Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

cara mengecilkan lengan atas

Bagaimana cara mengecilkan lengan atas? Lengan yang berlemak dan terlihat bergelambir tentu bisa mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri. Sayangnya, penumpukan lemak di area lengan cenderung lebih sulit dihilangkan jika dibandingkan dengan area lain.

Apa Penyebab Lengan Menjadi Besar?

Berikut ini beberapa penyebab umum kenapa lengan tangan Anda menjadi besar:

1. Usia

Salah satu faktor utamanya adalah pertambahan usia. Menginjak usia 20-an, otot mulai menurun dan tubuh jadi menyimpan lebih banyak lemak di berbagai area tubuh, termasuk lengan.

Belum lagi metabolisme yang menurun seiring bertambahnya usia, membuat tubuh jadi lebih sedikit dalam membakar kalori.

2. Perubahan Hormon

Penyebab lengan atas sering kali terlihat lebih besar selanjutnya karena terjadi perubahan hormon.

Perubahan hormon berkontribusi atas kenaikan berat badan dan mengakibatkan lengan atas juga ikut membesar. Pada umumnya, menopause dan kehamilan merupakan penyebab utama perubahan hormon.

3. Pola Makan yang Buruk dan Kurang Olahraga

Pola makan yang buruk juga menjadi penyebab yang paling bertanggungjawab atas penumpukan lemak di bagian tubuh, termasuk di lengan atas. Terlebih jika dibarengi dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dapat dipastikan lemak berlebih akan menumpuk di lengan atas.

Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat: Inilah Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita dengan Mudah!

11 Cara Mengecilkan Lengan Bagian Atas

tips mengecilkan lengan atas

 

Meski demikian, jangan khawatir karena mengecilkan lengan atas tidak mustahil dilakukan, kok. Berikut ini cara mengecilkan lengan bagian atas yang aman dan mudah untuk Anda lakukan:

1. Melakukan Gerakan Arm Circle

Cara mengecilkan lengan atas satu ini sangat mudah diterapkan, bahkan oleh Anda yang mungkin tidak terbiasa olahraga. Sesuai dengan namanya, gerakan arm circle akan membantu mengolahragakan lengan Anda. Gerakan ini dapat membantu membakar lemak secara efektif sekaligus mengecilkan lengan Anda.

Pertama-tama, buka kaki selebar bahu dan rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu, putar ke depan sebanyak dua puluh kali. Jika sudah, lakukan gerakan yang sama dengan arah sebaliknya. Apabila mulai terbiasa, coba tingkatkan intensitasnya menjadi tiga puluh kali, empat puluh kali, dan seterusnya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan lengan yang lebih kencang secara optimal.

2. Latihan Angkat Beban

Jangan langsung membayangkan gerakan angkat beban dengan barbel yang sangat berat. Bagi pemula, Anda bisa memulai latihan angkat beban menggunakan barbel yang bobotnya sesuai dengan kekuatan Anda dalam mengangkatnya, misalnya 1-2 kg dulu. Namun, jenis latihan angkat beban pun tidak boleh dilakukan sembarangan.

Agar bisa menjadi cara mengecilkan lengan atas yang cukup efektif, Anda bisa mulai dengan berdiri tegak. Kemudian, ambil barbel dengan masing-masing tangan. Angkat kedua tangan hingga melampaui atas kepala. Rasakan otot lengan dan perut yang semakin tertarik. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu kembalilah ke posisi semula. Jangan memaksakan diri, lakukan semampu Anda. Namun, tingkatkan terus intensitasnya di hari-hari berikutnya.

Baca juga: Cara Mengecilkan Paha dan Betis secara Alami

3. Push Up

push up dapat menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak lengan

 

Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki waktu dan akseske pusat kebugaran (gym) karena Anda dapat melakukan latihan yang simple untuk meningkatkan kekencangan otot lengan sehingga membuatnya terlihat lebih langsing.

Misalnya, Anda dapat melakukan gerakan push up. Push-up tidak hanya mengencangkan otot bisep dan trisep, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otot di dada, membuat Anda merasa lebih kuat dan terlihat lebih ramping dalam prosesnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan push up secara rutin, namun tidak memaksakan kapasitas tubuh Anda. Lakukan beberapa set push up hanya dalam jumlah yang dapat Anda lakukan. Secara perlahan, dapat Anda tingkatkan seiring dengan peningkatan kekuatan lengan dan stamina Anda.

