Inilah 7 Cara Mengatasi Kulit Kemerahan dengan Efektif

Mengalami kondisi kulit yang merah seperti iritasi, sudahkah Anda mengetahui cara mengatasi kulit kemerahan? Meski merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, tetapi kulit kemerahan juga perlu diatasi dengan cara yang tepat sebab tidak semua kondisi ini normal. Beberapa di antaranya mungkin saja menjadi ciri-ciri masalah kulit yang harus ditangani serius. Dalam artikel kali ini, JAC akan berbagi informasi lengkap untuk Anda mengenai cara mengatasi kulit kemerahan yang efektif dan sesuai dengan penyebabnya. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kemerahan pada kulit? Simak informasi di bawah ini untuk menemukan jawabannya. 

Mengapa Kulit Menjadi Kemerahan?

Mengapa Kulit Menjadi KemerahanKulit kemerahan seringkali menjadi masalah bagi banyak individu dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kulit yang kemerahan dapat memberikan ketidaknyamanan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang.  Redness atau kemerahan pada kulit ini merupakan kondisi di mana kulit mengalami peradangan, sehingga menghasilkan warna yang lebih merah dari biasanya dan seringkali disertai dengan sensasi panas, rasa gatal, atau perasaan tidak nyaman lainnya. Ada beberapa penyebab kulit menjadi lebih merah.  Pertama paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa pelindung dapat merusak kulit dan memicu kemerahan karena ultraviolet (UV) dapat merangsang pelepasan histamin dalam kulit. Hal tersebut akan menyebabkan pembengkakan dan peradangan.  Selain itu, terdapat rosacea yang merupakan kondisi kulit kronis yang menyebabkan kemerahan pada wajah, terutama di pipi, hidung, dahi, dan dagu serta masalah kulit shingles yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini juga dapat menyebabkan ruam kemerahan yang menyakitkan. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit seseorang bisa menjadi penyebab kulit kemerahan. Bahan-bahan tertentu dalam produk makeup atau skincare mungkin tidak sesuai dengan sensitivitas kulit, memicu reaksi alergi atau iritasi.

Baca Juga : Apa Itu Redness pada Kulit? Penyebab dan Cara Mengatasinya

7 Cara Mengatasi Kulit Kemerahan

7 Cara Mengatasi Kulit KemerahanKulit kemerahan dapat menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat mengatasi kondisi ini dan memulihkan kesehatan kulit Anda. Berikut adalah tujuh langkah efektif untuk mengatasi kulit kemerahan:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit yang kering dapat lebih rentan terhadap peradangan dan kemerahan. Oleh karena itu, menjaga kelembapan kulit adalah langkah kunci dalam mengatasi masalah ini. Jangan lupa selalu gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda setiap hari, terutama setelah mandi. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan glycerin ceramide untuk menjaga kelembapan alami kulit. Penuhi juga kebutuhan air harian tubuh yaitu 8 gelas per hari untuk memastikan kebutuhan makan Anda terjamin. 

2. Menggunakan Skincare yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit sensitif atau berjerawat. Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras, pewangi sintetis, dan alkohol, karena ini dapat memicu reaksi kulit kemerahan yang semakin parah. Sebaliknya, pilih skincare dengan kandungan bahan alami seperti centella asiatica atau aloe vera untuk membantu menenangkan kulit yang meradang tanpa menyebabkan kemerahan tambahan.

3. Menghindari Pemicu Kemerahan

Cari tahu faktor-faktor pemicu kemerahan pada kulit Anda dan upayakan untuk menghindarinya. Faktor pemicu dapat melibatkan cuaca ekstrem, makanan tertentu, atau bahkan stres. Ketika kulit Anda merah, coba catat apa yang mungkin menjadi pemicunya. Hal ini akan membantu Anda menghindari pemicu tersebut dan mencegah kemerahan lebih lanjut.

4. Mengaplikasikan Kompres Dingin

Ketika kulit Anda sedang merah dan terasa panas, mengaplikasikan kompres dingin dapat memberikan bantuan segera. Gunakan kain bersih yang direndam air dingin dan tempelkan pada area yang terkena selama 10-15 menit. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi kemerahan.

