Cara Menghilangkan Lemak di Perut dan Pinggang Secara Ampuh

Cara Menghilangkan Lemak di Perut dan Pinggang  

Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang? Perut dan pinggang yang bergelambir dipenuhi lemak pastinya sangat memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Penampilan pun cenderung kurang maksimal karena model baju yang bisa dipilih terbatas. Eits, tak cuma soal tampilan luar, timbunan lemak atau lemak berlebih di tubuh ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan, lho.

Ya, orang yang berbadan gemuk lebih berisiko menderita diabetes tipe 2 dan penyakit jantung dibandingkan mereka yang bertubuh ideal. Risiko penyakit akan meningkat apabila lingkar perut dan pinggang Anda melebihi 88 cm untuk wanita dan 102 cm pada pria. Tidak mau hal ini terjadi pada Anda, kan? Nah, berikut cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang yang bisa dicoba.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Dan Pinggang Yang Mudah?

Jangan sampai kelebihan lemak di area perut atau pinggang mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Jadilah lebih sehat dan tampil lebih percaya diri dengan menurunkan berat badan berlebih. Jangan khawatir, menurunkan berat badan tidak harus menyiksa kok. Berikut ini adalah cara-cara mudah dan simpel untuk membakar lemak berlebih dan mengecilkan lingkar pinggang Anda.

1. Perhatikan Asupan Kalori

Menjaga asupan kalori adalah salah satu komponen utama dalam menjaga pola makan sehat dan mengurangi berat badan. Penting bagi Anda untuk mengukur seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi dari makanan dan minuman setiap harinya. Dengan mengurangi asupan kalori secara teratur, berat badan Anda akan perlahan-lahan turun dan lemak di perut pun akan berkurang. Tidak perlu drastis. Untuk menjaga pola makan sehat, pastikan asupan kalori Anda setiap harinya berkisar antara 1.500 hingga 2.000 kalori.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Jika ingin perut Anda bebas lemak, mulai sekarang rutinkan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat akan membantu memperlambat proses pencernaan makanan, sehingga Anda merasa cepat kenyang lebih lama. Serat juga bisa mencegah tubuh menyerap lebih banyak kalori dan menurunkan lemak. Daftar makanan yang mengandung serat larut antara lain flax seeds (biji rami), mie shirataki, alpukat, polong-polongan, serta beri hitam.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Lemak trans tidak hanya menyebabkan penumpukan lemak di perut dan obesitas, tapi juga memicu berbagai penyakit seperti inflamasi, sakit jantung, dan resistensi insulin. Jadi, mulai sekarang hindari jenis makanan yang mengandung lemak trans, seperti margarin, selai, gorengan, serta makanan berkuah santan dan alkohol. Sebagai gantinya, coba konsumsilah lemak tak jenuh. Sering disebut juga sebagai lemak baik, lemak tak jenuh tidak akan membuat berat badan meningkat. Bahkan beberapa riset mengatakan bahwa lemak tak jenuh bisa membantu menghilangkan lemak perut berlebih. Sumber lemak tak jenuh yang baik adalah kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak bunga matahari, telur, dan alpukat. Baca Juga: Cara Mengurangi Lemak di Perut

4. Rajin Mengonsumsi Protein

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak di perut. Menurut studi, asupan protein dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tidak hanya demikian, protein juga mampu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar kalori dan lemak dengan lebih efektif. Tingkatkan asupan protein Anda, terutama di pagi hari agar metabolisme Anda meningkat dan Anda lebih berenergi. Cobalah makan makanan yang kaya akan protein, misalnya telur dan daging. Atau bila Anda tidak terlalu suka mengonsumsi makanan berat di pagi hari, Anda bisa coba minum susu atau minum protein shake.

5. Mengurangi Stress

Percaya atau tidak, stress ternyata berkontribusi besar terhadap menumpuknya lemak di area perut dan juga pinggang Anda, lho. Saat stress, otak akan memerintah seluruh otot tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Nah, tingginya kadar kortisol dalam tubuh berbanding lurus dengan meningkatnya nafsu makan. Akhirnya lemak pun menumpuk di daerah perut dan juga pinggang. Jadi, yuk kelola stres dengan baik. Hindari sesuatu yang dapat memicu emosi berlebihan. Meditasi, yoga, dan olahraga bisa jadi cara bagus untuk menghindari stres.

