7 Bentuk Bibir Ideal dan Tips Merawatnya

Bibir, dengan segala bentuk dan dimensinya, memiliki peran penting dalam memperindah wajah dan memberikan pesona yang unik bagi setiap individu. Dalam dunia kecantikan, bentuk bibir ideal menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas, karena bentuk bibir dapat memberikan sentuhan khusus pada penampilan seseorang.

Bentuk bibir tidak hanya sekadar estetika, tetapi juga dapat mencerminkan karakter dan kepribadian seseorang. Tak heran jika setiap orang mempunyai bentuk bibir impiannya masing-masing. Melalui artikel ini, Anda akan menjelajahi berbagai bentuk bibir ideal yang diidamkan, serta mengungkap rahasia merawat bibir agar selalu terlihat indah dan sehat. 

7 Bentuk Bibir Ideal

Setiap orang memiliki bentuk bibir yang unik, tetapi ada beberapa bentuk bibir yang dianggap ideal dalam industri kecantikan. Bentuk bibir ideal dapat memberikan kesan yang indah dan seimbang pada wajah. Berikut adalah tujuh bentuk bibir ideal yang sering diinginkan oleh banyak orang:

1. Bibir Bentuk Hati

Bibir Bentuk Hati

Salah satu bentuk bibir yang paling diidamkan dan dianggap ideal adalah bibir dengan bentuk hati. Dalam bentuk ini, bagian atas bibir memiliki lengkungan yang lembut, menyerupai bentuk hati terbalik, sementara bagian bawah bibir lebih sempit. Bibir bentuk hati ini memberikan kesan feminin, manis, dan romantis pada wajah. 

Banyak wanita bermimpi memiliki bibir dengan bentuk hati karena bentuk ini dapat memberikan sentuhan yang anggun dan menggoda pada penampilan mereka. Bentuk bibir ini sering dihubungkan dengan kecantikan alami dan keanggunan.

2. Full Lips

Full Lips

Bibir penuh, atau yang sering disebut full lips, adalah salah satu bentuk bibir yang sangat populer dan diinginkan oleh banyak orang. Bibir dengan volume tinggi dan tampak lebih tebal ini memberikan penampilan yang sensual dan menarik. Banyak selebriti terkenal seperti Angelina Jolie dan Scarlett Johansson yang menjadi standar kecantikan beberapa orang sebab memiliki bibir penuh yang memukau. 

Bibir penuh dapat meningkatkan daya tarik wajah dan memberikan tampilan yang menggoda. Bentuk ini sangat diminati dalam tren kecantikan saat ini, dan mereka yang memiliki bibir penuh alami bisa menganggap diri mereka beruntung karena bentuk ini sering menjadi daya tarik yang menonjol.

3. Bibir Bentuk Pita

Bibir Bentuk Pita

Bentuk bibir pita ini memiliki lebar yang merata dari sisi ke sisi. Bibir ini menciptakan tampilan yang rata dan simetris pada bibir. Bentuk pita memberikan kesan elegan dan klasik pada wajah. Bentuk bibir ini sering dianggap sebagai tanda keindahan alami dan keanggunan. 

Jika Anda ingin tahu bentuk bibir yang satu model dan aktris terkenal seperti Cindy Crawford, memiliki bibir dengan bentuk pita yang mengesankan. Bagi mereka yang memiliki bibir dengan bentuk pita, dapat menganggapnya sebagai aset unik yang memberikan sentuhan keanggunan pada wajah mereka.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam Secara Alami 

4. Bibir Atas Lebih Tebal

bibir Atas Lebih Tebal

Salah satu ciri khas yang dianggap ideal dalam dunia kecantikan adalah bibir atas yang lebih tebal. Bentuk ini memberikan dimensi pada wajah dan menciptakan efek yang dramatis. Bibir atas yang lebih tebal dapat membantu memperbaiki proporsi wajah yang tidak seimbang. 

Rihanna dan Kylie Jenner menjadi jajaran selebriti yang sangat dikenal banyak orang karena memiliki bibir atas mereka yang lebih tebal. Bentuk bibir ini menambah daya tarik visual pada wajah dan memberikan penampilan yang menonjol. Jika seseorang memiliki bibir atas yang lebih tebal, mereka dapat menikmati tampilan wajah dengan fitur yang mencolok.

5. Bibir Bawah Lebih Tebal

Bibir Bawah Lebih Tebal

Sebaliknya, ada juga bentuk bibir ideal yang memiliki bibir bawah yang lebih tebal. Bibir bawah yang lebih tebal dapat memberikan efek yang menarik dan meningkatkan daya tarik wajah. Bentuk ini sering dianggap sebagai tanda kepercayaan diri dan kecantikan yang kuat. 

Beberapa selebriti dengan bibir bawah yang lebih tebal adalah Beyoncé dan Priyanka Chopra. Pada dasarnya, bentuk bibir bawah yang lebih tebal ini memberikan tampilan yang eksotis dan menarik perhatian dengan pesona mereka yang unik.

6. Wide Lips

Wide Lips

Bibir lebar adalah bentuk bibir yang memiliki lebar lebih besar dari rata-rata. Bentuk ini memberikan tampilan yang unik dan menarik pada wajah. Bibir lebar dapat menambah dimensi pada wajah dan memberikan kesan yang kuat. Anda bisa menemukan bentuk wide lips pada Julia Roberts dan Liv Tyler sebab tampak jelas bahwa keduanya memiliki bibir lebar yang mencolok. 

