9 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung secara Alami dan Medis

Ingin tahu cara menghilangkan jerawat batu di hidung yang membandel secara efektif? Jerawat batu, terutama yang muncul di hidung, bisa menjadi masalah yang mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Dalam artikel ini, JAC akan membahas berbagai metode yang terbukti ampuh untuk mengatasi jerawat batu di hidung, mulai dari perawatan alami hingga produk perawatan kulit yang dapat membantu membersihkan dan menyembuhkan kulit Anda. Temukan solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat batu dan kembali memiliki kulit wajah yang halus dan bersih!

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah cara menghilangkan jerawat batu di hidung yang dapat Anda lakukan. Berikut cara-caranya:

1. Gunakan masker kunyit, jeruk nipis dan madu

madu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kunyit, jeruk nipis dan madu. Untuk penggunaannya sendiri, kamu perlu mencampurkan ketiganya. Caranya adalah dengan menghaluskan kunyit secukupnya, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu.

Jika semua bahan sudah ada, segera campurkan seluruhnya hingga merata. Tambahkan air bila perlu, campuran antara ketiga bahan tersebut akan berbentuk seperti pasta. Kemudian gunakan pasta tersebut ke hidung dan area wajah yang terdapat jerawat batu. Diamkan selama 10 menit. Jika sudah, segera cuci muka Anda dengan air bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dalam Waktu Singkat

2. Oleskan dengan putih telur

Seseorang memisahkan kuning dan putih telur

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu di hidung dengan menggunakan putih telur. Di dalam putih telur terkandung enzim lusozim yang berguna untuk menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat batu. Tidak hanya itu saja, enzim ini juga bisa mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah Anda.

Untuk cara penggunaannya, Anda perlu siapkan telur, lalu ambil bagian putih telurnya saja. Kemudian kocok putih telur hingga mengembang. Jika sudah mengembang secara maksimal, oleskan putih telur ke bagian hidung yang terdapat jerawat batu. Sama seperti cara pertama, diamkan selama 10 menit. Jika sudah, cuci muka Anda dengan air hangat.

3. Gunakan lidah buaya

aloe vera

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu di hidung adalah dengan menggunakan lidah buaya. Di dalam lidah buaya sendiri terdapat antioksidan, mineral, vitamin C dan E.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang jerawat batu di hidung, Anda tinggal mengambil daun buaya, membelah bagian tengah lalu mengambil gelnya. Gel tersebut tinggal dihaluskan dan digunakan ke bagian hidung yang terdapat jerawat batu. Jika gel tersebut sudah mengering, cuci muka dengan air bersih.

Baca juga: Cara Memerahkan Bibir dengan Lidah Buaya secara Alami

4. Gunakan kulit jeruk

cara menghilangkan jerawat batu di hidung dengan kulit jeruk

Selain enak buahnya, ternyata kulit jeruk juga berguna untuk mengatasi jerawat batu. Kulit jeruk mengandung zat asam alpha hidroksi atau AHA yang baik untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi kulit.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan kulit jeruk dengan cara menjemurnya. Bila sudah kering, tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Gunakan pasta tersebut di area wajah yang terdapat jerawat batu, lalu biarkan selama 20 menit sampai mengering, dan bilas dengan air bersih. Selain mengatasi jerawat batu, masker kulit jeruk ini juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

5. Tempelkan buah tomat

gunakan tomat untuk mengatasi jerawat batu di hidung

Selanjutnya, Anda bisa juga menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat batu. Tomat mengandung enzim yang mampu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A, C, dan K yang mampu membuat kulit lebih indah dan mulus. Terakhir, tomat juga mengandung zat lycopene yang membuat tomat berwarna merah. Zat ini mampu mendorong pertumbuhan sel kulit sehat dan memperbaiki jaring sel kulit yang rusak.

Cara menggunakannya pun mudah. Anda cukup membelah tomat menjadi 2 bagian. Kemudian, oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah yang terdapat jerawat batu. Kemudian, biarkan selama 20 menit hingga mengering. Lalu, bilas dengan air bersih.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

6. Gunakan potongan kentang

Gunakan potongan kentang untuk mengatasi jerawat batu di hidung

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan irisan kentang untuk menghilangkan jerawat batu. Pertama, karbohidrat yang dikandung bahan makanan pokok ini memiliki efek menenangkan bagi iritasi yang menimbulkan rasa sakit pada kulit. Kentang juga mampu menyerap kelebihan minyak yang dapat memperparah jerawat batu. Terakhir, kentang mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak serta menyamarkan bekas luka akibat jerawat yang mungkin muncul.

Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat batu sangatlah mudah. Cukup siapkan 1 buah kentang, cuci hingga bersih, dan kupas kulitnya. Kemudian, iris kentang tipis-tipis dan aplikasikan irisan kentang pada bagian wajah yang terdapat jerawat batu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Memakai Tea Tree Oil

Tea tree oil untuk jerawat

Tea tree oil atau minyak daun teh telah lama dikenal karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya yang kuat, sehingga sering dijadikan pilihan untuk mengobati jerawat, termasuk jerawat batu di hidung.

Kandungan terpenoid dalam tea tree oil dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes, yang sering kali berperan dalam perkembangan jerawat batu.

