6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Bagaimana cara mengatasi rambut berminyak? Dalam dunia perawatan rambut, mengatasi masalah rambut berminyak bisa menjadi tantangan bagi banyak individu. Apalagi, rambut berminyak dapat mengganggu penampilan dan memberikan ketidaknyamanan, membuatnya menjadi salah satu masalah rambut yang paling umum. 

Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang penyebabnya dan penggunaan metode perawatan yang efektif, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan sukses. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal secara detail cara mengatasi rambut berminyak, penyebab rambut berminyak, dan mencegah rambut lepek. Mari temukan informasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dengan mudah

Rambut berminyak dapat menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memiliki rambut yang sehat dan bersinar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

1. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Mencuci rambut terlalu sering bisa menjadi kebiasaan yang merugikan, terutama bagi yang memiliki masalah rambut berminyak. Saat Anda mencuci rambut terlalu sering, Anda menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala. 

Hal ini dapat merangsang kelenjar sebasea untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan yang hilang, sehingga meningkatkan masalah rambut berminyak. Cobalah untuk mencuci rambut hanya saat benar-benar diperlukan sedikitnya 3x dalam seminggu atau saat rambut terasa kotor atau berminyak.

2. Keramas dengan Metode yang Tepat

Cara Anda mencuci rambut juga dapat berpengaruh pada tingkat kelembapan dan minyak alami yang dipertahankan oleh kulit kepala. Saat mencuci rambut, pastikan untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dengan pijatan lembut. Hindari menggosok rambut terlalu keras karena hal ini dapat merusak folikel rambut dan merangsang produksi minyak berlebihan. 

3. Pilih Produk dengan Bahan Natural dan Diformulasikan Khusus Untuk Rambut Berminyak

Memilih produk perawatan rambut yang sesuai adalah kunci penting dalam mengatasi rambut berminyak. Bahan-bahan natural memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebihan di kulit kepala tanpa mengeringkan rambut. Selain itu, pastikan produk tersebut biasanya sudah diformulasikan khusus untuk rambut berminyak sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

4. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Kebiasaan menyentuh rambut secara berlebihan dengan tangan yang tidak bersih dapat menyebabkan transfer minyak dan kotoran dari tangan ke rambut yang kemudian dapat memperburuk masalah rambut berminyak. 

Cobalah untuk menghindari menyentuh rambut Anda secara berlebihan, terutama jika tangan Anda dalam keadaan kotor. Selain itu, hindari menyisir rambut terlalu sering karena hal ini juga dapat merangsang produksi minyak berlebihan di kulit kepala.

5. Gunakan Dry Shampoo

Dry shampoo adalah solusi praktis untuk menyegarkan rambut tanpa harus mencuci secara menyeluruh. Dry shampoo bekerja dengan menyerap minyak berlebih di kulit kepala dan batang rambut, sehingga membuat rambut terlihat lebih segar dan bervolume.

Semprotkan dry shampoo ke akar rambut dan biarkan beberapa saat sebelum disikat untuk menghilangkan minyak berlebih tanpa perlu mencuci rambut.

6. Keramas Setelah Menggunakan Helm atau Topi

Jika Anda sering menggunakan helm atau topi, penting untuk mencuci rambut secara teratur setelah penggunaan untuk mencegah penumpukan minyak di kulit kepala. Penggunaan helm atau topi dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak karena adanya penghalang antara kulit kepala dan udara luar. 

Baca juga: 14 Penyebab Rambut Patah dan Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Penyebab Rambut Berminyak

Penyebab Rambut Berminyak

Rambut berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mengetahui penyebab-penyebabnya dapat membantu Anda lebih memahami kondisi rambut dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab umum rambut berminyak:

1. Produksi Minyak yang Berlebihan oleh Kelenjar Sebasea

Penyebab utama dari rambut berminyak adalah produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar sebasea di kulit kepala. Kelenjar sebasea memproduksi minyak alami yang dikenal sebagai sebum untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Namun, faktor genetik dan hormonal dapat memengaruhi aktivitas kelenjar sebasea, sehingga menyebabkan produksi sebum yang berlebihan.

2. Kebiasaan Mencuci Rambut yang Tidak Tepat

Kebiasaan mencuci rambut terlalu sering atau terlalu jarang dapat memengaruhi keseimbangan minyak alami di kulit kepala dan merangsang produksi minyak lebih banyak. Sebab hal ini merupakan respons terhadap hilangnya minyak yang terjadi akibat pencucian. Namun di sisi lain, mencuci rambut terlalu jarang dapat menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di kulit kepala.

3. Penggunaan Produk Rambut yang Tidak Sesuai

Penggunaan produk rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut Anda juga dapat menjadi penyebab rambut berminyak. Beberapa produk mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala atau merangsang produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebasea. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

4. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti polusi udara, debu, dan paparan sinar matahari secara berlebihan juga dapat berkontribusi terhadap masalah rambut berminyak. Paparan polutan dan kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit kepala, mengganggu keseimbangan minyak alami, dan merangsang produksi minyak berlebihan.