6. Konsumsi Air yang Cukup

Tanpa disadari, minuman juga berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan. Bila Anda ingin menghilangkan lemak perut, pastikan Anda memilih minuman yang tepat. Tentu saja, minuman terbaik untuk menghilangkan lemak berlebih adalah minum air. Direkomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air setiap harinya. Tapi jika Anda kurang suka minum air, Anda bisa coba meminum infused water. Selain itu, teh hijau juga sangat direkomendasikan karena dapat membantu proses metabolisme lemak. Kopi bisa membantu menghilangkan lemak perut, tapi hanya bila Anda meminum kopi hitam tanpa gula atau krimer. Anda juga direkomendasikan tidak meminum lebih dari 2 gelas kopi setiap harinya. Selanjutnya, hindari alkohol dan minuman bersoda karena bisa menyebabkan penumpukan lemak perut. Terakhir, Anda mungkin kaget, tapi Anda harus mengurangi konsumsi jus buah. Meskipun jus buah kaya akan vitamin dan mineral, tetapi kadar gulanya pun tinggi. Jadi, lebih baik memakan buah utuh dibandingkan meminum jus. Baca Juga: Cara Menghilangkan Lemak di Leher

7. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Cara menghilangkan lemak di perut selanjutnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang manis-manis. Terlalu banyak gula dalam tubuh terbukti berisiko menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta perlemakan hati. Jadi, apabila Anda termasuk orang pecinta snack, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis. Pemanis yang dimaksud bisa berupa pemanis alami (gula tambahan dan madu) maupun buatan. Jadi, batasi konsumsi gula harian Anda, ya. Kemenkes RI menganjurkan jumlah maksimal konsumsi gula adalah 50 gram atau sekitar 5-9 sendok teh per hari.

8. Istirahat yang Cukup

Tidur punya manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh dan pikiran, lho. Tidak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang sering kurangi tidur berpotensi menderita obesitas. Jadi, jangan heran kalau tidur cukup saja sudah bisa membantu Anda dalam menghilangkan lemak di perut. Durasi tidur orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 9 jam. Pastikan istirahat Anda nyenyak dan berkualitas, ya. Matikan lampu kamar dan singkirkan gadget atau sumber suara yang bisa menyebabkan insomnia.

9. Melakukan Olahraga Kardio

Apa gunanya menjaga pola makan sehat tanpa olahraga yang cukup? Olahraga berpengaruh besar pada kesehatan. Jadi, pastikan Anda rajin berolahraga agar bisa membakar kalori dan lemak perut berlebih ya! Lemak di perut serta lemak pinggang tidak akan hilang hanya dengan melakukan abs workout seperti crunch dan sit up. Sebaiknya, rutinkan olahraga kardio seperti jogging, berenang, bersepeda, lompat tali, zumba, rowing, kettlebell, dan lain sebagainya. Lakukan olahraga manapun yang paling Anda suka, sekurang-kurangnya 30 menit tiap hari. Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan

10. Lakukan Weight Training

Seringkali, wanita cenderung takut akan melakukan latihan weight training atau latihan beban karena dikawatirkan akan membuat tubuh menjadi terlalu berotot. Nyatanya, weight training justru merupakan salah satu faktor penting dalam menghilangkan lemak di perut. Jangan khawatir, olahraga ini tidak akan membuat Anda langsung terlihat seperti binaraga kok.

11. Mengurangi Asupan Garam

Mengonsumsi garam dapat menyebabkan retensi cairan dan menciptakan sensasi kembung pada perut. Sebelum membeli makanan siap saji, selalu periksa informasi nutrisi pada label untuk memastikan bahwa kandungan natriumnya tidak tinggi, mengingat makanan olahan seringkali mengandung garam, gula tambahan, dan lemak yang tidak sehat. Membakar lemak perut saja tidak cukup, Anda juga perlu membangun otot Anda supaya pinggang terlihat kencang dan ramping. Lakukan weight training berbarengan dengan diet dan kardio untuk hasil maksimal. Direkomendasikan untuk melakukan weight training setidaknya 30 menit dua kali seminggu. Itulah beberapa cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang. Alternatifnya, Anda bisa mencoba Slimming Program dari Jakarta Aesthetic Clinic.
JAC
Prosedur ini didampingi dan ditangani oleh dokter profesional. Jadi Anda tak perlu khawatir soal keamanannya. Sudah banyak klien kami yang membuktikan efektivitas treatment ini, lho. Sekarang giliran Anda. Klik di sini untuk konsultasi atau informasi lebih lengkap! Sumber:
  • https://www.healthline.com/nutrition/20-tips-to-lose-belly-fat
  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/8-ways-to-lose-belly-fat-and-live-a-healthier-life
  • https://www.byrdie.com/easy-ways-to-lose-belly-fat-4795850
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.