Beberapa Pilihan Cara Mengatasi Kulit Kering Yang Praktis

mengatasi kulit kering
 
Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang sangat lazim ditemui. Terutama ketika memasuki musim kemaru saat udara panas di siang hari dan berubah menjadi dingin kering pada malam hari.
 

Masalah Kulit Kering

Salah satu hal terpenting dalam memilih cara mengatasi kulit kering adalah mengetahui penyebab kekeringan yang dialami kulit. Faktor jenis kulit merupakan salah satu hal yang meningkatkan potensi seseorang mengalami kulit kering. Penyebab lain yang dapat menyebabkan kulit kering adalah asupan nutrisi yang kurang seimbang dan menyebabkan berkurang atau hilangnya minyak alami yang ada di permukaan kulit.

Sedangkan faktor kondisi iklim cuaca merupakan alasan lain yang dapat menyebabkan kulit kering. Mengetahui penyebab dari kekeringan yang dialami kulit menjadi hal terpenting untuk memilih solusi terbaik mengatasi masalah kulit tersebut.
 

Cara Mengatasi Kulit Kering

Ada beberapa cara yang lazim dilakukan ketika seseorang mengalami masalah kulit kering. Pilihan cara mengatasi kulit kering ini seringkali hanya berdampak sesaat untuk mengatasi ketidaknyamanan karena kondisi kulit kering yang terjadi. Ada pula cara mengatasi kulit kering untuk jangka panjang, namun hasilnya tidak instan. Cara terbaik adalah dengan mengkombinasikan kedua cara tersebut, apa sajakah caranya?
 

1. Menggunakan Body Lotion

Cara yang paling lazim dalam mengatasi permasalahan kulit kering adalah dengan membasuh kulit dengan air atau mengoleskan pelembap atau body lotion pada bagian kulit yang dirasa sangat kering dan terasa tidak nyaman. Cara ini hanya memberi efek sementara karena dengan cepat kelembapan akan hilang dalam jangka waktu yang cukup singkat.
 

2. Mengelola Asupan Makanan

Salah satu pilihan cara mengatasi kulit kering yang berdampak lebih luas adalah dengan mengelola makanan dan minuman yang dikonsumsi. Minum air putih dengan porsi yang lebih banyak akan meningkatkan kadar air di dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat mengurangi resiko dehidrasi dan kulit yang mengering ketika cuaca menjadi kering dan suhu memanas.

Selain air, menambah konsumsi buah dan sayur merupakan pilihan lain untuk meningkatkan kadar cairan dan kelembaban di dalam tubuh. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan cairan sekaligus berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan serta metabolisme tubuh yang normal. Buah alpukat, pepaya dan pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna mengurangi kondisi kulit yang terlalu kering.
 

3. Merubah Kebiasaan Mandi

Salah satu aktivitas harian yang bisa sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit adalah mandi. Pilihan cara mengatasi kulit kering yang lain dapat dilakukan dengan merubah kebiasaan saat mandi. Caranya adalah mandi dengan air hangat dan secara khusus menggosok bagian kulit yang kering dan memiliki timbunan lapisan kulit mati; kemudian keringkan tubuh hingga benar – benar kering dengan menggunakan handuk dan jika perlu oleskan pelembap di bagian tubuh yang kering.

Mengganti sabun dengan produk sabun yang tidak terlalu keras sebaiknya dilakukan jika kulit terasa kering dan kencang sesaat setelah mandi dengan sabun tertentu. Sabun yang tidak memiliki kandungan sodium lauryl sulfate lebih dianjurkan bagi pemilik kulit kering. Sabun bebas pewangi, pewarna dan memiliki pelembap juga dianjurkan untuk digunakan.
 

4. Perawatan Kulit Kering

Salah satu pilihan perawatan kulit kering di bagian wajah adalah dengan menggunakan masker perawatan. Cara mengatasi kulit kering pada bagian wajah ini bisa dilakukan dengan membuat masker alami dengan bahan alpukat, pisang ataupun yoghurt. Gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai alternatif masker wajah guna menambah tingkat kelembapan kulit. Bersihkan masker dengan air hangat serta handuk bersih setelah melakukan perawatan. Menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan juga dapat mengurangi efek sinar matahari yang membuat kulit semakin kering.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now