11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

cara menghilangkan flek hitam di hidung

Wajah yang mulus dan bersih adalah impian semua orang, khususnya para wanita. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan kondisi itu dengan mudah. Memang ada yang bisa menjaga wajahnya tetap bersih tanpa perawatan yang berlebih, namun ada juga yang harus merasakan berbagai gangguan di wajah seperti jerawat hingga flek hitam yang mana akan mengganggu penampilan.

Khusus untuk flek hitam, gangguan ini cukup membuat pusing juga karena perlu perawatan yang lebih rumit dibandingkan sekadar jerawat. Apalagi yang berada di sekitar hidung. Untuk itu, mari perhatikan beberapa cara menghilangkan flek hitam di hidung di bawah ini.

11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung Secara Alami

Menghilangkan flek hitam di hidung tidak harus merepotkan. Ada beberapa cara mudah dan natural yang bisa Anda lakukan. Simaklah 5 cara menghilangkan flek hitam di hidung berikut ini.

1. Gunakan Masker Putih Telur, Minyak Zaitun dan Tepung Jagung

Siapa yang menyangka bahwa ketiga bahan alami ini ternyata bisa digunakan untuk merawat kulit dan mengatasi flek hitam di hidung? Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan masker putih telur, minyak zaitun dan tepung jagung. Untuk menyiapkan masker ini pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan putih telur, minyak zaitun dan tepung jagung hingga merata.

Jika sudah merata, langsung Anda oleskan ke flek hitam di wajah dan sekitar hidung. Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Ketika sudah selesai, Anda bilas dengan air hangat. Lakukan terus dalam jangka waktu tertentu agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: 5 Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

2. Eksfoliasi Wajah

Selain menggunakan masker, ada juga eksfoliasi wajah. Dengan eksfoliasi wajah, maka sel-sel kulit mati yang membuat flek hitam muncul di hidung bisa terangkat secara perlahan-lahan. Perlu diketahui, flek hitam muncul di bagian lapisan sel kulit paling atas. Manfaat eksfoliasi wajah tidak hanya itu saja. Pori-pori yang tersumbat pun bisa dibersihkan pula. Hal ini akan membuat flek hitam di sekitar hidung bisa hilang lebih cepat.

Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan scrub siap pakai ataupun membuat scrub sendiri dari bahan-bahan alami, contohnya gula, oat, dan garam. Sebelum eksfoliasi, bilaslah wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan lebih mudah dibersihkan. Gosokkanlah scrub pada wajah secara perlahan selama 5-10 menit. Lalu, bila dengan air yang sejuk atau dingin agar pori-pori wajah menutup.

Baca juga: 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

3. Bubuk Kayu Manis dan Beras

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan campuran bubuk kayu manis dan beras. Cara membuatnya cukup gampang. Anda tinggal merendam beras dengan air dingin lalu hancurkan hingga halus.

Beras yang sudah halus tersebut dicampur dengan bubuk kayu manis. Hasilnya akan berwarna kekuningan. Setelah itu, oleskan ke flek hitam di sekitar hidung. Anda harus diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali dalam jangka waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk takaran beras dan bubuk kayu manis sendiri, Anda sebaiknya menggunakan secukupnya, sesuai dengan banyaknya flek hitam yang harus dibersihkan.

Baca juga: Perawatan Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam

4. Teh Hijau

Selain enak untuk diminum, ternyata teh hijau juga dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh secara alami. Teh hijau dapat menekan produksi melanin secara natural sehingga ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak hanya demikian, teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi, setelah flek hitam Anda hilang, kandungan antioksidan tadi dapat mencegahnya kembali.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, langkah-langkahnya adalah dengan merendam kantong teh hijau dalam air mendidih selama tiga hingga lima menit. Setelah itu, angkat kantong teh dari air dan biarkan hingga dingin. Gosokkan kantong teh pada kulit hidung yang memiliki flek hitam. Lakukan proses ini dua kali sehari secara teratur hingga Anda mendapatkan hasil yang optimal.

5. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dapat merawat kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari. Tapi tahukah Anda bahwa lidah buaya juga bisa menghilangkan flek hitam yang disebabkan paparan sinar matahari? Hal ini karena lidah buaya mengandung aloin yang dapat membantu mencerahkan kulit tubuh dan wajah secara alami. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu oleskan gel lidah buaya murni ke area yang memiliki flek hitam. Lalu, keesokan paginya Anda bilas menggunakan air hangat.

6. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di hidung. Penggunaan cuka apel ini dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 1 sendo makan air. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam campuran air dan cuka apel tersebut dan oleskan di area hidung yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Ekstrak Teh Hijau

Ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi pada saat dioleskan ke kulit. Teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang memiliki peran dalam menghambat proses hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, teh hijau juga mengandung zat lain seperti asam ellagic dan asam galat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya, rendam kantong teh hijau dalam air mendidih selama 3-5 menit. Keluarkan dan biarkan dingin terlebih dahulu, dan gosok kantong teh pada kulit wajah yang memiliki flek hitam.

8. Gunakan Sunscreen

Gunakan Sunscreen AYOM All Purpose di area hidung

Ternyata, salah satu faktor terbesar munculnya flek hitam di wajah dan hidung adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Jadi, untuk melindungi kulit dari kerusakan dan menghindari kondisi flek hitam di wajah semakin parah, jagalah agar kulit tidak terpapar sinar matahari terlalu sering. Sekalipun Anda perlu pergi ke luar ruangan, pastikan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya agar kesehatan dan penampilan kulit tetap terjaga.

Tidak hanya sebagai pencegahan, penggunaan sunscreen juga mampu mengatasi flek hitam di hidung. Dengan melindungi kulit Anda, maka sel kulit yang rusak dan memiliki pigmen berlebih pun dapat menjalani proses perbaikan. Jadi, perlahan-lahan, flek hitam pun akan menjadi lebih cerah dan nantinya, akan pudar.

Gunakan sunscreen yang aman seperti AYOM All Purpose Sunscreen karena telah mengantongi sertifikasi BPOM. Tidak hanya melindungi dari sinar matahari, sunscreen ini juga melindungi dari blue light, infra red bahkan polusi.

9. Hindari Asap Rokok

Asap rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya dan dapat merusak kulit serta menyebabkan flek hitam di hidung. Oleh karena itu, Anda perlu menghindarinya. Jika ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok, beritahu mereka untuk merokok hanya di luar rumah.

10. Campuran Jus Lemon

Jus lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi flek hitam pada kulit. Namun, penggunaan jus lemon secara langsung dapat menyebabkan reaksi alergi karena sifatnya yang asam. Oleh karena itu, disarankan untuk mencampur jus lemon dengan bahan lain seperti yogurt dan madu.

Untuk mencobanya, Anda dapat mengambil satu sendok makan jus lemon dan mencampurnya dengan dua sendok makan yogurt. Pastikan untuk mencampur bahan tersebut dengan baik lalu oleskan campuran tersebut ke kulit hidung. Biarkan selama 20-30 menit sebelum membilasnya dengan air. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembab dan tabir surya sebagai langkah perawatan selanjutnya.

11. Perawatan Wajah Profesional

Cara terakhir yang bisa Anda pilih adalah menggunakan perawatan wajah profesional. Jika Anda sudah bingung mencari jalan keluar flek hitam yang cukup mengganggu di sekitar hidung, maka Anda bisa datang ke Jakarta Aesthetic Clinic.

Di sini, banyak sekali perawatan yang bisa Anda pilih untuk membuat wajahmu bersih dan mulus, tapi untuk mengatasi flek hitam, Anda bisa memilih Peeling & Skincare. Dengan perawatan ini, maka wajah Anda akan dibersihkan terlebih dahulu di klinik Jakarta Aesthetic Clinic. Jika sudah, selanjutnya Anda akan diberikan skincare yang paling cocok untuk kondisi wajah Anda sehingga efeknya akan lebih maksimal lagi, khususnya demi bisa menghilangkan flek hitam di sekitar hidung.

Perawatan Wajah Profesional untuk Menghilangkan Flek Hitam di Hidung

Itulah beberapa cara mudah menghilangkan flek hitam di sekitar hidung yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Untuk bisa menghindari masalah wajah, sebaiknya Anda memulai dari gaya hidup sehat seperti sering makan buah, tidur yang cukup dan banyak minum air putih. Dengan gaya hidup yang sehat, sekaligus membuat kulit lebih bersinar pula.

Sumber rujukan:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads-on-nose#prevention
  • https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-ampas-teh-untuk-mencerahkan-wajah
  • https://jakartaaestheticclinic.co.id/cara-menghilangkan-flek-hitam-dalam-1-jam/

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.