Apa itu White Cast? Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkannya

White cast merupakan istilah yang tak asing lagi. Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mengalami efek putih ini setelah menggunakan produk tertentu. Tetapi, apa itu white cast dan mengapa Anda perlu memperhatikannya dalam rutinitas kecantikan kita? Dalam artikel kali ini ini, JAC akan membagikan ulasan lengkap mengenai white cast, termasuk perbedaannya dalam produk skincare dan makeup. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu White Cast? 

White cast adalah kondisi yang sering dijumpai saat Anda menggunakan produk skincare dan makeup. White cast muncul sebagai hasil dari penggunaan produk-produk tertentu yang menyebabkan adanya lapisan putih pada kulit.

Kondisi ini tentunya sangat memengaruhi tampilan kulit dan kemudahan pengaplikasian makeup. Pasalnya bukan hanya berdampak pada estetika wajah, tetapi white cast juga dapat memengaruhi hasil akhir makeup

White cast pada skincare umumnya terkait dengan penggunaan sunscreen atau tabir surya, di mana kandungan zat aktif tertentu yang berperan sebagai filter UV yang dapat menyebabkan lapisan putih pada kulit. 

Tabir surya atau sun screen seringkali menyebabkan kemunculan lapisan putih yang terlihat setelah penggunaan, yang dikenal sebagai white cast. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang dengan kulit gelap.

Bagi mereka yang berkulit putih atau kuning langsat, efek tersebut mungkin tidak begitu mencolok atau mengganggu. Namun, bagi orang yang memiliki warna kulit yang lebih gelap, white cast seringkali mengubah warna kulit mereka sehingga sulit untuk riasan wajah menyatu dengan baik.

Di sisi lain, white cast pada makeup seringkali muncul akibat pemilihan bedak yang tidak sesuai dengan warna kulit, menghasilkan efek yang kurang natural. Penting untuk dicatat bahwa efek white cast pada makeup dapat lebih rumit karena melibatkan berbagai jenis produk seperti foundation, concealer, dan bedak.

Baca Juga : Mengenal 5 Penyebab Iritasi Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Penyebab White Cast

Penyebab White Cast

 

White cast dapat muncul sebagai hasil dari beberapa faktor yang terkait dengan penggunaan produk skincare dan makeup. Agar Anda dapat menghindarinya dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, kenali apa saja penyebab white cast di bawah ini:

1. Penggunaan Bahan Kimia Tertentu

Penggunaan bahan tertentu, terutama dalam produk sunscreen, menjadi salah satu penyebab utama terbentuknya white cast. Bahan-bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide memiliki kemampuan reflektif yang tinggi. 

Meskipun bahan-bahan ini efektif dalam melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi juga dapat meninggalkan lapisan yang memiliki warna putih pada kulit setelah pengaplikasian dan membutuhkan waktu untuk dapat terserap dengan baik. 

2. Mengaplikasikan Produk Terlalu Banyak

Produk yang dioleskan secara berlebihan cenderung tidak dapat meresap dengan baik ke dalam kulit, sehingga dapat meninggalkan lapisan putih yang mencolok. Hal ini tidak hanya mengganggu penyerapan optimal, tetapi juga menciptakan l tumpukan produk pada permukaan kulit yang dapat menciptakan efek white cast.

Baca Juga : Apa itu Blemish? Ketahui Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Dampak White Cast pada Kulit dan Makeup

White cast memiliki dampak signifikan pada penampilan kulit dan kemampuan pengaplikasian makeup. Anda tentu tidak ingin tampil kurang maksimal karena masalah white cast di wajah akibat skincare maupun makeup. Adapun dampak white cast antara lain:

1. Membuat Kulit Terlihat Pucat dan Kusam

White cast cenderung membuat kulit terlihat lebih pucat dan kusam. Efek putih yang terbentuk dapat mengubah tampilan kulit secara keseluruhan, sehingga mengurangi kecerahan dan kehidupan yang seharusnya terpancar dari kulit. Hal ini bertentangan dengan keinginan banyak individu untuk memiliki kulit yang tampak segar dan bercahaya.

2. Kesulitan dalam Mengaplikasikan Makeup dengan Rata

Dampak white cast pada makeup melibatkan kesulitan dalam menciptakan tampilan yang merata. Lapisan putih yang terbentuk dapat mengganggu hasil akhir makeup dan membuatnya terlihat tidak merata dan kurang natural. Kondisi ini menciptakan tantangan dalam mencapai tampilan makeup yang flawless dan menyulitkan penggunaan produk makeup yang diinginkan.