Selain itu, sifat anti-inflamasi tea tree oil dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang seringkali terkait dengan jerawat batu.

Namun, penggunaan tea tree oil perlu dilakukan dengan hati-hati dan diencerkan terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit, karena penggunaan langsung dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada beberapa individu.

Selalu lakukan uji coba sensitivitas terlebih dahulu dan konsultasikan dengan ahli kulit sebelum menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan jerawat batu di hidung.

8. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat untuk jerawat

Kompres air hangat dapat membantu meredakan jerawat batu di hidung dengan membuka pori-pori dan mengurangi peradangan. Proses pemanasan secara lembut ini dapat membantu mempercepat aliran darah ke area yang terkena, sehingga memudahkan proses penyembuhan jerawat.

Namun, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Lakukan kompres air hangat selama beberapa menit beberapa kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Baca juga: 10 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

9. Perawatan Peeling & Skincare

peeling komedi di jakarta aesthetic clinic

Pada dasarnya jerawat batu akan lebih susah dihilangkan dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya, jika Anda sudah melakukan cara di atas namun jerawat batu Anda belum kunjung hilang maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu di hidung adalah perawatan peeling & skincare.

Ya, mengambil langkah perawatan wajah profesional menjadi langkah yang paling bijak. Anda bisa mendapatkan perawatan wajah profesional di Jakarta Aesthetic Clinic. Di sana kamu bisa mendapatkan perawatan terbaik untuk menghilangkan jerawat batu yang tentunya sulit untuk dihilangkan secara total.

Setelah Anda melakukan terapi tersebut, Anda akan diberikan skincare yang menjadi perawatan lanjutan dari Jakarta Aesthetic Clinic.

Dengan metode perawatan skincare yang aman dan tidak menyebabkan ketergantungan, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik di sana sejak awal hingga akhir. Jerawat batu di hidung akan hilang lebih cepat.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Peeling Wajah Berjerawat

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat umumnya timbul karena kombinasi sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Sedangkan jerawat batu, di sisi lain, terjadi ketika infeksi menembus lebih dalam ke dalam lapisan kulit, menyebabkan benjolan yang berisi nanah.

Jerawat batu dianggap sebagai jenis jerawat yang lebih serius daripada jenis jerawat lainnya. Jika jerawat batu pecah, infeksi dapat menyebar dan memicu munculnya lebih banyak jerawat. Selain muncul di wajah, jerawat batu juga dapat timbul di berbagai bagian tubuh, termasuk di dada, leher, dan lengan.

1. Perubahan Hormon

Peningkatan hormon yang disebut androgen memainkan peran penting dalam timbulnya jerawat batu. Selama masa remaja, kenaikan kadar hormon ini dapat mengakibatkan peningkatan produksi minyak (sebum) dan percepatan pertumbuhan sel-sel kulit. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori yang pada akhirnya menghasilkan jerawat batu.

Selain itu, ketidakseimbangan hormon yang terjadi sebagai akibat dari siklus menstruasi, kehamilan, penggunaan pil kontrasepsi, terapi hormon, sindrom polikistik ovarium (PCOS), dan stres juga dapat menjadi pemicu jerawat batu.

2. Penggunaan Produk Skincare atau Kosmetik yang Kurang Cocok

Penggunaan produk kosmetik, pembersih wajah, atau lotion tertentu dapat merangsang produksi minyak berlebihan ditambah adanya ketidakcocokan kulit Anda dengan salah satu bahan yang terkandung di suatu produk yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat batu.

3. Tingkat Kelembapan yang Tinggi dan Keringat yang Berlebih

Jika tubuh cenderung berkeringat lebih banyak, risiko jerawat batu dapat meningkat. Berkeringat dapat membuat pori-pori lebih terbuka, memungkinkan kotoran dan bakteri masuk ke dalam kulit dan menyebabkan jerawat.

Itulah cara-cara tepat menghilangkan jerawat batu di hidung yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai salah pilih perawatan supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dan bisa mendapatkan kulit wajah yang mulus dan bersih dari gangguan jerawat.

JACMelakukan perawatan secara medis yang aman dan efektif untuk menghilangkan jerawat batu harus dilakukan di bawah pengawasan dokter yang tepercaya dan bersertifikasi, karena dapat berisiko dan bahkan merugikan kondisi kulit Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan treatment di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) yang menawarkan berbagai jenis treatment dan perawatan skincare yang berkualitas dan aman. 

Tentunya seluruh perawatan ditangani langsung oleh dokter dan tim ahli yang bersertifikasi untuk berbagai kebutuhan kulit. Jadi, tunggu apalagi? Segera jadwalkan konsultasi dengan JAC dan temukan solusi terbaik untuk kulit Anda. 

Sumber:

  • Citra, Widya. 27 Juni 2019. Benarkah Kunyit Manjur Atasi Masalah Jerawat?. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/ampuhkah-kunyit-untuk-jerawat/
  • Fimela. 23 Juli 2018. 5 Bahan Alami untuk Mengurangi Jerawat Batu yang Membandel. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3808437/5-bahan-alami-untuk-mengurangi-jerawat-batu-yang-membandel
  • Candra, Rizky. 27 Juni 2019. 4 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat yang Bisa Anda Coba di Rumah. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/4-cara-pakai-lidah-buaya-untuk-jerawat/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.