Ketahui 10 Manfaat Antioksidan untuk Kulit

Kulit adalah organ terbesar di dalam tubuh manusia, dan berfungsi sebagai pelindung dari berbagai faktor lingkungan seperti sinar matahari, polusi, dan zat-zat kimia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan antioksidan untuk kulit yang memberikan banyak manfaat. 

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Namun, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, antioksidan juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Dalam artikel ini, JAC akan membahas tentang antioksidan untuk kulit dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Jadi, pastikan Anda membacanya hingga akhir.

Apa Itu Antioksidan

antioksidan untuk kulit

Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi. Proses oksidasi sendiri adalah proses alami yang terjadi di dalam tubuh ketika tubuh memecah makanan menjadi energi. 

Selama proses ini, terbentuk molekul instabil yang disebut radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Antioksidan berfungsi dengan cara menangkap, melindungi, memperlambat, dan menetralkan reaksi buruk pada tubuh dan kulit, sehingga mencegah kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. 

Cara kerja antioksidan adalah dengan memberikan satu atau beberapa elektron sehingga mengubahnya menjadi lebih stabil. Dalam proses ini, antioksidan tetap akan menjadi oksidasi, tetapi jauh lebih aman dibandingkan saat terpapar radikal bebas. Di sisi lain, antioksidan juga dapat bekerja dengan cara menetralkan enzim.

Baca juga: Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak Secara Alami 

Fungsi utama antioksidan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adalah melindungi sel-sel tubuh. Antioksidan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, memperbaiki kerusakan sel dan jaringan, mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. 

Dapat dilihat dari berbagai fungsi dari antioksidan itu sendiri. Pentingnya antioksidan bagi kulit adalah karena kulit adalah organ yang terus-menerus terpapar radikal bebas dari paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lingkungan lainnya. 

Paparan secara terus-menerus tersebut dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, bintik-bintik hitam, dan bahkan kanker kulit. Oleh karena itu, antioksidan dibutuhkan tubuh untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Untuk memperoleh manfaat antioksidan bagi kulit, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak. Selain itu, dapat juga mengonsumsi suplemen antioksidan dan menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan antioksidan.

Baca juga: Anti Aging: Ketahui Tujuan, Manfaat dan Jenis Perawatannya

10 Manfaat Antioksidan untuk Kulit

manfaat antioksidan

Antioksidan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Sedikitnya terdapat 7 manfaat mulai dari membantu menstimulasi kolagen hingga mengatasi radikal bebas seperti yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya. Agar Anda lebih mengenal manfaatnya, berikut ini merupakan ulasan selengkapnya:

1. Menstimulasi Produksi Kolagen dan Elastin

Kolagen dan elastin adalah protein penting yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Produksi kedua sel tersebut dapat menurun seiring bertambahnya usia, sehingga kulit menjadi kendur dan keriput. 

Antioksidan dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan elastis. Hal ini dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya. Keuntungan lain yang Anda dapatkan dengan adanya stimulasi kolagen dan elastin yang baik adalah kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

2. Meningkatkan Kelembapan Kulit

Antioksidan juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Beberapa jenis antioksidan seperti vitamin E dan C dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan membantu menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Hal ini dapat membantu mencegah kulit kering, pecah-pecah, dan bersisik.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah kering dan Mengelupas

3. Meredakan Peradangan

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan tentu masalah ini akan sangat mengganggu Anda. Perawatan dengan antioksidan dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi dengan mengurangi produksi zat peradangan dalam tubuh. 

Hasilnya, kemerahan, bengkak, dan iritasi pada kulit akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Perlu diingat bahwa cepat atau lambatnya hasil ditentukan oleh kondisi dan jenis kulit masing-masing.

4. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Antioksidan dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit dengan merangsang produksi kolagen dan elastin serta menghaluskan permukaan kulit dengan cara meratakan teksturnya. Beberapa jenis antioksidan seperti vitamin C dan resveratrol juga dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus dengan meningkatkan produksi hyaluronic acid dalam kulit.

5. Menyamarkan Bintik Hitam

Antioksidan dapat membantu menyamarkan bintik hitam pada kulit. Beberapa jenis antioksidan seperti vitamin C dan E dapat membantu mengurangi produksi melanin pada kulit. Melanin sendiri merupakan zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan dapat berupa kulit belang atau bintik hitam. Hal ini tentu sangat berguna sebab dapat membantu menyamarkan bintik hitam dan mencerahkan kembali kulit Anda.

6. Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Radikal bebas dapat memicu pertumbuhan bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Sebab itu, penggunaan antioksidan sangat dibutuhkan agar dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah jerawat muncul. 

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya jerawat yang berlebihan dan disertai peradangan adalah salah satu kondisi yang serius sehingga Anda perlu melakukan perawatan sesegera mungkin agar tidak semakin mengganggu dan parah.

7. Menangkal Radikal Bebas

Sejak tadi, telah banyak disebutkan bahwa antioksidan sangat berpengaruh dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk kulit. Melalui penggunaan antioksidan, radikal bebas akan diserap dan dinetralkan sehingga tidak dapat memengaruhi kondisi sel dan jaringan kulit Anda. 

8. Melindungi dari Polusi Lingkungan

Kehadiran antioksidan bermanfaat dalam melindungi kulit dari dampak buruk polusi lingkungan seperti partikel debu, polutan udara, radikal bebas, bahkan kerusakan akibat sinar matahari. Polusi tersebut dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan, namun peran antioksidan adalah untuk melawan dampak negatif dari polusi tersebut.

9. Membantu Penyembuhan Luka dan Luka Bakar

Antioksidan memiliki peran penting dalam mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar pada kulit. Mereka berperan dalam mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terluka, serta merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru untuk proses regenerasi.

10. Mengurangi Hiperpigmentasi

Antioksidan memiliki kemampuan untuk mengurangi hiperpigmentasi, yang merupakan kondisi di mana kulit mengalami peningkatan warna atau daerah yang lebih gelap akibat produksi melanin yang berlebihan. Mereka berkontribusi dalam mencerahkan kulit dan mengurangi penampakan bintik-bintik gelap atau noda pada kulit.

Nah, itu dia informasi lengkap seputar antioksidan untuk kulit. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan produk yang mengandung antioksidan saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Perawatan kulit yang baik juga harus melibatkan penggunaan produk yang cocok dengan jenis kulit, menjaga kelembapan kulit dengan minum air yang cukup, dan menghindari paparan sinar matahari langsung serta merokok.

Dalam penggunaannya, antioksidan juga dapat memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan dan treatmentnya dilakukan kurang tepat. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan sesuai dengan dosis dan anjuran yang diberikan serta melakukan treatment di dokter ahli yang berpengalaman dan bersertifikasi seperti JAC. 

JAC menyediakan prosedur perawatan infus Anti Oxidant yang dapat membantu mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, dan menjaga kulit saat terpapar sinar matahari. Seluruh treatment yang disediakan JAC sudah terbukti aman dan tepercaya sebab sejak awal, JAC selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk mengembalikan kesehatan kulit Anda.

Jadi tunggu apalagi? Jadwalkan kedatangan Anda dengan menghubungi JAC dan tampil lebih percaya diri dengan kulit bersih, cerah bersinar sekarang juga!

JAC

Sumber rujukan:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/antioxidants-for-skin
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5514576/
  • https://www.halodoc.com/artikel/fungsi-antioksidan-untuk-kulit
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.