9 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Sebagian besar orang masih belum mengetahui betul bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, apakah Anda salah satunya? Kulit wajah yang kering tentu menjadi salah satu masalah kulit yang dapat memengaruhi penampilan Anda terutama saat menggunakan make up

Tak jarang, beberapa kondisi kulit kering juga diikuti dengan reaksi seperti gatal, kemerahan, hingga mengelupas. Kondisi tersebut tentu membuat Anda tidak nyaman. Sebab itu, Anda perlu mengenal berbagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas yang tepat untuk mengembalikan kulit sehat Anda. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Faktor Penyebab dari Kulit Kering pada Wajah?

Kulit kering sering kali dianggap remeh dibandingkan dengan kulit berminyak yang rentan terhadap jerawat. Namun, anggapan ini keliru karena kulit kering sebenarnya memiliki dampak yang lebih serius, seperti tampilan kusam, risiko infeksi, dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab kulit kering.

1. Kurangnya Produksi Minyak Alami

Kulit yang kering sering kali disebabkan oleh kurangnya produksi minyak alami oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau penuaan.

2. Paparan Lingkungan

Faktor lingkungan seperti cuaca yang dingin dan kering, angin yang kuat, atau paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kehilangan kelembapan dari kulit wajah. Ini dapat mengakibatkan kulit kering dan terasa kasar.

3. Penggunaan Produk Kecantikan yang Salah

Penggunaan produk pkecantikan kulit yang tidak cocok atau mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Produk yang mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritatif lainnya dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

4. Pembersihan yang Berlebihan

Membersihkan wajah terlalu sering atau menggunakan air panas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan dari kulit. Penggunaan pembersih yang terlalu keras atau menggosok kulit dengan kasar juga dapat menyebabkan kulit kering.

5. Gangguan Kulit Tertentu

Beberapa gangguan kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, atau eksim dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

6. Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola makan yang tidak seimbang, dan kurangnya asupan air juga dapat berkontribusi pada kulit wajah yang kering.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas secara Alami

Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Kulit kering dan mengelupas pada wajah adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca ekstrem, air yang kasar, atau produk perawatan kulit yang tidak sesuai. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

1. Gunakan Pelembap yang Tepat

Pelembap adalah produk yang penting untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Untuk memastikan bahwa kulit selalu dalam kondisi yang lembap, penggunaan moisturizer di akhir rangkaian penggunaan skincare Anda adalah hal yang penting. 

Sebelumnya, pastikan Anda menggunakan pelembap yang cocok dan mengandung bahan-bahan alami seperti ceramides, minyak almond, minyak zaitun, minyak kelapa atau lidah buaya. Bahan tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Jangan lupa aplikasikan pula pada bagian leher agar area di sekitar wajah juga selalu lembap.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah kering dan Mengelupas

2. Hindari Penggunaan Produk yang Mengandung Alkohol

Perlu diketahui bahwa kadar alkohol yang berlebihan dalam sebuah skincare dapat meningkatkan risiko kulit yang kering, sehingga sangat penting untuk menghindari produk yang mengandung alkohol. 

Apalagi ketika Anda memang memiliki jenis kulit kering dan kerap kali mengelupas. Sebaiknya pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami dan lembut seperti air mawar atau air teh hijau.

3. Konsumsi Cukup Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat penting bagi kesehatan kulit wajah. Air membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Jika tubuh kekurangan air, maka besar kemungkinan kulit akan terdampak karena tidak menerima asupan air yang cukup dan menjadi kering serta mengelupas.

Untuk memastikan kulit wajah terhidrasi dengan baik, sebaiknya minum setidaknya 8 gelas air per hari. Anda juga bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan yang tinggi kandungan air.  Contohnya, seperti lobak, seledri, apel, melon, dan lain sebagainya. Pastikan untuk selalu mengonsumsi air mineral sepanjang hari hingga kebutuhan air harian terpenuhi, jangan menunggu rasa haus muncul dahulu untuk minum air.

