Ketahui 4 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu dengan Cepat dan Efektif

Jerawat yang muncul di area dagu seringkali menjadi tantangan tersendiri dalam perawatan kulit. Bagi banyak orang, jerawat di dagu bukan hanya memengaruhi tampilan make up yang menjadi kurang maksimal, tetapi juga dapat menurunkan kepercayaan diri sebab kulit menjadi tampak kurang sehat. Untuk itu, penting untuk memahami dengan baik cara menghilangkan jerawat di dagu agar dapat merancang memilih perawatan yang tepat dan efektif. Tak perlu khawatir, dalam artikel ini, JAC akan membantu Anda mencari tahu apa saja penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya. Penasaran? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Jerawat di Dagu

Penyebab Jerawat di DaguJerawat di dagu seringkali menjadi permasalahan yang memengaruhi banyak orang dan untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami penyebabnya dengan lebih mendalam. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai penyebab jerawat di dagu:

1. Produksi Kelenjar Minyak yang Berlebihan

Penyebab utama jerawat di dagu adalah produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Kelenjar minyak (sebaceous glands) yang terdapat di bawah permukaan kulit menghasilkan sebum, suatu jenis minyak yang bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, ketika produksi sebum berlebihan, pori-pori kulit dapat tersumbat, menciptakan lingkungan ideal bagi jerawat untuk tumbuh. Faktor-faktor seperti genetika, pola makan, dan perawatan kulit yang tidak tepat dapat memengaruhi produksi kelenjar minyak. Pada daerah dagu, kelenjar minyak cenderung lebih aktif, sehingga risiko munculnya jerawat menjadi lebih tinggi.

2. Bakteri pada Kulit

Kehadiran bakteri pada kulit, terutama Propionibacterium acnes, juga menjadi penyebab terbanyak dalam pembentukan jerawat di dagu. Bakteri ini biasanya hidup di kulit tanpa menimbulkan masalah.  Namun, ketika pori-pori tersumbat oleh sebum berlebihan dan sel kulit mati, bakteri ini dapat berkembang biak dengan cepat. Proses ini menyebabkan reaksi peradangan sebagai respons tubuh terhadap infeksi bakteri. Peradangan inilah yang kemudian muncul dalam bentuk jerawat yang meradang dan merah.

3. Hormon

Fluktuasi hormon dalam tubuh terutama hormon androgen dapat menjadi pemicu jerawat di daerah dagu. Pada wanita, perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat memengaruhi produksi sebum. Kenaikan hormon androgen merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak sebum, yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

4. Memakai Masker

Penggunaan masker debu untuk jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di daerah dagu. Hal ini disebabkan oleh uap napas yang terperangkap di dalam masker, menciptakan lingkungan yang lebih lembap di sekitar wajah yang tertutup masker.

Kelembapan yang tinggi ini memudahkan pertumbuhan bakteri, dan selain itu, gesekan yang terjadi berulang antara masker dan kulit juga dapat menjadi pemicu masalah kulit ini.

Baca Juga : Apa Saja Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat?

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu

Adanya jerawat di dagu tentu dapat mengganggu penampilan. Namun, dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengurangi dan menghilangkan jerawat ini. Adapun beberapa cara menghilangkan jerawat di dagu antara lain:

1. Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah secara benar adalah langkah fundamental dalam perawatan kulit untuk mengatasi jerawat di dagu. Gunakan pembersih wajah yang lembut namun efektif untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Pilih produk skincare yang mengandung bahan seperti salicylic acid yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan. Pastikan untuk membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, terutama pada pagi dan malam hari. Hindari penggunaan sabun atau pembersih yang terlalu keras, karena hal ini dapat mengiritasi kulit dan memicu produksi minyak yang lebih banyak.

2. Menggunakan Produk Skincare yang Tepat

Pilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembap non-komedogenik adalah kunci untuk menjaga keseimbangan kelembapan tanpa menyumbat pori-pori. Produk yang mengandung bahan aktif seperti retinoid atau salicylic acid dikenal efektif membantu mengatasi jerawat dan merangsang regenerasi sel kulit. Perhatikan juga kebersihan dan ketahanan produk yang Anda gunakan. Pastikan produk tidak mengandung bahan berbahaya, dan jika mungkin, pilih produk yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat.

3. Menghindari Memencet Jerawat

Meskipun godaan untuk memencet jerawat mungkin besar, hindari kebiasaan ini. Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut, memperbesar risiko infeksi, dan meninggalkan bekas luka atau bintik hitam. Lebih baik biarkan jerawat berkembang dan sembuh secara alami. 

4. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Penting untuk memperhatikan pola makan Anda, karena makanan dapat memengaruhi kondisi kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menjaga kesehatan kulit.  Hindari makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan produk susu yang dapat memicu peradangan dan meningkatkan risiko munculnya jerawat. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, karena hidrasi yang baik membantu menjaga elastisitas kulit dan proses regenerasi sel.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Aman dan Tepat

Tips Mencegah Jerawat di Dagu

Tips Mencegah Jerawat di DaguLalu bagaimana untuk memastikan kulit terhindar dari jerawat? Nah, untuk mencegah jerawat tersebut dan menjaga kulit tetap sehat, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin adalah langkah pertama dan paling penting dalam mencegah jerawat di dagu. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, di pagi dan malam hari, menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.  Pastikan untuk membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan makeup.Gunakan pembersih yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi produksi minyak berlebih dan mencegah pori-pori tersumbat.

