Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Dagu?

Cara menghilangkan lemak di dagu

 

Saat sedang bercermin, Anda mendapati adanya lemak di bawah dagu atau yang disebut juga dengan double chin. Double chin atau dagu berlipat disebabkan adanya lemak berlebih di seluruh tubuh. Cara menghilangkan lemak di dagu yang utama adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Dengan otomatis, double chin pun akan mengecil dan lama-lama menghilang. Kemudian, untuk membuat bentuk dagu dan leher menjadi lebih indah, Anda juga perlu melatih otot di area dagu Anda.

Jangan khawatir. Sebenarnya menghilangkan double chin tidaklah susah. Dengan dedikasi dan konsistensi, Anda pasti mampu menghilangkan double chin. Berikut ini adalah penyebab dan cara-cara mudah untuk mengurangi lemak di dagu.

Penyebab Munculnya Lemak di Dagu

Sebelum mengetahui cara-caranya Anda perlu mengetahui penyebab-penybab munculnya lemak di area dagu. Berikut penyebab-penyebabnya.

1. Genetika

Kelebihan lemak yang menyebabkan adanya double chin ini sering dikaitkan dengan adanya penambahan berat badan, akan tetapi seseorang tidak harus gemuk untuk memiliki dagu berlipat. Faktor genetika bisa menjadi salah satu penyebabnya dan dapat memiliki dampak yang signifikan pada penumpukan lemak di area dagu. Jika orang tua Anda memiliki ciri ini, Anda mungkin juga memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami penumpukan lemak ganda pada daerah dagu Anda. Hal ini berarti bahwa ciri ini dapat diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga Anda.

2. Peningkatan Berat Badan

Dengan adanya peningkatan berat badan dapat mengakibatkan akumulasi lemak di berbagai bagian tubuh, termasuk pada daerah dagu. Ini berarti bahwa ketika Anda mengalami peningkatan berat badan, tubuh Anda akan menyimpan lemak tambahan di sejumlah area termasuk dagu.

3. Bertambahnya Usia

Adanya penumpukan lemak di area dagu atau yang biasa disebut dengan double chin berasal dari adanya lemak submental yang merupakan kondisi alami yang mucul seiring bertambahnya usia. Proses penuaan adalah salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi tampilan daerah dagu. Dalam hal ini, seiring bertambahnya usia, kulit di bawah dagu cenderung mengalami perubahan yang signifikan. Elastisitas kulit, yang merupakan kemampuan kulit untuk kembali ke bentuk aslinya setelah ditarik atau ditekan, secara alami berkurang seiring waktu.

4. Postur Tubuh yang Tidak Benar

Keposturan yang buruk atau tidak benar dengan seringnya membungkuk dapat membuat tulang leher tidak lurus atau bengkok akan membuat dagu tampak lebih menonjol.

7 Cara Menghilangkan Double Chin

Tidak hanya mengganggu penampilan, double chin juga bisa menurunkan kepercayaan diri. Kabar baiknya, sama seperti lemak di bagian tubuh lain, double chin juga sangat mungkin untuk dihilangkan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan lemak di dagu yang bisa Anda coba.

1. Melakukan Gerakan Olahraga Wajah

Olahraga tidak hanya bisa mengurangi lemak di area perut, tapi juga dapat membantu menghilangkan lemak di dagu. Tentu saja gerakan olahraga yang dilakukan pun berbeda. Untuk menghilangkan double chin, bentuk latihan yang dilakukan merupakan olahraga wajah. Tujuannya untuk memaksimalkan kinerja rahang dan otot-otot wajah. Nah, caranya adalah dengan melakukan berbagai gerakan khusus.

Anda bisa mencoba gerakan The Kiss, yang dimulai dengan berdiri tegak dan menengadahkan kepala ke atas. Majukan bibir seperti akan “mencium” langit dan tahan selama 10 detik. Kembalikan posisi bibir dan kepala seperti semula, lalu ulangi gerakan memajukan bibir sebanyak 10-15 kali.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba gerakan The X and O. Seperti namanya, gerakan ini cukup simpel. Gerakkanlah bibir Anda seakan sedang mengucap huruf X dan O. Dorong rahang selebar mungkin saat mengucapkan X dan O untuk memaksimalkan pergerakan otot rahang. Lakukan gerakan ini sebanyak 20-25 kali.

