Cara Membuat Rambut Bervolume dengan Aman dan Efektif

Cara Membuat Rambut Bervolume dengan Aman dan Efektif

Dalam dunia kecantikan, rambut bervolume menjadi salah satu tampilan yang diimpikan banyak orang. Tidak hanya memberikan dimensi pada tampilan, tetapi rambut bervolume juga mencerminkan kesehatan dan perawatan yang baik. Bagaimana agar bisa mencapai tampilan gaya rambut yang penuh kehidupan ini? Mari bersama cari tahu lebih dalam cara membuat rambut bervolume melalui serangkaian tips dan teknik yang Anda coba sebagai rutinitas perawatan harian di artikel ini.

Mengapa Perawatan Rambut Penting untuk Kesehatan Rambut Anda?

Rambut yang sehat merupakan indikator kesehatan keseluruhan. Memahami pentingnya perawatan rambut dapat membantu Anda mencapai tampilan yang indah dan menjaga kesehatan rambut Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perawatan rambut sangat penting:

1. Menjaga Kelembapan Rambut

Kelembapan rambut adalah unsur kunci dalam memastikan rambut tetap sehat. Tanpa kelembapan yang cukup, rambut dapat menjadi kering, kusam, dan mudah patah. Perawatan rambut yang baik melibatkan penggunaan sampo dan kondisioner yang tepat agar membantu menjaga kelembapan alami rambut. Hal ini tentunya tidak hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar, tetapi juga mencegah kerusakan akibat kekeringan.

2. Mencegah Kerusakan Rambut

Rambut yang tidak dirawat dengan baik cenderung rentan terhadap kerusakan. Faktor seperti paparan panas dari alat styling, paparan sinar matahari berlebihan, dan penggunaan produk yang tidak cocok dapat merusak struktur rambut.  Itu sebabnya, perawatan rambut yang teratur sangat membantu melindungi rambut dari kerusakan serta menjaga kekuatan akarnya. Hal ini juga termasuk pemilihan produk yang cocok dan hindari penggunaan alat hair styling yang berlebihan.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Pertumbuhan rambut yang sehat adalah hasil dari perawatan yang baik. Merawat rambut secara teratur dapat merangsang folikel rambut, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal. Selain itu, perawatan rambut yang tepat dapat mencegah masalah yang dapat menghambat pertumbuhan seperti kerusakan ujung rambut dan ketombe.

Baca Juga : Ketahui 9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Tips Membuat Rambut Bervolume dengan Perawatan yang Aman dan Efektif

Tips Membuat Rambut Bervolume dengan Perawatan yang Aman dan Efektif

Rambut bervolume adalah impian banyak orang dan untuk mencapainya, diperlukan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat rambut bervolume dengan perawatan yang aman dan efektif:

1. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Sampo sendiri bekerja untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, agar lebih aman Anda bisa memilih yang memiliki kandungan bahan alami agar tidak menghilangkan kelembapan alami rambut.  Sementara kondisioner memberikan kelembapan dan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Agar rambut tampak tebal dan bervolume secara maksimal. gunakan produk yang dirancang khusus untuk memberikan volume tanpa membuat rambut terasa berat.

2. Hindari Penggunaan Alat Styling yang Berlebihan

Meskipun alat styling seperti catokan, hairdryer, atau curling iron dapat membantu memberikan volume pada gaya rambut anda, penggunaan yang berlebihan dapat merusak struktur rambut. Hindarilah penggunaan alat styling setiap hari dan pastikan untuk menggunakan pelindung panas sebelumnya. Jangan lupa untuk memberikan rambut Anda istirahat dari alat-alat panas agar tetap sehat.

3. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Bahan Alami

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami untuk meningkatkan volume secara alami. Kandungan seperti minyak argan, lidah buaya, atau ekstrak herbal dapat memberikan nutrisi tambahan untuk menambah volume pada rambut tanpa memberikan efek samping yang merugikan. Di sisi lain, bahan alami juga membantu menjaga keseimbangan kelembapan rambut.

