9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Pertambahan usia adalah salah satu faktor alam yang tidak dapat dihindari. Jadi, adanya perubahan pada kondisi kulit masih bisa diterima. Tetapi, tidak dengan penuaan dini. Kita semua pasti akan berusaha mencari cara mengatasi penuaan dini yang terbaik sebab masalah ini hadir lebih cepat dari waktu yang seharusnya. 

Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan, bintik hitam, kulit kering, hiperpigmentasi, dan kulit kendur pada area wajah. Saat hal tersebut terjadi, tentu seseorang akan tampak lebih tua dibandingkan dengan yang seharusnya. Sebaiknya, langsung jangan panik. Sebab ada cara mengatasi penuaan dini yang efektif yang bisa di coba. 

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari penyebab dan cara mengatasinya. Selain itu, Anda juga bisa mencegah penuaan diri apabila sudah mengetahui penyebabnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Penyebab Penuaan Dini pada Wajah?

Faktor Penuaan Dini

Pada sebagian besar, kasus penuaan dini disebabkan oleh faktor alam, lingkungan dan gaya hidup. Tetapi bukan itu faktor utama dari penuaan dini, melainkan paparan sinar matahari. Anda pasti kerap menerima peringatan untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi hingga sore hari. 

Bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan sinar UV bisa mendorong penuaan lebih cepat. Karena wajah yang terkena sinar UV secara terus-menerus tanpa sunscreen akan mengalami kerusakan sel kulit bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Selain itu, penuaan dini juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan gaya hidup. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Merokok dapat menyebabkan penuaan lebih cepat, karena racun dalam nikotin akan memecah kolagen dan elastin pada kulit. Sehingga kulit menjadi kendur dan muncul keriput.
  • Diet tidak sehat dengan pengurangan jumlah kandungan gula atau karbohidrat secara drastis dapat mempercepat proses penuaan. 
  • Pola tidur yang buruk diketahui juga membuat sel-sel di dalam wajah menua lebih cepat sebab harus bekerja dengan waktu yang lebih banyak juga. 
  • Stres adalah sumber dari segala permasalahan. Sebab saat stres, otak akan mengalirkan kortisol yang memblokir zat untuk membuat wajah terlihat lebih segar. 

Baca juga: 6 Manfaat Kolagen Untuk Kulit Wajah Anda 

Tanda-Tanda Penuaan Dini pada Kulit

Tanda-tanda penuaan dini pada wajah dapat bervariasi dari individu ke individu, tetapi beberapa gejala umum yang sering terlihat dapat menjadi pertimbangan Anda untuk segera memberikan treatment. Berikut beberapa di antaranya.

1. Garis-garis Halus dan Keriput

Garis-garis halus dan keriput pada wajah adalah tanda penuaan pada kulit yang umum. Mereka muncul karena hilangnya elastisitas dan kolagen kulit akibat proses penuaan dan faktor-faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, merokok, dan polusi.

2. Bintik-bintik Penuaan

Bintik-bintik penuaan, juga dikenal sebagai lentigo atau bintik penuaan, adalah bercak gelap atau hiperpigmentasi pada kulit. Mereka sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan dan dapat muncul di area yang terpapar sinar matahari, seperti wajah dan tangan.

3. Mata Panda

Lingkaran gelap di sekitar mata, yang dikenal sebagai mata panda, bisa menjadi tanda penuaan dini berikutnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor genetik, kurang tidur, stres, dan penipisan kulit di area sekitar mata.

4. Kehilangan Kepadatan Tulang dan Lemak

Seiring dengan penambahan usia, tulang wajah dapat mengalami penurunan kepadatan dan volumenya. Hal ini dapat menyebabkan kerugian struktur dan kehilangan lekukan yang tajam, memberikan tampilan yang lebih datar pada wajah. Selain itu, hilangnya lemak di wajah juga dapat membuat kulit tampak kendur dan keriput.

5. Kulit Kusam

Kulit yang kusam atau tidak bercahaya dapat menjadi tanda penuaan kulit selanjutnya. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti polusi, stres, kurangnya perawatan kulit yang tepat, serta penurunan aliran darah dan oksigen ke kulit.

Baca juga: Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Tips Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Anda kini telah mengetahui penyebab penuaan dini pada kulit. Selanjutnya, penting untuk mengenal cara-cara mengatasi sekaligu mencegah penuaan dini di kulit wajah Anda. Berikut merupakan ulasan tentang cara mengatasinya yang lengkap untuk Anda: 

1. Rajin Menggunakan Sunscreen

Cara mengatasi penuaan dini yang pertama adalah melindungi kulit wajah dari sinar UV menggunakan sunscreendengan SPF minimal 30. Tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan, saat berada di dalam ruangan pun Anda wajib menggunakan sunscreen. Sebab tidak menutup kemungkinan sinar UV masuk ke dalam ruangan dan wajah tetap terpapar.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

2. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Rokok dan alkohol sejatinya adalah musuh terbesar bagi kulit wajah yang sehat. Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang mempercepat penuaan kulit seperti kerutan dan kulit kusam. Begitu pula dengan alkohol. Mengonsumsi alkohol berlebihan akan membuat kulit Anda menjadi jauh lebih kering dan jika tiba waktunya, banyak sel kulit yang rusak. 