Sebab itu, bibir lebar sering dianggap sebagai ciri khas yang mencolok dan memberikan penampilan yang menarik. Bentuk bibir ini menambah pesona pada wajah dan memberikan tampilan yang unik yang memikat perhatian.

7. Bibir Bentuk Bulat

Bibir Bentuk Bulat

Anda pasti sudah tak asing dengan artis mancanegara Emma Watson dan Anne Hathaway. Perlu diketahui bahwa keduanya dikenal dengan bibir bentuk bulat yang menawan.  Bibir dengan bentuk bulat memang khas dengan kontur yang melengkung secara alami di kedua sisi. 

Bentuk ini memberikan kesan kelembutan dan keanggunan pada wajah serta kerao kali dianggap sebagai simbol femininitas. Jika Anda memiliki bentuk bibir bulat, maka umumnya wajah akan memancarkan kesan yang lembut, menyenangkan, dan menambah keindahan pada wajah.

Baca juga: 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir yang Berkhasiat

Tips Merawat Bibir yang Tepat

Tips Merawat Bibir yang Tepat

Pada dasarnya, segala bentuk bibir adalah ideal. Anda hanya perlu merawat dan menjaga bibir agar tidak kering, pecah-pecah, atau gelap akibat kondisi bibir yang kotor. Oleh karenanya, JAC akan membantu Anda mengetahui apa saja tips merawat bibir yang tepat. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Menjaga Bibir Selalu Lembap

Salah satu kunci untuk bibir yang indah adalah menjaga kelembapan mereka. Gunakan lip balm atau pelembap bibir yang mengandung bahan alami seperti shea butter atau minyak jojoba. Oleskan pelembap bibir secara teratur, terutama saat bibir terasa kering atau pecah-pecah. Kelembapan yang cukup akan membantu menjaga kesehatan dan kelembutan bibir Anda.

2. Gunakan Produk untuk Bibir yang Cocok

Pilihlah produk lipstik, lip gloss, atau lip stain yang cocok untuk bibir Anda. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang keras atau dapat menyebabkan iritasi, seperti pewarna buatan atau parfum. 

Selain itu, pilih juga warna yang sesuai dengan warna kulit Anda untuk menciptakan tampilan yang terbaik. Produk yang tepat akan memberikan perlindungan dan perawatan yang diperlukan bagi bibir Anda.

Baca juga: 4 Cara Menipiskan Bibir Tanpa Operasi yang Aman

3. Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi bibir secara rutin dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat bibir terasa lebih halus. Gunakan scrub bibir yang lembut dan pastikan cocok di bibir karena beberapa produk dapat membuat bibir pecah-pecah akibat kandungan yang tidak cocok.

Gosok lembut scrub pada bibir selama beberapa detik, lalu bilas dengan air hangat. Selain membuat bibir lembut, eksfoliasi secara teratur juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperbaharui sel-sel kulit bibir Anda.

4. Bersihkan hingga Bersih Setelah Menggunakan Produk Bibir

Setelah menggunakan lipstik atau produk bibir lainnya, pastikan untuk membersihkan bibir dengan lembut. Gunakan makeup remover atau pembersih wajah yang b untuk menghilangkan sisa-sisa produk. Membersihkan bibir dengan baik membantu mencegah penumpukan produk dan mengurangi risiko iritasi. Jaga kebersihan bibir Anda agar tetap sehat.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk bibir Anda. Minumlah air putih yang cukup sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari untuk menjaga kelembapan bibir dan kulit secara keseluruhan. Air putih membantu menjaga bibir tetap lembap dari dalam, sehingga mengurangi risiko bibir kering dan pecah-pecah. 

Dalam perjalanan kita menjelajahi berbagai bentuk bibir ideal, kita dapat memahami bahwa kecantikan sejati tidak terbatas pada satu standar tunggal. Setiap bentuk bibir memiliki pesona dan keunikan tersendiri yang memberikan pesan tentang identitas dan kepribadian individu. 

Hal yang paling penting, merawat bibir dengan tepat dan menjaga kesehatannya adalah kunci untuk menonjolkan keindahan alami bibir, apa pun bentuknya. Di sisi lain, untuk menyempurnakan penampilan wajah, Anda tentu perlu merawat wajah agar tetap sehat tanpa masalah wajah yang mengganggu penampilan. 

JAC-Face-Procedure-scaled

Punya permasalahan penuaan diri di wajah seperti cekungan bawah mata, garis senyum, dan kurang pede dengan bentuk bibir? Tenang saja, JAC akan membantu Anda mengatasinya dengan treatment soft tissue filler. Prosedur ini dilakukan tanpa bedah dengan keamanan tinggi dan telah tersertifikasi FDA dan depkes RI. 

Tunggu apalagi? Konsultasikan kebutuhan wajah Anda dengan dokter ahli dari JAC sekarang juga dan tampil lebih percaya diri dengan kriteria cantik sesuai keinginan Anda.

Sumber rujukan: 

  • https://weheartthis.com/different-types-of-lips/
  • https://www.healthline.com/health/different-lip-types-and-how-to-take-care-of-them
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/types-of-lips
  • https://www.bebeautiful.in/all-things-makeup/lips/7-different-types-of-lips-and-how-to-apply-makeup-on-each-type
  • https://media.neliti.com/media/publications/130044-ID-deteksi-lokasi-bibir-otomatis-pada-citra.pdf
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.