3 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar dan Faktor Penyebabnya

Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar

Pernahkah Anda merasa kurang percaya diri dengan rahang muka yang lebar? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang mencari cara efektif untuk mengecilkan rahang muka agar penampilannya lebih proporsional.

Untuk itu, kami akan menjelaskan berbagai metode yang bisa membantu Anda mencapai bentuk wajah yang diinginkan, mulai dari teknik alami hingga perawatan medis terkini. Selamat datang di panduan lengkap untuk mempercantik rahang Anda!

Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar 

Berikut ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengecilkan rahang wajah Anda:

1. Senam Wajah

Beberapa latihan senam wajah yang akan dijelaskan memang belum memiliki hasil penelitian secara statistik untuk membuktikan hasilnya. Namun penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 bisa menjadi pegangan bahwa latihan wajah bisa memberikan hasil yang positif. Dalam penelitian ini disebutkan ada 9 studi kasus dengan jumlah orang, teknik latihan, dan waktu latihan yang berbeda-beda. 

Meskipun bukan hasil yang bisa langsung disimpulkan, tetapi semua orang yang melakukan latihan wajah mengatakan bahwa mereka mendapatkan hasil yang memuaskan. Kalau begitu langsung saja kita membahas latihan-latihan wajah yang bisa mengecilkan rahang muka yang lebar. 

  1. Menguap dan membuka mulut selebar yang Anda bisa, kemudian tutup kembali secara perlahan tanpa adanya sentuhan di antara gigi. 

  2. Mengunyah permen karet. Hal ini bisa dianggap sebagai olahraga yang bisa membantu mengurangi lemak di pipi.

  3. Menyeringai selebar-lebarnya, kemudian miringkan kepala ke atas dan ke bawah secara perlahan. Hal ini secara tidak langsung melatih otot-otot wajah Anda.

  4. Menempatkan bibir bawah di bibir atas, lalu miringkan kepala ke atas. 

  5. Berbaring telentang sambil mencoba menekuk leher ke arah dada, dengan lidah menekan langit-langit mulut. 

  6. Bersenandung dengan lidah menyentuh langit-langit mulut. 

  7. Mengatakan “O” dan “E dengan cara yang berlebihan dari biasanya. 

Latihan-latihan ini dianjurkan untuk dilakukan dalam 8-12 kali pengulangan. Waktu untuk menahan setiap gerakan adalah 5-20 detik sebelum akhirnya dilepas. Anda bisa melakukan latihan ini beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terlihat.

2. Jalani Pola Diet Sehat

Menjalani pola diet sehat dapat membantu dalam mengecilkan ukuran pipi dan rahang wajah Anda. Dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan tinggi nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat membantu mengurangi retensi air dan lemak di wajah Anda.

Selain itu, menghindari makanan tinggi garam, gula, dan lemak jenuh dapat mencegah pembengkakan dan penumpukan lemak di area pipi dan rahang.

Dengan menggabungkan pola makan sehat dengan hidrasi yang cukup dan olahraga teratur, Anda dapat mencapai wajah yang lebih tirus dan proporsional.

Baca juga: Mari Mengenal Pengertian dan Manfaat Botox Rahang

3. Melakukan Perawatan Kecantikan

Selain latihan senam wajah yang bisa Anda lakukan di rumah, tidak ada salahnya mencoba melakukan perawatan wajah yang dilakukan oleh dokter kecantikan di bidangnya. Ada beberapa perawatan kecantikan estetika yang bisa membantu Anda menjaga atau mendapatkan bentuk rahang yang diinginkan. 

1. Filler

Perawatan dengan filler adalah prosedur kecantikan yang sering digunakan untuk mendapatkan bentuk rahang sesuai keinginan para pasien. Prosedur ini dilakukan dengan menyuntikkan suatu senyawa untuk mengisi area-area lemak yang sudah hilang dari kulit. 

Ini juga akan mengangkat sekitar garis rahang dan sudut mulut secara alami, termasuk pada bagian pipi. Penelitian berbeda pada tahun yang sama juga menyatakan bahwa orang-orang yang menerima perawatan ini merasa puas dengan hasil yang mereka dapatkan. 

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Filler Agar Hasil lebih Sempurna

2. Ultherapy

Dengan teknologi ultrasound, terapi ini akan merangsang produksi kolagen yang ada di lapisan dalam kulit dalam jangka waktu yang panjang. Sesi ini tidak akan memberikan bekas luka apapun, karena tidak ada tindakan bedah atau sayatan pada tubuh. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa 70% dari penggunaan teknologi ini berhasil membawa perbaikan ke area leher dan rahang para pasien.

Baca juga: Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

3. Radiotherapy

Berbeda dengan terapi sebelumnya, radiotherapy menggunakan panas yang dipancarkan ke area rahang untuk merangsang kumpulan serat kolagen dan elastin sekitar 2 mm di bawah permukaan kulit Anda.

Perawatan dengan terapi ini membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun tetap terbukti dapat membantu dalam memberikan bentuk rahang yang diinginkan. 

Apa Saja Penyebab Rahang Lebar?

Ada beberapa penyebab kenapa wajah seseorang tampak lebar, berikut penjelasannya:

1. Faktor Genetik

Struktur tulang wajah sebagian besar ditentukan oleh genetik. Jika dalam keluarga Anda ada yang memiliki rahang lebar, kemungkinan besar Anda juga akan memiliki fitur serupa. Genetik menentukan bentuk dan ukuran tulang rahang sejak lahir.

2. Masa Pertumbuhan dan Perkembangan

Cara rahang berkembang selama masa pertumbuhan juga berperan. Misalnya, kebiasaan mengunyah makanan keras atau kebiasaan buruk seperti menggemeretakkan gigi bisa memperkuat otot-otot rahang dan membuatnya tampak lebih lebar.

3. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit dan jaringan di wajah Anda cenderung kehilangan elastisitasnya, yang bisa menyebabkan perubahan penampilan rahang. Selain itu, beberapa orang mengalami pembesaran otot masseter (otot yang digunakan untuk mengunyah) seiring waktu, yang bisa membuat rahang tampak lebih lebar.

Mengidentifikasi penyebab spesifik rahang lebar adalah langkah penting untuk menentukan metode penanganan yang tepat, baik melalui perubahan gaya hidup, perawatan medis, atau prosedur estetika.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda

Konsultasi bersama JAC untuk Mendapatkan Wajah yang Tirus

Apabila Anda telah melakukan senam wajah dan menjalani pola diet sehat tapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan, segera konsultasikan dengan JAC (Jakarta Aesthetic Center).

JAC-Face-Procedure-scaledKami menyediakan perawatan kecantikan estetika yang sudah terbukti dan diakui di seluruh Indonesia. Dengan dokter yang berpengalaman dan alat terbaik, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kerutan atau pun rahang yang terlihat lebih lebar.

Ada beberapa perawatan yang bisa Anda pilih untuk mengencangkan kulit, bahkan di area yang sulit dirawat, seperti area mata, wajah bagian bawah, double chin, leher dan perut. Perawatan seperti Skin Tightening Therapy Program, Anti-wrinkle Injection, Soft Tissue Filler, dan Ultherapy Treatment dapat menjadi pilihan Anda.

Semua perawatan di JAC tidak melalui operasi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan perawatan dengan hasil maksimal. Untuk mendapatkan informasi keseluruhan tentang perawatan kecantikan di JAC, Anda bisa klik di sini

Sumber:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320809#treatment
  • https://academic.oup.com/asj/article/34/1/22/205101
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.