Inilah 3 Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

Apakah Anda tahu cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun? Telah umum diketahui bahwa minyak zaitun memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, termasuk untuk masker rambut. Kandungan dan manfaat minyak zaitun yang terdapat di dalamnya membuatnya bertahan digunakan secara turun temurun sebagai perawatan kecantikan.

Meski terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk memanjangkan rambut seperti misalnya putih telur atau kuning telur, namun Artikel JAC kali ini hanya akan membahas tentang cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun.

Penggunaan bahan alami ini juga bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan, seperti rambut rontok, mudah patah atau bercabang. Proses penggunaannya juga tidak sulit, cukup campurkan dengan bahan lainnya dan minyak zaitun siap digunakan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Sebelum membahas terkait cara menggunakan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut, ada baiknya Anda tengok segudang manfaat minyak zaitun yang terkandung di dalamnya. Apa sajakah itu, berikut di antaranya:

1. Memperkuat Folikel Rambut

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah bisa memperkuat folikel dan akar rambut karena memiliki kandungan asam lemak dan antioksidan. Folikel rambut sendiri merupakan tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala. Selain memperkuat bagian akar rambut, minyak zaitun juga bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

2. Melembabkan Rambut

Minyak zaitun juga bisa bekerja sebagai pelembab alami yang mampu mengatasi kekeringan. Jika digunakan secara teratur dan tepat, rambut Anda tidak lagi nampak kering. Kandungan lemak sehat dan vitamin E yang ada dalam minyak zaitun juga membuat rambut menjadi lebih sehat dan terhidrasi.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak zaitun juga dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala, mencegah peradangan, serta menjaga kelembaban alami kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengatasi ketombe sebab mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

4. Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat selanjutnya dari minyak zaitun adalah mampu mencegah kerontokan rambut akibat radikal bebas dan hormon dihydrotestosterone (DHT). Minyak tumbuhan khas Mediterania ini bekerja dengan cara menghalangi pertumbuhan hormon tersebut. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga berguna untuk menghalangi munculnya radikal bebas dengan kandungan vitamin E di dalamnya.

5. Memperbaiki Rambut Rusak

Minyak zaitun juga dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak, kusam, dan rapuh karena mengandung asam lemak dan vitamin E di dalamnya sehingga dapat membantu memperbaiki struktur rambut dan menjaga rambut tetap sehat.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

Banyak sekali manfaat yang diperoleh rambut Anda dengan menjadikan minyak zaitun sebagai perawatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak zaitun, Anda mesti menggunakannya secara teratur sebagai masker rambut atau mencampurkan dengan bahan-bahan lain untuk perawatan rambut.

3 Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

Setelah mengetahui khasiat minyak zaitun untuk rambut, sekarang saatnya menggunakan bahan alami ini untuk perawatan rambut Anda. Tidak sulit mengolah minyak zaitun, Anda bisa menggunakan hanya bahan tersebut atau dicampurkan dengan bahan lainnya.

Cobalah ikuti cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun di bawah ini.

1. Gunakan Takaran yang Tepat

Takaran minyak zaitun yang tepat hendaknya disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi rambut, apakah rambut sedang kering atau tidak. Rambut yang kering biasanya membutuhkan takaran minyak zaitun yang lebih banyak agar bisa melembabkan kulit kepala.

Seperempat (¼) gelas minyak zaitun bisa dioleskan untuk rambut panjang sekaligus memijat kulit kepala. Apabila diperlukan, campurkan juga dengan bahan lain seperti minyak almond dan telur. Intinya, gunakan bahan alami yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Baca juga: Inilah Cara Menyuburkan Rambut yang Efektif

2. Usapkan Pada Rambut

Setelahnya, usapkan pada rambut dalam keadaan kering. Jika bagian kulit kepala Anda juga kering, aplikasikan juga minyak zaitun di atasnya. Jangan hanya mengusapkan, lakukan pijatan ringan di kulit kepala agar kandungan minyak zaitun meresap hingga ke akar rambut.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa menutupi kepala dengan shower cap selama 15 menit. Menutup kepala dengan shower cap bisa membantu kulit kepala meresap minyak zaitun dan bekerja lebih maksimal.

3. Bilas Hingga Bersih

Sebelum dibilas, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang sehingga minyak zaitun bisa menyebar ke seluruh bagian rambut. Selain itu, menyisir rambut sebelum keramas juga bisa mempermudah styling rambut nantinya.

Kemudian, bilas rambut dengan air hangat sebab uap dan panasnya akan membuat rambut menyerap minyak zaitun dengan lebih cepat. Hindari menggunakan shampo karena bisa mengangkat minyak dari rambut dan bertolak belakang dengan manfaat perawatan minyak zaitun tersebut. 

Jika diperlukan, gunakan kondisionersehingga kelembapan rambut tetap terjaga. Menggunakan conditioner selepas memakai minyak zaitun juga tidak berbahaya. Hanya saja, jangan terlalu sering digunakan bila ingin hasil yang terbaik dari perawatan minyak zaitun ini.

Ada beberapa kondisi rambut yang memang memerlukan perawatan dengan minyak zaitun. Rambut yang sering diwarnai dan di-styling dengan catokan adalah salah satunya. Untuk penggunaan terbaik, tunggulah selama 72 jam setelah melakukan styling atau mewarnai rambut.

Baca juga: 10 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang secara Alami

Rambut yang bercabang juga harus dilakukan perawatan dengan olive oil. Kandungan minyak zaitun bisa membuat ujung rambut kembali halus dan lembut. Aplikasikan minyak zaitun sepanjang 5 cm dari ujung rambut.

Apa Efek Samping Minyak Zaitun untuk Rambut?

Efek samping biasanya terjadi jika penggunaan minyak zaitun berlebihan atau tidak sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan perawatan rambut, beberapa efek samping tersebut di antaranya:

1. Rambut Menjadi Berminyak

Penggunaan minyak zaitun yang berlebihan atau tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat rambut terlihat berminyak dan tidak segar.

2. Membuat Rambut Terlalu Lembut

Terlalu sering menggunakan minyak zaitun dapat membuat rambut terlalu lembut, sehingga sulit diatur dan terlihat berantakan.

3. Membuat Rambut Kering dan Rapuh

Meskipun minyak zaitun membantu melembabkan rambut, tetapi jika digunakan terlalu sering atau pada rambut yang tidak membutuhkan kelembaban tambahan, maka dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

4. Alergi

Beberapa orang mungkin alergi terhadap minyak zaitun, sehingga dalam beberapa kondisi penggunaanya dapat menyebabkan ruam atau iritasi pada kulit. Oleh karena itu, baiknya Anda mencoba sedikit di tangan Anda dan melihat efeknya, sebelum menggunakannya pada rambut.

Demikianlah penjelasan cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda juga bisa melakukan prosedur perawatan rambut seperti Hair Rejuvenation di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Dokter bersertifikasi kami akan memberikan perawatan rambut yang optimal dan memuaskan, sehingga rambut Anda tetap terawat setiap hari.

Sumber rujukan:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/olive-oil-for-hair-growth

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33391868/olive-oil-for-hair/

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.