8 Cara Menghilangkan Lipatan Mata secara Praktis dan Efektif

cara menghilangkan lipatan mata

Seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan pada area sekitar wajah kita. Salah satunya adalah munculnya garis halus atau lipatan pada mata. Hal ini tentu cukup mengganggu penampilan dan membuat Anda nampak tua dan membuat Anda berkeinginan untuk mencari tahu bagaimana cara menghilangkan lipatan mata Anda.

Penyebab Kerutan dan Lipatan Mata

Munculnya lipatan dan kerutan di bawah mata disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebabnya:

1. Paparan Sinar Matahari

Sinar UV yang berasal dari matahari dapat menimbulkan risiko ketika tubuh terpapar secara berlebihan. Salah satu efeknya adalah munculnya kerutan di area bawah mata dan pemicu tanda-tanda penuaan lainnya.

Terkena paparan sinar UV memicu pembentukan radikal bebas dalam kulit, yang merusak serat elastin dalam kulit dan berkontribusi pada kerutan serta kanker kulit. Orang dengan kulit yang fair memiliki perlindungan yang lebih sedikit terhadap perubahan kulit yang disebabkan oleh sinar UV dan cenderung mengembangkan lebih banyak kerutan dibandingkan dengan orang dengan kulit gelap.

2. Merokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit dibandingkan dengan kondisi normal. Ini terjadi karena zat-zat beracun dalam rokok dapat secara langsung merusak elastisitas kulit, mengganggu penyimpanan kolagen, dan mengurangi aliran darah ke dalam kulit.

Kebiasaan merokok dapat menurunkan produksi kolagen alami tubuh yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu dikarenakan adanya zat beracun pada tembakau yang juga ikut mengurangi aliran darah pada tubuh serta mengurangi kelembaban pada lapisan kulit.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, kelembapan dan elastisitas kulit secara alami menurun. Berkurangnya lemak di lapisan kulit dan produksi minyak alami dapat menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi kendur, kering, berkeriput, dan bahkan muncul garis-garis serta kerutan di bawah mata.

Baca juga: Filler Kantung Mata untuk Penampilan yang Lebih Segar

Bagaimana Cara Menghilangkan Lipatan Mata Secara Alami?

Anda jangan khawatir berikut cara menghilangkan kerutan dan lipatan mata secara alami dengan mudah dan bisa Anda lakukan di rumah:

1. Menggunakan Putih Telur

Cara menghilangkan lipatan mata secara alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan masker putih telur. Putih telur tersebut dipercaya menjadi vitamin terutama untuk jenis kulit kering. Begitu juga dengan mengatasi lipatan mata maupun kerutan di kulit wajah. Khasiat masker putih telur juga mampu mengencangkan kulit kembali.

Menggunakannya juga sangatlah mudah. Anda cukup mengoleskan putih telur secukupnya di area sekitar mata. Lakukanlah perlahan agar tidak terkena pada bagian mata. Lalu, setelah dirasa cukup cucilah muka dengan air bersih dan sabun bayi. Adapun manfaat mencuci muka menggunakan sabun bayi untuk membuat wajah makin halus dan terlihat muda.

2. Menggunakan Anggur

Selain menggunakan putih telur, cara menghilangkan lipatan mata bisa menggunakan buah anggur. Anda pasti mengetahui kalau buah anggur memiliki biji yang cukup banyak.  Biji inilah yang memiliki kandungan yang baik untuk perawatan wajah dan kecantikan.

Cara menggunakannya, Anda hanya cukup menuangkan sedikit minyak biji anggur ke sebuah kapas halus. Kemudian, oleskanlah secara perlahan pada bagian sekitar mata yang memiliki lipatan berlebih. Diamkanlah selama 10 menit, dan lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air hingga wajah terlihat bersih kembali.

3. Menggunakan Es Batu

Mungkin Anda mengira es batu hanya digunakan untuk membuat minuman saja. Namun, tahukah Anda ternyata es batu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan lipatan mata. Es batu ini mampu menyamarkan lipatan tersebut. Akan tetapi, Anda jangan meletakkannya secara langsung. Gunakanlah handuk bersih untuk membalut es tersebut lalu letakkan pada bagian area lipatan mata.

Baca juga: 5 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kantung Mata

4. Lakukan Olahraga

Berolahraga tidak hanya menjadikan tubuh kita menjadi sehat saja. Di sisi lain, olahraga berperan penting untuk menjaga tubuh dari kerutan. Dengan membiarkan tubuh Anda bergerak, hal ini sebenarnya akan meningkatkan potensi kerutan.

Lakukanlah olahraga secara rutin dan rasakan manfaatnya selama beberapa saat. Olahraga juga membuat Anda lebih ceria sehingga wajah pun nampak berseri dan lipatan mata dapat tersamarkan.

5. Konsumsi Jus Mentimun dan Jus Nanas

Sejak dulu mentimun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit karena kaya akan vitamin. Selain meletakkannya langsung pada area sekitar mata, cara lain yang bisa Anda terapkan adalah mengonsumsinya langsung dengan cara dijus.

Jus lainnya yang patut untuk dikonsumsi adalah jus nanas. Nanas memiliki kandungan alpha hyroxy dan bermanfaat mengurangi atau mengatasi kerutan di kulit. Sama halnya dengan mentimun, cara menghilangkan lipatan mata dengan jus nanas kamu cukup mengoleskannya ke area mata tersebut dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: 5 Cara Alami Untuk Mengilangkan Flek Hitam di Pipi

6. Menggunakan Tomat

Pun demikian dengan tomat yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut mampu melindungi kulit secara maksimal. Menggunakannya sebagai perawatan kulit alami pun juga sangat mudah. Anda cukup mengirisnya menjadi dua bagian tipis, lalu oleskan madu pada bagian atasnya. Lalu, tempelkan pada bagian lipatan mata selama beberapa menit.

7. Menggunakan Produk Anti-Aging

Beberapa produk perawatan kulit anti-penuaan dapat mengurangi kulit yang kendur akibat proses penuaan. Pilihan produk yang mengandung retinol dan bakuchiol dapat menjadi solusi.

Retinol memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, sehingga meningkatkan kekencangan kulit kelopak mata bagian atas. Bahan aktif ini juga berperan dalam mengurangi kehilangan air dan kolagen pada kulit, yang dapat terjadi pada kulit kering dan menyebabkan kehilangan kekencangan kulit.

Selain itu, produk yang memiliki kandungan bakuchiol dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit kelopak mata dari paparan radikal bebas, yang merupakan penyebab kulit yang kendur. Bakuchiol juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekencangan kulit kelopak mata atas.

8. Minyak Zaitun

Salah satu cara untuk mengurangi garis halus di bawah mata adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengaplikasikan minyak zaitun di sekitar area mata juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit tersebut.

JAC-Face-Procedure-scaled

Cara menghilangkan lipatan mata tidak cukup dengan hal di atas saja. Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk melakukan perawatan wajah secara teratur di klinik kecantikan terpercaya. Di Jakarta, salah satu klinik kecantikan yang bisa Anda pilih adalah Jakarta Aesthetic Clinic. Dengan layanan dan tim ahli berpengalaman, Anda dapat melakukan perawatan wajah dengan aman dan nyaman.

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.