3. Membersihkan Kulit dengan Lembut

Saat membersihkan kulit dari sisa make up, pastikan Anda mengusapnya dengan lembut dan perlahan. Menggosok kulit secara kasar hanya akan membuat kulit wajah iritasi. Hasilnya, muncul tanda-tanda penuaan dini akibat rusaknya beberapa sel kulit di dalamnya.

Cuci muka dan usap perlahan untuk mengangkat kotoran atau sisa make up di dalamnya. Sehingga muka akan terasa lebih kencang dan bersih.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Perlu diingat bahwa air putih adalah komponen penting untuk proses perawatan diri. Selain meningkatkan metabolisme yang menyehatkan tubuh, air putih juga membantu menghilangkan racun dan membuat tubuh tetap terhidrasi. 

Seperti yang kita ketahui, kulit yang lembap dan terhidrasi akan membuat garis halus dan kerutan memudar. Dalam sehari, pastikan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter agar perawatan tubuh menjadi lebih optimal dan kebutuhan air dalam tubuh juga terpenuhi. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang tentu saja akan membantu Anda menghindari penuaan dini. Mulai dari mengurangi konsumsi gula secara perlahan dan bertahap agar produksi kolagen di wajah tidak berkurang. Mengapa justru mengurangi gula terlebih dahulu? Karena konsumsi gula yang berlebihan akan mempercepat munculnya keriput pada wajah. 

Menjaga pola makan sehat juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Kedua bahan makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, terutama antioksidan sebagai bahan alami mencegah dan mengatasi penuaan dini. Konsumsi buah dan sayur bisa membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya penuaan. Selain itu, vitamin dalam buah maupun sayur juga melimpah dan baik untuk menjaga wajah tetap segar serta sehat. 

6. Hindari Stres

Mengambil waktu libur dan beristirahat sejenak dari kegiatan yang padat dapat membantu Anda mengatasi penuaan dini. Berlibur, menonton film, berolahraga, pergi ke salon, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya dapat menjadi cara pengelolaan stres yang efektif. 

Jangan lupa untuk selalu berpikir positif ke diri sendiri dan hindari pemikiran bahwa Anda tidak pantas mendapatkan waktu istirahat tersebut. Sebab semua orang boleh berhenti sejenak dari sibuknya aktivitas baik pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya.

7. Rutin Menggunakan Skincare

Cara paling ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang menjadi tanda penuaan dini adalah rutin menggunakan skincare anti aging. Anda bisa memenuhi kebutuhan dasar kulit terlebih dahulu dengan 4 jenis skincare yaitu sabun cuci muka, serum, pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sunscreen). 

Apabila kulit mulai terbiasa dan cocok, tambahkan jenis skincare lain terutama yang mengandung bahan aktif seperti retinol. Selain untuk mengatasi permasalahan penuaan, Anda juga bisa mulai menggunakannya sebelum mengalami penuaan untuk membantu mencegah munculnya tanda penuaan.

8. Olahraga Rutin

Olahraga teratur telah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit Anda. Saat Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang membawa keluar kotoran dari pori-pori, meningkatkan kebersihan kulit Anda. Selain itu, olahraga rutin juga dapat meningkatkan peredaran darah dan merangsang produksi kolagen, yang membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan. Untuk hasil optimal, disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, seperti bersepeda, jalan kaki, berenang, atau yoga.

Baca juga: 6 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

9. Treatment ke Dokter

Treatment ke Dokter Hanya di JAC

Bila seluruh cara mengatasi penuaan dini di atas belum bisa mengatasi permasalahan Anda, kunjungi dokter ahli untuk mengonsultasikan kondisi wajah Anda. Ada banyak jenis perawatan kulit yang akan direkomendasikan untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki warna kulit agar wajah tampak lebih muda. 

Dokter ahli memiliki keahlian untuk mengatasi dan mengobati berbagai masalah kulit wajah sesuai dengan penyebabnya. Anda akan melewati beberapa metode pengecekan sebelum ditentukan treatment yang tepat untuk mengatasinya. Pada praktiknya, seluruh permasalahan wajah dapat diatasi oleh dokter ahli. 

Apakah informasi cara mengatasi penuaan dini di atas membantu Anda? Jika tertarik untuk melakukan treatment khusus untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada wajah, pastikan untuk melakukannya di aesthetic skin care tepercaya seperti JAC.

JAC adalah klinik perawatan wajah di Jakarta yang menyediakan berbagai treatment khusus untuk membantu mengembalikan kulit wajah yang lebih sempurna seperti sediakala. Takut dengan prosedur bedah? Tenang saja, JAC menjalankan perawatan wajah tanpa metode bedah sama sekali. Justru, Anda akan merasakan pengalaman perawatan baru karena penggunaan teknologi canggih dengan hasil instan.

Tunggu apalagi? Konsultasikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim JAC dan ciptakan wajah yang lebih sehat, muda, dan sempurna bersama dokter ahli bersertifikasi dari JAC.

Sumber rujukan:

  • https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/sarrah-ulfah/cara-ampuh-atasi-penuaan-dini-pada-kulit-wajah?page=all
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin
  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/23105-premature-aging
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.