Ketahui 5 Cara Mengatasi Maskne yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda sering merasa frustasi dengan munculnya jerawat di area wajah akibat penggunaan masker? Jika iya, Anda tidak sendirian. Maskne, jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker telah menjadi masalah umum bagi banyak orang terutama selama pandemi. Namun, jangan khawatir, ada cara mengatasi maskne ini yang efektif untuk dicoba agar menjaga kulit wajah tetap sehat. Dalam artikel ini, JAC akan membahas secara rinci cara mengatasi maskne dan mencegahnya muncul kembali. Dari membersihkan wajah secara teratur hingga memilih produk perawatan kulit yang tepat, mari jelajahi langkah-langkah praktis yang dapat diterapkan untuk menghilangkan maskne dan mengembalikan kulit wajah sehat Anda di bawah ini.

Apa Itu Maskne dan Mengapa Terjadi?

Maskne adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kondisi kulit yang muncul sebagai akibat dari penggunaan masker secara terus-menerus. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa pun, tetapi cenderung lebih umum dialami oleh individu yang menggunakan masker secara rutin, terutama selama periode pandemi seperti saat ini. Penyebab maskne berasal dari kombinasi beberapa faktor. Pertama-tama, penggunaan masker secara terus-menerus menyebabkan gesekan antara masker dan kulit wajah. Gesekan ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, terutama pada area yang tertutup oleh masker.  Selain itu, masker juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri di bawah permukaan kulit. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, kondisi maskne juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti jenis kulit individu dan kualitas masker yang digunakan. Individu dengan kulit yang sensitif atau berminyak cenderung lebih rentan terhadap maskne. Sementara itu, penggunaan masker yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan yang tidak cocok dengan jenis kulit seseorang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya maskne. Dalam kondisi tertentu, seperti cuaca panas dan lembap, atau ketika masker digunakan dalam jangka waktu yang lama, kondisi maskne dapat menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi keringat dan penumpukan kotoran di bawah masker yang dapat memperburuk iritasi dan peradangan pada kulit.

Baca Juga : 10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Maskne

Inilah Cara Mengatasi MasknePenggunaan masker beberapa waktu belakangan ini menjadi hal yang wajib dilakukan mengingat adanya pandemi COVID-19. Jika Anda mengalami maskne akibat penggunaan masker dalam jangka panjang, berikut adalah cara mengatasi maskne yang bisa dicoba:

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur merupakan langkah penting dalam mengatasi maskne. Anda disarankan untuk mencuci wajah setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Pastikan untuk membersihkan wajah dengan lembut tanpa menggosok terlalu keras, karena hal ini dapat merusak kulit dan memperburuk kondisi maskne.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Selain membersihkan wajah, menjaga kelembapan kulit juga merupakan langkah penting dalam mengatasi maskne. Penggunaan pelembap ringan dengan formulasi yang tidak menyumbat pori-pori dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi risiko iritasi.  Anda bisa menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, ceramide atau glycerin yang efektif membantu menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan rasa berat pada kulit.

3. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Untuk mengatasi masalah jerawat akibat penggunaan masker, disarankan agar menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kandungan skincare ini mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengatasi peradangan. Namun, hindari penggunaan produk dengan kandungan bahan aktif terlalu sering karena hal ini dapat memperburuk kondisi maskne.

4. Menghindari Pemakaian Produk yang Mengiritasi Kulit

Pemakaian produk yang mengiritasi kulit dapat memperburuk maskne. Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, pewangi, atau bahan kimia keras lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, hindari juga penggunaan scrub kasar atau alat pembersih wajah yang dapat merusak kulit dan memperparah kondisi maskne.

5. Menghindari Penggunaan Makeup yang Berlebihan

Penggunaan makeup yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk maskne. Anda disarankan untuk membatasi penggunaan makeup, terutama foundation dan produk berbasis minyak. Pasalnya, produk ini dapat menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di bawah masker. Jika memungkinkan, pilihlah produk makeup yang ringan dan non-komedogenik.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Cara Mencegah Maskne

Maskne dapat menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang, terutama bagi Anda yang harus menggunakan masker secara teratur. Untuk mencegah timbulnya jerawat akibat pemakaian masker, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Pilihlah Masker yang Tepat

Pemilihan masker yang tepat dapat membantu mencegah maskne. Gunakan masker yang terbuat dari bahan lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit, seperti katun atau satin. Pastikan juga untuk memilih masker yang cukup longgar sehingga tidak terlalu menekan kulit wajah dan menyebabkan gesekan yang berlebihan.

2. Ganti Masker Secara Teratur

Selanjutnya, jangan lupa ganti masker secara teratur dan hindari penggunaan masker yang sama berkali-kali tanpa dibersihkan. Masker yang digunakan secara berulang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Gantilah masker setidaknya sekali sehari atau lebih sering jika masker Anda terasa kotor atau basah.

3. Bersihkan Wajah Sebelum dan Setelah Menggunakan Masker

Membersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan masker dapat membantu mencegah maskne. Sebelum menggunakan masker, pastikan untuk membersihkan wajah dengan lembut menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Setelah menggunakan masker, bersihkan wajah lagi untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang terperangkap di bawah masker.

4. Hindari Penggunaan Produk Berlebihan pada Wajah

Penggunaan produk berlebihan pada wajah juga dapat menyebabkan maskne. Hindari penggunaan produk yang terlalu banyak, terutama produk yang mengandung minyak atau bahan kimia keras yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan pada kulit. Gunakan produk secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

5. Jaga Kebersihan Masker dan Kulit

Terakhir, jaga kebersihan masker dan kulit juga merupakan langkah penting dalam mencegah maskne. Jika Anda menggunakan masker kain, pastikan untuk mencucinya secara teratur menggunakan air hangat dan deterjen yang lembut.  Selain itu, hindari menyentuh bagian dalam masker dengan tangan yang kotor atau tidak bersih. Jaga juga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau tidak bersih. Itu dia informasi tentang pengertian, penyebab, dan cara mengatasi maskne sekaligus cara mencegahnya. Pada dasarnya, dalam menangani maskne, langkah-langkah perawatan kulit yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.  Namun, penting juga untuk diingat bahwa ketika menghadapi masalah jerawat yang lebih serius, seperti maskne, melakukan perawatan dengan aman dan tepercaya menjadi kunci. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari klinik kecantikan atau dokter ahli yang telah bersertifikasi, seperti Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). 

JAC

Di JAC, Anda dapat menemukan perawatan skincare yang terkini dan efektif, termasuk treatment peeling komedo yang lembut dan menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan pori-pori serta flawless peel treatment untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat mengatasi maskne dengan aman dan nyaman. Jangan biarkan jerawat mengganggu kepercayaan diri Anda. Temukan solusi terbaik untuk berbagai masalah kulit dengan konsultasi bersama para ahli di JAC dan temukan prosedur perawatan yang tepat untuk Anda.   

Sumber: 

  • https://www.healthline.com/health/maskne#treatment
  • https://www.centerforsurgicaldermatology.com/tips-for-preventing-and-treating-maskne/
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/prevent-face-mask-skin-problems 
  • Spigariolo, C.B., Giacalone, S., Nazzaro, G. (2022). Maskne: The Epidemic within the Pandemic: From Diagnosis to Therapy. J. Clin. Med, 11(3), 618. https://doi.org/10.3390/jcm11030618 
  • Rathi, S. K., & Dsouza, J. M. (2022). Maskne: A New Acne Variant in Covid-19 Era. Indian journal of dermatology, 67(5), 552–555. https://doi.org/10.4103/ijd.ijd_1054_21 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.