9 Cara Menghilangkan Fungal Acne di Wajah

Jerawat yang muncul di wajah jelaslah membuat tidak nyaman, terutama jika jerawat yang muncul lebih dari satu. Ada kondisi di mana wajah ditumbuhi banyak jerawat dalam waktu yang sama, disebut pula dengan fungal acne. Kalau sudah muncul, segera lakukan perawatan cara menghilangkan fungal acne di artikel ini.

Tidak hanya membuat minder, jerawat juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Pasalnya, jerawat yang tumbuh sering memunculkan rasa sakit atau bahkan iritasi. Itulah mengapa jerawat di wajah tidak boleh dibiarkan, terutama jika jerawat itu berjenis fungal acne.

Mengenal Fungal Acne

Mengenal Fungal Acne (Jerawat Jamur)

Fungal acne atau jerawat berjamur berbeda dari jerawat biasa dikarenakan merupakan jenis infeksi jamur yang terjadi pada bagian folikel rambut di lapisan kulit. Penyebabnya tidak sama dengan acne vulgaris alias jerawat biasa yang sering muncul di wajah pada umumnya. Jenis jerawat inilebih berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Terkadang, individu yang mengalami infeksi ini juga dapat mengalami masalah jerawat dan jenis infeksi jamur lainnya seperti dermatitis seboroik dan tinea versicolor.

Perbedaan fungal acne dengan jerawat biasa adalah rasa gatal yang muncul akibat timbulnya jerawat tersebut. Selain itu, munculnya komedo putih atau hitam yang sedikit besar bisa jadi tanda munculnya fungal acne di wajah. Tipe jerawat ini juga tumbuh di lengan, dada, dan punggung.

Fungal acne dalam dunia medis dikenal sebagai Pityrosporum (Malassezia) folliculitis. Sama seperti jerawat biasa, fungal acne juga muncul karena produksi minyak di wajah yang bisa menimbulkan bakteri.

Bedanya, ada tipe jamur, yaitu yeast, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat ini. Itulah mengapa dinamakan fungal acne, karena ada pertumbuhan jamur yang mengakibatkan jerawat.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne?

Faktor Munculnya Fungal Acne

Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya jerawat jamur pada wajah dan di tubuh:

1. Faktor Lingkungan

Fungal acne juga bisa muncul karena faktor lingkungan. Udara yang panas dan lembab bisa mendorong pertumbuhan jerawat berjamur ini. Pasalnya, jamur yeast yang menyebabkan fungal acne berkembang lebih pesat di tempat yang panas dan lembab.

2. Keringat

Keringat yang muncul di wajah juga bisa mendorong pertumbuhan jamur tersebut. Keringat ini bisa menghasilkan kondisi yang lembab di wajah dan anggota tubuh lainnya, sehingga jamur pun bertumbuh di area tersebut.

3. Menggunakan Obat-obatan

Penggunaan obat antibiotik yang berlebihan juga bisa memicu pertumbuhan jamur. Jamur pada wajah dan kulit merupakan bagian dari mikrobioma. Mengonsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang panjang bisa memicu pertumbuhan jamur pada kulit, sehingga mengakibatkan munculnya jerawat jamur.

4. Daya Tahan Tubuh Menurun

Fungsi sistem kekebalan tubuh memiliki peran krusial dalam melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. Pada situasi tertentu, individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau terganggu memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami pertumbuhan fungal acne dibandingkan dengan mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang baik.

5. Pola Makan yang Tidak Sehat

Seperti halnya dengan jerawat pada umumnya, pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi pertumbuhan jamur pada kulit. Sebagian besar jamur cenderung berkembang dengan mengonsumsi karbohidrat. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat, khususnya makanan manis, dapat berpotensi mempercepat pertumbuhan jamur.

6. Memakai Pakaian yang Ketat

Mengenakan pakaian yang tidak memberikan ruang cukup bagi kulit untuk bernapas dengan bebas dapat menyebabkan peningkatan produksi keringat dan kelembapan tambahan yang mana akan rentan terhadap bakteri dan jamur. Hal ini dapat menciptakan kondisi kulit yang mendukung pertumbuhan ragi.

7. Suhu Panas dan Lembap

Suhu panas dan lembap merupakan kondisi ideal bagi pertumbuhan jamur. Saat kulit tertutup dalam pakaian olahraga yang lembap, seperti di area lipatan kulit, jamur dapat berkembang biak dengan cepat. Jadi, penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kekeringan kulit setelah berolahraga.

Baca juga: Begini Cara Tepat Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

Cara Mencegah Fungal Acne

Untuk mencegah fungal acne berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut cara-cara mencegahnya:

1. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak atau bahan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur seperti malassezia. Pilih produk yang bersifat non-comedogenic dan bebas dari komedogen potensial.

2. Gunakan Sabun Anti-jamur

Pilih sabun pembersih yang mengandung bahan antijamur seperti pyrithione zinc, selenium sulfide, atau ketoconazole. Sabun antijamur membantu mengurangi pertumbuhan fungi penyebab fungal acne.

3. Hindari Penggunaan Produk dengan Kandungan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menjadi makanan bagi jamur malassezia. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak kelapa untuk mencegah pertumbuhan fungal acne.

4. Jaga Kebersihan dan Keringat

Mandi secara teratur dan bersihkan kulit setelah beraktivitas yang menyebabkan keringat. Kebersihan dan kekeringan dapat membantu mengurangi kondisi yang mendukung tumbuhnya jamur.

