9 Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Tangan

Bagaimana cara memutihkan kulit tangan? Belakangan ini, semakin banyak orang yang memperhatikan penampilannya. Tidak hanya wanita, tapi juga laki-laki. Pakaian yang dikenakan seakan tak mau ketinggalan dengan perkembangan fashion masa kini. Tak jarang, banyak yang rela menghabiskan banyak uang untuk memenuhi dan upgrade penampilannya.

Tidak hanya soal pakaian, kesehatan kulit juga menjadi trend yang mulai diperhatikan banyak orang, terutama muda-mudi. Mulai dari kulit wajah, kulit badan, hingga kulit tangan dan kaki, akan sangat memalukan jika wajah sudah terawat dengan baik, tetapi bagian tubuh lainnya terabaikan. Misalnya, tangan yang belang. Ini sangat mengganggu sekali.

Mobilitas tinggi di perkotaan membuat banyak orang memilih menggunakan motor demi alasan efisiensi. Lupa memakai sarung tangan atau hanya menggunakan baju lengan pendek, bisa membuat kulit yang tak terlindungi terkena paparan sinar matahari. Jelas saja, kulit yang tidak tertutup akan memiliki warna lebih gelap.

Maka dari itu, kita harus tahu apa saja yang menyebabkan kulit tangan menjadi belang atau berwarna gelap dan cara apa yang efektif untuk memutihkan kulit tangan tersebut? Yuk simak pembahasan dibawah ini!

Penyebab Kulit Tangan Belang

Kulit tangan yang belang bisa disebabkan beberapa faktor seperti:

  • Paparan sinar matahari secara berlebihan.

  • Solar lentiginosis, yaitu kulit mengalami hiperpigmentasi hanya di satu titik akibat terbakar sinar matahari.

  • Tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

  • Bekas luka seperti lecet atau terbakar yang menghasilkan hiperpigmentasi.

  • Melasma bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau terkena sinar UV.

  • Hiperpigmentasi yang disebabkan oleh efek samping obat-obatan atau kondisi medis tertentu

9 Cara Efektif Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Terdapat beberapa cara memutihkan kulit tangan dan kaki yang dapat membantu Anda. Berikut ini adalah 4 cara untuk memutihkan kulit tangan secara alami yang ampuh dan efektif.

1. Gunakan Bengkoang

Cara memutihkan kulit tangan pertama adalah dengan menggunakan bengkoang. Benar saja, bengkoang merupakan komponen utama dalam body lotion untuk mencerahkan kulit. Bukan tanpa alasan, buah yang memiliki daging berwarna seperti putih telur ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan vitamin B yang berfungsi sebagai pencerah kulit.

Dengan adanya vitamin-vitamin itu, kulit Anda bisa lebih terawat dan bersinar. Vitamin C yang ada pada bengkoang memiliki fungsi untuk regenerasi sel kulit mati, sehingga bagian sel kulit yang nampak kusam atau gelap akan tergantikan dengan sel kulit yang cerah. Selain menggunakan body lotion, Anda bisa menggunakan bengkoang secara langsung yang diolah sendiri.

Caranya mudah, cukup dengan memarut bengkoang, kemudian peras dengan air hangat yang bersih. Cara ini sama seperti saat membuat santan dari kelapa. Lalu, mandilah seperti biasa, kemudian gunakan sari bengkoang yang telah diperas tadi pada bagian kulit yang hendak dibuat menjadi lebih cerah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Manfaatkan Tomat di Rumah

Cara memutihkan kulit tangan kedua yaitu menggunakan buah tomat. Jika Anda hobi berbelanja sayur-sayuran untuk kebutuhan memasak, tidak perlu bingung untuk mencari cara memutihkan kembali kulit tangan yang gelap. Anda bisa menggunakan tomat untuk mengatasi masalah yang ada. Tomat memiliki zat Lycopene atau sejenis antioksidan yang bisa berfungsi sebagai tabir surya alami. Dengan begitu, kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari bisa terhindarkan.

Lycopene juga dapat mencerahkan kulit. Caranya mudah, yaitu dengan mengiris tomat dan menghancurkannya sampai halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Keriput di Tangan

3. Mandi Susu

Cara memutihkan kulit tangan ketiga yaitu dengan susu. Pernah mendengar istilah mandi susu? Terdengar aneh memang. Tapi aktivitas ini benar-benar ada. Jika Anda sering pergi ke salon atau spa, Anda tidak akan asing dengan mandi susu. Mengapa harus susu? Susu memiliki kandungan vitamin D yang bisa menunjang dan membantu produksi kolagen. Kolagen merupakan zat yang ada pada tiap kulit manusia, menjaga dari kerutan-kerutan.