2. Menghindari Produk Skincare yang Mengandung Bahan Berbahaya

Pilihlah produk skincare dengan hati-hati, dan hindari produk yang mengandung bahan berbahaya seperti paraben, pewarna buatan, dan pewangi sintetis. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan memicu reaksi kulit yang dapat memperburuk jerawat. Baca label produk secara cermat sebelum membeli dan pilih produk yang menggunakan bahan-bahan alami dan aman untuk kulit.

3. Menghindari Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Hindari makanan yang dapat memicu jerawat, seperti makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan produk susu. Sebaliknya, tambahkan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral ke dalam diet Anda.  Buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan dapat membantu memelihara kesehatan kulit dari dalam. Jangan lupa pastikan kulit terhidrasi dengan konsumsi air putih yang cukup yaitu minimal 2 liter per hari.

4. Menghindari Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari dapat menjadi pemicu jerawat. Salah satu yang kerap dilakukan adalah menyentuh wajah secara berlebihan. Hentikan kebiasaan ini karena tangan dapat membawa kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, hindari juga mengekspos wajah terlalu sering pada ponsel atau benda lain yang mungkin kotor.

5. Menggunakan Produk Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Penting untuk menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pasalnya setiap jenis kulit mulai dari yang normal, berminyak, kering, hingga kombinasi membutuhkan perawatan yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk mengetahui jenis kulit Anda dan pilihlah produk skincare yang cocok. Gunakan pelembap yang ringan jika Anda memiliki kulit berminyak, dan pelembap yang dapat memeberikan kelembapan lebih jika Anda memiliki kulit kering. Bagi yang juga memiliki masalah jerawat, produk dengan bahan aktif seperti asam salisilat atau retinoid dapat membantu mengatasi jerawat tanpa menyebabkan iritasi berlebih.  Baca Juga : Mengenal Jenis Bekas Jerawat yang Wajib Anda Ketahui

Rekomendasi Produk AYOM

Mencari produk yang sesuai dan efektif adalah langkah penting dalam merawat kulit, terutama ketika Anda berusaha mengatasi jerawat di dagu. AYOM menawarkan solusi yang dirancang khusus untuk merawat kulit dengan serangkaian produk yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencegah jerawat. Berikut adalah rekomendasi produk AYOM:

1. AYOM Pore Treatment

AYOM Pore Treatment adalah produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Mengandung centella asiatica extract, benzoic acid, dan niacinamide yang efektif membersihkan pori-pori, produk ini membantu mengurangi produksi minyak berlebih, meredakan peradangan jerawat, dan mengatasi komedo. 

2. AYOM Acne Care

Tentunya, untuk mengatasi permasalahan jerawat di wajah, Anda tidak bisa melewatkan AYOM Acne Care. Krim yang satu ini dirancang dengan bahan-bahan yang dinilai mampu melawan pertumbuhan jerawat, menghidrasi dan menenangkan kulit yang kemerahan, sekaligus mengembalikan kekuatan kulit. Tenang saja, AYOM Acne Care ini dapat digunakan pada semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif. Bahkan AYOM juga aman digunakan untuk remaja serta ibu hamil dan menyusui. 

3. AYOM Moisturizing Essence

AYOM Moisturizing Essence adalah pelembap ringan yang dirancang untuk memberikan kelembapan ekstra tanpa menyumbat pori-pori. Melalui kandungan alami yang mampu mengunci kelembapan serta menenangkan kulit, produk ini cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit yang cenderung berjerawat. AYOM Moisturizing Essence membantu menjaga keseimbangan kadar air, sehingga kulit tetap terhidrasi tanpa terasa berat.

4. AYOM All Purpose Sunscreen

AYOM All Purpose Sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sunscreen ini memiliki kandungan SPF tinggi dan formula ringan sehingga tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak, tetapi juga membantu mengurangi risiko peradangan dan iritasi pada kulit berjerawat. Menggunakan AYOM All Purpose Sunscreen secara teratur dapat membantu mencegah munculnya jerawat baru dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Itu dia informasi lengkap mengenai cara menghilangkan jerawat di dagu, tips mencegahnya, dan rekomendasi skincare dengan bahan alami yang bisa Anda coba. Pada umumnya, jerawat di dagu sering kali disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan, keberadaan bakteri pada kulit, dan fluktuasi hormon. Untuk mengatasinya dengan tepat, Anda tentu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Jadi, perawatan yang dilakukan pun dapat lebih efektif.  Bila dalam kondisi jerawat yang sulit untuk diatasi dengan cara di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli dari JAC untuk penanganan yang tepat. Ditangani langsung oleh dokter dan tim ahli bersertifikasi, JAC berkomitmen untuk mengembalikan tampilan wajah Anda menjadi lebih sempurna sesuai kebutuhan kulit. 

JAC

Terdapat berbagai treatment yang bisa Anda lakukan di JAC sesuai dengan masalah kulit seperti filler hybrid, ultherapy, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja kunjungi JAC sekarang juga dan tingkatkan percaya diri Anda dengan kulit wajah yang lebih sehat serta bersinar!

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.