Ketahui 6 Cara Mengatasi Sunburn Secara Aman dan Efektif

Sinar matahari yang menyenangkan bisa memberikan kecerahan pada hari Anda, tetapi terlalu lama terpapar dapat meninggalkan kulit yang terasa panas dan teriritasi. Terkena sunburn bisa menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan, tetapi dengan cara mengatasi sunburn yang tepat, Anda dapat mengatasi ketidaknyamanan dan memulihkan kondisi kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari rasa terbakar.

Dalam artikel ini, JAC akan membahas cara-cara yang praktis untuk mengatasi sunburn tanpa memerlukan produk atau perawatan yang rumit. Mari jelajahi cara mengatasi sunburn yang dapat aman dan efektif melalui informasi lengkap berikut ini.

Apa itu Sunburn?

Sunburn adalah kondisi kulit yang terbakar akibat terpapar sinar matahari terlalu lama dan dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari jenis kulit atau usia. Sunburn dapat menyebabkan kulit kemerahan, sakit, dan terasa panas. Pada kasus yang lebih parah, sunburn dapat menyebabkan kulit mengelupas dan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi terjadinya sunburn adalah:

  • Waktu terpapar sinar matahari: semakin lama waktu terpapar sinar matahari, semakin besar risiko terjadinya sunburn.
  • Jenis kulit: orang dengan kulit yang lebih terang lebih rentan terhadap sunburn daripada orang dengan kulit yang lebih gelap.
  • Lokasi: daerah-daerah yang lebih terbuka seperti wajah, leher, dan lengan lebih rentan terhadap sunburn.
  • Suhu dan kelembaban: suhu dan kelembaban yang tinggi dapat membuat kulit lebih rentan terhadap sunburn.

Lalu, mengapa sunburn menjadi hal yang berbahaya? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sunburn dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Selain itu, kondisi sunburn yang didiamkan saja juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih mudah keriput, serta dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan.

Baca Juga : Mengenal 5 Penyebab Iritasi Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Sunburn

Cara Mencegah Sunburn

Setelah mengetahui cara mengobati dan merawat kulit setelah sunburn, mencegah sunburn menjadi langkah krusial untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menghindari sunburn dan menikmati sinar matahari dengan aman: 

1. Menghindari Sinar Matahari pada Waktu Terik

Hindari terpapar sinar matahari pada waktu yang paling terik, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika Anda harus berada di luar ruangan pada waktu tersebut, cobalah untuk mencari tempat yang teduh atau gunakan payung.

2. Menggunakan Pakaian Tertutup

Bila perlu, saat keluar rumah gunakan pakaian tertutup dan berwarna terang. Pasalnya, warna pakaian yang terang cenderung tidak menyerap sinar matahari dan mampu mengurangi panas. Untuk bahan pakaiannya, pilihlah yang terbuat dari katun atau linen karena lebih nyaman dan menyerap keringat. Jika Anda akan beraktivitas di luar seharian, pastikan untuk membawa payung atau jas hujan. 

3. Menggunakan Tabir Surya dengan Benar

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan oleskan secara merata pada seluruh tubuh sebelum terpapar sinar matahari. Oleskan ulang setiap dua jam atau setelah berenang atau berkeringat. Hal ini menjadi perlindungan wajib bagi Anda yang akan beraktivitas di bawah sinar matahari, jadi pastikan untuk memilih tabir surya yang paling cocok dengan kulit Anda. 

Jika Anda mencari tabir surya yang memberikan proteksi lengkap dari UV, radiasi blue light, infrared, dan polusi, AYOM All Purpose Sunscreen adalah pilihan yang tepat. Dirancang dengan bahan alami, sunscreen dari AYOM ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket di kulit. Jangan lupa untuk melakukan reapply sunscreen atau penggunaan ulang setiap 2 jam sekali. 

Baca Juga : 5 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Efektif

Cara Mengobati Sunburn

Cara Mengobati Sunburn

Sunburn dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun, Anda tidak perlu panik karena ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi sunburn dengan efektif. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk merawat kulit yang terkena sunburn:

1. Segera Mencari Tempat Untuk Berteduh

Langkah pertama yang perlu Anda ambil ketika Anda menyadari bahwa Anda mengalami sunburn adalah segera mencari tempat berteduh. Hindari paparan langsung sinar matahari agar kulit Anda tidak semakin teriritasi. Anda dapat berteduh di bawah payung atau di dalam ruangan yang sejuk yang terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Tenangkan Kulit dengan Air Dingin

Setelah berada di tempat yang aman, langkah berikutnya adalah menenangkan kulit Anda dengan air dingin. Segera mandi dengan air dingin atau letakkan kain yang direndam air dingin pada area yang terkena sunburn. Ingat, hindari penggunaan air panas, karena hal itu dapat memperburuk kondisi kulit yang terbakar.