Tidak hanya vitamin D, susu juga mengandung vitamin B6 yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mandi susu ke salon atau spa, lakukan sendiri di rumah. Caranya, buatlah lulur dari satu gelas susu segar yang telah dicampur 4 sendok madu. Oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan, lalu diamkan kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bersihkan menggunakan air bersih. Cara ini bisa Anda lakukan beberapa kali dalam seminggu.

4. Gunakan Perasan Lemon

Cara memutihkan kulit tangan selanjutnya dengan buah yang tidak asing bagi kita yaitu buah lemon. Sudah menjadi hal umum bahwa buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, tapi juga bagian luar seperti kulit untuk mempercepat regenerasi kulit. Vitamin C adalah komponen yang sering digunakan dokter kulit untuk mengobati masalah pasiennya.

Salah satu manfaat Vitamin C adalah mampu melindungi dan mencerahkan kulit. Anda cukup mengiris lemon menjadi dua bagian yang sama, kemudian peras airnya, dan oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan. Diamkan selama beberapa menit sekitar 15 menit agar perasan lemon benar-benar meresap. Setelah itu, bersihkan menggunakan air bersih.

5. Pakai Masker Kunyit

Cara memutihkan kulit tangan yang kelima yaitu menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan dan berguna untuk membantu mencerahkan kulit tangan yang belang. Bahan alami ini bermanfaat bagi kulit tangan karena mengandung antioksidan dan kurkumin yang dapat menghambat produksi melanin. Melanin adalah zat dalam tubuh yang dapat menghasil pigmentasi pada rambut, mata, dan kulit. Untuk mengembalikan kecerahan kulit, campurkan bubuk kunyit ke dalam susu dan oleskan secara merata campuran tersebut pada kulit tangan yang menggelap.

6. Mentimun

Cara memutihkan kulit tangan keenam yaitu dengan menggunakan memakai buah mentimun. Mentimun memiliki kandungan sejumlah mineral dan vitamin yang penting untuk merawat kecerahan kulit, sehingga kulit tampak cerah dan bersih. Selain itu, mentimun juga dapat mengurangi pembentukan pigmentasi pada kulit.

Caranya adalah Haluskan mentimun dengan cara memblendernya tanpa menggunakan air hingga berbentuk seperti tekstur pasta. Lalu, oleskan pasta mentimun tersebut ke seluruh tangan yang belang. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air bersih.

7. Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit tangan dengan menggunakan lidah buaya didasarkan pada kandungan aloesin, sebuah zat yang berperan dalam menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Oleh karena itu, lidah buaya sering digunakan dalam formulasi produk-produk pencerah kulit. Oleh karena itu, lidah buaya dapat menjadi pilihan alami untuk memutihkan kulit yang belang.

Cara menggunakan lidah buaya untuk memutihkan kulit tangan, pertama ambil gel dari lidah buaya. Kemudian usapkan dengan merata di area kulit yang mengalami perubahan warna. Diamkan selama durasi 15 menit. Lalu yang terakhir bilas dengan air bersih.

8. Minyak Zaitun

Cara alami dan cepat untuk memutihkan kulit tangan berikutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan asam linoleat yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, yang berperan dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Cara menggunakannya, pertama campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu. Lalu, gunakan campuran ini sebagai lulur setiap kali setelah Anda mandi.

9. Manfaatkan Air Beras

Cara memutihkan kulit terakhir yang bisa dilakukan pada kulit yang belang adalah dengan menggunakan air beras. Endapan Air beras mengandung bahan pencerah kulit yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan efek mencerahkan.

Caranya adalah dengan mengoleskan atau membasuh air bekas mencuci beras pada tangan dan diamkan selama 15 menit mengering sebelum kemudian dibersihkan dengan air dingin.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh

Setelah mengetahui cara-cara alami memutihkan kulit tangan yang belang, kini Anda tidak perlu gelisah lagi. Gunakan cara yang menurut Anda mudah dan praktis untuk diterapkan di rumah. Jangan lupa, lakukan dengan konsisten untuk menjaga kulit agar tetap baik. Selamat mencoba!

 

JAC

 

Setelah mengetahui cara-cara alami untuk memutihkan tangan yang belang, kini Anda tidak perlu gelisah lagi. Gunakan cara yang menurut Anda mudah dan praktis untuk diterapkan di rumah. Jangan lupa, lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Sumber:

  • Cinthia, Afifah. 22 Februari 2019. 9 Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belang dalam 1 Minggu. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3901662/9-cara-memutihkan-kulit-tangan-dan-kaki-yang-belang-dalam-1-minggu
  • Fimela. 6 April 2018. 20 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852565/20-cara-memutihkan-kulit-secara-alami-dan-cepat
  • Tri, Yoga. 6 Desember 2019. 12 Cara Memutihkan Kulit Tangan, Wajah, dan Tubuh Secara Alami. https://www.dream.co.id/tips-trick/12-cara-memutihkan-kulit-tangan-wajah-dan-tubuh-secara-alami-191206q.html
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.