Cara Menghilangkan Koreng yang Ampuh

Cara Menghilangkan Koreng

Bagaimana cara menghilangkan koreng? Selain jerawat, koreng juga merupakan masalah kulit lain yang dapat mengganggu rasa percaya diri. Penyebabnya paling sering adalah gatal, luka sehabis kecelakaan, alergi makanan, infeksi, dan lain-lain yang dibiarkan lama tanpa diobati. Pun setelah sembuh, koreng biasanya akan meninggalkan bekas yang sukar dihilangkan.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut ada beberapa cara menghilangkan koreng dan bekasnya dengan cepat sekaligus aman.

11 Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Dan Koreng

Seringkali, area kulit yang mengalami luka akan menghitam atau membekas setelah sembuh. Memiliki koreng atau bekas hitam ini tentu mengganggu penampilan. Tapi, jangan khawatir. Anda dapat mencoba beberapa cara alami ini untuk menghilangkan bekas luka hitam tersebut.

1. Selalu Gunakan Plester

Ternyata membiarkan luka berada di udara terbuka tidak akan membuatnya kering, tapi justru memperlama proses penyembuhannya. Malah, membiarkan luka terbuka dapat membuatnya rentan pada infeksi. Jadi, area kulit yang luka dan terdapat bekas luka koreng sebaiknya dibiarkan tetap lembap dan tertutup plester atau perban. Kondisi lembap akan merangsang sel fibrosis untuk membentuk jaringan kulit baru, menghentikan cairan yang keluar, dan membuat luka cepat kering dan sembuh. Menutup koreng dengan plester juga akan menghindarkannya dari kerubutan lalat/serangga.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah

2. Gunakan Obat yang Sesuai

Bekas luka koreng punya jenis berbeda tergantung penyebab dan kondisinya. Maka pastikan Anda memilih obat penghilang bekas luka yang paling sesuai untuk menghindari risiko makin parahnya kondisi kulit, bisa obat oles maupun obat-obatan oral. Untuk bekas koreng karena luka kecelakaan (goresan), misalnya, Anda bisa menggunakan obat totol yang mengandung povidone iodine atau antiseptik. Gunanya agar bakteri tidak berkembang biak di dalam luka, sehingga koreng cepat mengering. Khusus penggunaan salep antibiotik atau salep luka lain dengan logo K (obat keras) di kemasannya, konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

3. Jangan Digosok Keras

Hindari menggosok koreng, terutama saat mandi, agar kondisinya tidak makin parah. Agar luka tidak lecet makin luas, pastikan Anda segera mengeringkannya setelah mandi atau membersihkan diri. Sebaiknya gunakan tisu dan tap-tap dengan lembut, dan jangan digosok. Kenakan juga pakaian yang longgar dan nyaman untuk menghindari gesekan pada koreng—jika koreng terdapat di area tubuh yang tertutup pakaian.

4. Olesi dengan Madu

Jika Anda mencari cara menghilangkan bekas koreng dengan alami, madu bisa jadi pilihan yang tepat. Madu dikenal memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi, sehingga madu merupakan salah satu bahan alami penghilang bekas luka yang sangat manjur. Mengoleskan madu murni pada koreng akan membantu mengurangi bakteri di dalamnya dan mempercepat proses penyembuhan. Disarankan untuk mengoleskannya pada area kulit yang terluka atau terdapat bekas koreng. Lalu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Disarankan melakukan perawatan ini setiap hari agar bekas luka cepat memudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu

5. Gunakan Aloe Vera Gel

Selain madu, lidah buaya juga merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk membantu menghilangkan bekas luka koreng. Tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini memiliki kandungan zat analgesik, anti-peradangan, dan efek menenangkan yang bagus untuk luka terbuka, koreng, maupun memar. Caranya menggunakannya cukup mudah. Cukup belah daun lidah buaya, ambil dagingnya dan hancurkan dengan blender hingga membentuk gel. Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas koreng dan diamkan setidaknya selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Disarankan untuk menggunakan lidah buaya pada bekas luka koreng setidaknya dua kali seminggu.

