Mengenal Apa Itu Kolagen dan Fungsinya dalam Perawatan Kulit

Apa itu kolagen? Dalam rangka menjaga kesehatan kulit dan tubuh termasuk sel di dalamnya secara keseluruhan, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta menjaga kebiasaan sehat. Hal ini tak terkecuali kolagen yang merupakan bagian penting dalam tubuh sebab berkaitan dengan kekuatan dan elastisitas kulit. 

Dapat dikatakan bahwa beberapa masalah kulit yang menimbulkan tanda penuaan dini dan tampilan yang kusam biasanya disebabkan oleh berkurangnya jumlah kolagen dalam tubuh. Lalu, sebenarnya apa itu kolagen dan bagaimana perannya bagi tubuh? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Kolagen?

manfaat kolagen untuk kulit

Kolagen adalah salah satu jenis protein penting yang ditemukan di dalam tubuh manusia dan membentuk sekitar 30% dari seluruh protein dalam tubuh yang merupakan komponen utama dari jaringan ikat, termasuk tulang, tendon, dan kulit. Kolagen diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh, terutama oleh sel-sel fibroblas yang ditemukan di jaringan ikat.

Peran kolagen di dalam tubuh sangat besar. Kolagen berperan penting dalam memperkuat dan menjaga integritas struktur tubuh termasuk tulang, tendon, dan kulit. Di samping itu, kolagen bekerja melindungi organ-organ dalam tubuh seperti hati, paru-paru, ginjal, dan otak. Selain itu, keberadaan kolagen juga penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan memelihara kesehatan sendi.

Meskipun tubuh manusia dapat menghasilkan kolagen dengan sendirinya, tapi jumlah produksi kolagen cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan tulang, sendi yang lemah, dan kulit yang keriput. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin perlu memperoleh asupan kolagen tambahan untuk membantu mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit.

Sebagian besar penelitian tentang kolagen tambahan terutama yang berbentuk suplemen menemukan bahwa kolagen tak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah dan tubuh melainkan juga berkaitan erat dengan kesehatan sendi. Meskipun penelitian pada manusia masih terbatas, beberapa uji klinis acak menemukan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit. 

Uji klinis lainnya menyebutkan bahwa suplemen tersebut dapat meningkatkan mobilitas sendi dan mengurangi nyeri terutama pada kasus seperti osteoarthritis. Kolagen membentuk sekitar 60% dari jaringan yang sangat keras yang melindungi tulang dari benturan gerakan berdampak tinggi. 

Jadi, secara garis besar kerusakan pada kolagen dapat menyebabkan kerusakan pada kartilago dan masalah pada sendi. Maka dari itu, mengonsumsi kolagen tambahan dapat menjadi solusi yang baik.

Baca juga: 5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen yang Perlu Diwaspadai

6 Fungsi Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

fungsi kolagen bagi perawatan kulit

Kolagen adalah protein penting yang ditemukan di dalam tubuh manusia dan merupakan komponen utama dalam jaringan ikat. Protein ini memiliki beberapa fungsi penting bagi kesehatan tubuh dan tentu memengaruhi tampilan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Membantu Membentuk Lapisan Baru

Kolagen berfungsi dalam membantu membentuk lapisan kulit baru. Ketika sel-sel kulit yang lebih dalam berkembang, kolagen akan dipindahkan ke lapisan kulit yang lebih atas. Protein yang satu ini pada dasarnya membentuk jaringan yang mengisi ruang antara sel-sel kulit baru ini. 

2. Membantu Sel Kulit Baru untuk Berkembang

Ketika sel kulit baru terbentuk, maka sel-sel ini membutuhkan nutrisi dan sumber daya lainnya untuk tumbuh dan berkembang dengan benar. Dalam hal ini, kolagen lah yang bekerja menyediakan lingkungan ideal bagi sel kulit baru untuk berkembang dan tumbuh.

