5 Tips Tentang Cara Merawat Wajah Berminyak

cara merawat wajah berminyak

 

Wajah yang berminyak dapat membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik dan juga memicu beberapa masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Mengetahui cara merawat wajah berminyak dapat menjadi hal penting bagi siapapun dengan masalah kulit tersebut.

Mengetahui Penyebab Umum Kulit Berminyak

Sebelum mengetahui cara merawat wajah berminyak, pertama-tama Anda harus mengerti dulu apa sebenarnya yang menyebabkan kulit wajah berminyak.

Setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda – beda; kulit berminyak bisa disebabkan oleh faktor alami dan juga faktor – faktor lain. Berikut ini adalah beberapa faktor yang berperan besar dalam mempengaruhi jenis kulit Anda:

1. Aktivitas Kelenjar Minyak Yang Tinggi

Kondisi alami kulit seseorang yang memang memiliki tipe berminyak bisa disebabkan oleh aktivitas kelenjar minyak di bawah permukaan kulit yang tinggi. Kondisi tersebut bisa terjadi secara alami tanpa sebab tertentu; namun ada pula yang dipengaruhi oleh perubahan keseimbangan hormon di usia remaja ataupun ketika wanita menjelang menstruasi.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh kondisi stres atau kurang istirahat. Seseorang yang stres dapat mengalami gangguan keseimbangan hormon; begitu pula seseorang yang kelelahan ataupun kurang tidur. Metabolisme tubuh yang terganggu dapat berdampak pada produksi minyak berlebih.

3. Gaya Hidup Yang Kurang Sehat

Faktor pola dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih yang muncul di permukaan kulit. Konsumsi makanan berlemak dalam jumlah besar dengan konsumsi buah dan sayur yang minim bisa memicu peningkatan aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit. Begitu pula dengan penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dengan sifat dan kondisi kulit.

Mengetahui penyebab kulit berminyak dapat menjadi hal penting untuk menemukan cara merawat wajah berminyak yang sesuai. Apabila Anda tahu kira-kira faktor mana yang paling berpengaruh dalam hidup Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan cara merawat kulit berminyak Anda dengan tepat.

 

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah serta Cara Perawatannya

 

Ciri-ciri Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah kondisi di mana kelenjar minyak di kulit menghasilkan sebum berlebih. Beberapa ciri-ciri kulit berminyak yang umumnya dapat diamati adalah sebagai berikut:

1. Permukaan Kulit yang Berkilau

Salah satu ciri yang paling khas dari kulit berminyak adalah permukaannya yang berkilau atau berminyak. Kulit tampak mengilap, terutama di area seperti hidung, dahi, dan dagu.

2. Pori-pori yang Memperluas

Pada kulit berminyak, pori-pori cenderung membesar dan lebih terlihat. Sebum berlebih yang diproduksi oleh kelenjar minyak menyebabkan pori-pori tersumbat dan memperluas, memberikan tampilan yang lebih kasar pada kulit.

3. Tampilan Kulit Berjerawat

Karena peningkatan produksi sebum dan pori-pori yang cenderung tersumbat, kulit berminyak rentan terhadap masalah jerawat. Oleh karena itu, jerawat, komedo, dan pustula mungkin lebih sering muncul pada kulit berminyak.

4. Tekstur Kulit yang Kasar

Ciri berikutnya dari kulit wajah berminyak adalah sering kali ditandai dengan tekstur kulit yang terasa lebih kasar. Makanya permukaan kulit wajah Anda akan terasa sedikit kasar ketika disentuh.

5. Masalah Make-up yang Cepat Luntur

Kulit wajah berminyak cenderung membuat make up mudah luntur. Minyak berlebih pada kulit Anda dapat menyebabkan foundation, bedak, atau produk make up lainnya terlihat kurang tahan lama dan terkadang menumpuk di pori-pori.

 

Baca juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

5 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Efektif

Berikut ini adalah lima cara merawat kulit berminyak yang paling ampuh dan efektif. Sangat disarankan untuk melakukan semuanya secara berdampingan untuk hasil yang maksimal.

1. Menjalani Gaya dan Pola Hidup Sehat

Salah satu cara merawat wajah berminyak yang mendasar adalah menjalani pola dan gaya hidup sehat. Metabolisme tubuh yang baik dan asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan dapat berdampak pada kesehatan seseorang secara keseluruhan. Demikian pula dengan pengaruh aktivitas fisik serta istirahat yang cukup. Olahraga secara teratur dan terukur serta memenuhi kebutuhan jam tidur yang ideal juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Menjaga kebersihan kulit dengan rajin membersihkan kulit wajah dengan bahan pembersih yang netral dapat mengurangi resiko kemunculan masalah kulit baru karena produksi minyak berlebih. Mandi secara teratur juga menjadi hal wajib dalam mengelola pola hidup yang lebih sehat. Menggunakan sabun yang cocok dengang sifat dan kondisi kulit juga menjadi hal yang penting.

