Mengenal Apa Itu Flek Hitam, Jenis dan Tips Perawatannya

Sudahkah Anda tahu apa itu flek hitam? Tentu sebagian dari Anda mungkin memiliki flek hitam pada kulit wajah. Pada dasarnya, kemunculan flek hitam dapat dikatakan normal sebab tak jarang hal ini terjadi akibat paparan sinar matahari dan akan hilang dalam beberapa hari ke depan. 

Namun, tak menutup kemungkinan, munculnya flek hitam juga dapat dikatakan sebagai salah satu tanda penuaan dini. Flek hitam ini sebenarnya tidak membahayakan, tetapi jika didiamkan terus-menerus, flek hitam ini menjadi permasalahan kulit yang sulit untuk dihilangkan. Lalu bagaimana cara agar flek hitam bisa menghilang? Yuk kenali lebih jauh mengenai apa itu flek hitam, jenis, dan tips perawatannya. 

Mengenal Apa Itu Flek Hitam

Flek hitam biasa dikenal juga sebagai hiperpigmentasi merupakan kondisi kulit yang terdapat bintik-bintik kecil berwarna lebih gelap daripada area di sekitarnya, biasanya berwarna coklat atau hitam.  

Munculnya flek hitam ini disebabkan oleh peningkatan produksi melanin pada kulit, terutama setelah terpapar sinar ultraviolet atau sinar matahari secara langsung. Melanin sendiri adalah pigmen alami yang dapat menentukan warna kulit seseorang. 

Warna kulit akan semakin gelap jika kandungan melanin pada kulit semakin banyak. Oleh karena itu, flek hitam bisa muncul ketika kulit banyak menyerap sinar ultraviolet sehingga melanin yang diproduksi meningkat. 

Pada beberapa jenis flek hitam, kemunculannya menjadi pertanda bahwa sel kulit di dalamnya dalam kondisi yang tidak baik dan menyebabkan penuaan dini. Di sisi lain, flek hitam juga bisa menjadi post inflammation hyperpigmentation akibat jerawat, luka, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam Berbahan Alami

Jenis Flek Hitam yang Perlu Anda Ketahui

jenis jenis flek hitam

Agar dapat mengenal lebih jauh mengenai flek hitam pada kulit, tentunya perlu mengetahui jenis-jenis flek hitam terlebih dahulu. Adapun 4 jenis flek hitam yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut: 

1. Melasma 

Jenis flek hitam yang pertama adalah melasma atau chloasma yang merupakan jenis flek hitam yang ditandai dengan bercak-bercak berwarna kecoklatan yang muncul merata pada wajah terutama pada bagian pipi. Umumnya melasma ini muncul di area wajah yang sering terpapar sinar UV matahari. 

Melasma bisa terjadi pada pria maupun wanita, akan tetapi cenderung lebih sering dialami oleh wanita yang sedang sedang mengalami perubahan hormon seperti saat hamil. Melasma ini muncul ketika melanosit atau sel penghasil pigmen pada kulit memproduksi warna yang terlalu banyak atau berlebihan. Melanosit akan mudah terangsang jika kulit tidak dilapisi dengan pelindung UV seperti tabir surya, sunscreen atau sunblock sehingga bisa menimbulkan munculnya melasma. 

Baca juga: 6 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

2. Freckles 

Lain halnya dengan melasma, freckles merupakan jenis flek hitam yang sering dijumpai pada mereka yang memiliki kulit berwarna putih. Biasanya freckles bisa muncul sejak masa anak-anak hingga masa dewasa. Bentuk dari freckles sendiri berupa bintik-bintik berukuran kecil yang tersebar di seluruh area wajah, terutama di area hidung dan kedua pipi.     

Munculnya freckles ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan yang dapat mengaktifkan melanosit sehingga memunculkan bintik-bintik hitam yang ada pada wajah. Selain itu, freckles ini juga dapat muncul akibat adanya faktor genetik. 

3. Flek Bekas Peradangan 

Sama dengan namanya, jenis flek hitam ini bisa muncul akibat adanya proses hiperpigmentasi setelah adanya peradangan pada kulit wajah. Sebagai contohnya adalah flek hitam akibat bekas jerawat. Fek bekas peradangan atau inflammatory spots ini dapat disebabkan juga oleh bekas noda eksim atau bekas iritasi terhadap penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan tepat. 

4. Cafẻ-au-lait Spot (Bintik Kopi Susu)

Jenis flek hitam yang terakhir adalah café au lait spots atau bintik kopi susu. Flek hitam ini biasanya berwarna coklat muda. Meski begitu, warna pada flek hitam ini bisa menjadi gelap akibat sinar matahari. 

