Cara Membersihkan Wajah dengan Benar menurut Ahli Dermatologi

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan sejak pagi hari bisa membuat tubuh lelah dan ingin segera tidur daripada harus membersihkan wajah. Mengabaikan pembersihan wajah sekali saja bisa membuat pori–pori tersumbat dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu memperhatikan cara membersihkan wajah secara tepat dan teratur. Bagaimana caranya? Simak pendapat dari ahli Dermatologi dalam artikel ini.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah secara Alami agar Wajah Cantik Maksimal

Pentingnya Mengetahui Jenis Kulit

Jenis Kulit

Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan kulit wajah dengan benar, maka hal pertama yang Anda harus ketahui adalah jenis kulit Anda. Tentu saja hal ini penting untuk menyesuaikan jenis pembersih apa yang harus Anda gunakan nantinya.

Jika Anda mempunyai kulit wajah yang berminyak misalnya, pori-pori kulit Anda lebih besar, mengkilap, dan berminyak. Jenis kulit ini sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang bebas minyak dan juga toner untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah. Selain itu Anda bisa menggunakan jenis sabun dengan bahan gel untuk membantu membersihkan minyak wajah dengan baik.

Untuk jenis kulit kering, maka akan cenderung lebih bersisik dan juga kasar. Sebaiknya Anda menghindari pembersih yang mengandung alkohol dan gunakan pembersih wajah yang lembut supaya kulit Anda tidak semakin kering.

Berbeda lagi jika jenis kulit Anda sensitif, maka wajah Anda akan terasa perih jika Anda menggunakan produk kosmetik atau perawatan kulit tertentu. Namun, jika kulit wajah Anda normal maka kulit Anda akan cenderung bersih dan juga tidak sensitif saat menggunakan produk yang tepat.

Baca Juga: Tips Wajah Tampak Cerah Sepanjang Hari

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Tepat

Untuk Anda yang sudah mengetahui jenis kulit Anda, maka selanjutnya Anda harus tahu bagaimana langkah-langkah dalam membersihkan wajah dengan benar. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

Setidaknya ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat mencuci muka menurut Jennifer Haley, Dermatologist dari Scottsdale, Arizona.

1. Cuci Tangan dan Bersihkan Sisa Make Up

Bersihkan Make Up

Sebelum membersihkan wajah Anda, sebaiknya Anda membersihkan sisa riasan (make up) Anda terlebih dahulu. Tapi pastikan tangan Anda sudah bersih sebelumnya.

Hal ini bertujuan agar sisa riasan tersebut tidak mengendap dalam pori-pori wajah Anda. Tahap pertama ini berlaku bagi seluruh jenis kulit.

Untuk membersihkan sisa riasan, Anda bisa menggunakan milk cleanser, cairan remover khusus makeup, ataupun cleansing oil. Jangan lupa untuk membersihkan residu pembersihnya terlebih dahulu sebelum mulai mencuci wajah.

Jika tipe kulit Anda termasuk yang berpori besar, maka diperlukan double-cleansing menggunakan minyak zaitun atau bunga matahari terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut untuk membersihkan minyak tersebut.

2. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Sebelumnya, Anda telah mempelajari pentingnya mengetahui jenis kulit wajah agar dapat membersihkannya secara tepat. Sekarang, Anda harus memastikan sabun cuci muka yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Jangan sekali-kali menggunakan sabun batang yang tidak diperuntukkan untuk wajah sebab akan mengubah keseimbangan PH kulit Anda sehingga bakteri dan komedo akan lebih mudah bersarang.

3. Pijatlah Wajah Anda dengan Lembut

Jika sisa make-up sudah bersih, maka selanjutnya Anda bisa mencuci wajah Anda menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Lakukan dengan lembut dan pijatlah perlahan wajah Anda terutama jika sabun muka yang mengandung zat exfoilasi untuk mengangkat sel kulit mati.

Gunakan gerakan memutar dan memijat perlahan dengan kedua telapak tangan Anda. Juga pastikan Anda tidak menekan atau menarik kulit wajah terlalu kencang agar tidak membuat kulit kendur atau berkerut.

