Apa itu SPF? Apa Pengertian dan Perbedaannya dengan PA?

Apa itu SPF? Pada dasarnya, SPF menjadi ukuran penting dalam menilai seberapa efektif suatu produk sunscreen melindungi kulit Anda dari sinar UVB yang berpotensi merusak kulit. Dalam upaya menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari risiko terbakar akibat paparan sinar matahari, pemahaman yang baik tentang apa yang diindikasikan oleh berbagai tingkat SPF adalah kunci yang diperlukan.

Pentingnya pemahaman tentang SPF tidak bisa diabaikan. Mengingat berbagai pilihan produk sunscreen dengan berbagai angka SPF yang tersedia di pasaran, penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan yang jelas tentang bagaimana efektivitas perlindungan berbeda di setiap tingkatnya. Mari telusuri lebih dalam mengenai arti dari angka-angka SPF ini dan bagaimana perannya dalam menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari melalui ulasan berikut ini.

Apa itu SPF?

pengertian spfAnda pasti sering mendengar tentang SPF ketika berbicara tentang perlindungan dari sinar matahari. SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor, yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Faktor Pelindung Sinar Matahari. 

Konsep SPF sendiri merujuk pada kemampuan sebuah produk untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVB (Ultraviolet B) yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan merah. Pada dasarnya, sunscreen dengan SPF memberikan perlindungan tambahan yang penting bagi kulit Anda, terutama ketika berada di bawah paparan sinar matahari yang kuat.

Pentingnya SPF pada sunscreen untuk badan dan wajah tidak dapat diremehkan. SPF bekerja dengan cara membentuk perisai pelindung di permukaan kulit, meredam dampak buruk dari sinar UVB. Ketika Anda mengenakan sunscreen dengan SPF yang sesuai, hal ini akan membantu mengurangi risiko terbakar sinar matahari, kulit kemerahan, dan bahkan risiko jangka panjang seperti kanker kulit. 

Sebagai tambahan, SPF juga dapat membantu mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dari penggunaan produk sunscreen yang mengandung SPF, Anda memberikan perlindungan optimal untuk kulit Anda, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun dalam ruangan yang terkena sinar matahari.

Sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi tidak selalu berarti perlindungan yang lebih baik. Itu sebabnya, penting untuk memilih SPF yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan tingkat paparan sinar matahari yang Anda alami. 

Baca Juga : 6 Manfaat Sunscreen dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Pengertian PA 

Selain SPF, aspek penting lainnya dalam perlindungan dari sinar matahari adalah PA, yang merupakan singkatan dari Protection Grade of UVA atau Indeks Perlindungan Terhadap Sinar UVA. Sama seperti sinar UVB, sinar UVA juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan membuat proses penuaan dini lebih cepat dan munculnya risiko kanker kulit. 

Nah keberadaan indikator PA inilah yang menunjukkan sejauh mana sunscreen melindungi kulit Anda dari efek sinar UVA. Indikator PA ini sangat penting karena sinar UVA dapat meresap lebih dalam ke kulit dan memiliki potensi merusak sel-sel kulit di lapisan yang lebih dalam.

Penting untuk memperhatikan baik SPF maupun PA saat memilih sunscreen. Keduanya bekerja bersama-sama untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap paparan sinar matahari dan membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Memilih sunscreen yang memiliki keduanya, Anda dapat merasa yakin bahwa kulit mendapatkan perlindungan optimal dari kerusakan akibat sinar matahari.

Perbedaan SPF dan PA dalam Sunscreen

perbedaan spf dan PAKetika berbicara tentang perlindungan kulit dari dampak buruk sinar matahari, istilah SPF dan PA sering muncul. Keduanya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda, tetapi ada perbedaan signifikan antara keduanya. Mari melihat perbedaan SPF dan PA dalam sunscreen melalui poin-poin berikut ini:

1. Spektrum Perlindungan

Perbedaan pertama yang mencolok antara SPF dan PA adalah spektrum perlindungan yang mereka tawarkan. SPF secara khusus berfokus pada perlindungan terhadap sinar UVB (Ultraviolet B) yang memiliki energi lebih tinggi dan umumnya menyebabkan kulit terbakar dan kemerahan. Untuk mencegah bahaya paparan sinar UVB yang intens di siang hari, SPF dalam sunscreen membantu melindungi kulit.

PA, di sisi lain, dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UVA (Ultraviolet A) dengan panjang gelombang yang lebih panjang serta cenderung meresap ke lapisan yang lebih dalam pada kulit. Perlindungan dari sinar UVA menjadi penting karena mereka dapat menyebabkan masalah jangka panjang yang mendasar pada kulit Anda.

2. Skala Penilaian

Perbedaan berikutnya adalah metode penilaian SPF dan PA. SPF diukur dalam bentuk angka seperti SPF 15, SPF 30, SPF 50, dan SPF 100. Angka ini mengindikasikan berapa kali lebih lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari sebelum kulit Anda terbakar dibandingkan jika tidak menggunakan sunscreen. Semakin tinggi angka SPF, semakin lama perlindungannya berlangsung.

