Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Blackhead di Pipi

Blackhead di pipi adalah masalah kulit yang umum dan sering kali mengganggu penampilan. Bintik-bintik kecil berwarna hitam ini muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Meskipun tidak berbahaya, blackhead bisa membuat kulit terlihat tidak bersih dan merata, sehingga banyak orang berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Dalam artikel ini, JAC akan membahas secara mendalam mengenai blackhead di pipi, penyebab munculnya, serta cara-cara efektif untuk mengatasinya. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang masalah kulit ini dan langkah-langkah perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih dan bebas dari komedo. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Blackhead di Pipi

Blackhead atau komedo hitam adalah salah satu jenis masalah kulit yang paling umum. Blackhead terbentuk ketika folikel rambut pada kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak (sebum) yang berlebih. Tidak seperti whitehead (komedo putih), blackhead memiliki permukaan terbuka yang membuat minyak dan sel kulit mati teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam.

Di pipi, blackhead dapat muncul lebih sering karena area ini memiliki pori-pori yang cukup besar dan cenderung menghasilkan minyak berlebih. Blackhead di pipi tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi tanda bahwa kulit Anda membutuhkan perhatian khusus.

Pada dasarnya blackhead adalah tanda bahwa pori-pori Anda tersumbat. Pasalnya, setiap folikel rambut memiliki satu kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Minyak ini diproduksi wajah untuk membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan terhidrasi. Ketika sel kulit mati dan minyak berlebih menumpuk di pintu masuk folikel rambut, maka terbentuklah komedo.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi yang Aman dan Nyaman

Penyebab Blackhead di Pipi

Sebelum mencari tahu bagaimana Anda dapat mengatasi blackhead di pipi atau bagian lain di wajah, tentu perlu tahu terlebih dahulu penyebabnya agar dapat mengatasinya dengan tepat. Berikut ini JAC akan membagikan apa saja penyebab  blackhead di pipi yang perlu Anda waspadai:

1. Menggunakan Produk yang Menyumbat Pori-Pori

Tidak semua produk perawatan kulit diciptakan sama. Beberapa produk, terutama yang berbasis minyak atau mengandung bahan-bahan tertentu seperti silikon dapat menyumbat pori-pori. Hal ini juga termasuk pelembap, sunscreen, makeup, dan bahkan beberapa pembersih. Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati yang akhirnya berujung pada terbentuknya blackhead.

2. Produksi Minyak di Wajah yang Berlebih

Kulit yang berminyak memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami blackhead. Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif menghasilkan lebih banyak sebum sehingga dapat menyumbat pori-pori lebih cepat. Peningkatan produksi minyak ini sendiri bisa disebabkan oleh faktor hormonal, diet, stres, atau perubahan lingkungan. Misalnya, selama masa pubertas atau menstruasi, perubahan hormon dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

3. Kebiasaan Tidak Membersihkan Make Up

Jika masih kerap mengabaikan pembersihan makeup hingga pagi, hati-hati karena ini juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya blackhead. Makeup yang tertinggal di wajah dapat menyumbat pori-pori dan menarik kotoran serta bakteri, di mana nantinya hal ini akan menyebabkan komedo. Bahkan makeup yang dianggap “non-comedogenic” atau tidak menyumbat pori-pori tetap bisa menyebabkan masalah jika tidak dibersihkan dengan benar.

4. Mengabaikan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit Anda. Tanpa eksfoliasi yang teratur, sel kulit mati bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab utama munculnya blackhead di pipi. 

Perlu Anda ketahui bahwa eksfoliasi membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan komedo. Ada dua jenis eksfoliasi yaitu physical dan chemical. Anda bisa memilih salah satu metode dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Cara Mengatasi Blackhead di Pipi

Munculnya blackhead di pipi tentu akan sangat mengganggu penampilan, bahkan tak jarang pori-pori juga menjadi lebih tampak. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga kulit tetap lembap adalah langkah penting dalam mencegah dan mengatasi blackhead. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung menghasilkan minyak dengan lebih seimbang, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya blackhead. 

