Cara Menghilangkan Jerawat Blackhead di Wajah

Bagaimana cara menghilangkan jerawat blackhead? Jerawat jenis blackhead yang seringkali muncul dalam bentuk titik-titik hitam kecil dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang penyebabnya, Anda dapat menerapkan cara untuk menghilangkannya yang efektif untuk mengatasinya sesuai dengan jenis kulit.

Dalam artikel ini, JAC akan membahas secara rinci tentang jerawat blackhead mulai dari bagaimana jenis jerawat ini terlihat, penyebab munculnya, dan tentunya cara menghilangkan jerawat blackhead. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Jerawat Blackhead dan Bedanya dengan Whitehead

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang, dan jerawat sendiri memiliki berbagai jenis. Jerawat blackhead atau komedo terbuka adalah jenis jerawat yang muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran. 

Berbeda dengan whitehead, blackhead memiliki ujung terbuka di permukaan kulit. Ketika material yang menyumbat pori-pori ini terkena udara, terjadi oksidasi yang menyebabkan warnanya menjadi hitam atau gelap. Oleh karena itu, blackhead tampak seperti titik-titik hitam kecil di permukaan kulit.

Blackhead umumnya muncul di area wajah seperti hidung, dahi, dan dagu, tetapi juga bisa muncul di area tubuh lain yang memiliki kelenjar minyak, seperti punggung, dada, dan bahu. Meskipun tidak menyebabkan peradangan seperti jenis jerawat lainnya, blackhead tetap menimbulkan rasa tidak nyaman dan memengaruhi penampilan.

Perbedaan utama antara blackhead dan whitehead terletak pada warna dan kondisi pori-pori yang menyumbatnya. Blackhead berwarna hitam atau gelap karena material yang menyumbat pori-pori mengalami oksidasi ketika terkena udara, sementara whitehead berwarna putih atau kekuningan karena material yang menyumbat pori-pori terperangkap di bawah lapisan kulit dan tidak mengalami oksidasi. 

Cara Menghilangkan Jerawat Blackhead

Menghilangkan jerawat blackhead memerlukan pendekatan yang tepat dan konsisten. Agar mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat blackhead, berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda terapkan:

1. Ekstraksi

Ekstraksi adalah proses menghilangkan blackhead dengan menggunakan alat khusus yang disebut ekstraktor komedo. Proses ini sebaiknya dilakukan oleh profesional dokter ahli, dermatologi, atau ahli kecantikan untuk menghindari proses yang kurang tepat dan menyebabkan masalah baru pada kulit. Ekstraktor akan membantu mengangkat blackhead dari pori-pori tanpa merusak jaringan kulit di sekitarnya.

2. Pilih Skincare dengan Kandungan Khusus

Menggunakan produk skincare dengan kandungan tertentu dapat membantu mengatasi blackhead. Beberapa bahan yang efektif antara lain:

  • Salicylic acid: Membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.
  • Retinoid: Mempercepat regenerasi sel kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori.
  • Niacinamide: Mengurangi produksi minyak berlebih dan memiliki efek anti-inflamasi.

3. Melakukan Chemical Peeling

Chemical peeling adalah prosedur yang menggunakan larutan kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit. Prosedur ini membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Prosedur chemical peeling ini harus dilakukan di klinik kecantikan oleh ahlinya.

4. Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Gunakan produk eksfoliasi yang lembut, seperti scrub wajah dengan butiran halus atau eksfoliator kimia yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) atau beta-hidroksi (BHA). Anda dapat meakukan eksfoliasi secara rutin maksimal 2-3 kali dalam seminggu untuk menghindari iritasi kulit.

5. Hindari Produk yang Memicu Munculnya Komedo

Beberapa produk skincare atau makeup dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya blackhead. Hindari produk yang mengandung bahan comedogenic seperti minyak mineral, lanolin, dan beberapa jenis alkohol. Pilih produk yang berlabel non-comedogenic untuk mengurangi risiko penyumbatan pori-pori.

6. Cuci dan Bersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah secara teratur sangat penting untuk mencegah penumpukan minyak dan kotoran. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menjaga pori-pori tetap bersih.

7. Hindari Memegang Wajah Terlalu Sering

Kebiasaan memegang wajah dapat memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah yang nantinya menyebabkan penyumbatan pori-pori dan munculnya blackhead. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah terlalu sering, terutama dengan tangan yang kotor.

Apa yang Memicu Munculnya Jerawat Blackhead?

Tentunya masalah jerawat blackhead ini tidak datang begitu saja. Munculnya jerawat blackhead bisa dipicu oleh berbagai faktor. Berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

1. Produksi Minyak Berlebih

Kelenjar minyak yang terlalu aktif dapat menghasilkan sebum dalam jumlah berlebih. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya blackhead. Biasanya, produksi minyak berlebih dipengaruhi oleh faktor genetik, hormon, dan kebiasaan perawatan kulit.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik dapat menyumbat pori-pori. Penumpukan sel kulit mati ini bisa terjadi jika Anda tidak melakukan eksfoliasi rutin atau menggunakan produk pembersih yang tidak efektif. Eksfoliasi membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori.

3. Perubahan Hormon

Perubahan hormon, terutama selama masa pubertas, menstruasi, atau kehamilan, dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu munculnya jerawat blackhead. Hormon androgen yang meningkat selama masa pubertas juga dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum.

4. Penggunaan Produk Skincare atau Makeup yang Salah

Beberapa produk skincare atau makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead. Produk yang mengandung bahan comedogenic, seperti minyak mineral atau lanolin, dapat memicu penyumbatan pori-pori. Jadi, penting bagi Anda untuk memilih produk yang berlabel non-comedogenic.

5. Faktor Lingkungan dan Kebiasaan

Faktor lingkungan seperti polusi, debu, dan kotoran juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead. Selain itu, kebiasaan seperti sering menyentuh wajah dengan tangan kotor atau tidak membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan dapat meningkatkan risiko munculnya blackhead.

Menghilangkan jerawat blackhead membutuhkan pendekatan yang konsisten dan perawatan yang tepat. Dengan memahami jenis-jenis jerawat dan faktor-faktor yang memicunya, Anda dapat mengambil cara menghilangkan jerawat blackhead yang efektif untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. 

Mulai dari ekstraksi hingga menjalani prosedur seperti chemical peeling, semuanya dapat membantu mengatasi masalah ini. Jika Anda mencari cara menghilangkan jerawat blackhead yang lebih intensif, pertimbangkan untuk melakukan perawatan profesional di klinik kecantikan. Pilih dokter yang telah bersertifikasi agar dapat memberikan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan dengan aman, seperti di JAC.

Anda dapat mencoba Treatment Peeling dan skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Perawatan ini menggunakan cairan peeling natural yang diracik oleh dokter ahli untuk mengeringkan jerawat, melunakkan, dan mengencerkan komedo sehingga dapat dibersihkan hanya dengan pijatan lembut. 

Di sisi lain, JAC juga menyediakan produk skincare yang aman dan tidak menyebabkan ketergantungan. Dengan formula yang tepat, produk ini cocok untuk pria, remaja, dan aman untuk ibu hamil serta menyusui. Segera kunjungi JAC untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bebas komedo dengan perawatan yang lembut dan efektif.

 

Sumber: 

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22038-blackheads 

Leung, A. K., Barankin, B., Lam, J. M., Leong, K. F., & Hon, K. L. (2021). Dermatology: how to manage acne vulgaris. Drugs in context, 10, 2021-8-6. https://doi.org/10.7573/dic.2021-8-6

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.