Cara Mencerahkan Mata Panda dalam Waktu Singkat

Cara Mencerahkan Mata Panda dalam Waktu Singkat

Saat Anda kurang tidur, kelelahan, atau mungkin adanya faktor-faktor genetik maupun lingkungan, bagian lingkaran di bawah mata biasanya akan terlihat menghitam. Inilah yang disebut dengan kondisi mata panda. Walaupun wajar terjadi, masalah satu ini tentu cukup mengganggu penampilan apabila dibiarkan begitu saja. Kepercayaan diri bisa ikut menurun karenanya. Untungnya, ada cukup banyak cara mencerahkan mata panda yang bisa Anda lakukan dalam waktu singkat. Ini dia beberapa di antaranya!

Apa Saja Penyebab Mata Panda?

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengatasi mata panda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab mata panda. Umum diketahui bahwasanya warna kulit hitam dibawah mata bisa muncul karena beberapa faktor baik karena alasan kebiasaan seperti merokok dan kurang tidur, maupun karena faktor genetik atau lingkungan.

Berikut ini beberapa penyebab mata panda menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, di antaranya:

1. Pigmentasi

Pembentukan pigmen (zat pemberi warna kulit) secara berlebihan pada bagian kantung mata bisa membuat area wajah ini terlebihan lebih gelap.

2. Penumpukan Lemak

Ketika terjadi penumpukan lemak di bawah mata secara tidak langsung memicu terbentuknya cekungan di bawah mata dan membuat area kantung mata lebih gelap.

3. Penipisan Kulit di Sekitar Area Seputar Mata

Penyebab berikutnya dari mata panda adalah terjadinya penipisan kulit di area mata.

4. Faktor Usia

Kurangnya fleksibilitas kulit dan munculnya kerutan di bawah mata, kondisi ini biasanya bagian alami dari penuaan.

5. Kebiasaan Menggaruk Mata

Kebiasaan menggaruk bagian bawah mata, terutama pada orang dengan alergi seperti dermatitis kontak dan dermatitis kontak alergi juga berkontribusi pada terbentuknya lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain 5 faktor penyebab di atas, faktor lain yang juga mengganggu kesehatan mata adalah paparan radiasi. Oleh karena itu memakai kacamata hitam saat berada di luar akan memberikan perlindungan mata. Kacamata hitam akan melindungi mata dari sinar UVA dan UVByang dapat merusak mata Anda dari waktu ke waktu.

Demikianlah faktor yang menyebabkan timbulnya warna kulit hitam di bagian bawah mata. Maka selain mengetahui cara menghilangkan mata panda, mengetahui penyebab terjadinya mata panda kiranya dapat memaksimalkan proses memutihkan mata yang dikelilingi warna hitam alias mata panda.

Baca juga: 10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

9 Cara Mencerahkan Kantung Mata Secara Alami

Agar mata panda tidak lagi mengganggu penampilan kamu, ikuti beberapa tips berikut ini untuk mencerahkan mata panda.

1. Sendok Dingin sebagai Kompres Mata

Salah satu cara termudah untuk mencerahkan mata panda adalah dengan menggunakan sendok. Siapkan dua buah sendok makan, lalu masukkan ke freezer atau merendamnya di dalam wadah berisi air es dan es batu selama beberapa menit. Kalau sendok sudah dirasa cukup dingin, Anda bisa mengambil sendok dan menempelkan bagian cembungnya pada kelopak mata.

Diamkan selama beberapa saat untuk mengompres mata. Kemudian, masih menggunakan sendok dingin yang sama, lakukan gerakan melingkar sampai sensasi dingin pada sendok mengilang. Suhu dingin yang ada pada sendok inilah yang membantu Anda untuk mengempiskan pembengkakan mata panda.

2. Potongan Mentimun

Pernah melihat orang memakai masker wajah dengan potongan mentimun yang ditempelkan pada mata? Hal tersebut dilakukan bukannya tanpa alasan. Mengandung antioksidan yang cukup tinggi, mentimun bisa membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata sekaligus memberikan kelembapan pada kulit. Cara mencerahkan mata panda dengan mentimum sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengiris mentimun dalam bentuk lingkaran, lalu meletakkannya di bawah mata selama beberapa menit.

3. Mengoleskan Minyak Zaitun

Tahukah Anda bahwa minyak zaitun mengandung vitamin E yang bagus untuk mengencangkan kulit kendur sekaligus mencegah penuaan dini? Itulah kenapa minyak zaitun juga bagus untuk membantu mencerahkan kulit sekitar mata penyebab mata panda.