6. Hindari Menggaruk atau Mengelupas Koreng

Koreng yang sudah mulai kering biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal. Sebaiknya hindari menggaruk atau mengelupas luka karena ini hanya akan menghambat proses penyembuhan luka dan jugs memunculkan bekas putih yang sukar dihilangkan. Diamkanlah area luka dan jangan menggaruknya. Rawat dengan obat atau antiseptik yang tepat dan tutuplah dengan perban atau plester agar lebih cepat sembuh. Dengan begitu, potensi munculnya bekas koeng pun berkurang secara drastis.

7. Menjaga Kebersihan Luka

Walaupun munculnya koreng menunjukkan tanda-tanda penyembuhan luka, namun area luka yang tetap lembap dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri. Infeksi tersebut dapat menghambat proses penyembuhan dan bahkan memperburuk kondisi luka yang sudah ada.

Apabila luka dan koreng terpapar oleh kotoran, segera bersihkan dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut. Gunakan kain lembut untuk menepuk-nepuk kulit hingga benar-benar kering. Hindari menggosok luka dengan handuk, karena hal tersebut dapat menyebabkan pengelupasan bekas koreng.

8. Mengoleskan Petrolleum Jelly pada Koreng

Untuk mendukung proses penyembuhan luka dan mengurangi tampilan bekas setelah koreng mengelupas, Anda dapat menggunakan petroleum jelly. Oleskan petroleum jelly setelah membersihkan dan mengeringkan luka. Penggunaan petroleum jelly dalam mengatasi koreng ini juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang mungkin timbul saat luka mulai mengering.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

9. Konsumsi Makanan yang Mempercepat Penyembuhan

Diet yang kaya akan protein, vitamin C, vitamin E, seng, dan asam lemak omega-3 dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Anda pun juga dapat mengoleskan madu yang kaya akan antioksidan ke bagian bekas luka atau koreng secara merata selama 15-30 menit. Madu dapat mencerahkan kulit dan dapat mengangkat sel kulit mati.

10. Hindari Paparan Matahari Langsung

Koreng yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat memburuk. Pastikan untuk melindungi koreng dari sinar matahari dengan menutupinya atau menggunakan krim tabir surya.

11. Gunakan Kompres Hangat atau Dingin

Cara menghilangkan koreng lainnya yaitu dengan menggunakan kompres air hangat ataupun dingin. Kompres hangat digunakan untuk memperlancar aliran darah ke daerah yang terluka dan mempercepat regenerasi kulit. Kompres dingin dangan mengurangi pembengkakan dan meredakan gatal pada koreng. Nah, jika koreng sudah betul-betul sembuh, Anda bisa menghilangkan bekasnya dengan salep khusus. Penggunaan scrub atau lulur secara rutin juga sangat efektif untuk membantu memudarkan bekas luka, lho.  Jika ingin cara yang lebih cepat dan efektif, treatment laser di klinik estetika bisa jadi pilihan yang patut dicoba.

JAC

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sunscreen (krim tabir surya) agar bekas koreng tidak mengalami hiperpigmentasi. Hindari juga faktor-faktor yang memicu timbulnya luka/koreng, terutama jika itu asalnya dari makanan. Nah, demikian beberapa cara menghilangkan koreng di kulit beserta bekasnya. Proses penyembuhan mungkin akan memakan waktu sampai berbulan-bulan. Namun, asal telaten, Anda pasti bisa sembuh, kok. Semoga bermanfaat!

Source:

  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-bekas-koreng-yang-menghitam-yang-ampuh-dan-cepat/amp
  • https://www.alodokter.com/ini-cara-menghilangkan-koreng-yang-berbekas
  • https://www.orami.co.id/magazine/amp/cara-menghilangkan-bekas-koreng-yang-menghitam/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.