Di sisi lain, PA menggunakan sistem tanda + untuk menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Skala dimulai dari PA+ hingga PA++++. Meskipun skala ini mungkin terlihat rumit, PA memberikan indikasi yang lebih rinci tentang perlindungan terhadap kerusakan kulit yang lebih dalam. Berikut ini merupakan indikator nilai PA:

  • Jika nilai PPD produk  2 hingga 4, maka nilai PA = PA+
  • Jika nilai PPD produk  4 hingga 8, maka nilai PA = PA++
  • Jika nilai PPD produk  8 hingga 16, maka nilai PA = PA+++
  • Jika nilai PPD produk 16 atau lebih tinggi, maka nilai PA = PA++++

3. Kombinasi Perlindungan

SPF dan PA saling melengkapi dalam memberikan perlindungan yang lebih maksimal. SPF bekerja untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang umumnya menyebabkan kulit terbakar, sementara PA melindungi dari kerusakan yang lebih dalam akibat sinar UVA. Menggunakan produk sunscreen yang memiliki kombinasi baik SPF dan PA membantu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Perlindungan terhadap kedua jenis sinar matahari ini penting karena keduanya dapat menyebabkan masalah kulit yang berbeda. UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan kemerahan, sementara UVA dapat merusak kolagen, elastin, dan bahkan DNA kulit. Kombinasi perlindungan ini membantu mencegah kerusakan kulit dan menjaga tampilan yang sehat.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

4. Pemilihan Produk Sunscreen yang Tepat

Memilih produk sunscreen yang tepat berdasarkan SPF dan PA adalah langkah penting dalam menjaga kulit Anda. Pertimbangkan jenis kulit, tingkat paparan sinar matahari, dan aktivitas sehari-hari saat memilih sunscreen

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau sedang berada di daerah dengan paparan sinar matahari tinggi, pilihlah sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi. Pemilihan tingkat PA juga penting terutama jika Anda sering berada di luar ruangan atau berada di lingkungan yang memiliki paparan sinar matahari yang tinggi.

5. Perlindungan Optimal terhadap Sinar UV dan Polusi

Perlindungan dari sinar matahari tidak hanya penting untuk melindungi dari paparan sinar UV, tetapi juga dari polusi dan agresi lingkungan lainnya. Sinar UV dan polusi udara dapat bekerja bersama-sama untuk meningkatkan risiko kerusakan kulit. 

Dalam hal ini, SPF dan PA bekerja sama untuk membentuk perisai pelindung pada kulit Anda dan membantu menghalangi efek merusak dari sinar matahari dan polutan. Namun, PA umumnya bekerja lebih efektif melindungi kulit dari partikel polusi. 

Pentingnya perlindungan kulit dari sinar matahari tidak dapat dilebih-lebihkan, dan pengetahuan tentang perbedaan antara SPF dan PA dalam sunscreen memberikan landasan yang kokoh untuk melindungi kulit kita secara optimal. 

Seiring dengan kesadaran akan bahaya paparan sinar matahari yang semakin meningkat, pemahaman tentang karakteristik masing-masing perlindungan SPF yang fokus pada sinar UVB dan PA yang merujuk pada sinar UVA akan menjadi kunci untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif jangka panjang.

Ketika Anda berbelanja untuk produk sunscreen berikutnya, ingatlah bahwa SPF dan PA bukanlah sekadar istilah yang muncul di label sebab keduanya menjadi indikator penting yang akan membantu merawat kulit Anda serta menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari. Memahami perbedaan dan keunggulan masing-masing perlindungan, Anda dapat membuat pilihan yang cerdas dan lebih sadar terhadap produk sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda telah memahami apa itu SPF? Jangan lupa bahwa pemilihan sunscreen juga tidak boleh sembarangan. Anda perlu memilih sunscreen dengan SPF dan PA yang tepat agar perlindungan terhadap kulit pun bekerja maksimal. 

Baca Juga : Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Jika Anda membutuhkan sunscreen tepercaya dengan bahan alami terbaik dan tidak lengket, sunscreen dari AYOM skincare bisa jadi pilihan yang paling tepat. All Purpose Sunscreen AYOM terbukti mampu menjaga kulit dari kerusakan kulit akibat panas matahari serta radiasi sinar UVA, UVB, blue light, infrared, dan polusi. 

Kemudian, untuk menjaga kulit tetap lembap, sehat, dan terhindar dari penuaan dini, maksimalkan perawatan kulit Anda dengan Anti-Oxidant Infusion dari JAC. Treatment ini juga dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat, mencegah pertumbuhan jerawat baru, dan mencegah munculnya flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Tunggu apalagi? Wujudkan kulit wajah yang selalu sehat dan bersinar dengan berbagai rangkaian treatment dari JAC sekarang juga. Dapatkan perawatan dari dokter dan tim ahli secara langsung sehingga hasilnya jauh lebih maksimal.

JAC

Sumber:

  • https://www.fda.gov/about-fda/center-drug-evaluation-and-research-cder/sun-protection-factor-spf#:~:text=SPF%20is%20a%20measure%20of,value%20increases%2C%20sunburn%20protection%20increases.
  • https://www.nivea.co.uk/advice/sun/what-is-spf
  • https://www.science.org.au/curious/people-medicine/what-does-spf-rating-really-mean
  • https://www.colorescience.com/blogs/learn/what-is-pa#:~:text=PA%20stands%20for%20Protection%20Grade,makeup%2C%20and%20skin%20care%20products.
  • https://thebrightside.supergoop.com/pa-sunscreen-rating-system/
  • https://www.alodokter.com/kenali-perbedaan-spf-dan-pa-dalam-tabir-surya#:~:text=SPF%20atau%20sun%20protection%20factor,yang%20kerap%20menyebabkan%20penuaan%20dini.
  • https://beautyharbour.com/spf-vs-pa-factor/
  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/apa-itu-spf-dan-pa-pelajari-perbedaan-keduanya-yuk 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.