Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? Penyebab jerawat muncul yaitu karena terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati dan minyak berlebih. Apabila kedua penyebab jerawat tersebut bertemu dengan bakteri dan menginfeksi sumbatan, jerawat dapat menimbulkan rasa sakit.

Sebagian orang mengatakan bahwa minyak zaitun dapat meredakan peradangan akibat jerawat. Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan kalau minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat alami jerawat. 

Minyak zaitun memang bersifat anti radang, tetapi penelitian tentang minyak zaitun sejauh ini berfokus pada organ dalam, seperti khasiatnya bagi jantung. Lalu, apa manfaat minyak zaitun untuk kulit? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat?

Bisakah Minyak Zaitun Menghilangkan Jerawat

Sejumlah penelitian menemukan bahwa minyak zaitun tidak dapat digunakan sebagai obat alami jerawat. Pasalnya, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan asam oleat pada minyak zaitun dapat memicu jerawat.

Studi lain menyatakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi integritas kulit dan menyebabkan eritema ringan pada orang dewasa. Eksperimen yang dilakukan menemukan fakta lain, bahwa minyak zaitun dapat merusak penghalang kulit dan meningkatkan perkembangan serta memperburuk dermatitis atopik.

Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun nyatanya dapat membantu berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat pada kulit. Dalam hal ini, minyak zaitun membantu bakteri menempel pada folikel dan dapat menyumbat pori-pori kulit

Studi-studi ini dengan jelas menunjukkan bahwa minyak zaitun tidak dapat mengobati jerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit bebas jerawat dan ingin menggunakan minyak zaitun untuk melembapkan kulit dan melindunginya dari paparan sinar matahari, maka Anda dapat menggunakannya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Minyak Zaitun yang Mudah dan Alami

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit

Minyak alami seperti minyak zaitun dapat digunakan sebagai produk perawatan kulit. Hal ini nantinya dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Pasalnya, membersihkan wajah dengan minyak zaitun tidak membuat kulit kering dan tidak memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Untuk lebih mengenal berbagai manfaat minyak zaitun untuk kulit, simak uraiannya di bawah ini. 

1. Mengurangi Peradangan Kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya. Vitamin E sendiri biasa digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit setelah terkena paparan sinar matahari. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit yang disebabkan peradangan.

2. Mengangkat Kotoran di Wajah

Ketika Anda beraktivitas di luar ruangan, wajah Anda rentan terkontaminasi debu dan kotoran. Kedua partikel tersebut dapat menjadi penyebab pori-pori tersumbat dan berujung pada munculnya jerawat. 

Untuk mengatasinya, membersihkan wajah dengan produk yang mengandung minyak zaitun sebelum tidur direkomendasikan. Minyak zaitun dapat mengangkat kotoran lebih banyak daripada pembersih biasa.

Baca juga: 8 Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan yang Populer

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang menghitam dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur secara rutin. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi terbukti mampu menghilangkan bekas jerawat pada kulit Anda. Untuk mengaplikasikannya, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Lalu, oles minyak zaitun pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Tunggu beberapa menit hingga minyak zaitun mengering. Terakhir, bilas menggunakan air.

4. Menghapus Sisa Make Up di Wajah

Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun yang mampu mengangkat debu dan kotoran, minyak zaitun juga dapat membantu mengangkat bekas riasan di wajah lebih bersih daripada pembersih biasa. Bahkan minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan riasan di mata. Alhasil, wajah Anda terhindar dari pori-pori kulit tersumbat yang menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Baca juga: Alat Makeup Bisa Kirimkan Bakteri ke Pori-Pori Wajah

5. Melembapkan Kulit

Minyak zaitun bisa melembapkan dan mengatasi kulit wajah kering dengan cara mengunci kelembapan di kulit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis ke wajah Anda. 

Sebab, minyak zaitun yang dioleskan terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jika Anda mengoleskannya terlalu tebal, lap menggunakan tisu. 

Efek Samping Minyak Zaitun

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Mencegah Jerawat

Berbagai kandungan minyak zaitun berupa asam lemak sehat, vitamin E, dan antioksidan memang memberikan banyak manfaat untuk kulit. Namun, jika Anda menggunakannya secara berlebihan, terdapat berbagai efek samping yang akan dialami seperti uraian di bawah ini.