Lakukan kedua gerakan ini setiap hari di pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil optimal.

Baca Juga: Cara Mengurangi Lemak di Perut

 

2. Mengunyah permen karet

Bagi yang suka makan permen karet, Anda sudah selangkah lebih maju untuk menghilangkan lemak di dagu. Pasalnya, mengunyah permen karet bisa membantu mengencangkan otot-otot rahang sehingga double chin bisa berkurang. Apalagi aktivitas satu ini permen karet juga dipercaya bisa mendukung kesehatan gigi dan gusi. Walaupun begitu, usahakan untuk tidak mengunyah permen karet lebih selama lebih dari sepuluh menit dalam sehari.

 

3. Menggunakan Bahan-bahan Alami

Untuk tips satu ini, bahan-bahan alami bisa untuk dikonsumsi maupun digunakan sebagai masker. Salah satu bahan alami yang cocok dikonsumsi untuk menghilangkan lemak di dagu adalah melon. Mengandung kadar air yang tinggi, mengonsumsi melon bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh sekaligus membuat Anda merasa lebih kenyang. Bisa juga dengan mengonsumsi segelas air hangat dengan campuran perasan lemon untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan, bahan alami yang bisa digunakan untuk masker adalah putih telur. Dikenal memiliki efek yang sama seperti gliserin, putih telur bisa membantu mengencangkan kulit. Campurkan putih telur dengan jus lemon, satu sendok makan susu, madu, dan beberapa tetes minyak esensial. Campur rata, lalu aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama sekitar lima menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Memperbanyak Minum Air Mineral

Berapa banyak air mineral yang Anda minum setiap harinya? Dalam sehari, kita dianjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas air mineral. Minum air mineral dengan cukup mampu menstimulasi metabolisme tubuh untuk membakar lemak, termasuk lemak yang ada pada dagu. Apalagi air mineral juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah penuaan dini.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Adanya kenaikan berat badan terjadi dikarenakan asupan nutrisi Anda yang kurang teratur. Dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan setiap hari, dan mengurangi konsumsi makanan olahan, gorengan atau makanan yang memiliki kadar gula dan lemak tinggi. Namun ada beberapa lemak seperti asam lemak omega-3 dapat bermanfaat bagi kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan, dengan mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan secukupnya.

Baca Juga: Coba Makanan Sehat Ini untuk Kecilkan Perut Buncit pada Wanita!

6. Menjalani Slimming Program

Menghilangkan lemak di dagu memang membutuhkan proses dan waktu. Namun, Anda bisa mempercepat proses tersebut jika melakukan Slimming Program di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Menerapkan prosedur Cryolipolysis, sel lemak di bawa kulit akan dibekukan hingga mati dan luruh bersamaan dengan sistem pembuangan tubuh.

Jadi, Slimming Program di JAC pun relatif aman karena tidak memengaruhi jaringan tubuh lain. Bahkan selama prosedur berlangsung, Anda masih bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti main ponsel atau membuka laptop. Produktivitas pun tidak akan terganggu.

7. Konsiderasikan Melakukan Perawatan Kecantikan

Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan optimal Anda dapat mengkonsiderasikan perawatan kecantikan yang berofokus pada wajah Anda. Cara menghilangkan lemak di dagu berlipat dapat dilakukan dengan cara melakukan treatment wajah di Jakarta Esthetic Clinic (JAC) untuk membuat wajah, bibir, sampai dagu Anda terlihat indah dan alami.

Jangan biarkan lemak di dagu mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Lakukan berbagai cara di atas untuk menghilangkan lemak di dagu.

Sumber:

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/menghilangkan-lemak-dagu/
  • https://www.femina.co.id/seks-&-kesehatan/5-cara-menghilangkan-lemak-di-bawah-dagu
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghilangkan-double-chin/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.