3. Bekerja Menggantikan Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati terus-menerus terkelupas dari lapisan kulit luar dan digantikan dengan sel-sel kulit baru seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Berkat bantuan kolagen, proses penggantian sel kulit ini dapat berjalan dengan lebih sempurna dan sel kulit baru pun jauh lebih kuat.

Baca juga: 3 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

4. Menjaga Organ Tubuh di Bawah Kulit

Kolagen tidak hanya berfungsi dalam menjaga kulit tetap sehat dan elastis, tetapi juga membantu menjaga organ tubuh di bawahnya. Sebagai contoh, kolagen berperan dalam membantu menjaga struktur pembuluh darah, jantung, dan ginjal tetap kuat dan sehat.

5. Memberikan Kekuatan dan Elastisitas pada Kulit

Hal yang tak kalah penting yang perlu Anda ketahui dari fungsi kolagen pada tubuh manusia adalah kolagen menjadi salah satu protein utama yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. 

Jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh ini penting sekali untuk mencegah keriput dan garis halus pada kulit yang muncul seiring bertambahnya usia. Jadi pada dasarnya, kulit tetap kencang dan elastis sehingga memberikan penampilan yang lebih muda ini dapat diwujudkan jika Anda memiliki jumlah kolagen yang cukup dan sel kulit yang sehat.

6. Menjaga Kuku dan Rambut agar Tetap Kuat

Selain menjaga kesehatan kulit, tetapi juga membantu menjaga kuku dan rambut agar tetap kuat dan sehat. Protein ini membantu menguatkan kuku dan rambut sehingga tidak mudah rapuh dan rusak. Ketika kolagen dalam tubuh berkurang, kuku dan rambut dapat menjadi rapuh dan mudah patah.

 

Dalam kesimpulannya, kolagen memiliki beberapa fungsi penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, menjaga asupan kolagen yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting dapat membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami. Sebagai contoh, makanan yang kaya akan protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan yang juga mengandung asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. 

Selain itu, makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, tomat, stroberi, dan brokoli juga sangat penting untuk produksi kolagen karena vitamin C membantu memproduksi prokolagen atau bahan utama yang digunakan untuk membentuk kolagen. 

Perlu diketahui pula bahwa kebiasaan sehari-hari seperti aktivitas dengan paparan sinar matahari tinggi, merokok, dan konsumsi alkohol dapat merusak kolagen dalam tubuh serta menyebabkan kerutan atau muncul tanda penuaan kulit lainnya. Sebab itu, penting untuk menjaga jumlah kolagen dalam tubuh. 

Lalu, bagaimana jika sudah telanjur muncul kerutan dan garis halus di wajah? Mungkin akan butuh waktu yang lebih panjang bila Anda menghilangkan kerutan hanya dengan mengonsumsi kolagen tambahan saja. Dibutuhkan perawatan lanjutan lainnya agar kerutan, garis halus, atau tanda penuaan dini lainnya dapat hilang dengan sempurna. 

Ultherapy dari JAC bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan kekencangan kulit kembali dan mengucapkan selamat tinggal pada kerutan serta garis halus. Tenang saja, treatment JAC yang satu ini dapat dipastikan aman dan ditangani langsung oleh dokter ahli dengan teknologi canggih. 

Bahkan, treatment Ultherapy ini juga mendapatkan penghargaan internasional sebagai perawatan anti wrinkle terbaik. Jadi, tak ada yang perlu Anda ragukan lagi. Segera jadwalkan kedatangan Anda ke JAC dengan menghubungi tim JAC dan ciptakan kulit sehat bebas masalah untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda. Semoga informasi tentang apa itu kolagen di atas dapat membantu Anda dan bermanfaat!

JAC

Sumber Rujukan:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23089-collagen
  • https://www.healthline.com/nutrition/collagen#what-it-is-and-uses
  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/collagen/
  • https://www.alodokter.com/ini-daftar-makanan-yang-mengandung-kolagen
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Februari 22, 2024
Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Februari 22, 2024
7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

Februari 22, 2024

Comments are closed.