1. Alergi

Beberapa orang menunjukkan reaksi alergi akut terhadap minyak zaitun. Jika Anda salah satunya, disarankan untuk tidak menggunakannya, karena minyak ini akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Minyak zaitun dapat menyebabkan alergi parah, seperti eksem, dermatitis kontak, hingga mengganggu sistem pernapasan. Hal ini akan dialami ketika Anda mengaplikasikan minyak tersebut pada kulit atau mengonsumsinya. 

Jika Anda mengalami gejala yang telah disebutkan, segera konsultasikan dengan dokter karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Juga, supaya tidak memperburuk kondisi yang Anda alami akibat alergi minyak zaitun ini.

Baca juga: Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

2. Munculnya Jerawat

Minyak zaitun dapat membantu meredakan peradangan, sehingga perlu dioleskan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Rutin yang dimaksud di sini bukan berarti setiap hari. 

Anda dapat mengaturnya dengan mengoleskan minyak zaitun setiap dua kali dalam seminggu. Sebab, jika Anda menggunakannya setiap hari, justru akan menimbulkan jerawat. Minyak zaitun itu berat, sehingga tidak cepat menyerap ke dalam kulit dan dapat menyumbat pori-pori.

Jadi, disarankan untuk tidak mengoleskan minyak zaitun secara berlebihan pada kulit Anda. Ikuti aturan pakai yang direkomendasikan untuk mendapatkan kulit yang halus dan terhidrasi.

3. Menyebabkan Ruam Kulit

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun secara langsung. Kulit berminyak biasanya ditandai dengan sekresi sebum yang tidak terkontrol. Ketika minyak alami pada kulit Anda dikombinasikan dengan minyak zaitun, maka dapat menyebabkan iritasi parah, ruam, dan kemerahan pada kulit.

Namun, perlu dipahami bahwa hal ini dapat terjadi ketika Anda mengoleskan minyak zaitun secara langsung dan memiliki tipe kulit berminyak yang sensitif. Berbeda kondisinya jika Anda menggunakan produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan dasarnya. Kulit Anda akan merespons produk tersebut secara berbeda, bisa jadi membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat dan menghilangkan bekasnya. 

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Mencegah Jerawat

Efek Samping Minyak Zaitun

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat? Jawaban paling tepat adalah minyak zaitun bisa mencegah terjadinya jerawat jika diaplikasikan dengan tepat. Terdapat beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan minyak zaitun. Lakukan tahapan-tahapan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal di bawah ini.

  • Gunakan minyak zaitun murni tanpa campuran apa pun.
  • Bilas minyak zaitun dengan sabun setelah digunakan untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah.
  • Jangan biarkan minyak zaitun menempel di kulit Anda semalaman.
  • Pastikan tidak ada sisa minyak zaitun dan sabun yang menempel di wajah apabila minyak digunakan untuk mencegah pori-pori tersumbat akibat debu, kotoran, dan make up. 

Membersihkan wajah dengan minyak zaitun alami atau produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dapat menghindari risiko kemunculan komedo dan berbagi jenis jerawat lainnya. Setiap produk memiliki komposisi dan kemurnian minyak zaitun masing-masing. 

Komposisi tersebut dapat menjadi penentu apakah kulit Anda cocok atau tidak menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit. Apabila kulit Anda mengalami iritasi, seperti ruam dan gatal setelah menggunakannya, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Melakukan perawatan kulit untuk mencegah munculnya jerawat dapat dilakukan juga dengan melakukan perawatan di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Atasi masalah kulit wajah Anda dan tingkatkan kepercayaan diri dengan jadwalkan pertemuan dengan dokter JAC yang telah tersertifikasi untuk konsultasi. 

Terdapat berbagai prosedur yang tersedia untuk mendapatkan wajah bersih dari jerawat dan noda-noda hitam dengan efektif dan efisien. Mulai dari peeling komedo, anti-oxidant infusion, hingga skin tightening program. Hubungi JAC sekarang juga untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/olive-oil-for-acne#Considerations
  • https://www.kiehls.com/skincare-advice/olive-oil-benefits-for-skin-and-hair.html
  • https://healthiersteps.com/13-proven-benefits-of-olive-oil/
  • https://www.stylecraze.com/articles/unexpected-side-effects-of-olive-oil/
  • https://www.stylecraze.com/articles/easy-ways-to-use-olive-oil-to-get-rid-of-acne-scars/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022
9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

September 13, 2022

Comments are closed.