Inilah 6 Cara Menghilangkan Kerut Halus di Wajah Secara Efektif

Kerutan wajah adalah salah satu tanda penuaan yang seringkali menjadi perhatian bagi banyak orang. Tak dapat dimungkiri, tampilan kerutan di wajah mungkin mengganggu rasa percaya diri. Untungnya, ada berbagai cara menghilangkan kerutan wajah dan menjaga kulit wajah tetap muda dan segar.  Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi beberapa cara menghilangkan kerutan wajah sesuai dengan faktor penyebabnya, serta apa saja produk perawatan kulit yang efektif untuk membantu proses menyamarkan kerutan. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Kerutan Wajah?

Kerutan wajah, juga dikenal sebagai garis-garis halus atau keriput, adalah tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Mereka muncul ketika kulit kehilangan elastisitas dan kolagennya seiring berjalannya waktu. Kerutan dapat terbentuk di berbagai area wajah, termasuk di sekitar mata, bibir, dahi, dan di sekitar hidung. Kerutan wajah tentunya dapat memengaruhi penampilan secara signifikan. Pasalnya, kondisi ini dapat membuat Anda terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Selain itu, kerutan juga dapat mengurangi rasa percaya diri sebab wajah jadi tampak lebih kendur. Oleh karena itu, menjaga kulit wajah agar tetap sehat, kencang, dan bebas dari kerutan adalah tujuan banyak orang.

Baca Juga : Anti Aging: Ketahui Tujuan, Manfaat dan Jenis Perawatannya

Faktor-Faktor Penyebab Kerut Halus

Faktor-Faktor Penyebab Kerut HalusKerutan wajah adalah masalah yang umum terjadi pada kulit dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Memahami faktor-faktor ini adalah langkah pertama untuk mengatasi dan mencegah kerutan. Berikut adalah penjelasan panjang tentang faktor-faktor penyebab kerutan:

1. Penuaan Alamiah

Proses penuaan pada dasarnya merupakan bagian alami dari kehidupan, dan seiring bertambahnya usia, kulit Anda tentunya akan mengalami perubahan. Produksi kolagen yang menjadi sel untuk memberikan kulit kekencangan dan kelembutan pun semakin lama juga mulai berkurang.  Di sisi lain, penurunan jumlah elastin juga dapat menyebabkan kulit kehilangan kemampuan untuk mempertahankan bentuknya. Akibatnya, muncul garis-garis halus dan keriput pada beberapa bagian wajah.

2. Paparan Sinar Matahari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan faktor besar penyebab kerutan wajah. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang merusak kulit. Singkatnya, kandungan sinar UVB dapat membakar kulit, sedangkan UVA dapat merusak kolagen dan elastin di dalam lapisan kulit.  Akibatnya, kulit kehilangan elastisitasnya dan kerutan muncul. Sebab itu, jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan sunscreen yang tepat dan menghindari paparan berlebihan terhadap sinar matahari.

3. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang sangat berbahaya untuk kulit. Rokok mengandung zat-zat kimia seperti nikotin dan karbon monoksida, yang mengurangi aliran darah ke kulit. Hal ini mengakibatkan kurangnya oksigen dan nutrisi yang disalurkan ke kulit, sehingga kulit kehilangan vitalitasnya. Selain itu, zat-zat kimia dalam rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan kulit kusam dan kerutan lebih cepat muncul. 

4. Kurangnya Perawatan Kulit

Jika Anda tidak membersihkan kulit dengan benar, kotoran serta minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit. Selain itu, tanpa kelembapan yang cukup, kulit bisa menjadi kering dan rentan terhadap kerutan. Mulai dari sekarang, perhatikan perawatan kulit wajah Anda dan gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, termasuk pembersih wajah dan pelembap.

5. Polusi Lingkungan

Perlu Anda ketahui bahwa polusi udara dan paparan berbagai polutan lingkungan dapat merusak kulit. Partikel-partikel polusi dapat menempel pada kulit, mengganggu keseimbangan kulit, dan merangsang radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mempercepat munculnya kerutan. 

6. Kurangnya Hidrasi

Kulit yang kekurangan hidrasi cenderung menjadi kering, kasar, dan rentan terhadap kerutan. Kehilangan kelembapan kulit dapat terjadi karena kurangnya asupan air, terlalu banyak konsumsi kafein dan alkohol, atau penggunaan produk perawatan yang membuat kulit menjadi lebih kering. 

7. Kurangnya Gizi

Asupan gizi yang kurang seimbang dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Perlu diketahui bahwa kulit memerlukan berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan zinc untuk tetap sehat. Kurangnya nutrisi ini dapat mengganggu kemampuan kulit untuk meregenerasi dan mempertahankan kelembapan. 

8. Genetika

Beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami penuaan dini atau mengembangkan kerutan lebih cepat daripada yang lain. Meskipun tidak dapat mengubah faktor genetik, Anda masih dapat mengambil langkah-langkah untuk merawat kulit Anda dan memperlambat proses penuaan. 

