9 Cara Menghilangkan Dark Circle Bawah Mata dan Faktor Penyebabnya

wanita-berbaju-putih-menunjuk-dark-circle-mata

Apakah kalian bingung bagaimana cara menghilangkan Dark Circle di bawah mata Anda? Lingkaran hitam alias kantung mata (dark circles under the eyes) memang merupakan salah satu masalah yang paling umum dihadapi banyak orang.

Adapun penyebabnya cukup beragam, mulai dari faktor genetik, kulit yang mengendur seiring bertambahnya usia, hingga kurang tidur.

Namun apa pun penyebabnya, yang jelas dark circle dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda. Wajah Anda jadi terlihat kuyu dan kurang segar.

Untungnya, kondisi satu ini dapat diatasi dengan beberapa cara tertentu. Berikut cara menghilangkan dark circle di bawah mata yang bisa Anda lakukan.

Cara Ampuh Menghilangkan Dark Circles (Mata Panda)

Ada beberapa cara mudah dan ampuh yang dapat membantu Anda menghilangkan lingkaran hitam (dark circles) di area bawah mata. Mari perhatikan tips-tips treatment berikut ini.

1. Kompres Kantung Mata dengan Es Batu atau Air Dingin

Kantung mata dapat dihilangkan dengan melakukan berbagai bahan alami ala rumahan. Salah satu cara menghilangkan kantung mata yang paling mudah adalah mengompresnya dengan es batu.

Pertama bungkus beberapa keping es batu dalam selembar kain handuk bersih, lalu tempelkan pada mata Anda. Jika sedang tidak ada es batu, Anda juga bisa merendam kain handuk tersebut dalam air dingin dan menempelkannya pada kulit di area mata selama kurang lebih dua puluh menit.

Ketika es batu mulai mencair, atau kain handuk Anda sudah mulai terasa tidak dingin, segera ulangi kembali prosesnya. Cara kompres dingin seperti ini akan membantu memperkecil pembuluh darah yang membesar. Alhasil, bengkak jadi berkurang sehingga mata panda pun perlahan menghilang.

2. Aplikasikan Kantong Teh Celup Dingin pada Kantung Mata Anda

Punya teh celup di rumah? Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan mata panda. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit. Cara mengaplikasikannya pun sama sekali tidak sulit.

Pertama, siapkan dua kantung teh hijau atau teh hitam celup atau teh hijau celup. Rendam keduanya dalam air panas selama kurang lebih lima menit. Setelahnya, dinginkan di dalam lemari es selama sekitar 15-20 menit.

Apabila kantung teh celup sudah terasa dingin, tempelkan pada kulit di area mata dan diamkan selama 10-20 menit. Jika sudah, bilas kulit mata Anda dengan air dingin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

3. Menggunakan Mentimun

Anda juga dapat memanfaatkan timun segar. Mengutip dari jurnal Fitoterapia (2013), timun memiliki sifat membersihkan dan menghilangkan racun dari kulit serta mengurangi pembengkakan.

Caranya pun cukup mudah, cukup tempelkan irisan timun pada mata ini selama kurang lebih 16 menit. Kandungan aktif timun dan suhu dinginnya dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata dan melembapkan kulit kering di bawah mata. 

4. Memperbaiki Kebiasaan Tidur

Kurang tidur memang dapat memicu munculnya mata panda. Namun, terkadang dark circle tersebut tidak hanya dipicu oleh kuantitas jam tidur, tapi juga cara Anda tidur pada malam hari.

Coba tidurlah dalam posisi telentang. Tumpuk beberapa bantal untuk menyangga kepala Anda. Cara ini bisa membantu mencegah cairan agar tidak menumpuk di bawah mata sehingga membuatnya terlihat bengkak dan puffy saat pagi hari.

Lalu, bagi Anda yang kondisi dark circle-nya dipicu oleh alergi, usahakan untuk melindungi bantal dari pemicu alergi, seperti debu dan tungau. Pastikan menggunakan sarung bantal demi meminimalisir kontak dengan pemicu alergi tersebut.