3. Gunakan AYOM Essential Serum

Menggunakan AYOM Essential Serum adalah langkah penting dalam mengatasi sunburn. Pasalnya serum ini mengandung bahan alami yang dapat menenangkan kulit iritasi. Selain itu, dengan adanya 5 kandungan Similar Human, Vegan Growth Factors, AYOM Essential Serum efektif memperbaiki kerusakan kulit, menyehatkan dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Oleskan serum secara merata pada area yang terkena sunburn dan ulangi penggunaan sesuai petunjuk kemasan.

4. Minum Air Putih Untuk Menghindari Dehidrasi

Sunburn dapat menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang akibat sunburn. Hindari minuman beralkohol atau berkafein, karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

5. Minum Pereda Nyeri Parasetamol atau Ibuprofen

Jika Anda merasakan nyeri yang signifikan akibat sunburn, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter atau tenaga profesional kesehatan jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain.

Baca Juga : 9 Penyebab Kulit Tangan Kering yang Perlu Anda Ketahui

Cara Merawat Kulit Setelah Sunburn

Setelah melakukan langkah-langkah pengobatan awal, perawatan selanjutnya adalah penting untuk mencegah kulit terbakar semakin parah dan mempromosikan proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk merawat kulit setelah sunburn:

1. Menghindari Sinar Matahari Selama Beberapa Hari

Setelah mengalami sunburn, hindarilah paparan langsung sinar matahari selama beberapa hari. Kulit yang terbakar memerlukan waktu untuk pulih, dan paparan sinar matahari dapat membuat kondisi kulit semakin buruk. Gunakan pakaian yang longgar dan tutupi area yang terkena sinar matahari dengan kain atau penutup lainnya.

2. Menggunakan Pelembap untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Pelembap adalah kunci untuk menjaga kelembaban kulit yang terkena sunburn. Pilih pelembap yang bebas dari bahan-bahan yang dapat iritasi, seperti pewangi atau alkohol. Oleskan pelembap secara lembut dan hindari menggosok kulit dengan kasar. Penggunaan pelembap secara teratur dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

3. Menghindari Penggunaan Produk Kecantikan yang Mengandung Alkohol

Beberapa produk kecantikan mengandung alkohol, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sudah terbakar. Selama masa pemulihan, hindari produk yang mengandung alkohol dan pilihlah produk yang lembut dan cocok untuk kulit sensitif. Periksa label produk sebelum menggunakannya.

4. Memperbanyak Minum Air untuk Menjaga Hidrasi Kulit

Hidrasi tidak hanya penting dari luar, tetapi juga dari dalam. Pastikan untuk memperbanyak konsumsi air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Air membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah kulit terasa kering dan pecah-pecah. Jika Anda bosan dengan air biasa, pertimbangkan untuk menambahkan irisan lemon atau mentimun untuk variasi rasa.

Sunburn dapat terjadi pada siapa saja dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Dalam mengatasi sunburn, kunci utamanya adalah kesabaran dan perawatan yang tepat. Langkah-langkah yang telah disebutkan di atas adalah cara efektif yang bisa membantu memastikan kulit Anda tetap tidak terkena dampak lanjutan dari sunburn. Ingatlah untuk memberikan waktu yang cukup bagi kulit untuk pulih sepenuhnya dan hindari paparan sinar matahari secara berlebihan.

 

banner prime exosome

 

Sebagai langkah perawatan kulit yang membantu menciptakan kondisi wajah yang sehat, pertimbangkan untuk menjelajahi solusi treatment yang efektif seperti Prime Exosome dari JAC. Prosedur perawatan ini memberikan perawatan sel dari dalam dengan membuang sel lemah dan mati yang dapat menimbulkan peradangan maupun flek hitam. 

Kunjungi JAC sekarang juga dan berikan kulit Anda sentuhan perawatan ekstra yang ringan dan efektif.

 

Sumber rujukan: 

  • https://www.nhs.uk/conditions/sunburn/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sunburn/symptoms-causes/syc-20355922#:~:text=Sunburn%20is%20caused%20by%20too,to%20skin%20damage%20over%20time.
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/treat-sunburn
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21858-sunburn 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.