Apa Itu Skin Barrier? Sepenting Apakah untuk Kulit

Belakangan ini, Anda mungkin kerap mendengar berbagai produk skincare yang berfungsi untuk memperbaiki skin barrier. Namun, sudahkah Anda mengenal apa itu skin barrier? Perlu diketahui bahwa kulit adalah organ yang paling besar yang berfungsi untuk melindungi tubuh. Salah satu bagian terpenting dari kulit terutama kulit wajah adalah skin barrier.

Lapisan kulit yang satu ini dapat memengaruhi kondisi wajah sebab jika rusak atau bermasalah, biasanya wajah akan cenderung memiliki banyak masalah kulit. Dalam artikel kali ini, JAC akan memberikan informasi seputar skin barrier dan cara menjaganya yang tepat. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Skin Barrier?

Skin Barrier Adalah

Seperti yang telah diketahui, kulit memiliki 3 lapisan di bawahnya yang seluruhnya berfungsi untuk menjaga bagian dalam tubuh. Skin barrier sendiri merupakan lapisan terluar kulit yang bersifat keras dan terikat dengan lemak alami yang sering disebut dengan sebum. Sebagai lapisan terluar kulit, skin barrier menjadi penghalang atau dapat digambarkan seperti dinding bata. 

Di dalam skin barrier, terdapat keratin dan pelembap alami yang mengandung kolesterol, asam lemak, dan ceramide. Lapisan ini bertugas melindungi kulit dari bahaya seperti sinar UV, polusi, dan infeksi. Selain itu, skin barrier juga membantu menjaga kelembaban kulit dan memastikan kulit tetap sehat. 

Kerusakan skin barrier dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti lingkungan yang terlalu lembap atau terlalu kering, paparan senyawa tertentu dalam jumlah besar, terlalu sering melakukan eksfoliasi, terpapar sinar UV dalam waktu lama tanpa perlindungan, faktor genetik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Kenapa Skin Barrier Penting?

Kenapa Skin Barrier Penting

Pada dasarnya, kulit tanpa skin barrier dapat menyebabkan air yang berada di dalam tubuh menguap dan hilang lebih cepat sehingga membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi. Belum lagi, lapisan terluar ini menjadi bagian yang melindungi bagian dalam tubuh dari berbagai faktor eksternal seperti polusi dan sinar UV. 

Skin barrier juga menjadi penentu kondisi kulit. Jika Anda memiliki skin barrier yang sehat, maka wajah akan tampak lebih sehat, terhidrasi, halus, dan elastis. Kondisi skin barrier yang baik juga akan membuat kulit tidak sensitif dan tidak mudah iritasi. Itulah alasan terbesar mengapa menjaga skin barrier penting. 

Jika bagian penghalang ini rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, kulit akan memberikan reaksi berupa munculnya masalah jerawat yang sulit disembuhkan, kulit bersisik, gatal, perubahan warna kulit, infeksi bakteri, virus, atau jamur, dan kulit menjadi lebih sensitif. Dalam kata lain, sebagian besar permasalahan kulit di wajah yang bertahan dalam waktu yang lama disebabkan oleh rusaknya skin barrier.

Cara Menjaga Skin Barrier

Tidak perlu panik, terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga skin barrier agar tetap sehat dan tidak rusak. Secara tidak langsung, cara ini juga dapat menjadi solusi bagi permasalahan kulit wajah. Adapun cara menjaga skin barrier yang benar antara lain:

1. Menggunakan Produk Skincare dengan Kandungan Tertentu

Hal terpenting yang harus dilakukan pertama kali untuk menjaga skin barrier adalah memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan cocok. Anda juga bisa menyesuaikan pemilihan skincare dengan kandungan tertentu seperti ceramide, glycerin, hyaluronic acid, atau madu. Kandungan tersebut bermanfaat untuk memperkuat struktur kulit dan mengatasi masalah wajah seperti jerawat. 

Jangan lupa, Anda juga perlu memenuhi rangkaian utama skincare terlebih dahulu yaitu toner, serum, dan moisturizer. Pasalnya, ketiga produk tersebut sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan.

2. Hindari Mencuci Muka Terlalu Sering

Untuk menjaga kondisi skin barrier yang tetap sehat, pastikan Anda rutin mencuci muka maksimal 2 kali dalam sehari. Mencuci wajah terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini justru dapat merusak skin barrier dan kulit wajah akan menjadi kering. 

Selain itu, memilih produk pembersih yang sesuai dengan pH alami kulit yaitu 5,7 juga penting untuk dilakukan sebab langkah ini dapat membantu melindungi wajah dari berbagai permasalahan seperti dermatitis hingga infeksi. 

3. Rutin Menggunakan Sunscreen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar UV yang terus-menerus tanpa perlindungan menjadi salah satu penyebab terbesar rusaknya skin barrier pada wajah. Sebab itu, sunscreen adalah salah satu rangkaian skincare yang wajib digunakan pada pagi, siang, dan sore hari. 

Sunscreen sendiri digunakan terakhir setelah penggunaan skincare lainnya. Tak hanya saat berada di luar ruangan saja, Anda tetap perlu menggunakan sunscreen bahkan ketika berada di dalam ruangan sebab faktanya sinar UV tetap dapat masuk ke dalam ruangan.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

Jadi setelah membaca informasi mengenai apa itu skin barrier, apakah Anda sudah menjaganya dengan baik dan benar? Pada dasarnya, menjaga kulit tetap sehat dengan serangkaian skincare dan menjaga pola makan yang sehat sebaiknya rutin dilakukan agar skin barrier tetap dapat berfungsi dengan baik. 

Bila perlu, Anda juga dapat menggunakan sleeping mask untuk menjaga kelembapan kulit selama tidur. Kandungan dalam sleeping mask biasanya memiliki formula yang dapat mengurangi hilangnya minyak alami dan menghindari kulit yang kering ketika bangun di pagi hari. 

Namun, apabila Anda mengalami masalah kulit yang berkepanjangan, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit, dokter estetika, atau dermatologis untuk penanganan lebih lanjut. Pastikan Anda memilih dokter yang tersertifikasi dan tepercaya dalam urusan kulit wajah. Sebab itu, untuk segala permasalahan kulit wajah percayakan pada JAC

Bersama JAC, Anda dapat menemukan solusi permasalahan wajah yang tepat dengan dokter dan tim profesional. Perawatan yang dilakukan di JAC dapat dipastikan aman dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, jika Anda memilih menggunakan produk skincarenya sekalipun, Anda tidak perlu takut akan risiko ketergantungan. 

Tunggu apalagi? Jadwalkan kedatangan Anda segera dan dapatkan kulit wajah dengan skin barrier yang sehat dan tampil lebih sempurna serta percaya diri bersama JAC.

Sumber rujukan: 

  • https://dermnetnz.org/topics/skin-barrier-function
  • https://www.kiehls.com/skincare-advice/what-is-a-skin-barrier.html
  • https://www.healthline.com/health/skin-barrier#bottom-line
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5967208/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.