Cara membersihkan wajah yang tepat di tahap ini adalah dengan menggunakan ujung jari Anda, memijat dengan lembut setidaknya selama satu atau dua menit.

Baca Juga: 13 Cara Perawatan Wajah secara Alami di Rumah

4. Gunakan Air Hangat

Penggunaan air hangat bisa menjadi alternatif untuk membersihkan wajah. Ini dapat membut pori-pori pada kulit Anda terbuka sehingga kotoran pada pori-pori wajah dapat lebih mudah dibersihkan. Namun hindari penggunaan air yang terlalu panas agar tidak merusak kulit.

5. Keringkan Wajah dengan Handuk yang Lembut

Handuk Bersih

Sebaiknya gunakan handuk bersih dan bertekstur lembut untuk mengeringkan wajah Anda. Jangan asal menggunakan handuk untuk wajah Anda. Setelah mengambil handuk bersih khusus untuk wajah Anda, gunakan dengan cara menepuk-nepuknya dengan perlahan pada wajah.

Jangan menggosokkan handuk pada kulit karena berpotensi mengiritasi kulit serta menimbulkan kerutan.

6. Jangan Lupa Gunakan Toner

Meskipun ini bukanlah bagian dari langkah langsung dalam mencuci muka, namun tahap ini penting Anda perhatikan. Toner adalah formula cair yang ringan untuk mengatur ulang pH kulit Anda, sehingga dapat melindungi kulit Anda dari bakteri dan bahaya.

Sekarang, banyak toner yang hadir dengan manfaat ekstra yang dapat menyelesaikan masalah kulit tertentu. Dalam memilih toner yang tepat, setidaknya carilah toner yang mengandung bahan-bahan, seperti:

  • Air mawar, yang memiliki sifat anti-penuaan
  • Chamomile, yang dikenal karena kualitasnya yang menenangkan
  • Asam salisilat atau witch hazel untuk membantu melawan jerawat

7. Tutuplah dengan Menggunakan Pelembap

Agar hasilnya maksimal, membersihkan wajah sangat dianjurkan dengan menggunakan pelembap (mouisturizer).

Barangkali Anda menyukai sensasi kulit “kencang” setelah mencuci muka, tapi ketahuilah bahwa ini adalah tanda kekeringan yang berlebihan. Oleh karena itu, dengan mengoleskan krim pelembab akan melindungi kulit Anda dari kekeringan yang berlebihan.

Kekeliruan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Muka

Setelah mengetahui cara membersihkan wajah yang benar, selanjutnya Anda perlu menghindari beberapa kekeliruan yang sering dilakukan saat mencuci muka.

1. Menggunakan Sabun Mandi (Body Soap)

Kandungan dalam sabun mandi tentu saja berbeda dengan produk pembersih wajah sehingga memiliki tujuan yang berbeda. Penggunaan sabun batang akan mengubah keseimbangan ph kulit Anda.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan produk sabun jenis “foaming” karena pada level tertentu akan menghilangkan minyak alami pada kulit wajah Anda.

2. Tidak Membersihkan Wajah Secara Merata

Barangkali bagian bawah rahang, dagu maupun leher jarang terjamah ketika membersihkan wajah. Kendati bukan bagian wajah, tetapi ini penting diperhatikan sebab pada bagian itu banyak kotoran yang menempel.

Maka dianjurkan untuk mengusap dan memijat sekaligus area tulang rahang dan leher Anda dengan gerakan ke atas untuk melancarkan sirkulasi darah dan juga membuat kulit Anda tetap kencang.

Baca juga: 3 Cara Agar Muka Tidak Berminyak

3. Terlalu Sering Mencuci Muka

Membersihkan wajah cukup 2 kali sehari terlebih jika jenis kulit wajah Anda termasuk tipe kering (dry). Kemudian waktu yang paling tepat untuk membersihkan wajah yakni saat pergantian sore hari atau matahari terbenam (magrib).

Sebuah penelitian juga menyarankan bahwa menjaga ritme jam sikardian kulit akan melindungi kulit Anda dari kerusakan.

