Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Bahan Alami

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan bahan alami? Memiliki kulit wajah kering tentu terasa tidak nyaman. Selain terlihat tidak sehat, kulit yang kering juga lebih rentan terhadap keriput di kemudian hari. Maka dari itu, pelembap wajah adalah perawatan sederhana yang tidak boleh dilewatkan. Namun, sering kali pelembab wajah menimbulkan masalah kulit lainnya jika ternyata tidak cocok—dari mulai komedo, jerawat, hingga membuat kulit terasa berminyak. Untuk menghindarinya, yuk, lihat beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kelembapan wajah.

11 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Bahan Alami

Kulit wajah yang kering memang menganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Berikut cara-cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas:

1. Oleskan Masker Madu

Perawatan kulit kering pertama yaitu dengan mengolsekan masker madu. Madu asli dikenal memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Tidak hanya demikian, madu pun sangat ampuh dalam mengatasi kulit kering secara alami dan mengelupas. Cara pemakaiannya pun mudah, Anda cukup mengoleskannya tipis pada kulit wajah dan diamkan sekitar 15 – 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

2. Gunakan Toner Susu

Susu memiliki kandungan asam laktat yang berfungsi sebagai agen anti-aging alami, mencerahkan kulit, melembapkan kulit, dan membuang sel-sel kulit mati. Susu pun dapat digunakan untuk mengatasi kulit wajah kering dan menutrisinya agar menjadi lebih sehat. Anda bisa menggunakan kapas bersih untuk membuat susu meresap ke dalam kulit wajah yang kering setiap hari sebelum cuci muka. Ingat, gunakan susu cair yang sudah disteril seperti susu UHT.

Baca Juga: Perawatan Kulit Wajah Kering

3. Gunakan Minyak Kelapa sebagai Pelembab

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan bahan alami. Pilih virgin coconut oil atau minyak kelapa murni untuk wajah. Karena bersifat ringan dan tidak berbau, Anda bisa menggunakannya sebagai pelembap setelah mandi atau cuci muka.

4. Oleskan Minyak Zaitun di Malam Hari

Minyak zaitun yang ada di pasaran memiliki berbagai jenis: untuk menumis, konsumsi langsung, dan pemakaian luar. Pilih minyak zaitun yang memang digunakan untuk kosmetik untuk meningkatkan kelembapan wajah. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun setiap malam sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering

5. Gunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya sejak lama digunakan sebagai bahan dasar antiseptik dan antifungal. Inilah mengapa banyak sekali produk kulit yang mengandung lidah buaya atau aloe vera. Kalau Anda memiliki tanamannya di rumah, coba ambil satu batang dan belah menjadi dua. Gel lidah buaya bisa dijadikan masker wajah dan digunakan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mencegah kulit mengelupas karena kering. Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan bahan alami sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahannya pun bisa ditemukan di sekitar. Hanya saja, Anda harus konsisten karena bahan alami biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlihat hasilnya.

6. Menggunakan Pelembap Wajah

Solusi untuk mengatasi kulit wajah yang kering dapat dimulai dengan penggunaan pelembap wajah setiap hari. Disarankan untuk mengaplikasikan pelembap wajah segera setelah mencuci muka. Fungsi pelembap wajah adalah untuk meningkatkan retensi kelembapan kulit, menjaga agar kulit wajah tetap terhidrasi. Pelembap wajah sebaiknya tidak hanya digunakan pada pagi dan siang hari, tetapi juga pada malam hari sebelum tidur. Saat berada di daerah dengan suhu dingin, penting untuk menggunakan pelembap wajah karena suhu rendah dapat mengurangi kelembapan kulit dan menyebabkan kulit kering.