5. Rutin Mengganti Pakaian yang Basah atau Berkeringat

Pakaian yang basah atau terkena keringat dapat menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuhnya jamur. Gantilah pakaian yang basah atau berkeringat segera.

Cara Menghilangkan Fungal Acne di Wajah

Perawatan fungal acne juga berbeda dan lebih rumit dibandingkan jerawat biasa. Produk perawatan yang harus digunakan juga berbeda, alias jangan sama dengan acne-treatment pada umumnya. Selain itu, fungal acne juga bisa dihilangkan dengan menerapkan berbagai kebiasaan bersih dan sehat.

Inilah beberapa cara menghilangkan fungal acne di wajah yang bisa dicoba.

1. Mandi Secara Teratur

Setelah beraktivitas seharian atau berolahraga, penting sekali untuk mandi dan membersihkan tubuh dari keringat. Segera ganti pakaian yang nyaman untuk menghindari munculnya jamur penyebab fungal acne.

Mandi setidaknya bisa menghilangkan jamur yeast yang berlebih di kulit. Jika terbiasa mandi dengan air panas, usahakan untuk menggunakan air dingin sehingga potensi tumbuhnya jamur pun berkurang.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang terlalu ketat juga bisa mengakibatkan munculnya jamur pada wajah dan tubuh. Boleh-boleh saja mengenakan pakaian ketat saat berolahraga, seperti legging, namun segera ganti apabila sudah selesai beraktivitas.

Hindari menggunakan pakaian yang menimbulkan panas dan tidak menyerap keringat. Dari situ, fungal acne bisa muncul di wajah dan mengakibatkan rasa gatal yang tidak nyaman. Gunakan bahan pakaian yang nyaman dan memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada tubuh, seperti katun.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Tanpa Efek Samping

3. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Shampo anti ketombe juga bisa menghilangkan jamur di wajah. Jenis shampo ini memiliki bahan aktif, yaitu zinc pyrithione yang sifatnya anti jamur. Tidak salah untuk mengaplikasikannya di wajah, karena kulit kepala juga aman dari jamur penyebab ketombe akibat bahan ini.

Gunakan shampo anti ketombe di wajah, kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum disiram agar bahannya bekerja. Penggunaan shampo anti ketombe di wajah secara teratur dalam seminggu bisa memperlambat bertumbuhnya jamur penyebab fungal acne. Jangan lupa, aplikasikan juga pada kulit kepala supaya jamur tidak muncul di sana.

4. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Cara mengatasi fungal acne berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah tidak hanya membersihkan sel kulit mati, tapi juga kotoran dan minyak berlebih. Kotoran dan minyak berlebih di wajah bisa mendorong tumbuhnya jamur, sehingga eksfoliasi harus dilakukan secara rutin. Gunakan juga setelah berolahraga agar jamur tidak berkembang lebih banyak di wajah.

5. Gunakan Pelembab dan Tea Tree Oil

Pilihlah pelembab yang tidak mengandung minyak (oil free), karena bisa mempercepat tumbuhnya jamur yeast. Selain itu, gunakan juga topical tea tree oil untuk menghilangkan fungal acne di wajah. Apabila kulit Anda bersifat sensitif, hindari menggunakan tea tree oil dan cobalah menggunakan produk skincare lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami Dan Mudah Ditemukan

6. Hindari Kontak Kulit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu faktor penyebab fungal acne yaitu adanya kontak kulit. Oleh karena itu, cara mengatasi fungal acne harus dilakukan dengan mengurangi kontak kulit khususnya dengan mobile phone atau benda lainnya yang berpotensi menekan atau menggesek kulit, khususnya benda-benda yang kurang higienis.

7. Hindari Produk dengan Kandungan Fatty Acid

Beberapa produk perawatan kulit atau kosmetik mengandung bahan-bahan seperti ester dari fatty acid yang dapat menjadi makanan bagi jamur penyebab fungal acne. Hindari produk dengan kandungan ini.

8. Menggunakan Pakaian yang Lebih Longgar

Pakaian yang lebih longgar memberikan ventilasi yang lebih baik dan mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Pilih pakaian dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu ketat.

9. Menggunakan Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicyclic acid adalah bahan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi fungal acne dengan efektif. Selain membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, asam salisilat juga dapat melindungi kulit yang rentan terhadap fungal acne dari pertumbuhan jamur serta menghilangkan kemerahan dan kekusaman yang seringkali menyertainya.

Ada berbagai cara untuk mengaplikasikan asam salisilat. Anda dapat menggunakan sabun mandi atau pembersih wajah berbahan asam salisilat untuk mengobati fungal acne. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan serum asam salisilat sebelum tidur untuk merawat kulit yang terkena fungal acne semalaman.

Namun, karena asam salisilat dapat membuat kulit menjadi kering, penting untuk selalu mengaplikasikan pelembap setelah penggunaannya agar kulit tetap terhidrasi dan tidak mengalami dehidrasi.

10. Kunjungi Dokter Kulit

Opsi yang terakhir adalah melakukan kunjungan ke dokter kulit di Jakarta Aesthetic Clinic untuk melakukan perawatan. Prosedur Peeling and Skincare dari JAC bisa membantu menghilangkan fungal acne di wajah dengan bantuan dokter kulit yang sudah bersertifikasi. Disarankan juga untuk menanyakan langkah lebih lanjut mengenai cara merawat wajah agar terhindar dari fungal acne nantinya.

Dari sembilan langkah di atas, manakah cara menghilangkan fungal acne di wajah yang menjadi pilihan Anda?

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/all-about-fungal-acne#treatment
  • https://www.byrdie.com/fungal-acne-4843813
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.