4. Lakukan Perawatan Rambut secara Teratur

Rutinitas perawatan rambut yang teratur sangat penting untuk mencapai rambut bervolume. Lakukan masker rambut atau treatment yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi tambahan dan meningkatkan kelembapan. Pemotongan ujung rambut secara rutin berkala juga membantu mencegah kerusakan dan memberikan tampilan rambut yang lebih penuh.

5. Gunakan Sisir Sesuai Jenis Rambut

Menyisir dengan sisir yang tepat sangat bermanfaat untuk meratakan minyak alami dari akar ke ujung rambut. Hal ini berpengaruh pada ketebalan rambut, mencegah kerusakan parah, mengeksfoliasi kulit kepala, membuang sisa rambut yang rontok, menambah kilau rambut, dan memperbaiki tekstur.

Hanya saja, cara ini efektif untuk pemakaian sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan sisir sikat dengan ujung lembut atau sisir berbahan kayu/bambu alami. Hindari sisir plastik karena bisa menimbulkan gesekan dan menyebabkan rambut frizzy akibat listrik statis.

6. Gunakan Teknik Blowdry yang Tepat

Pelajari teknik blowdry yang tepat agar dapat memberikan volume yang luar biasa pada rambut. Caranya, pertama, gunakan pengering rambut dengan suhu sedang atau rendah untuk mencegah kerusakan panas. Selanjutnya, gunakan diffuser untuk meratakan udara panas dan melindungi rambut dari kerusakan. Saat blow-drying, fokuskan pada akar rambut dan arahkan udara ke atas untuk mendapatkan volume yang maksimal.

Baca Juga : Ketahui 11 Penyebab Rambut Tipis dan Tips Perawatannya

Teknik Blowdry yang Tepat untuk Membuat Rambut Bervolume

Teknik Blowdry yang Tepat untuk Membuat Rambut Bervolume

Menciptakan rambut bervolume melalui teknik blowdry yang tepat memerlukan perhatian khusus dan penggunaan alat dengan bijak. Berikut adalah beberapa poin penting untuk mencapai rambut bervolume yang indah dan sehat melalui teknik blowdry yang tepat:

1. Gunakan Pengering Rambut dengan Suhu yang Rendah atau Sedang

Penggunaan suhu yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan, membuat rambut kering dan rentan terhadap pecah. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pengering rambut dengan suhu yang rendah atau sedang. Ini membantu mencegah dehidrasi rambut dan menjaga kelembapan alami, yang pada gilirannya, membantu menciptakan tampilan bervolume yang sehat.

2. Gunakan Diffuser untuk Menghindari Kerusakan Rambut

Diffuser adalah aksesori penting untuk mencapai rambut bervolume tanpa merusak struktur rambut. Diffuser membantu menyebarkan udara panas secara merata, mengurangi risiko kerusakan pada rambut yang dapat terjadi akibat aliran udara yang terlalu kuat. Penggunaan diffuser juga membantu mengurangi frizz dan memberikan hasil yang lebih natural dan bervolume.

3. Blowdry Rambut dari Akar hingga Ujung untuk Mendapatkan Volume yang Maksimal

Teknik ini mungkin terdengar sederhana, tetapi blowdrying rambut dari akar hingga ujung memiliki dampak besar pada hasil akhir. Fokuskan aliran udara ke bagian akar rambut untuk mengangkat rambut dari kulit kepala.  Hal ini menciptakan tampilan bervolume yang maksimal dan memberikan dimensi pada rambut. Pastikan untuk menarik rambut ke atas saat blowdrying untuk memberikan volume ekstra pada akar.

4. Bagi Rambut Menjadi Bagian Kecil untuk Hasil yang Merata

Memisahkan rambut menjadi sejumlah kecil bagian membantu memastikan bahwa setiap bagian rambut menerima perhatian yang cukup. Hal ini juga memudahkan dalam mengarahkan aliran udara dan mengontrol styling.  Bagi rambut menjadi beberapa bagian dan pastikan untuk menyisir setiap bagian sebelum mengaplikasikan panas, menghindari kekusutan yang dapat merusak tampilan bervolume yang diinginkan.