7. Mencuci Muka dengan Air Dingin

Cara lain untuk mengatasi kulit wajah kering adalah dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Mencuci wajah dengan air hangat atau panas dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, sehingga kulit wajah menjadi lebih kering. Pastikan untuk menggunakan facial wash khusus untuk kulit wajah kering saat mencuci muka. Hindari menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah karena pH-nya yang tidak sesuai dengan kulit wajah. Mencuci muka merupakan langkah perawatan dasar yang sangat penting untuk mencegah masalah kulit wajah, sehingga disarankan untuk mencuci muka secara teratur minimal dua kali sehari. Jika ingin mengeringkan wajah setelah mencuci, hindari penggunaan handuk kasar yang dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Gunakan handuk berbahan lembut dan tepuk-tepuk perlahan ke wajah. Selain menggunakan bahan alami, Anda juga harus mengurangi frekuensi cuci wajah menggunakan air hangat. Air dengan temperatur tinggi mengurangi produksi sebum atau minyak alami wajah. Akibatnya, wajah terasa kering dan bisa mengelupas jika tidak segera diatasi.

Pilihlah sabun cuci wajah dengan formula yang ramah bagi kulit kering. Kalau merasa perlu, gunakan juga pembersih muka yang berbahan dasar minyak atau lotion untuk menjaga kelembapan wajah setelah seharian menggunakan8 make up.

8. Eksfoliasi Wajah

Langkah selanjutnya dalam mengatasi kulit wajah yang kering adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi merupakan metode untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Proses eksfoliasi kulit wajah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, bahan kimia, atau alat khusus. Eksfoliasi menggunakan bahan alami dapat melibatkan penggunaan masker oatmeal dan madu. Sementara itu, eksfoliasi dengan bahan kimia dapat dilakukan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung AHA atau BHA.

9.  Menggunakan Krim Malam

Cara Puncak regenerasi kulit terjadi saat malam hari. Oleh karena itu, disarankan bagi pemilik kulit wajah kering untuk menggunakan krim malam guna mendukung proses regenerasi kulit yang optimal. Pastikan memilih krim malam yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Pemilik kulit wajah kering sebaiknya menghindari produk perawatan wajah yang mengandung terlalu banyak pewangi, alkohol, dan retinol.

10. Minum Air putih yang Cukup

Salah satu elemen penting dalam menjaga kesehatan kulit adalah kolagen. Ketika kebutuhan kolagen terpenuhi, kulit akan menjadi lembap, padat, dan elastis. Namun, penting untuk diingat bahwa protein ini membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan optimal.

Tak hanya itu, hampir 80% dari tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, penurunan kadar air dalam tubuh akan berdampak pada organ-organ di dalamnya, termasuk kulit. Akibatnya, jika tubuh kekurangan asupan air, kulit akan lebih rentan mengalami kekeringan dan mengelupas.

Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan konsumsi air putih. Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian dengan minum 2 liter air putih setiap hari. Dengan cadangan air pada kulit wajah terpenuhi dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit wajah kering.

11. Mentimun

Salah satu cara alami untuk mengatasi kulit wajah kering adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun kaya akan kandungan air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi.

Caranya sangat sederhana. Anda dapat menggunakan mentimun sebagai masker wajah dengan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan mentimun secukupnya.

  2. Tumbuk atau haluskan mentimun hingga menjadi pasta.

  3. Oleskan pasta mentimun secara merata pada kulit wajah.

  4. Biarkan masker mentimun tersebut selama beberapa waktu.

  5. Bilas wajah dengan air bersih setelahnya.

Dengan menggunakan mentimun secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan mengatasi masalah kulit kering.

Konsultasikan Kulit ke Ahlinya

Kalau masalah Anda terasa cukup serius, mungkin sudah saatnya Anda mendatangi klinik wajah untuk berkonsultasi langsung. Tim dokter di Jakarta Aesthetic Clinic bisa memberikan solusi bagi kekhawatiran Anda. Dengan pengalaman dan peralatan berteknologi terkini, Anda bisa menemukan akar permasalahan wajah kering dan belajar bagaimana cara mencegahnya.

JAC

Jakarta Aesthetic Clinic juga memberikan opsi teraman untuk perawatan tanpa operasi untuk memberikan Anda kulit wajah yang sehat dan menambah kepercayaan diri. Jadi, tunggu apa lagi? Percayakan kesehatan kulit Anda pada Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.