5. Menggunakan Irisan Kentang

Tahukah Anda bahwa kentang dapat menjadi solusi alami untuk menghilangkan kantung mata? Kentang mengandung enzim yang disebut catecholase, yang memiliki sifat pencerah kulit efektif untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, cobalah mengoleskan minyak ringan seperti minyak kelapa dan pijat lembut area mata. Pijatan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengalirkan cairan yang terjebak, sehingga kantung mata berkurang dan mata Anda tampak lebih segar dan cerah.

Kombinasi perawatan alami ini akan membantu Anda mendapatkan penampilan yang lebih segar dan bebas kantung mata!

6. Menggunakan Krim Mata

Penggunaan krim mata yang mengandung vitamin C, retinol, atau peptida dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Maka Anda dapat mempertimbangkan penggunaan krim mata sebagai alternatif perawatan mata panda.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

7. Menghindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin di bawah mata dan memperburuk lingkaran hitam. Oleh karena itu, penting untuk melindungi area mata dengan kacamata hitam atau topi saat berada di luar ruangan.

8. Mengontrol Stres

Stres dapat memicu peningkatan produksi kortisol yang dapat memperburuk tampilan lingkaran hitam di bawah mata. Berolahraga, meditasi, atau melakukan aktivitas yang meredakan stres dapat membantu mengurangi lingkaran hitam.

9. Perawatan Filler untuk Kantong Mata

Terkadang pada kondisi yang lebih serius, kantung mata mungkin akan sulit hilang hanya dengan perawatan rumahan. Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti ini, pertimbangkan untuk melakukan prosedur filler untuk membantu menyamarkan kantung mata.

Baca juga: Memahami Perbedaan Filler dan Silikon

Apa Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Setelah mengetahui cara menghilangkan mata panda, hal berikutnya yang penting Anda ketahui adalah penyebabnya agar proses perawatan Anda lebih optimal dengan menghindarinya.

Umumnya mata panda disebabkan oleh penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit di bawah kelopak mata mulai mengendur dan menipis, sehingga pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat. Hal tersebut menyebabkan tampilan bagian bawah mata menggelap.

Selain faktor penuaan, terdapat faktor penyebab lainnya yang dapat membentuk mata panda lebih cepat dan sebagian besar dapat dihindari, di antaranya:

1. Faktor Genetik

Beberapa orang cenderung memiliki lingkaran hitam di bawah mata memang dikarenakan faktor genetik dan hal ini mungkin sulit untuk menghilangkan sepenuhnya.

2. Kurang Tidur

Barangkali kurang tidur menjadi salah satu penyebab yang paling populer diketahui oleh kebanyakan orang. Kurang tidur alias tidak menerapkan standar jam tidur berkualitas dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

3. Alergi

Alergi terhadap sesuatu juga dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan di sekitaran mata, yang pada kondisi tertentu dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

4. Gaya Hidup yang Tak Sehat

Faktor berikutnya adalah pola hidup tak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, pengelolaan stress yang tidak baik hingga konsumsi makanan yang tidak sehat. Faktor tersebut dapat menjadi penyebab terbentuknya lingkaran hitam di bawah kelopak mata.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi. Setidaknya, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

5. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan produksi melanin yaitu zat pigmen yang memberi warna pada kulit. Sehingga terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan lingkaran hitam.

Baca juga: Berjemur yang Baik Jam Berapa? Cari Tahu Disini!

Konsultasikan Masalah Kantung Mata Anda bersama Dokter Kecantikan JAC

Umumnya, dark circle juga diiringi dengan kondisi kantung hitam di bawah mata yang cekung. Dengan perawatan Filler ini mampu meremajakan kulit dan mengisi kekosongan wajah, khususnya pada area bawah mata tersebut.

Pastikan Anda melakukan filler di klinik bersama dokter yang telah terbukti pengalaman dan reputasinya. Perawatan Soft Tissue Filler dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) sangat layak dipertimbangkan.

 

 

 

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#treatment
  • https://www.allure.com/story/dermatologists-help-minimize-the-appearance-of-dark-circles
  • https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a706850/how-get-rid-dark-circles-under-eyes/
  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/23128-dark-circles-under-eyes
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.