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Cara Menghilangkan Kerut Halus di Wajah

Cara Menghilangkan Kerut Halus di WajahKerutan wajah adalah salah satu tanda penuaan yang seringkali menjadi perhatian bagi banyak orang. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi kerutan dan menjaga kulit wajah tetap muda. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa langkah yang efektif untuk menghilangkan kerutan wajah:

1. Rutin Membersihkan dan Menjaga Kelembapan Kulit

Membersihkan wajah secara teratur adalah langkah pertama untuk menjaga kulit tetap sehat. Pilih pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda, lalu gunakan produk tersebut setiap hari. Setelah membersihkan wajah, pastikan untuk rutin mengaplikasikan pelembap sebab kelembapan wajah adalah kunci untuk menjaga kulit tetap segar dan elastis.

2. Penggunaan Krim Anti-Aging

Krim anti-penuaan atau anti-aging memiliki peran penting dalam mengurangi kerutan. Produk ini mengandung bahan-bahan seperti retinol, asam hialuronat, dan antioksidan yang membantu meningkatkan elastisitas kulit, meratakan garis-garis halus, dan merangsang produksi kolagen. Gunakan krim anti-aging sesuai petunjuk penggunaan untuk hasil yang optimal.

4. Pola Makan Sehat dan Seimbang

Meski tampaknya sepele, makanan yang Anda konsumsi pada dasarnya berperan penting dalam kesehatan kulit. Oleh karenanya, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan berlemak. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh karena dapat merusak kulit. Selain itu, jangan lupa minum banyak air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam.

5. Menggunakan Prosedur Perawatan Kulit

Jika Anda menginginkan perubahan yang lebih signifikan, pertimbangkan untuk melakukan prosedur perawatan kulit profesional. Beberapa jenis prosedur perawatan yang mungkin bisa Anda pilih antara lain peeling, filler, dermabrasi. Tentunya, pilihan treatment yang tepat perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli perawatan kulit agar sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Tips Perawatannya

Penghilangan Kerutan Wajah Menggunakan Skincare AYOM

Skincare AYOM adalah rangkaian produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk membantu Anda menghilangkan kerutan wajah dan menjaga kulit tetap sehat. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang produk skincare AYOM yang bisa membantu mengatasi kerutan:

1. AYOM Essential Serum

AYOM Essential Serum adalah produk serum wajah yang mengandung berbagai bahan alami dan aktif yang telah terbukti efektif dalam mengatasi kerutan wajah. Beberapa manfaat utama dari AYOM Essential Serum adalah peningkatan elastisitas kulit, memperbaiki kerusakan kulit, menyehatkan, serta merangsang pertumbuhan kolagen baru.  Cara penggunaan AYOM Essential Serum adalah dengan mengaplikasikannya secara merata ke seluruh wajah dan leher setelah membersihkan kulit. Gunakan produk ini dua kali sehari, pagi dan malam, untuk hasil yang optimal.

2. AYOM C Serum

AYOM C Serum adalah produk yang mengandung vitamin C, yang merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengatasi kerutan. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu merangsang produksi kolagen.  Beberapa manfaat utama dari AYOM C Serum sendiri adalah perlindungan dari radikal bebas, sinar matahari maupun sinar perangkat elektronik, kandungan berbahaya dari produk make up, dan perbaikan tekstur kulit. Penggunaan produk ini sebaiknya diikuti dengan penggunaan sunscreen agar hasilnya lebih maksimal.

3. AYOM All Purpose Sunscreen

AYOM All Purpose Sunscreen adalah tabir surya yang penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yang merupakan salah satu faktor utama penyebab kerutan. Produk ini menawarkan perlindungan UV yang kuat dengan SPF yang tinggi. Selain melindungi dari kerutan akibat paparan sinar UV, AYOM All Purpose Sunscreen juga memberikan perlindungan dari efek paparan radiasi blue light, infrared, dan polusi.  Produk ini tidak meninggalkan rasa berminyak pada kulit dan sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Cara penggunaan AYOM All Purpose Sunscreen juga mudah, Anda hanya perlu mengaplikasikannya secara merata pada wajah dan leher sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.  Dalam upaya menghilangkan kerutan wajah, tidak ada semua cara cocok untuk semua orang. Namun, dengan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor penyebab kerutan dan cara menghilangkan kerutan wajah yang telah dipaparkan di atas, Anda dapat mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan kulit.  Jangan lupa, seluruh proses di atas tentunya membutuhkan waktu dan konsistensi dalam merawat kulit serta pemilihan produk skincare yang tepat adalah kunci keberhasilan. Terlebih lagi, jika Anda mencari solusi yang lebih efektif untuk mengurangi kerutan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli JAC.  

JAC Banner

Salah satu opsi perawatan yang bisa Anda pilih untuk mengurangi kerutan di wajah adalah Combination Treatment (Ultherapy, Botox, dan Filler) yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda sehingga memberikan hasil yang natural. Melalui komitmen dan perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga kulit wajah tetap muda, segar, dan bebas dari kerutan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang treatment  dari JAC, jangan ragu untuk menghubungi tim ahli JAC. Jangan biarkan kerutan mengganggu rasa percaya diri Anda. Mulailah perawatan yang tepat hari ini untuk kulit yang sehat dan tampak lebih muda.

Sumber:

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33942051/
  • https://www.seattlefaceandskin.com/cosmetic/understanding-the-aging-face/
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah-alami/ 
  • https://www.researchgate.net/publication/360291742_Understanding_Facial_Aging_Through_Facial_Biomechanics 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.