9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Menghadapi perubahan waktu, banyak dari Anda mungkin merasa cukup sulit untuk menjaga kekenyalan kulit, terutama di area yang paling rentan terhadap tanda-tanda penuaan, yaitu di bawah mata. Kerutan dapat menjadi perhatian utama sebab memengaruhi penampilan. Oleh karena itu, memahami cara menghilangkan kerutan di bawah mata diperlukan untuk meraih kulit yang sehat dan muda. Dalam artikel ini, JAC akan membahas dengan rinci berbagai metode dan cara efektif untuk menghilangkan kerutan di bawah mata serta penyebabnya. Jadi, Anda dapat menghilangkan kerutan dengan cara yang lebih efektif sesuai kebutuhan wajah. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Kerutan di Bawah Mata

Penyebab Kerutan di Bawah MataKetika berbicara tentang kerutan di bawah mata, penting untuk memahami berbagai faktor yang dapat memicu munculnya garis halus ini. Mengetahui penyebabnya adalah langkah awal dalam upaya mengatasi masalah ini agar lebih tepat dan efektif. Berikut adalah beberapa penyebab kerutan di bawah mata:

1. Faktor Usia

Salah satu faktor utama yang menyebabkan kerutan di bawah mata adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya karena produksi kolagen dan elastin menurun. Hal ini menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis dan rentan terhadap pembentukan garis-garis halus.

2. Paparan Matahari

Sinar UV yang merusak dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mempercepat proses penuaan. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat menyebabkan penurunan produksi kolagen yang pada gilirannya memicu munculnya kerutan di sekitar mata. Hal ini tentu akan sangat memengaruhi penampilan Anda terutama saat menggunakan make up.

3. Kekurangan Asupan Air

Kulit yang kekurangan hidrasi cenderung menjadi kering dan kusam. Nantinya, kekurangan asupan air pada tubuh ini dapat mengurangi kelembapan alami kulit, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap munculnya kerutan.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya merugikan kesehatan paru-paru, tetapi juga berdampak buruk pada kulit. Zat-zat kimia dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, yang merupakan protein alami dalam kulit yang bekerja untuk menjaga kekencangan kulit.

5. Gerakan Wajah yang Berulang

Ekspresi wajah yang sering diulang, seperti mengernyitkan mata atau mengangkat alis, dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Seiring berjalannya waktu, gerakan ini dapat meninggalkan tanda-tanda penuaan di sekitar mata.

6. Faktor Genetik

Penting untuk diingat bahwa faktor genetik juga dapat berperan dalam kemungkinan munculnya kerutan di bawah mata. Jika memiliki riwayat keluarga dengan masalah kulit serupa, Anda mungkin juga lebih rentan terhadap pembentukan kerutan.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah MataNamun tenang saja, di masa modern sekarang ini, sudah ada banyak solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kerutan di bawah mata dan mengembalikannya menjadi lebih kencang. Adapun beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba antara lain:

1. Secara Rutin Menggunakan Sunscreen

Salah satu langkah penting dalam mengurangi kerutan di bawah mata adalah penggunaan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan protein kolagen yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Jadi, jangan lupa selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan pastikan untuk mengaplikasikannya setiap pagi, siang, maupun sore hari, bahkan saat cuaca mendung.

2. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara dapat mempercepat proses penuaan kulit dan meningkatkan risiko munculnya kerutan di bawah mata. Lindungi diri Anda dari paparan polusi dengan menggunakan masker wajah saat bepergian ke luar rumah. Selain itu, bersihkan wajah dengan micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil terlebih dahulu setiap malam untuk menghapus partikel polusi yang dapat merusak kulit.

3. Menggunakan Skincare Anti-aging

Pilih produk perawatan kulit yang khusus dirancang untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, termasuk kerutan di bawah mata. Skincare antiaging yang mengandung bahan seperti retinol, vitamin C, dan hyaluronic acid dapat membantu merangsang produksi kolagen, menjaga kekenyalan kulit, dan mengurangi garis-garis halus.