4. Gunakan Masker dari Bahan Alami

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai masker wajah yang cocok untuk kulit kering. Masker wajah ini umumnya juga dibuat dengan bahan-bahan alami yang tentunya dengan takaran aman untuk kulit kering. Anda bisa memanfaatkannya sebagai treatment rumahan yang mudah untuk mengatasi kulit kering dan sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

5. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Sesuai

Hal yang tak kalah penting untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas secara alami adalah memastikan bahwa Anda telah memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Pasalnya, sedikit saja kesalahan memiliki produk perawatan, bukan tidak mungkin akan muncul masalah baru yang mungkin justru membutuhkan perawatan yang lebih serius. Sebab itu, dalam memilih skincare, sebaiknya perhatikan bahan yang ada di dalamnya karena semua orang memiliki kebutuhan yang berbeda meski dengan jenis kulit yang sama. 

Jadi untuk menemukan yang tepat, perhatikan komposisi bahan skincare yang bisa Anda lihat di bagian belakang kemasan. 

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Sadar atau tidak, jenis makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan wajah. Untuk itu, makanlah makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu memperbaiki kondisi kulit wajah dari dalam. Jenis makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit dan mampu mengembalikan produksi minyak alami pada wajah. 

7. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Apakah Anda masih sering mengabaikan penggunaan sunscreen? Perlu diingat bahwa sinar matahari memiliki sinar UV yang berbahaya bagi kesehatan kulit terutama sel-sel di dalamnya. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan mudah mengelupas, bahkan tak jarang muncul iritasi pada bagian tertentu. 

Jadi pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas baik di luar maupun di dalam ruangan pada pagi hingga sore hari dan hindari beraktivitas di luar ruangan pada waktu terik matahari.

8. Menghindari Mandi dengan Air yang Terlalu Panas

Mandi dengan air panas sering kali disukai oleh banyak orang karena memberikan sensasi relaksasi setelah hari yang sibuk. Namun, kebiasaan mandi yang terlalu lama dengan air panas sebenarnya tidak baik bagi kesehatan kulit.

Air panas memiliki suhu yang dapat menghilangkan minyak alami kulit lebih cepat daripada air hangat. Padahal, minyak alami tersebut penting untuk menjaga kelembapan kulit. Akibatnya, kulit dapat menjadi kering dan rentan terhadap masalah bersisik.

Para ahli merekomendasikan waktu mandi ideal selama 5-10 menit, tergantung pada suhu air yang digunakan. Durasi ini tidak termasuk waktu keramas dan tentunya akan lebih singkat jika menggunakan air hangat. Sebagai alternatif, mandilah dengan air suam-suam kuku untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

9. Konsultasi dengan Dokter Ahli di JAC

Jika masalah kulit wajah kering dan mengelupas masih terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter ahli kecantikan untuk mendapatkan saran dan solusi yang tepat. Dokter ahli dapat membantu Anda menentukan penyebab masalah dan memberikan saran perawatan yang sesuai untuk kulit wajah. Namun tetap saja, penting untuk memilih dokter profesional yang tepercaya agar seluruh treatmentnya benar-benar memberikan hasil yang maksimal. 

Kesimpulannya, masalah kulit wajah kering dan mengelupas bisa diselesaikan dengan cara-cara alami seperti beberapa contoh di atas. Namun apabila merasa kondisi wajah justru tidak membaik meskipun sudah melakukan berbagai treatment alami, tak perlu ragu untuk menghubungi dokter dan lakukan konsultasi seputar kondisi kulit untuk menentukan solusi yang paling tepat.

Sebagaimana diketahui bersama, kulit wajah adalah bagian terpenting dari penampilan Anda. Munculnya berbagai penyebab kulit kering dan mengelupas tentu dapat mengurangi kepercayaan diri serta mengganggu ketahanan serta hasil make up Anda. Jangan biarkan masalah kulit ini berlanjut tanpa solusi. Jalan keluarnya, konsultasikan dengan dokter ahli JAC.

JAC dilengkapi dengan dokter tersertifikasi dan tim profesional yang siap membantu Anda menemukan penyebab masalah kulit dan memberikan solusi perawatan yang tepat. JAC memahami bahwa setiap individu memiliki kebutuhan untuk kulit yang berbeda, sehingga seluruh treatment yang dianjurkan tentunya telah disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan kebutuhan kulit. 

Dapatkan kulit wajah yang kembali sehat dan bersinar dengan bantuan dokter ahli JAC melalui prosedur Baby Skin Treatment yang mampu mengembalikan kesehatan serta kekenyalan kulit wajah Anda yang kering. Hubungi JAC segera dan dapatkan wajah halus, sehat, dan bercahaya sekarang juga.

Sumber rujukan: 

  • https://www.healthline.com/health/dry-skin
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16940-dry-skin
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.