10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

Bagi sebagian orang, kulit tangan dan kaki yang gelap dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri saat memakai pakaian atau sandal terbuka. Namun, apakah ada cara mencerahkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 minggu yang efektif? Jawabannya adalah iya, melalui beberapa perawatan yang tepat. Selain cerah, kulit tangan dan kaki Anda dapat terlihat lebih sehat hanya dalam waktu 1 minggu.

Banyak faktor yang dapat membuat kulit tangan dan kaki menjadi gelap seperti terpapar sinar matahari secara berlebihan, kurangnya perawatan kulit yang tepat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola hidup dan juga perawatan kulit yang tepat. Pada artikel kali ini, JAC akan membantu Anda mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara mencerahkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 minggu. Simak informasinya di bawah ini.

Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki secara Efektif

cara mencerahkan kulit tangan dan kaki

Kulit yang putih dan cerah akan membuat seseorang merasa percaya diri dan menarik. Namun, seringkali kulit tangan dan kaki terlihat lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah. Untuk itu, JAC akan memberikan 7 cara mencerahkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 minggu. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Rutin Menggunakan Lulur 

Untuk mencerahkan kulit tangan dan kaki, hal paling dasar yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan lulur secara rutin. Bukan tanpa alasan, lulur badan ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit, melembapkan, mengembalikan warna kulit sekaligus membuatnya lebih. 

Agar lebih maksimal, Anda dapat memilih lulur dengan kandungan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit tangan dan kaki lebih cepat seperti lidah buaya dan bengkuang. Lulur lidah buaya sangat baik untuk merawat kulit tangan dan kaki yang gelap. 

Hal ini karena lidah buaya mengandung aloin dan aloesin yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Tenang saja, lidah buaya merupakan bahan yang aman untuk digunakan dan Anda bisa menemukan jenis lulur yang satu ini di toko terdekat dengan mudah.

Selain menggunakan lidah buaya, lulur bengkuang juga merupakan bahan alami yang sangat baik dan efektif untuk mencerahkan kulit. Bengkuang mengandung vitamin C dan enzim yang dapat mencerahkan kulit secara alami. 

Cara penggunaan lulur ini cukup mudah, Anda hanya perlu oleskan pada kulit tangan dan kaki secara merata dan biarkan selama 15-20 menit. Gosok sedikit secara halus saat membersihkannya agar dapat mengangkat sel kulit mati. 

Selanjutnya, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari selama 1 minggu agar memberikan hasil yang lebih cepat dan kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

Baca juga: 3 Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi

2. Tidur yang Cukup

Pada faktanya, tidur yang cukup ternyata sangat penting untuk merawat kulit tangan dan kaki. Pasalnya, selama tidur kulit akan melakukan regenerasi dan memproduksi kolagen yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencerahkan warna kulit Anda. Oleh karenanya, usahakan untuk selalu tidur minimal 7-8 jam setiap malam dan hindari begadang.

3. Konsumsi Air Mineral

Mengonsumsi air putih atau air mineral sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kurangnya konsumsi air putih dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Hal tersebut tentu akan membuat kulit tangan dan kaki tampak lebih gelap dan tak menutup kemungkinan kulit akan mengelupas. Jadi, pastikan untuk selalu minum minimal 8 gelas air mineral setiap hari agar kulit tetap sehat dan lembap.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

4. Gunakan Body Care

Penggunaan produk kecantikan dan perawatan kulit seperti body lotion atau body butter dengan kandungan tertentu juga sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit tangan dan kaki serta membantu proses mencerahkan badan dapat lebih cepat. 

Pilih produk yang mengandung bahan alami seperti shea butter, minyak almond, minyak zaitun atau gel lidah buaya untuk memberikan nutrisi yang cukup pada kulit. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk body care dengan kandungan yang baik untuk tubuh.

Anda mungkin bertanya mengapa harus menggunakan produk perawatan yang melembapkan. Jawabannya adalah karena menjaga kelembapan kulit sangat penting untuk membantu mempercepat proses mencerahkan kulit serta terhindar dari kusam. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertahankan kelembapan kulit dengan rutin mengaplikasikan body care setiap kali selesai mandi atau mencuci tangan. 

