4 Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah dan Manfaatnya untuk Anda

cara menggunakan saffron untuk wajah

Saffron merupakan tanaman bunga yang akhir-akhir ini mulai ramai diperbincangkan karena manfaatnya untuk wajah sangatlah banyak. Namun, apakah Anda tahu cara menggunakan saffron untuk wajah?

Sebagai informasi, saffron merupakan tumbuhan dengan nama latin Crocus sativus L. dan tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis rempah-rempah, dan tergolong ke dalam rempah termahal di dunia. Tidak sulit untuk menemukan saffron karena tumbuhan ini tumbuh di berbagai belahan dunia.

Tumbuhan saffron sudah dikenal dengan manfaatnya yang dapat membuat kulit wajah terlihat bersih, cerah, dan bahkan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan saffron ke dalam rutinitas skincare sehari-hari?

Untuk itu, agar Anda dapat menggunakan saffron dalam perawatan kulit wajah, Jakarta Aesthetic Clinic akan memberikan informasi seputar cara penggunaan saffron yang sangat mudah. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah

Berikut ini, ada 3 cara yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan saffron untuk perawatan kulit wajah, yaitu:

1. Dijadikan Sebagai Toner

Cara pertama untuk menggunakan saffron dalam perawatan kulit wajah adalah dijadikan sebagai toner. Toner saffron ini dapat bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah agar terjaga kelembapannya serta membantu mengencangkan otot-otot kulit.

Untuk menjadikan saffron sebagai toner, Anda cukup siapkan satu helai saffron dan air mawar ataupun cairan toner lainnya. Tuangkan cairan tersebut pada kapas beserta dengan saffron, tunggu hingga warna kapas mulai berubah, kemudian aplikasikan pada kulit wajah Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Toner yang Benar untuk Hasil Terbaik

2. Dijadikan Sebagai Scrub

Saffron juga dapat dijadikan sebagai scrub wajah alami dan Anda juga dapat mencampurkannya dengan berbagai bahan alami lainnya. Anda dapat menyiapkan kunyit yang ditumbuk dengan saffron, tambahkan sedikit toner, lalu aplikasikan pada kulit wajah.

Ketika mengaplikasikan scrub tersebut, pijat-pijat kulit wajah Anda agar scrub dapat bekerja maksimal dalam membersihkan kulit wajah hingga ke lapisan terdalam. Lakukan hal tersebut selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Dijadikan Sebagai Masker

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan saffron untuk wajah adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Anda dapat menggabungkan berbagai bahan alami dalam pembuatan masker ini seperti mencampurkannya dengan susu murni ataupun ditambahkan dengan kunyit. 

Masker saffron dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah. Anda hanya perlu menggunakan masker saffron ini selama 15 menit selama 2 hingga 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

4. Dijadikan Sebagai Face Mist

Kamu bisa menggunakan saffron sebagai face mist dengan cara yang sangat mudah. Jika kamu memiliki air mawar, kamu bisa menginfus saffron ke dalamnya. Untuk menggunakan saffron sebagai face mist, pastikan untuk menempatkannya dalam botol semprot. Saffron face mist yang sudah diinfus ke dalam air mawar dapat digunakan seperti air mawar biasa.

Penggunaan face mist ini akan membuat wajahmu lebih segar dan lembab. Namun, agar face mist saffron bekerja optimal, jangan lupa untuk tetap menggunakan skincare lain sebagai pendukung.

Baca Juga: 5 Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat Saffron untuk Wajah

Bunga Saffron memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kulit wajah Anda. Adapun manfaat kandungan Saffron untuk kulit wajah adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Iritasi Kulit

Saffron memiliki kemampuan luar biasa untuk mengurangi iritasi kulit berkat kandungan antioksidan seperti crocin, crocetin, dan kaempferol yang berfungsi sebagai zat anti radang dan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda.

Zat-zat ini efektif dalam meredakan iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit, menjadikan saffron pilihan alami yang ampuh untuk menenangkan kulit sensitif.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Saffron juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV berkat senyawa flavonoid seperti kaempferol dan quercetin. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet langsung, menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Perlu diingat bahwa, wajah yang sering terkena paparan sinar matahari akan mudah mengalami kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV dan bahkan menyebabkan penuaan dini.

3. Mengatasi Mata Panda

Untuk mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata, saffron bisa menjadi solusi yang efektif. Cukup rendam 2-3 helai saffron dalam 2 sendok makan air semalaman. Gunakan air rendaman ini sebagai masker di area mata. Bilas dengan air bersih setelah digunakan, dan Anda akan melihat perbedaan pada tampilan mata Anda yang lebih segar dan cerah.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Ingin kulit wajah yang lebih cerah? Pijat wajah Anda dengan masker saffron yang dicampur dengan minyak esensial. Kandungan asam lemak dalam minyak esensial akan menyerap dengan baik ke dalam kulit, membantu mencerahkan wajah dan memberikan kilau alami pada wajah Anda.

5. Mengatasi Bekas Jerawat

Saffron juga bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat. Anda bisa membuat masker dengan campuran saffron dan susu cair putih. Masker ini membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit, membuat bekas jerawat memudar dan kulit tampak lebih bersih dan halus.

Dengan berbagai manfaat ini, saffron bisa menjadi tambahan yang berharga dalam rutinitas perawatan kulit Anda, membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

6. Mengurangi Flek Hitam di Wajah

Manfaat lain dari saffron untuk perawatan kulit wajah adalah membantu mengurangi flek hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari. Saffron mengandung crocetin yang dapat menghambat aktivitas enzim tirosinase, enzim yang berperan dalam pembentukan melanin di tubuh. Selain itu, vitamin C dalam saffron dapat membantu mencerahkan kulit wajah, sehingga flek hitam tampak memudar.

7. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Selain karena faktor alami, penuaan kulit dapat dipicu oleh paparan radikal bebas berlebih yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitasnya dan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Saffron mengandung crocin, senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dalam saffron membantu meningkatkan elastisitas kulit, menjadikannya tampak lebih kencang dan awet muda.

Baca Juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara penggunaan saffron untuk mendapatkan wajah yang bercahaya.

Punya Masalah Kulit dan Wajah? Konsultasikan dengan Dokter Kecantikan JAC

Apabila Anda ingin melakukan perawatan kulit untuk tujuan membuat kulit wajah tampak lebih cerah, silakan hubungi Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga dan kami akan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing kulit.

JAC

Di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC), Anda bisa menemukan berbagai treatment wajah dengan prosedur yang aman dan nyaman mulai dari Ultherapy, Soft Tissue Filler hingga Chemical Peeling, JAC hadir untuk memberikan terapi yang memuaskan di samping menjaga sisi keamanan dan pilihan produk.

Tim dokter ahli JAC adalah profesional yang sudah memiliki pengalaman dan sertifikat. Tidak perlu ragu, segera buat appointment Anda hari ini juga!

Sumber:

  • https://www.stylecraze.com/articles/the-golden-secret-homemade-face-packs-with-saffron/
  • https://www.byrdie.com/saffron-skincare-4777023
  • https://www.femina.in/beauty/skin/8-beauty-benefits-of-saffron-38653-3.html
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.