5. Tunggu Hingga Rambut Setengah Kering Sebelum Blowdrying

Sebelum memulai blowdrying, pastikan rambut Anda sudah setengah kering setelah dicuci. Rambut yang terlalu basah dapat membuat proses blowdry lebih sulit dan memerlukan waktu yang lebih lama. Selain itu, rambut yang setengah kering lebih mudah untuk distyling dan biasanya akan menciptakan bentuk yang lebih baik serta menghasilkan volume yang lebih optimal.

Baca Juga : Ketahui 10 Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anda agar Tetap Indah dan Berkilau

Kesehatan rambut yang optimal memerlukan perhatian khusus dan kebiasaan perawatan yang baik. Adapun tips menjaga kesehatan rambut agar tetap indah tanpa lepek dan berkilau yang bisa Anda coba antara lain:

1. Gunakan Clarifying Shampoo Seminggu Sekali

Pembersihan menyeluruh adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan rambut. Clarifying shampoo membantu menghilangkan residu produk, minyak berlebih, dan kotoran lainnya yang dapat menumpuk di rambut.  Gunakan clarifying shampoo sekali seminggu untuk memberikan keleluasaan kepada kulit kepala dan folikel rambut untuk bernafas, sehingga rambut lebih mampu mengembang dan menyerap nutrisi dan tetap sehat.

2. Usahakan Cuci Rambut dengan Air Dingin

Air panas dapat merusak lapisan pelindung alami rambut, membuatnya kering dan rapuh. Untuk menjaga kelembapan alami, cuci rambut dengan air dingin. Sebab air dingin membantu mempertahankan kesehatan kutikula dan batang rambut, mencegah kulit kepala kering, dan membuat rambut tampak lebih halus dan berkilau. Meskipun mungkin tidak nyaman pada awalnya, manfaat jangka panjangnya pada kesehatan rambut Anda sangat signifikan.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Nutrisi yang baik adalah kunci keindahan rambut. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral esensial untuk kesehatan rambut. Protein, vitamin A, vitamin E, dan omega-3 adalah beberapa nutrisi yang berperan penting dalam merawat rambut. Termasuk ikan berlemak, alpukat, kacang-kacangan, dan sayuran hijau dalam pola makan Anda untuk mendukung pertumbuhan dan kilau rambut yang optimal.

4. Hindari Produk Sampo yang Mengandung Bahan Kimia

Beberapa produk sampo mengandung bahan kimia agresif yang dapat merusak struktur rambut yang lembut. Hindarilah produk sampo yang mengandung sulfat, paraben, dan pewarna buatan. Sebaliknya, pilih sampo yang dirancang khusus untuk jenis rambut Anda dan mengandung bahan alami untuk memberikan manfaat tambahan pada rambut tanpa efek samping yang merugikan.

5. Lakukan Perawatan Rambut Secara Alami

Sesekali, berikan rambut Anda perawatan alami seperti masker rambut atau lakukan perawatan khusus di salon atau klinik estetika yang mengatasi permasalahan rambut. Hal ini dilakukan untuk memberikan nutrisi tambahan dan kelembapan pada rambut Anda. Perawatan alami membantu menghidrasi, memberikan kekuatan, dan meningkatkan kilau alami rambut. Jadi, itu dia informasi lengkap mengenai cara membuat rambut bervolume dan berbagai tips merawat rambut yang bisa Anda coba. Memahami pentingnya menjaga kelembapan, mencegah kerusakan, dan merangsang pertumbuhan rambut tentu penting agar rambut Anda selalu tampak berkilau dan tampil maksimal. 

JAC

Namun, bagi sebagian kondisi rambut yang tipis akibat rontok, perlu dilakukan treatment untuk merangsang pertumbuhan rambut agar tampak bervolume. Tenang saja, JAC bisa membantu Anda dengan Prime Exosome Hair. Bekerja maksimal pada kulit kepala Anda, prosedur perawatan ini akan membuat rambut Anda menjadi lebih sehat dan tebal tanpa efek samping obat.  Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi JAC sekarang juga dan mulai perubahan pada penampilan rambut Anda segera untuk penampilan yang lebih memukau!

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.