4. Olahraga Berenang

Apakah Anda suka berenang? Olahraga air satu ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan lengan atas yang cukup efektif. Mengapa? Karena pertama, berenang dapat membantu membakar lemak berlebih dan juga mengurangi lemak pada lengan atas yang menumpuk. Lalu, saat berenang, Anda juga akan menggunakan gerakan lengan yang baik untuk mendorong pertumbuhan otot dan mengencangkan lengan bergelambir.

Nah, agar mendapatkan hasil optimal yang diinginkan, Anda disarankan untuk berenang secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu.

Tidak hanya membantu menghilangkan lemak di lengan dan mengecilkan lengan, berenang juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari meningkatkan kekuatan tulang dan otot hingga memperkuat kondisi jantung dan paru-paru.

5. Kurangi Makanan Tinggi Lemak

Cara mengecilkan lengan atas tidak cukup hanya dengan olahraga, tapi juga harus diimbangi dari dalam. Artinya, Anda harus memerhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab lengan bergelambir adalah terjadinya penumpukan lemak di lengan. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Caranya simpel, yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak.

Hindari mengonsumsi junk food seperti gorengan dan soda. Sebagai gantinya, mulailah memperbanyak konsumsi makanan sehat rendah lemak seperti gandum, ikan, buah-buahan, telur, dan biji-bijian.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan sistem metabolisme yang baik, tubuh pun akan lebih efisien dalam membakar lemak berlebih yang ada di tubuh Anda.

7. Tingkatkan Asupan Serat

Guna membantu Anda mempercepat menghilangkan lemak tubuh khususnya lengan atas, pastikan menambah asupan serat ke dalam makanan yang Anda konsumsi.

Menurut penelitian, dengan meningkatkan asupan serat harian sebesar 14 gram selama 4 bulan, Anda dapat menurunkan sebesar 10% total asupan kalori dan di saat yang bersamaan, penurunan berat badan pun terjadi sebesar 1,9 kg. Buah, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan contoh makanan bergizi kaya akan serat yang bisa Anda konsumsi untuk membantu Anda memenuhi asupan serat harian.

8. Penuhi Asupan Protein dalam Diet

Salah satu cara menekan nafsu makan yaitu dengan meningkatkan asupan protein. Hal ini dapat mendukung Anda untuk mengurangi kelebihan lemak di tubuh, termasuk di lengan atas.

Menariknya, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein berkualitas saat makan dapat membantu Anda memperbaiki komposisi tubuh dan meningkatkan kehilangan lemak.

Baca juga: Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

9. Mengatur Pola Tidur

Selain memperhatikan pola makan dan olahraga, tidur yang cukup juga merupakan salah satu faktor penting yang wajib Anda dipertimbangkan untuk menghilangkan lemak di lengan.

Jadi, cobalah untuk mengatur jadwal tidur Anda dan menghidari gangguan sebelum tidur, seperti menjauhkan smartphone dari tempat tidur Anda.

10. Olahraga Kardio

Selain melibatkan latihan yang secara khusus ditargetkan pada otot lengan atas, Anda juga dapat mengincar olahraga kardiovaskular. Olahraga kardio bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan massa tubuh.

Anda dapat melakukan jenis olahraga seperti jogging, lari, lompat tali, senam aerobik, berenang, atau bersepeda setiap hari sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh. Untuk merasakan manfaatnya, disarankan untuk melibatkan diri dalam latihan kardiovaskular selama setidaknya 20-30 menit per hari.

Baca juga: Perawatan Tubuh secara Alami yang Dapat Anda Lakukan sebelum Tidur

11. Skin Tightening Program

Apabila ingin menerapkan cara mengecilkan lengan atas secara lebih cepat, skin tighthening program dari Jakarta Aesthetic Clinic bisa Anda pertimbangkan. Menggunakan teknologi gelombang akustik, skin tightening program ini bisa mengurangi tampilan selulit dan stretch marks di berbagai area tubuh, termasuk lengan atas. Tentunya proses prosedurnya nyaman dan cepat sehingga kulit lengan atas bisa menjadi lebih kencang secara signifikan.

Jangan biarkan lengan bagian atas yang bergelambir mengganggu penampilan Anda. kesembilan tips tersebut bisa Anda terapkan sebagai cara mengecilkan lengan atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-arm-fat#TOC_TITLE_HDR_8
  • https://www.ataleisnikmd.com/why-are-my-upper-arms-so-fat/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Ketahui 4 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu dengan Cepat dan Efektif

Ketahui 4 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu dengan Cepat dan Efektif

Februari 23, 2024

Comments are closed.