5. Menggunakan Produk Anti Inflamasi

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan anti-inflamasi. Bahan-bahan tersebut umumnya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit. Aplikasikan produk ini dengan lembut pada area yang merah secara berkala untuk mendapatkan manfaat maksimal.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Kulit

Penting untuk memperhatikan pola makan Anda karena makanan dapat memengaruhi kondisi kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan ikan berlemak. Hal ini penting karena antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan kulit dari dalam.

7. Konsultasi dengan Dokter Ahli

Jika perawatan rumahan tidak dapat meredakan kemerahan dan ditemukan gejala lain yang mengarah pada kondisi masalah kulit khusus, segera kunjungi dokter ahli. Nantinya, dokter ahli akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kulit Anda, melihat penyebab kemerahan, dan memberikan saran perawatan yang sesuai.  Pada dasarnya, setiap kulit memiliki kondisi yang berbeda, dan apa yang berhasil untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda. Melalui konsultasi langsung dari dokter ahli, Anda dapat mengatasi kulit kemerahan dengan perawatan yang tepat.

Baca Juga : Ketahui 6 Cara Mengatasi Sunburn Secara Aman dan Efektif

Rekomendasi Perawatan Kulit Menggunakan AYOM Skincare

AYOM menawarkan rangkaian produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk menjaga dan meremajakan kulit Anda. Fokus pada penggunaan bahan alami dan teknologi perawatan kulit terkini, berikut adalah beberapa produk unggulan dari AYOM yang bisa membantu meredakan kulit kemerahan:

1. AYOM Facial Cleanser PH 5.5

AYOM Facial Cleanser PH 5.5 adalah langkah pertama yang ideal dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Dirancang dengan formula keseimbangan pH 5.5, facial cleanser ini dirancang untuk membersihkan kulit secara lembut tanpa merusak lapisan pelindung alami kulit. Membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup, produk ini membantu menjaga kelembapan kulit dan menjaga tekstur wajah agar tetap halus.

2. AYOM Moisturizing Essence

AYOM Moisturizing Essence adalah solusi yang sempurna untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda. Essence ini memberikan hidrasi mendalam, membantu mengurangi kemerahan, dan menjaga elastisitas kulit dengan formulasi ringan dan mudah diserap. Kandungan bahan-bahan berkualitas tinggi pada produk ini dirancang untuk memberikan manfaat maksimal bagi kulit Anda, sehingga memastikan kelembapan yang optimal sepanjang hari.

3. AYOM Essential Serum

AYOM Essential Serum merupakan serum yang bisa membantu Anda merawat tanda penuaan dan memeprbaiki kerusakan kulit dengan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Dirancang dengan kandungan similar human, vegan growth factors, dan pH seimbang, AYOM Essential Serum dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Itu dia informasi tentang berbagai cara mengatasi kulit kemerahan dan alasan mengapa kondisi ini dapat terjadi. Dalam mengurangi kemerahan pada kulit, penting untuk menjalani perawatan yang konsisten dan tentunya sesuai dengan penyebabnya.  Pastikan untuk terus menjaga kelembapan kulit, memilih produk perawatan kulit yang sesuai, dan menghindari hal-hal yang bisa membuat kulit merah agar hasilnya bisa optimal. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, oleh karena itu, melakukan prosedur perawatan tertentu dengan berkonsultasi dengan dokter ahli bersertifikasi bisa menjadi langkah terbaik untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

JAC

 Tak perlu bingung, Anda bisa langsung saja ke Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Sebagai klinik perawatan yang telah memenangkan award internasional, JAC berkomitmen untuk membantu Anda mendapatkan kembali kulit yang terbebas dari masalah dengan prosedur yang tentunya aman sebab ditangani langsung oleh dokter ahli.  Tunggu apalagi? Temukan cara baru untuk mendapatkan kulit yang sehat dan tampak lebih muda dengan JAC sekarang juga! Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/skin-redness#pictures-of-skin-redness
  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/causes-redness-skin
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/facial-redness
  • https://skinkraft.com/blogs/articles/redness-on-face
  • https://drbaileyskincare.com/pages/dermatologist-explains-how-to-reduce-redness-on-the-face 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.