10 Cara Mengencangkan Kulit agar Tidak Cepat Keriput dan Tetap Awet Muda

cara mengencangkan kulit agar tidak keriput

 

Ingin tahu cara mengencangkan kulit agar tidak keriput dan selalu tampak muda? Anda tidak sendirian! Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung kehilangan elastisitas dan kekencangannya, membuat keriput dan garis halus mulai muncul.

Namun, dengan perawatan yang tepat dan rutinitas kecantikan yang konsisten, Anda bisa mempertahankan kulit yang kencang dan bebas keriput. Yuk, simak tips-tips efektif berikut untuk menjaga kulit tetap awet muda dan bercahaya!

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

 

Berikut ini beberapa cara dan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah secara praktis;

1. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari adalah musuh terbesar bagi kulit. Sinar UV dari matahari dapat merusak jaringan sel kulit dan mempercepat proses terjadinya tanda penuaan pada kulit, menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus.

Agar Anda dapat tampak awet muda, pastikan Anda menggunakan tabir surya setaip harinya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dan bersifat broad spectrum untuk menangkal sinar UV A dan B.

Aplikasikan di pagi hari sebelum ke luar ruangan dan oleskan ulang setiap 4 jam sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Cara mengencangkan kulit wajah selanjutnya adalah menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh Anda. Kesehatan kulit tidak hanya tergantung dari bagaimana merawatnya, melainkan juga soal asupan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda.

Dalam satu hari, seseorang disarankan dokter untuk minum air putih minimal delapan gelas. Air putih ini tidak hanya melancarkan peredaran sirkulasi darah, melainkan juga mampu melembabkan kulit, sehingga keriput yang ada akan memudar karena kulit lebih lembut dan lembab.

Bagaimana, cara ini mudah dilakukan bukan? Anda tidak hanya akan mendapatkan tips kecantikan, melainkan nilai plus tentang kesehatan yang penting dan tak ternilai harganya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan Secara Aman

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Seperti yang telah disebutkan di atas, asupan nutrisi merupakan faktor penting dalam menjaga kulit kencang dan agar tetap awet muda. Untuk mengencangkan kulit wajah secara alami, Anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga pola makan yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang paling baik untuk membantu mengencangkan kulit wajah:

  • Pepaya

  • Blueberry

  • Brokoli

  • Alpukat

  • Bayam

  • Kacang-kacangan

  • Ubi

  • Biji delima

  • Telur

  • Salmon

Bila memungkinkan, konsumsilah minimal satu jenis makanan yang disebutkan di atas setiap harinya untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

4. Tidur yang Cukup

Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Apakah Anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya? Bila belum, cepat perbaiki pola tidur Anda. Kurang tidur dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan berkerut.

Oleh karena itu, bila Anda ingin mengencangkan kulit wajah Anda, sangat disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya. Tapi, cara tidur Anda pun tidak boleh sembarangan.

Sebisa mungkin, tidurlah dengan posisi telentang agar lapisan kulit wajah Anda tidak tertekan hingga berkerut. Bila memungkinkan, gunakanlah juga sarung bantal yang terbuat dari sutra agar tidak menyebabkan kerutan apabila wajah tidak sengaja terkena bantal saat Anda tertidur.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang tingkat asam linoleatnya cukup tinggi. Kandungan asam ini, baik untuk menjaga kelembaban kulit sehingga mampu membebaskannya dari kerutan yang mungkin akan dialami seiring dengan bertambahnya usia.

Cukup oleskan pada wajah dan pijat wajah selama 2-5 menit. Lalu, bilas dengan air hangat hingga semua residu minyak tersapu bersih.

Selain itu, minyak zaitun juga sangat ampuh dalam membersihkan sisa makeup dan juga kotoran dari wajah. Dengan membersihkan wajah secara rutin, kulit pun akan menjadi lebih sehat, berseri, dan awet muda.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput dan Kusam

6. Menggunakan Pelembab Wajah

Kelembaban wajah berpengaruh besar kepada penampilan Anda. Kulit kering akan lebih mudah berkerut dan tampak lebih tua. Oleh karena itu, bila Anda ingin mengencangkan kulit wajah, maka Anda perlu menggunakan moisturizer untuk melembapkan lapisan kulit Anda.

Sebelum menggunakan moisturizer, Anda harus mengetahui bahwa penggunaan moisturizer terbagi menjadi dua waktu yaitu siang dan malam. Berikut adalah rekomendasi kandungan dalam moisturizer sesuai penggunaannya: Waktu malam:

  • Retinoid – Merupakan bentuk vitamin A. Berfungsi untuk memperbaiki kerusakan jaringan kulit dan memudarkan garis halus pada wajah

  • Ceramide – Menghidrasi kulit sehingga membantu proses pelembaban kulit serta memperkuat skin barrier untuk melindungi kulit dari radikal bebas

  • Peptide – Meningkatkan jumlah kolagen dan dapat mengencangkan kulit pada wajah

Waktu siang:

  • Vitamin B – Mengurangi iritasi kulit dan mengecangkan kulit wajah yang kendur

  • Kandungan vitamin C – Mengencangkan kulit wajah, memudarkan kerutan dan mencerahkan wajah

  • Vitamin D – Melindungi kulit dari radikal bebas dan mengencangkan kulit wajah agar tidak berkerut

  • Vitamin E – Melembabkan kulit dan melembutkan kulit wajah

Baca juga: Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

7. Kurangi Asupan Nikotin dan Alkohol

Bila Anda orang yang suka kebiasaan merokok atau meminum alkohol, sudah saatnya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Nikotin dan alkohol memiliki dampak negatif pada kulit. Keduanya dapat mempercepat penuaan pada kulit, mengakibatkan kulit kering dan munculnya kerutan halus.