Café au lait spots juga dikenal sebagai tanda lahir karena flek datar yang ada pada kulit yang muncul saat lahir. Akan tetapi, flek hitam ini lebih banyak muncul pada saat masa dewasa. Flek hitam yang kemungkinan muncul pada wajah tidak menimbulkan rasa sakit ataupun gatal. 

Meskipun tidak berbahaya, Anda harus tetap waspada jika terdapat flek café au lait spots lebih dari 6 spot atau lebih karena di beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan munculnya gejala neurofibromatosis. Penyakit ini adalah kelainan genetik yang bisa memengaruhi saraf, kulit, dan juga mata.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda perlu mengetahui penyebab flek hitam di wajah. Pada umumnya flek hitam di wajah muncul dikarenakan kulit wajah Anda sering terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan karena adanya paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan produksi melanin berlebih. Mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan skincare yang memiliki kandungan yang tidak cocok pada kulit juga dapat menyebabkan flek hitam di wajah.

Untuk memahami lebih detail mengenai penyebab flek hitam di wajah, Anda dapat membaca artikel ini.

Tips Menghilangkan Flek Hitam dengan Mudah

tips menghilangkan flek hitam

Flek hitam yang ditimbulkan oleh faktor genetik memang tidak bisa dihilangkan atau diubah. Akan tetapi, flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dapat dicegah dan dihilangkan dengan berbagai perawatan kulit, sebagai berikut:

1. Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya  

Upaya agar kulit bisa terproteksi dari sinar matahari baik paparan sinar UV A dan UV B, Anda bisa menggunakan sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih ketika melakukan aktivitas baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. 

2. Gunakan Skincare dengan Bahan Khusus

Penggunaan skincare yang memiliki kandungan tertentu dapat membantu dalam menekan produksi melanin yang berlebih dan dapat membantu mencerahkan area kulit yang gelap sehingga flek hitam bisa tersamarkan. Beberapa bahan yang umum digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi flek hitam adalah asam kojik, asam azelaic, vitamin C, retinol, dan ekstrak licorice.

Asam kojik adalah bahan alami yang efektif dalam mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit. Asam azelaic memiliki sifat pemutih yang membantu mengurangi flek hitam dan meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan yang membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit. 

Retinol sebagai derivatif vitamin A, membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pergantian sel kulit baru. Terakhir, ekstrak licorice mengandung senyawa yang menghambat produksi melanin dan memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan peradangan pada kulit.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih 

Salah satu tips efektif dalam menghilangkan flek hitam adalah menghindari paparan sinar matahari berlebih. Hindari melakukan aktivitas di luar ruangan ketika matahari bersinar terik, antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Selain itu, dalam menghindari paparan sinar matahari, Anda bisa menggunakan topi atau mengenakan pakaian yang tertutup pada saat beraktivitas di luar ruangan.  

4. Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Kulit 

Jika beberapa tips tadi masih belum berhasil dalam menghilangkan flek hitam atau tidak kunjung membaik, lebih disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit. Dokter kulit dapat menyarankan perawatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit Anda.

JAC

Berdasarkan artikel di atas, tentunya Anda sudah lebih mengenal apa itu flek hitam pada kulit, jenis-jenis flek hitam, hingga tips dalam menghilangkan flek hitam. Flek hitam bukanlah masalah kecil yang dapat diabaikan. 

Meski menjadi kondisi kulit yang umum dialami oleh banyak orang, Anda tetap perlu mengatasinya dengan solusi yang tepat untuk mengembalikan tampilan kulit Anda. Ingin menghilangkan flek hitam lebih cepat? JAC bisa memberikan solusinya.

Melalui Baby Skin Treatment/Growth Factor JAC bisa membantu Anda memudarkan flek hitam yang ada di wajah, menghilangkan minyak dan jerawat, serta mengecilkan ukuran pori-pori. Perawatan ini akan membantu mengembalikan tampilan kulit sehat, cerah, dan tampak lebih muda. 

Segera jadwalkan kedatangan ke JAC dan konsultasikan kebutuhan kulit bersama dokter ahli untuk mendapatkan wajah sehat, kenyal, dan bercahaya.

Sumber rujukan:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-dark-spots-on-the-face#topical-treatments
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots
  • https://www.alodokter.com/flek-hitam
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/flek-hitam/
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/flek-hitam
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.