Pertama-tama, pastikan dulu wajah Anda sudah bersih. Baru setelah itu oleskan minyak zaitun secukupnya di area kantong mata atau kulit di bawah area mata. Biarkan selama semalam selagi Anda tidur. Saat bangun keesokan harinya, segera bilas wajah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan secara rutin selama 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

4. Gel Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan mata panda adalah gel lidah buaya. Caranya sama, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya di area kantong mata dan mendiamkannya semalaman. Kalau mau, Anda juga bisa mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai sleeping mask. Apabila tidak ingin repot mengambil bagian gel dari tanaman lidah buaya, saat ini sudah banyak dijual produk gel lidah buaya di pasaran.

5. Jangan Begadang

Penyebab lain dari timbulnya mata panda adalah kurang tidur. Sudah merupakan hal yang biasa bagi kalangan anak muda untuk begadang entah begadang untuk mengerjakan tugas, begadang untuk bermain, ataupun begadang karena insomnia.

Saat begadang banyak dari kita yang begadang menghabiskan waktu dengan menghadap layar komputer atau pun layar smartphone. Hal ini berakibat buruk bagi kesehatan mata yang bisa menyebakan mata merah. Maka sebaiknya mulai atur pola tidur yang baik demi kesehatan mata dan kesehatan tubuh.

Kebutuhan tidur bervariasi menurut usia, tetapi idealnya, jumlah tidur yang normal adalah sekitar 7-8 jam per malam. Tidur yang cukup tidak hanya membantu menghilangkan mata panda, tetapi juga membuat tubuh terasa lebih sejuk dan meningkatkan stamina.

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh Anda terhindar dari berbagai penyakit. Namun jika memang diharuskan dan terpaksa untuk begadang, sebaiknya saat begadang dan melakukan aktifitas di depan layar komputer atau smartphone menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari paparan sinar radiasi layar dan imbangi dengan asupan gizi dan vitamin dengan makan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab terjadinya mata panda karena tubuh kurang mengonsumsi air putih. Air putih atau air mineral bisa menjadi salah satu “obat alami” untuk mata panda. Karena lingkaran hitam dibawah mata bisa disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karena itu agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuh kita harus banyak mendapatkan asupan cairan.

Selain itu mengonsumsi cairan atau air mineral juga baik untuk kesehatan tubuh karena membantu melancarkan penceranaan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Tubuh manusia membutuhkan 2 liter air setiap harinya, oleh karena itu mulai sekarang kita harus mulai membiasakan untuk memperbanyak minum air putih untuk menjadikan tubuh lebih sehat dan merawat kulit dari dalam.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata

7. Kompres Mata dengan Es Batu atau Air Dingin

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan mata panda secara mudah adalah dengan mengompres mata dengan air dingin atau es batu. Keduanya telah terbukti dapat mengurangi bengkak dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di area bawah mata. Dengan mengompres area ini, kantung di bawah mata bisa mengecil dan lingkaran hitam di area ini juga akan memudar dengan sendirinya.

Untuk mengompres area bawah mata kita bisa menggunakan handuk kecil dan bersih, lalu bungkus es batu di handuk dan letakkan di kulit di bawah mata. Kompres selama sekitar 10 menit sampai dengan 20 menit. Anda juga bisa langsung membasahi handuk, lalu peras dan letakkan di bawah mata Anda.

8. Memanfaatkan Air Mawar

Cara untuk menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan menggunakan air mawar. Air dari bunga mawar ini sering digunakan untuk kecantikan, salah satunya untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk penggunaan sendiri bisa dengan meneteskan air mawar di kapas atau mencelupkan kapas ke air mawar lalu letakkan kapas dibawah area mata. Anda bisa menggunakan cara ini dua kali sehari. Selain itu kandungan dari air mawar juga bisa membantu menghilangkan kotoran dari kulit.

9. Prosedur Soft Tissue Filler

Kondisi mata panda juga biasanya disertai dengan area lingkar bawah mata yang cenderung cekung, membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk itu, Anda bisa melakukan perawatan soft tissue filler di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) untuk membantu mata panda agar memudar dan menjadi lebih cerah. Menyuguhkan terapi tanpa bedah, prosedur satu ini bisa membantu mengisi cekungan bawah mata sehingga Anda pun bisa terlihat lebih segar.

Tenang saja, cara mencerahkan mata panda satu ini sangat aman dilakukan. Prosedur soft tissue filler di JAC sudah mendapatan sertifikat dari FDA Amerika Serikat, CE dari Eropa, dan tentunya izin resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Sumber rujukan:

  • Afifah Cinthia Pasha. 25 Februari 2019. 12 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dalam Waktu 1 Minggu. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3903594/12-cara-menghilangkan-mata-panda-secara-alami-dalam-waktu-1-minggu?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F
  • 10 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat dan Alami. https://doktersehat.com/cara-menghilangkan-mata-panda/
  • Soft Tissue Filler. https://jakartaaestheticclinic.co.id/procedures/soft-tissue-filler/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.