5. Pastikan Untuk Melindungi Tubuh dari Sinar Matahari

Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kulit gelap. Oleh karena itu, pastikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan pakaian panjang yang menutupi tangan dan kaki. 

Anda bisa menggunakannya selama berada di luar ruangan dan melepasnya kembali saat berada di tempat tertutup yang tidak terpapar sinar matahari. Selain itu, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan kurangi aktivitas di luar ruangan agar tidak secara langsung terkena paparan sinar ultraviolet pada saat tengah hari.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

6. Eksfoliasi Tubuh

Eksfoliasi tubuh sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Lakukan eksfoliasi tubuh secara rutin sebanyak 2 kali dalam satu minggu dengan menggunakan scrub atau spons mandi yang lembut untuk menghindari iritasi kulit. Usahakan untuk memilih produk eksfoliasi yang mengandung bahan alami seperti garam laut atau gula.

7. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Dengan memperhatikan pola makan yang mengandung makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, Anda dapat membantu secara alami mencerahkan kulit. Antioksidan membantu melawan efek kerusakan dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit kusam.

8. Rutin Menggunakan Pelembap Kulit

Dengan rutin menghidrasi kulit tangan dan kaki dengan pelembap kulit memiliki manfaat penting, termasuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Selain mencerahkan kulit wajah, pelembap juga bekerja dengan cara menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering, yang dapat menyebabkan tampilan kulit tampak kusam dan kasar.

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan pelembap adalah kemampuannya untuk memberikan kelembapan yang cukup untuk kulit. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, produksi kolagen dalam kulit dapat ditingkatkan. Kolagen adalah protein vital yang memberikan struktur, kekenyalan, dan kekuatan pada kulit, sehingga menjaga kulit tampak muda dan sehat.

Selain itu, pelembap juga membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan sekitar Anda, seperti paparan sinar UV dan polusi. Dengan memberikan perlindungan dan menjaga kulit tetap terhidrasi, pelembap membantu melawan penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit. Namun perlu diingat Anda harus memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan gunakan secara teratur setelah mandi atau ketika kulit terasa kering.

9. Mengunakan Masker Wajah

Salah satu cara alami untuk mencerahkan kulit adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah termasuk lemon, minyak zaitun, mentimun, kopi, madu, dan teh hijau. Bahan-bahan tersebut mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Penting untuk melakukan aktivitas ini secara teratur untuk hasil yang optimal. Karena sensitivitas kulit setiap orang berbeda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan masker alami untuk kulit wajah.

10. Treatment di JAC

Jika ingin memperoleh hasil yang lebih cepat dan maksimal, Anda dapat melakukan perawatan di JAC yakni sebuah klinik kecantikan yang menyediakan berbagai macam perawatan kulit yang aman dan efektif. 

Salah satu perawatan yang direkomendasikan adalah Anti-Oxidant Infusion yang menggunakan prosedur infus yang aman untuk kulit selama 5 hingga 30 menit. Dalam satu kali perawatan, Anda dapat memperoleh hasil yang terlihat lebih cerah dan sehat pada kulit tangan dan kaki. 

Sebagai salah satu cara mencerahkan kulit, Infus Antioksidan juga dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat, mencegah tumbuh jerawat baru, melindungi kulit dari bercak hitam dan keriput akibat sinar matahari, serta melindungi Anda dari berbagai penyakit dan meningkatkan stamina.

Soal prosedur treatment, JAC tidak hanya menjamin hasil yang maksimal, tetapi juga menjamin bahwa seluruh prosedur aman dengan dosis yang tepat sebab dilakukan langsung oleh dokter dan tim ahli bersertifikasi. 

Jadi tunggu apalagi? Ciptakan kulit cerah, bersih, sehat, serta bercahaya dengan treatment di JAC seperti Facial Peeling dan Infus Antioxidant. Tingkatkan rasa percaya diri melalui penampilan yang sempurna.

JAC

Sumber rujukan: 

  • https://hotelier.id/cara-memutihkan-kulit-tangan-dan-kaki-dalam-waktu-1-minggu/
  • https://www.india.com/lifestyle/how-to-lighten-skin-tone-14-skin-whitening-beauty-tips-to-lighten-your-skin-tone-naturally-1949825/
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/cara-memutihkan-badan-secara-alami-dan-cepat-dalam-1-minggu-
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.