5. Kebiasaan Pemakaian Topi atau Tutup Kepala

Penggunaan topi atau tutup kepala terlalu sering dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Hal ini disebabkan oleh penghalang fisik yang ditimbulkan oleh topi atau tutup kepala yang menghalangi aliran udara ke kulit kepala. Akibatnya, minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea tidak dapat terdistribusi dengan baik di sepanjang batang rambut, menyebabkan rambut terlihat lebih berminyak.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Rambut Sehat yang Harus Anda Ketahui

Cara Mencegah Rambut Lepek Akibat Berminyak

Untuk mencegah terjadinya rambut lepek, Anda dapat mengambil langkah-langkah preventif yang dapat membantu menjaga keseimbangan minyak di kulit kepala dan menjaga rambut tetap segar dan bersih. Berikut adalah cara mencegah rambut lepek akibat berminyak:

1. Hindari Penggunaan Produk Rambut yang Berat

Produk-produk seperti hair wax, gel, atau styling cream dapat membuat rambut terlihat lebih berat dan lepek. Hindari penggunaan produk-produk tersebut terlalu banyak, terutama jika Anda memiliki masalah rambut berminyak. Jika memungkinkan, pilihlah produk styling yang ringan atau gunakan dalam jumlah yang sangat sedikit.

2. Jaga Kebersihan Sisir dan Alat Styling

Sisir dan alat styling yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan penumpukan minyak di rambut. Pastikan untuk membersihkan dan menjaga kebersihan sisir, hairbrush, dan alat styling Anda secara teratur. Gunakan sikat yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan hindari berbagi alat styling dengan orang lain.

3. Batasi Penggunaan Alat Styling Panas

Penggunaan alat styling panas seperti hair dryer, catokan, atau curling iron dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebasea. Batasi penggunaan alat-alat tersebut sebisa mungkin, atau gunakan pada suhu yang lebih rendah untuk mengurangi kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

4. Jaga Pola Makan yang Sehat

Perlu diketahui bahwa asupan makanan yang seimbang dan sehat juga dapat berperan dalam mencegah rambut lepek akibat berminyak. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin A, C, dan E, serta zinc dan omega-3 fatty acids. Makanan-makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengontrol produksi minyak berlebihan.

Baca juga: Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Nah itu dia beberapa cara mengatasi rambut berminyak, penyebab, dan cara mencegah rambut Anda menjadi lepek akibat minyak. Melalui penerapan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengatasi masalah rambut berminyak dengan efektif dan memperoleh rambut yang lebih sehat dan bersinar. 

Perlu diingat bahwa perawatan rambut yang tepat sangat penting untuk menjaga keseimbangan minyak di kulit kepala dan mencegah terjadinya masalah rambut berminyak. Jadi, perlu konsistensi dalam merawat rambut dan memilih produk perawatan yang sesuai agar dapat menikmati rambut yang terlihat lebih baik dan lebih bervolume.

Jika Anda ingin mendapatkan solusi lebih lanjut untuk masalah perawatan kulit dan rambut, Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) menawarkan Prime Exosome sebagai solusi terbaru untuk mengatasi permasalahan rambut yang disebabkan oleh minyak berlebih di kulit kepala seperti kerontokan. 

banner prime exosome

Prime Exosome adalah perawatan inovatif yang dirancang untuk meningkatkan fase pertumbuhan rambut. Dengan bantuan Prime Exosome, Anda dapat mengembalikan vitalitas dan kekuatan rambut Anda, serta mendapatkan peningkatan dalam kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. 

Jangan ragu untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli bersertifikasi dan temukan solusi terbaik untuk masalah rambut Anda. Kunjungi JAC sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Prime Exosome atau treatment lainnya sesuai kebutuhan Anda. Jadikan langkah ini sebagai investasi dalam kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

Sumber:

  • https://webmd.com/beauty/why-is-my-hair-so-oily-how-to-manage-oily-hair
  • https://www.healthline.com/health/oily-hair-remedy#18.-Shampoo-with-tea-tree-oil
  • https://www.realsimple.com/how-to-get-rid-of-greasy-hair-8400989 
  • https://www.dyson.ie/discover/insights/hair/health/how-to-avoid-oily-hair 
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/greasy-hair-after-washing 
  • Draelos Z. D. (2010). Essentials of Hair Care often Neglected: Hair Cleansing. International journal of trichology, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.4103/0974-7753.66909
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024
Apakah Eksfoliasi Aman untuk Kulit Berjerawat? Cek Penjelasannya!

Apakah Eksfoliasi Aman untuk Kulit Berjerawat? Cek Penjelasannya!

Mei 14, 2024

Comments are closed.