4. Menjaga Area Bawah Mata Tetap Lembap

Kelembapan kulit di area bawah mata adalah kunci untuk mengurangi kerutan. Gunakan pelembap khusus mata yang mengandung bahan seperti ceramide atau hyaluronic acid. Pilih produk yang dirancang untuk area mata yang sensitif dan hindari menggunakan pelembap yang terlalu berat.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

5. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi yang baik sangat berperan dalam kesehatan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan beri, sayuran hijau, dan ikan berlemak, dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung regenerasi kulit. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin C, vitamin E, dan omega-3 dalam pola makan Anda. Jangan lupa juga untuk konsumsi air putih yang cukup minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. 

6. Aplikasikan Setiap Skincare dengan Halus

Ketika mengaplikasikan produk skincare, hindari gesekan yang kasar. Gunakan ujung jari dengan gerakan lembut untuk menghindari merusak kulit di sekitar mata. Teknik ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, memaksimalkan penyerapan produk, dan mengurangi risiko iritasi.

7. Menerapkan Pola Hidup yang Lebih Sehat

Pola hidup yang sehat berdampak besar pada penampilan kulit Anda. Hindari kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan malas mencuci muka setiap malam setelah menggunakan skincare Pastikan untuk tidur cukup setiap malam, karena kurang tidur dapat menyebabkan mata sembap dan kerutan lebih terlihat. Selain itu, berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan manfaat positif pada kesehatan kulit. 

8. Gunakan Eye Cream

Eye cream khusus dapat memberikan perawatan tambahan untuk area mata yang sensitif. Pilih produk yang mengandung bahan seperti peptida, vitamin K, atau caffeine yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit di sekitar mata.

Baca Juga : Rahasia Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Putih Telur

9. Perawatan Dokter Ahli

Jika Anda mencari solusi efektif untuk mengatasi kerutan di bawah mata, Jakarta Aesthetic Clinic menawarkan berbagai perawatan oleh dokter ahli bersertifikasi yang dapat membantu mencapai hasil optimal. Anda dapat memulai dengan konsultasi dan akan mendapatkan rincian kondisi kulit, sehingga dapat ditentukan prosedur perawatan yang sesuai dengan kebutuhan.  Berbagai prosedur perawatan kulit dengan dokter ahli ini bertujuan untuk meningkatkan tekstur, kekenyalan, dan penampilan kulit secara keseluruhan. Tentunya,  semua perawatan ini diawasi oleh dokter ahli yang berpengalaman untuk memastikan keamanan proses dan efektivitasnya. Itu dia beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba. Jangan lupa pastikan untuk menjalankan perawatan sesuai dengan penyebab munculnya kerutan di bagian bawah mata agar hasilnya lebih efektif dan optimal. 

JAC Jika Anda tertarik untuk mencoba treatment dokter, jangan lupa lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk memahami kondisi kulit Anda dan menentukan opsi perawatan terbaik karena masing-masing orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap perawatan. Di JAC, Anda bisa memilih prosedur anti wrinkle injection yang ampuh mengatasi kerutan terutama di bagian bawah mata sehingga Anda tidak perlu takut lagi muncul kerutan saat tertawa lepas. Prosedur ini dilakukan dengan mengurangi kinerja otot, sehingga wajah bisa terlihat lebih mudah dan segar. 

Tunggu apalagi? Jadwalkan kedatangan Anda di JAC sekarang juga dan kembalikan kepercayaan diri Anda dengan wajah tanpa kerutan yang tampak lebih sehat dan muda!

Sumber:

  • https://www.byrdie.com/retinol-for-under-eye-wrinkles-4693418
  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes
  • https://effectdoctors.com/blog/how-to-get-rid-of-under-eye-wrinkles/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/under-eye-wrinkles#treatments
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.