4. Menggunakan Sabun Muka tidak Sesuai Takaran

Ketika Anda telah menggunakan produk sabun pembersih wajah dalam waktu yang cukup lama dan ternyata tidak membawa perubahan yang signifikan, maka Anda perlu menengok apakah takaran penggunaanya selama ini sudah sesuai anjuran atau belum.

Apalagi jika harga produk skin care Anda mahal, maka ini cukup mempengaruhi Anda untuk menghemat takaran pemakaiannya. Oleh karena itu selalu baca petunjuk penggunaanya atau konsultasikan pada dokter kecantikan kesayangan Anda.

5. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Anda perlu mengetahui bahwa kulit wajah Anda memiliki lapisan kulit alami, maka ketika menggunakan produk yang mengandung scrub atau beads cleanser secara berlebihan akan merusak lapisan kulit terluar.

Oleh karena itu, Anda perlu menggosok kulit wajah Anda secara perlahan jika menggunakan produk scrub atau exfoliating.

Manfaat Cuci Muka Secara Teratur

Ada banyak manfaat yang Anda peroleh jika membersihkan wajah secara teratur setiap hari. Mengutip Dr. Lankerani dalam laman westlakedermatology.com mengatakan bahwa manfaat paling umum dari cuci muka adalah menghilangkan kotoran, minyak, dan kotoran lain yang menempel pada kulit wajah Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari cuci muka secara rutin.

1. Menghidrasi Kulit Wajah

Membersihkan wajah secara teratur (bersama dengan penggunaan pelembab yang baik) juga merupakan faktor penting dalam membantu kulit mempertahankan tingkat hidrasi yang tepat.

Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat dan terasa kasar, berkerut, dan menua. Membersihkan wajah membantu mengatur tingkat PH kulit; memungkinkan air dan produk dapat bertahan dalam jumlah yang cukup.

2. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Wajah

Pembersihan kulit wajah secara teratur dan tepat dapat mencegah terjadinya penumpukan kotoran dalam pori-pori. Selain itu, minyak sebum yang terdapat di balik lapisan kulit dapat mencapai permukaan kulit tanpa hambatan dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Baca juga: Jenis Jerawat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Membantu Produk Kecantikan Lain Bekerja Maksimal

Pembersihan kulit wajah secara teratur tidak hanya membuat kulit Anda tetap berkilau dan sehat tapi juga membantu produk kecantikan lain bekerja lebih optimal, misalnya penggunaan produk perawatan anti-penuaan (anti-aging).

Membersihkan wajah secara teratur juga membantu mempertahankan ukuran pori-pori yang tepat dan mendorong hidrasi kulit yang tepat serta mencegah produksi minyak berlebih.

Demikianlah langkah-langkah mencuci muka dengan tepat. Jika Anda mengalami masalah dengan produk anti-aging yang belum bisa bekerja optimal, silahkan konsultasikan dengan dokter ahli JAC.

JAC adalah aesthetic skin care Jakarta yang menyediakan berbagai treatment khusus seperti Ultheraphy, yakni prosedur tanpa bedah yang bertujuan mengencangkan kembali kulit yang kendur dan tipis akibat penuaan.

Sumber rujukan:

  • Aiglon, Kelly. 19 Desember 2018. 15 Do’s and Don’ts for Washing Your Face the Right Way. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to#1
  • Sinrich, Jenn. 25 September 2017. 16 Mistakes You’re Making When You Wash Your Face. https://www.self.com/story/how-to-wash-your-face
  • Glein, Kelsey. 29 April 2015. The 5 Steps to Correctly Washing Your Face. https://www.instyle.com/news/5-steps-correctly-washing-your-face
  • Aiglon, Kelly. 18 Maret 2022. How to Wash Your Face: 12 Steps to Fresh, Clean Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to#micellar-water
  • Dr. Lankerani, Lela. 19 September 2014. Skin Cleansing 101: Why Washing Your Face is Important. https://www.westlakedermatology.com/blog/skin-cleansing-101-why-washing-your-face-is-important/#:~:text=Removing%20Build%20Up,the%20skin%20a%20fresh%20look.
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.