2. Menggunakan Tabir Surya di luar Ruangan

Setelah menggunakan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya (sunscreen) ke kulit wajah, terutama jika ingin menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Tabir surya yang digunakan sebaiknya mengandung SPF minimal 30, sehingga kulit wajah dapat terlindungi secara maksimal dari paparan sinar matahari.

 

Baca juga: Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

3. Rajin Membersihkan Kulit Wajah

Sebagai pemilik kulit berminyak, Anda harus rajin membersihkan kulit wajah. Bila tidak, maka sebum berlebih, debu, dan kotoran yang menempel di wajah akan menyumbat pori-pori Anda, menyebabkan jerawat, komedo, dan produksi sebum kulit menjadi semakin tinggi. Sebaliknya, dengan menjaga kebersihan kulit wajah, produksi minyak berlebih pun akan berangsur turun.

Pastikan Anda menggunakan produk pembersih wajah yang tepat sebelum mencuci wajah. Selain itu, cukup membersihkan wajah dua kali sehari karena jika berlebihan justru akan membuat kulit wajah Anda mengalami iritasi dan pH-nya tidak seimbang.

Selanjutnya, apabila Anda menggunakan makeup, jangan lupa untuk melakukan double cleansing menggunakan cleanser berbahan dasar minyak dan juga foam cleanser. Jangan khawatir, menggunakan oil cleanser tidak akan memperparah kondisi kulit berminyak Anda. Justru, oil cleanser yang tepat dapat dengan efektif menyeimbangkan pH kulit dan menyingkirkan sebum berlebih tanpa membuat kulit terlalu kering ataupun iritasi.

 

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

 

4. Rutin Eksfoliasi Atau Mengangkat Sel Kulit Mati

Membersihkan wajah secara rutin saja tidak cukup. Untuk merawat kulit berminyak, Anda juga harus rutin melakukan eksfoliasi, alias mengangkat sel kulit mati. apabila tidak melakukan eksfoliasi, maka sel kulit mati akan menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit, membuat wajah terlihat kusam, berjerawat, berkomedo, dan menjadi semakin berminyak.

Eksfoliasi cukup dilakukan 1-2 kali seminggu karena eksfoliasi berlebihan dapat membuat kulit iritasi. Anda bisa eksoliasi dengan physical exfoliator, seperti scrub, ataupun dengan chemical exfoliator, seperti AHA dan BHA. Chemical exfoliator sendiri bersifat lebih lembut di kulit.

5. Perawatan dengan Bahan-Bahan Alami

Selain dengan menggunakan skincare, adapun cara merawat wajah berminyak yang lazim dilakukan adalah berupa perawatan dengan bahan-bahan alami. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan masker atau toner yang terbuat dari bahan alami untuk menjaga kebersihan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Beberapa bahan alami seperti perasan jeruk lemon, cuka apel, mentimun dan tomat dapat digunakan sebagai bahan membuat masker perawatan kulit berminyak.

Beberapa bahan lain seperti yoghurt, madu dan lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat masker wajah berbahan alami yang aman digunakan serta minim resiko serta efek samping. Masker alami ini dapat diaplikasikan pada kulit wajah maupun bagian tubuh lain. Biarkan masker mengering secara alami setelah dioleskan; kemudian bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin sebelum mengeringkan kulit dengan handuk lembut. Jangan lupa untuk menggunakan produk skincare yang tepat setelah itu dan lakukan perawatan alami ini sebanyak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Demikianlah penjelasan dari cara merawat wajah berminyak yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Jika masih terdapat masalah kulit wajah yang tengah Anda alami dan tak kunjung pulih, jangan khawatir sebab JAC hadir untuk menawarkan solusi terapi kecantikan dan kesehatan kulit.

JAC menghadirkan treatment Ultherapy yaitu rahasia peremajaan kulit modern yang dilakukan dengan prosedur tanpa bedah. Tujuannya untuk mengencangkan kulit yang sudah mulai tipis dan kendur akibat bertambahnya usia. Hasilnya, kulit kembali kencang seperti baru saja melakukan facelift dan necklift, namun dengan proses yang alami serta kualitas kulit pun memuda kembali.

Segera hubungi JAC untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari para dokter ahli tersertifikasi.

Sumber rujukan:

  • https://www.sehatq.com/artikel/kulit-wajah-berminyak-ini-cara-mengatasinya-dengan-mudah/
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/skincare-untuk-kulit-berminyak
  • https://m.merdeka.com/jabar/7-cara-merawat-wajah-berminyak-dengan-bahan-alami-mudah-dilakukan-kln.html
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.