Gunakan pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori atau dengan bahan yang non-comedogenic. Pastikan juga untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, baik itu dalam bentuk gel untuk kulit berminyak atau lotion untuk kulit normal dan kering.

2. Gunakan Skincare dengan Kandungan Khusus

Untuk mengatasi blackhead, pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif tertentu seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid. Pasalnya, salicylic acid dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. 

Sedangkan, benzoyl peroxide efektif membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengurangi minyak di kulit dan retinoid meningkatkan pergantian sel kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan menghindari penggunaan berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Agar menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari blackhead, lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu, tergantung pada jenis kulit Anda. Gunakan produk eksfoliasi yang lembut untuk menghindari iritasi. 

Eksfoliator kimia dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau BHA (Beta Hydroxy Acid) bisa menjadi pilihan yang baik. Sebab, AHA bekerja di permukaan kulit untuk menghilangkan sel kulit mati, sedangkan BHA menembus lebih dalam ke dalam pori-pori untuk membersihkan minyak dan kotoran.

Baca Juga: Ingin Wajah Terlihat Tirus? 10 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Ini Bisa Dicoba!

4. Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah dengan benar adalah langkah dasar namun sangat penting dalam mengatasi blackhead. Gunakan pembersih yang lembut namun efektif untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan makeup dari wajah Anda. Cuci wajah dua kali sehari di pagi dan malam hari untuk menjaga kebersihan kulit. Hindari pembersih yang mengandung alkohol atau bahan keras lainnya yang dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.

5. Perawatan ke Dokter Ahli

Jika Anda memiliki masalah blackhead yang parah atau tidak dapat diatasi dengan perawatan di atas, konsultasikan dengan dokter ahli. Sebagai ahlinya, dokter dapat memberikan perawatan yang lebih intensif, seperti ekstraksi komedo secara profesional, chemical peels, atau penggunaan obat topikal dan oral lainnya. Tentunya saran perawatan telah disesuaikan dengan kondisi kulit Anda dan membantu Anda membentuk rutinitas perawatan kulit yang efektif.

Menangani masalah blackhead di pipi memerlukan pendekatan yang tepat dan konsisten. Dengan memahami penyebab dan cara mengatasinya yang tepat, Anda bisa menjaga kulit tetap bersih dan sehat. 

Ingatlah bahwa kulit setiap orang berbeda, sehingga penting untuk menyesuaikan rutinitas perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai prosedur di atas juga membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk menunjukkan hasil yang maksimal. Meski demikian, tenang saja, dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih dan bebas dari blackhead dengan perawatan yang tepat dan konsisten.

Untuk hasil yang maksimal, pertimbangkan untuk mencoba Treatment Peeling dan Skincare di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Treatment peeling komedo ini menggunakan cairan peeling natural racikan dokter ahli yang lembut dan dapat mengeringkan jerawat serta mengencerkan komedo sehingga dapat dibersihkan hanya dengan memijat lembut kulit wajah. Di akhir prosedur, Anda juga akan dimanjakan dengan housemade masker gel dari bahan alami yang akan menenangkan kulit Anda. 

Selain itu, produk skincare dari JAC juga aman dan tidak menyebabkan ketergantungan pada wajah. Hal ini karena produknya dirancang dengan bahan terbaik dan sudah tedaftar di BPOM. Tunggu apalagi? Jangan ragu untuk menghubungi JAC dan jadwalkan konsultasi Anda hari ini untuk mendapatkan kulit lebih bersih, bersinar, dan tampil elegan.

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/blackheads-on-cheeks#salicylic-acid

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22038-blackheads

Sutaria AH, Masood S, Saleh HM, et al. Acne Vulgaris. [Updated 2023 Aug 17]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2024 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459173/ 

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.