Tidak hanya demikian, peredaran darah ke kulit wajah pun menjadi terhambat. Akibatnya, kulit Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi secara maksimal. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi nikotin dan alkohol agar Anda dapat mengencangkan kulit wajah Anda.

8. Kurangi Stres

Tanpa disadari, kadar stres Anda juga dapat merusak penampilan. Stres berlebih menyebabkan meningaktnya kadar hormon kortisol dalam tubuh Anda. Hormon ini dapat merusak zat kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga kelenturan kulit Anda.

Akibatnya, kulit Anda menjadi rentan akan kerutan. Tidak hanya itu, stres juga dapat mempengaruhi ekspresi wajah Anda. Gerakan mengeryitkan dahi dan menahan bibir yang sering dilakukan saat stres dapat memicu munculnya kerutan.

Untuk mengencangkan kulit wajah Anda, coba lakukan aktivitas-aktivitas yang menenangkan, contohnya yoga, olahraga ringan, membaca buku, meditasi, atau melakukan hobi menyenangkan lainnya.

9. Batasi Konsumsi Gula

Apakah Anda suka makanan yang manis-manis? Ternyata, makanan manis berdampak buruk bagi kulit. Konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan rusaknya kolagen natural yang berfungsi menjaga kesehatan dan penampilan kulit.

Akibatnya, jaringan kulit akan rusak dan tampak kendur serta berkerut. Perhatikanlah makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap harinya. Jangan terlalu mengonsumsi terlalu banyak kue, snack, dan minuman bersoda.

Pastikan konsumsi gula harian Anda tidak melebihi batas, ya. Kemenkes RI menganjurkan jumlah maksimal konsumsi gula adalah 50 gram atau sekitar 5-9 sendok teh per hari.

10. Masker Wajah dengan Bahan Alami

Ada beberapa masker wajah alami yang dapat Anda gunakan untuk mengencangkan kulit Anda yang keriput, berikut contohnya:

1. Masker lemon plus putih telur

Anda dapat memanfaatkan putih telur untuk tips kecantikan dengan menggunakannya untuk masker. Kandungan protein yang cukup tinggi pada putih telur ini dapat merangsang produksi kolagen yang dibutuhkan oleh kulit, terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

Sedangkan dengan mencampurkan putih telur dan lemon, Anda dapat merasakan dua khasiat sekaligus, karena di dalam lemon, memiliki vitamin C yang baik dan efektif untuk mencegah keriput.

2. Masker susu dan madu

Bahan lain yang juga bisa Anda gunakan untuk membuat masker wajah adalah susu dan madu. Kedua bahan ini tentu mudah didapatkan, bukan? Nutrisi yang dimiliki dua bahan ini ternyata juga meningkatkan sirkulasi darah dibutuhkan oleh kulit, sehingga kulit Anda akan merasakan manfaatnya secara langsung bila Anda rutin menggunakan masker dari bahan tersebut.

3. Masker lidah buaya dan timun

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya dan timun sebagai bahan alami untuk melembabkan dan mengencangkan kulit. Kedua bahan alami ini kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menutrisi kulit agar tampil sehat dan awet muda. Tidak hanya itu, masker ini juga baik untuk menenangkan kondisi kulit yang iritasi.

Setelah menggunakan masker, bilas wajah dengan air bersih dan lanjutkan dengan langkah perawatan kulit berikutnya, seperti menggunakan krim pengencang (firming cream) atau tabir surya untuk melindungi kulit. Dengan rutinitas ini, Anda dapat menjaga kulit tetap kencang, sehat, dan bercahaya.

Baca juga: 5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam Berbahan Alami

Penyebab Kulit Keriput

Setelah memahami cara-cara mengencangkan kulit, Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan kulit Anda keriput. Berikut penyebab-penyebabnya:

1. Penuaan Alami

Proses penuaan alami adalah penyebab utama kulit kendur. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen dan elastin, dua protein utama yang memberikan kekencangan dan keelastisan pada kulit.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit. Radiasi ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang dan mempercepat proses penuaan.

3. Kurangnya Perawatan Kulit

Tidak menjaga kulit dengan baik, seperti tidak menggunakan pelembap atau tabir surya, dapat membuat kulit lebih rentan terhadap keriput dan tanda-tanda penuaan.

4. Kurangnya Hidrasi

Kulit yang kekurangan hidrasi dapat terlihat lebih kering dan lebih mudah mengembangkan keriput. Kandungan air yang cukup dalam kulit penting untuk menjaga kelembaban dan elastisitasnya.

Baca juga: 8 Macam-Macam Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Dapatkan Wajah yang Sehat dan Tampak Lebih Muda bersama Jakarta Aesthetic Clinic

Jika ingin mencapai hasil yang lebih lebih maksimal dan tepat, pertimbangkan treatment dokter kecantikan dari JAC. Anda dapat mempertimbangkan treatment seperti Ultherapy. Anda tidak perlu khawatir, prosedur ini dilakukan tanpa bedah maupun suntik, dan hasilnya pun terlihat alami.

JAC

 

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan Treatment Filler Hybrid . Perawatan ini merupakan salah satu prosedur paling populer dalam dunia anti-aging yang membantu memperbaiki kualitas sel kulit Anda, sehingga wajah tampak lebih muda dan segar.

 

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/health/skin/how-to-prevent-wrinkles
  • https://www.webmd.com/beauty/features/23-ways-to-reduce-wrinkles#1
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-wrinkles
  • https://www.beautyglimpse.com/10-homemade-anti-aging-face-masks-wrinkles/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.