Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak Secara Alami

Adakah cara memperbaiki skin barrier yang rusak? Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang menjaga lapisan terdalam dari segala jenis kerusakan dan masalah. Keberadaan skin barrier inilah yang membantu kulit menjadi lebih sehat dan halus. Perlu diketahui bahwa dalam lapisan kulit wajah, terdapat 3 lapisan dengan berbagai susunan organ. 

Biasanya kondisi wajah yang berjerawat, gatal, lebih sensitif, dan mudah iritasi disebabkan oleh lapisan terluar rusak, yang mana adalah skin barrier, dan tidak dapat melindungi lapisan selanjutnya dari masuknya bakteri atau faktor penyebab masalah kulit dari luar lainnya. Namun tenang saja, kerusakan ini bisa Anda atasi dengan beberapa cara. Temukan informasi cara memperbaiki skin barrier selengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Penyebab Skin Barrier Rusak

Sebelum menentukan langkah yang tepat untuk memperbaiki skin barrier, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu berbagai penyebab skin barrier rusak mengingat terdapat banyak faktor yang meningkatkan kemungkinan kerusakan skin barrier. Berikut adalah ulasan selengkapnya: 

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci wajah lebih sering adalah hal yang baik dan membantu membuatnya bersih. Sayangnya, anggapan tersebut kurang tepat. Terlalu sering mencuci wajah akan menyebabkan minyak alami pada wajah justru hilang dan kulit menjadi lebih kering. 

Hal ini tentu bukan hal yang baik sebab wajah tetap membutuhkan minyak alami untuk menjaga permukaannya tetap terhidrasi. Dibandingkan menjaga kulit dari kotoran atau bakteri, mencuci wajah terlalu sering akan menyebabkan kerusakan skin barrier Anda. Sebaiknya, cuci muka dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajah dengan Benar menurut Ahli Dermatologi

2. Eksfoliasi Berlebihan

Masih berkaitan dengan proses membersihkan wajah, eksfoliasi adalah salah satu cara terampuh untuk membersihkan sel kulit mati sehingga skincare dapat meresap sempurna. Kandungan produk eksfoliasi umumnya menggunakan bahan aktif yang mampu mengangkat seluruh kotoran di wajah. 

Cara ini akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan dengan benar yaitu 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Eksfoliasi yang berlebihan akan membahayakan kulit Anda dan merusak skin barrier. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering, sensitif, dan tak jarang menjadi berwarna merah akibat iritasi. 

3. Polusi Udara dan Paparan Sinar Matahari

Anda mungkin tidak pernah menyangka bahwa polusi, lingkungan yang kering, dan paparan sinar matahari yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan kerusakan skin barrier. Berdasarkan penelitian, ditemukan fakta bahwa faktor eksternal ini juga dapat memberikan dampak buruk bagi kondisi lapisan kulit wajah. 

4. Stres dan Kurang Tidur

Memiliki kebiasaan begadang dan sulit mengelola stres? Anda perlu berhati-hati sebab kedua hal tersebut dapat menjadi pemicu skin barrier rusak. Ini merupakan alasan mengapa wajah tampak lebih kasar atau muncul jerawat dalam jumlah sedikit maupun banyak saat stres atau kurang tidur.

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak secara Alami

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak secara Alami

Untuk menjaga skin barrier, Anda bisa melakukan beberapa cara  alami seperti menjaga kelembapan kulit, mengelola stres, hingga menggunakan bahan-bahan alami yang aman. Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan tepat:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Cara memperbaiki skin barrier yang rusak pertama adalah dengan menjaga kulit wajah Anda tetap lembap. Itulah sebabnya moisturizer adalah produk yang utama dan harus ada pada rangkaian skincare yang Anda gunakan. Meskipun kulit memproduksi minyak sendiri, hal tersebut masih belum cukup untuk menjaga wajah tetap lembap. 

Sebenarnya faktor kerusakan skin barrier yang paling utama adalah kondisi kulit yang kering, sehingga menjaganya tetap lembap adalah cara paling ampuh dan efektif. Anda bisa memilih produk moisturizer yang memiliki kandungan berupa ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, dan panthenol

Baca juga: Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

2. Memperbaiki Pola Makan dan Konsumsi Air Putih

Untuk memperbaiki skin barrier dari dalam, hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola makan. Jenis dan kandungan makanan tertentu dapat memengaruhi kondisi skin barrier dan tentunya kondisi wajah. Bahkan tak jarang, mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara terus-menerus dapat mendorong munculnya jerawat. 

Selain menjaga hidrasi kulit dari luar, pastikan Anda juga menjaganya dari dalam dengan rutin mengonsumsi air putih yang cukup yaitu 2 liter atau 8 gelas dalam 1 hari. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga nutrisi pada wajah dan menurunkan stres. 

3. Menggunakan Minyak dari Tumbuhan

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, beberapa jenis minyak tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk mencegah kerusakan dan memperbaiki skin barrier. Pasalnya minyak yang diciptakan dari beberapa tumbuhan tertentu ini terbukti memiliki kandungan anti bakteri, anti peradangan, dan anti-oksidan sehingga baik untuk skin barrier.

Beberapa jenis minyak dari tumbuhan yang bisa Anda coba untuk mengembalikan kondisi skin barrier yang rusak antara lain jojoba oil, coconut oil, almond oil, argan oil, rosehip oil, sunflower oil, soybean oil, blackcurrant oil, borage oil, dan primrose oil.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Jadi itulah beberapa cara memperbaiki skin barrier yang rusak yang bisa Anda coba. Pastikan Anda memilih metode yang sesuai dengan permasalahan kulit. Anda juga perlu memastikan bahwa cara yang dipilih cocok di wajah terutama saat Anda memilih produk moisturizer.

Jika muncul reaksi seperti jerawat, kulit kering, atau masalah lainnya dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya segera hentikan penggunaan agar tidak muncul permasalahan baru. Selain itu, untuk mengatasi masalah wajah yang berkepanjangan akibat kerusakan skin barrier, sebaiknya segera kunjungi dokter kulit, dokter estetika, atau dermatologis untuk menemukan solusi yang paling tepat.

JAC adalah pilihan terbaik dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah Anda sebab seluruh prosesnya ditangani langsung oleh dokter ahli serta bersertifikasi dan tim profesional. Seluruh treatment JAC dilakukan dengan menggunakan prosedur yang aman sesuai kebutuhan kulit wajah. 

Salah satu treatment yang cocok untuk mengatasi kulit berjerawat atau kusam akibat kerusakan skin barrier adalah facial, peeling, & skincare. Perawatan ini memanfaatkan teknologi canggih dan proses yang lebih halus sehingga tidak akan menyebabkan iritasi atau peradangan. Tunggu apalagi? Kunjungi JAC dan kembalikan kulit halus bebas masalah untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sekarang juga.

Sumber rujukan: 

  • https://skinlibrary.co.uk/blogs/librarian-edits/skin-barrier
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25266053/
  • https://learn.artofskincare.com/top-10-ingredients-for-repairing-a-compromised-skin-barrier/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5916788/
  • https://www.healthline.com/health/skin-barrier#bottom-line
  • https://www.californiaskininstitute.com/do-these-5-things-to-strengthen-your-skin-barrier/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.