kulit apapun.

Baca juga: Penyebab Jerawat Batu dan Cara Menghilangkannya

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat?

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat

Minyak kayu putih sedikit kurang tepat jika digunakan untuk perawatan di area wajah apalagi menghilangkan jerawat. Sebaiknya, Anda melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan jerawat pada wajah:

1. Rajin Mencuci Muka

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat pada wajah adalah rajin mencuci muka dan badan. Pastikan untuk menggunakan sabun pembersih muka dengan bahan dan formulasi yang khusus dibuat untuk jenis wajah yang berjerawat. Kandungan skincare sangat memengaruhi kondisi jerawat di kulit, jadi pastikan sabun cuci muka yang Anda pilih tepat.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne?

2. Hindari Menggosok Wajah

Menggosok kulit wajah secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kondisi jerawat yang tidak menjadi lebih baik, tetapi justru sebaliknya. Selain menggosok wajah, terlalu sering memegang atau memencet jerawat secara paksa juga merupakan cara yang harus dihindari.

3. Rutin Menggunakan Skincare

Saat jerawat pada wajah tidak dapat dicegah kehadirannya, Anda dapat merawat kondisi kulit wajah dan jerawat tidak semakin buruk. Cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat jerawat adalah rutin menggunakan skincare dengan tahapan dasar pembersih muka, pelembap, dan yang terpenting adalah sunscreen.

Baca juga: 5 Cara Memilih Skin Care Clinic Terbaik

4. Perawatan Khusus Oleh Dokter dan Tim Ahli JAC

Perawatan Khusus Oleh Dokter dan Tim Ahli JAC

Salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat diwajah adalah melakukan konsultasi dan perawatan khusus di JAC. Seluruh perawatan pada klinik JAC ditangani langsung oleh dokter dan tim ahli yang berpengalaman di bidang estetika. 

Prosedur perawatan dilakukan dengan cepat, efektif, nyaman dan aman sebab JAC selalu memperhatikan setiap proses perawatan agar diterapkan sesuai dengan permasalahan kulit wajah Anda. Sehingga, jerawat pada wajah dapat teratasi dengan baik, sesuai dengan penyebab timbulnya jerawat. 

Jadi itulah informasi dari pertanyaan apa minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat. Pada dasarnya, minyak kayu putih memang dirancang untuk menjadi sebuah minyak yang mampu menghilangkan rasa nyeri, bukan meredakan jerawat di wajah. 

Terdapat cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat tanpa menggunakan minyak kayu putih dan 3 cara di atas saja. Anda dapat mencoba berbagai produk skincare dari JAC. Produk skincare yang disediakan oleh JAC tidak menyebabkan ketergantungan dan tentunya aman bagi siapa pun termasuk pria dan ibu hamil.

Segera hubungi tim ahli JAC dan konsultasikan perawatan kulit dan tubuh yang Anda butuhkan untuk menciptakan wajah yang bersinar dan bersih. 

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/menghilangkan-jerawat-dengan-minyak-kayu-putih
  • https://www.byrdie.com/eucalyptus-oil-for-skin-4801193#:~:text=Like%20other%20essential%20oils%2C%20Chang,at%20the%20site%20of%20application.
  • https://www.purplle.com/magazine/article/eucalyptus-oil-for-skin
  • https://dermcollective.com/eucalyptus-oil-in-skin-care/#:~:text=The%20most%20effective%20and%20well,for%20minor%20cuts%20and%20scrapes.
  • https://www.kamaayurveda.com/blog/eucalyptus-oil
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

September 13, 2022

Comments are closed.