11 Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau, dari Bahan alami hingga Medis

cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau

 

Anda perlu tahu bahwa ada berbagai macam cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau tidak sedapnya yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sering dijumpai sehari-hari.

Kulit ketiak yang menghitam tentu saja dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, apalagi jika ketiak tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap. Siapapun pasti menginginkan kulit ketiak yang bersih dan juga harum.

Untuk itu, melalui artikel ini, JAC akan memberikan informasi yang penting untuk Anda seputar cara memutihkan ketiak dan juga menghilangkan baunya yang tidak sedap. Semoga informasi di bawah ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan ketiak dan juga menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam diri Anda. 

Bagaimana Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memutihkan ketiak secara alami dan menghilangkan bau berdasarkan bahan yang digunakan, yaitu:

1. Lidah Buaya

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki berbagai manfaat untuk manusia seperti mencerahkan kulit wajah dan badan, menyuburkan rambut, serta mencerahkan warna kulit ketiak.

Cara penggunaan lidah buaya untuk mencerahkan kulit ketiak juga sangatlah mudah. Anda cukup membelah lidah buaya dan mengoleskan cairannya pada kulit ketiak, kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga: Cara Memerahkan Bibir dengan Lidah Buaya Secara Alami

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit ketiak yang gelap. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua kondisi ketiak hitam dapat diatasi dengan jeruk nipis seperti kondisi ketiak hitam yang disebabkan oleh diabetes, obesitas, dan lainnya.

Cara pengaplikasian jeruk nipis sangatlah mudah. Anda cukup membelah jeruk nipis menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan airnya pada ketiak dan diamkan selama 10 menit.

Terakhir, bilas dengan air hingga bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jeruk nipis ini juga dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak.

Baca juga: 3 Cara Memutihkan Kulit dengan Jeruk Nipis Di Rumah

3. Baking Soda

Selain digunakan untuk mengembangkan kue, baking soda juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam. Baking soda memiliki kandungan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit ketiak menghitam.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa tidak semua kulit dapat menggunakan cara ini. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka tidak disarankan untuk menggunakan baking soda dalam mencerahkan kulit ketiak.

Untuk menggunakan baking soda, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan baking soda dan 1 sendok air makan, kemudian aduk hingga menjadi pasta baking soda. Oleskan pasta baking soda pada kulit ketiak dan diamkan selama 25 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Bengkoang

Tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bengkoang sebagai kandungan utama untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan bengkoang memiliki banyak zat dan vitamin yang dapat membantu untuk mencerahkan warna kulit, termasuk kulit ketiak.

Bagaimana cara menggunakan bengkoang untuk mencerahkan kulit ketiak? Pertama-tama, kupas kulit bengkoang dan parut hingga halus. Kemudian, ambil hasil parutan bengkoang dan oleskan pada kulit ketiak, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Anda pasti tahu betapa seringnya orang-orang menggunakan mentimun untuk dijadikan sebagai masker wajah ataupun mata. Dalam mentimun, ditemukan kandungan antioksidan yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

Maka dari itu, mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit ketiak. Anda hanya perlu menggiling mentimun agar bisa mendapatkan sarinya untuk kemudian dioleskan pada ketiak.

Setelah sari mentimun dioleskan pada kulit ketiak, diamkan selama kurang lebih 60 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Anda juga bisa mencampurkan sari mentimun dengan air lemon untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

6. Air Mawar

Air mawar dapat membantu Anda untuk mencerahkan kulit ketiak dengan maksimal. Selain mencerahkan kulit ketiak, air mawar juga memiliki berbagai manfaat lainnya seperti melembapkan kulit ketiak dan juga mengatasi bau yang tidak sedap pada ketiak.

Untuk penggunaan air mawar, cukup basahi ketiak dengan air mawar, lalu diamkan selama 5 hingga 7 menit, kemudian bilas dengan air dingin yang bersih. Lakukan cara ini secara rutin sehabis mandi untuk hasil yang lebih optimal.

7. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung minyak esensial yang membantu menghilangkan bau tidak sedap dan memberikan aroma yang menyegarkan. Dengan mencampurkan 1 sendok makan air mawar dan 1 sendok makan susu lalu dicampurkan dengan parutan kulit jeruk.

Gosok ketiak dengan lembut dapat membantu mencerahkan ketiak yang hitam Anda serta kulit akan terasa lebih segar dan harum.

8. Lemon

Lemon adalah sumber alami asam sitrat yang membantu mencerahkan kulit ketiak gelap Anda. Sifat astringen pada lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu mengontrol keringat berlebih. Selain itu, aroma lemon memberikan kesegaran untuk ketiak Anda.

9. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil dapat mencerahkan ketiak Anda dengan mecampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air, lalu gunakan campuran ini sebagai deodoran alami untuk ketiak Anda. Minyak pohon teh mengandung sifat antimikroba yang kuat yang membantu menghilangkan bakteri penyebab bau dan menjaga kesegaran.

10. Minyak Kelapa

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan kulit ketiak adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara penggunaannya, Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada kulit ketiak yang menghitam, kemudian pijat-pijat ketiak agar minyak kelapa meresap ke dalam kulit ketiak.

Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan menggunakan air hangat dan sabun bersih dan lakukan cara ini secara rutin setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil yang lebih optimal.

11. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga merupakan solusi alami yang efektif untuk mengatasi ketiak hitam. Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang memberikan berbagai manfaat bagi kulit, termasuk mencerahkan area ketiak yang gelap.

Untuk mencerahkan ketiak hitam dengan minyak zaitun, cukup oleskan minyak zaitun pada kulit ketiak sambil memijatnya perlahan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air hangat. Minyak zaitun tidak hanya membantu mengurangi kegelapan, tetapi juga melembapkan kulit.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak Secara Cepat

Penyebab Ketiak hitam

Selain dari cara mencukur yang tidak tepat, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketiak menjadi lebih gelap dan kurang menarik.

1. Infeksi Bakteri

Perubahan warna ketiak menjadi hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini berkembang subur di lingkungan lembap, seperti ketiak yang berkeringat, dan dapat menyebabkan iritasi kulit dan rasa gatal.

2. Iritasi Kulit Ketiak

Kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi kulit. Ini memicu produksi melanin secara berlebihan, yang menghasilkan warna gelap pada kulit ketiak.

3. Perubahan Hormon saat Kehamilan

Kehamilan juga dapat memengaruhi perubahan warna kulit, termasuk ketiak yang menjadi lebih gelap. Perubahan hormon selama kehamilan dapat merangsang produksi melanin secara berlebihan. Namun, biasanya warna kulit akan kembali normal setelah melahirkan.

Mengetahui penyebab ketiak hitam adalah langkah awal untuk menangani masalah ini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perubahan warna kulit ketiak Anda, konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi untuk diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Baca juga:8 Macam-Macam Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Konsultasikan Masalah Ketiak Hitam Anda bersama Dokter Kecantikan JAC

Jadi, itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit ketiak yang menghitam serta bau tidak sedap. Namun, apabila cara di atas belum membawa hasil yang optimal, Anda dapat mempertimbangkan tindakan medis profesional.

Dengan demikian, jika Anda mengalami beberapa kondisi yang membuat kulit ketiak sulit untuk diatasi, Jakarta Aesthetic Clinic dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

JAC

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar penanganan kulit ketiak dengan layanan Anti Oxidant Infusion dari JAC atau jika Anda membutuhkan konsultasi seputar perawatan kulit lainnya.

Referensi:

  • https://www.healthline.com/health/underarm-lightening#natural-remedies
  • https://parenting.firstcry.com/articles/10-effective-home-remedies-for-dark-underarms/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.