3. Pengaruh Terhadap Hasil Foto

White cast dapat memberikan pengaruh negatif pada hasil foto. Meskipun kulit mungkin tampak lebih cerah dalam foto, efek ini seringkali tidak mencerminkan tampilan sebenarnya. Kulit yang terlihat pucat dan hasil makeup yang tidak merata, dan warna kulit yang berbeda dengan bagian tubuh lainnya dapat menciptakan hasil yang kurang memuaskan.

Baca Juga : Apa Itu Redness pada Kulit? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan White Cast

Mengatasi white cast memerlukan cara yang cermat terutama dalam pemilihan produk dan pengaplikasian. Untuk itu, coba terapkan beberapa cara menghilangkan white cast secara efektif di bawah ini:

1. Memilih Produk Skincare dan Makeup yang Tepat

Pemilihan produk skincare dan makeup yang tepat adalah langkah pertama dalam menghindari white cast. Pastikan untuk memilih produk dengan formulasi ringan dan tidak mengandung bahan yang cenderung meninggalkan lapisan putih pada kulit.

Pilihlah produk dengan warna yang sesuai dengan kulit Anda untuk makeup, dan pastikan skincare yang dipilih memiliki formula yang dapat meresap dengan mudah tanpa meninggalkan residu putih.

2. Menggunakan Sunscreen dengan SPF yang Sesuai 

Pilihan sunscreen dengan SPF yang sesuai sangat penting untuk melindungi kulit tanpa menciptakan white cast. Jadi, gunakan sunscreen dengan formula ringan dan SPF yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan kulit Anda. 

AYOM All-Purpose Sunscreen merupakan produk yang bisa Anda pilih sebab tidak hanya memberikan perlindungan maksimal, tetapi juga dirancang khusus untuk menghindari efek white cast. Produk ini dirancang untuk memberikan perlindungan penuh dari berbagai ancaman, seperti sinar UV, blue light, infrared, dan polusi.

Keistimewaan dari produk ini adalah teksturnya yang ringan dan tidak lengket, sehingga sangat nyaman digunakan sepanjang hari.

3. Aplikasikan Skincare dan Makeup dengan Tepat

Gunakan produk skincare dan makeup dengan jumlah yang tepat sesuai dengan petunjuk penggunaan. Hindari penggunaan berlebihan yang dapat menyebabkan produk tidak meresap dengan baik ke dalam kulit. Aplikasikan produk secara merata di seluruh wajah untuk menghindari penumpukan pada area tertentu yang dapat menciptakan efek white cast.

4. Biarkan Produk Menyerap Terlebih Dahulu Sebelum Melanjutkan ke Tahap Selanjutnya

Berikan waktu cukup bagi produk untuk menyerap ke dalam kulit sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam rutinitas perawatan kulit atau pengaplikasian makeup. Langkah ini membantu mencegah white cast karena produk memiliki kesempatan untuk meresap sepenuhnya.

Biarkan skincare bekerja dengan optimal terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya. Melalui informasi di atas, apakah kini Anda sudah lebih memahami apa itu white cast dan dampaknya pada penampilan dan efektivitas produk skincare yang digunakan?

Pada faktanya, penting untuk selalu memprioritaskan perawatan kulit menyeluruh dan memilih produk yang tepat.

Begitu juga jika Anda mencari solusi terbaik untuk perawatan kulit wajah agar selalu tampil maksimal, sehat, dan tanpa flek hitam maupun bekas jerawat,  JAC menawarkan berbagai treatment untuk mengatasi masalah wajah yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Dapatkan pengalaman perawatan kulit berkualitas dengan mengunjungi JAC sekarang serta temukan kecantikan sejati dan nikmati kulit yang lebih sehat. 

JAC

 

Sumber: 

  • https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/skin-care/sun-care-and-self-tanning/sunscreen-white-cast#:~:text=A%20white%20cast%20refers%20to,photos%2C%20similar%20to%20makeup%20flashbacks.
  • https://consciouschemist.com/blogs/good-skin-blog/how-to-protect-your-skin-without-the-dreadful-white-cast
  • https://www.reequil.com/blogs/care-tips/avoid-sunscreen-with-a-white-cast
  • https://ourjourn.com/blogs/the-routine/white-cast#:~:text=The%20ingredients%20in%20physical%20sunscreen,skin%2C%20causing%20a%20white%20cast.
  • https://www.webmd.com/beauty/how-to-find-sunscreens-without-a-white-cast
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.