Inilah 11 Cara Menghilangkan Scar di Wajah secara Ampuh

Memiliki bopeng bekas jerawat di wajah tentu saja sangat menganggu penampilan bagi sebagian orang. Apakah Anda salah satu di antaranya dan bingung cara mengatasinya? Sebenarnya ada beragam treatment yang dapat Anda tempuh untuk menghilangkan scar di wajah, baik secara menggunakan bahan alami maupun tindakan medis.

Beberapa orang yang memiliki bopeng di wajah memang menganggap hal tersebut sebagai tanda menerima diri. Namun, sebagian besar lainnya berharap bisa menghilangkannya karena cukup mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Bagi Anda yang sudah berjuang menutupi scar di wajah dengan make up, sekarang saatnya untuk mencoba dan mengetahui cara menghilangkan scar di wajah dalam artikel ini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir agar mendapat seluruh informasinya.

Apakah Bopeng di Wajah Bisa Hilang?

Apakah Bopeng di Wajah Bisa Hilang?

Sebelum mempelajari cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana bopeng atau scar bisa muncul. Pada dasarnya, scar hadir sebagai langkah proses penyembuhan alami dari sebuah cedera atau luka yang ada di wajah.

Saat lapisan kulit mengalami kerusakan, maka tubuh akan bereaksi dengan membentuk serat kolagen yang bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Pada akhirnya, serat tersebut menjadi scar yang muncul pada wajah Anda. Timbul atau tidaknya bekas luka pada wajah didasarkan pada keparahan dan kerusakan kulit.

Saat hal ini terjadi, mungkin ada banyak orang yang berpikir bahwa scar atau bekas luka tidak bisa dihilangkan. Padahal, terdapat beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat tersebut baik secara mandiri maupun dengan penanganan dokter.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dalam Waktu Singkat

11 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat (Scar) di Wajah

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah

Tidak seluruh prosedur mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah secara keseluruhan dan instan. Beberapa di antaranya hanya mampu membantu menyamarkan bekas lukanya. Hal ini juga tergantung pada jenis bopeng, seberapa parah luka dan bekas yang ditinggalkan.

Untuk itu perlu Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit ahli agar mengetahui seberapa parah tingkat kerusakan kulit Anda. Berikut ini merupakan beberapa prosedur atau cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah yang layak Anda coba:

1. Produk Gel

Menggunakan Produk Gel untuk Menghilangkan Scar

Saat ini, beberapa produk gel yang dijual umum masih menjadi cara rumahan yang cukup ampuh untuk menyembuhkan kulit dengan bekas luka. Produk dengan tekstur gel memang dirancang khusus untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meratakan scar.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya membutuhkan perawatan yang perlu mengaplikasikan gel ke area bekas luka setiap hari secara rutin. Biasanya, hasilnya akan muncul setelah pemakaian 3 bulan. Namun tentu saja hal ini bergantung pada bekas luka, beberapa orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Produk Minyak 

Produk Minyak

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 silam, hasil menunjukkan bahwa minyak kelapa cukup efektif untuk penyembuhan luka bekas jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan minyak kelapa dipercaya mampu mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam kulit, dan terdapat anti bakteri serta antioksidan di dalamnya.

Caranya, cukup panaskan beberapa sendok minyak kelapa dan oleskan pada scar sambil dipijat selama 10 menit. Diamkan minyak kelapa selama 1 jam dan biarkan untuk menyerap terlebih dahulu. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Chemical Peeling

Chemical Peeling

Pada jenis bekas luka atau scar yang ringan seperti bekas luka akibat jerawat, menggunakan produk skincare berupa chemical peels dapat menjadi solusinya. Chemical peeling dipercaya mampu meningkatkan proses pergantian sel kulit mati dan membuat kulit menjadi tampak lebih halus. Hal ini akan membantu meratakan tekstur wajah yang bermasalah.

Efek samping dari prosedur chemical peeling adalah kulit menjadi lebih sensitif, apalagi saat terkena sinar matahari. Sebab itu, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari agar melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Sebenarnya, penggunaan sunscreen penting untuk dilakukan setiap hari sekali pun Anda tidak melakukan metode peeling.

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Chemical Peeling yang Wajib Diketahui

4. Dermabrasi

Dermabrasi adalah salah satu jenis prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Metode ini melibatkan penggunaan alat berputar yang memiliki permukaan berlian atau kristal untuk mengikis lapisan kulit terluar yang rusak atau mati.

Dalam prosedur dermabrasi, dokter ahli akan menggosokkan alat tersebut pada kulit yang telah dibersihkan dan diberi sedatif lokal atau anestesi. Alat Dermabrasi ini akan mengikis lapisan kulit terluar dan merangsang regenerasi pertumbuhan sel-sel baru di bawahnya, sehingga kulit baru dapat tumbuh dengan lebih halus dan bersih.

5. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah terapi menggunakan kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasan adalah kulit lapisan luar atau epidermis. Mikrodermabrasi cukup populer dan relatif aman untuk mengatasi gangguan kulit, seperti mengatasi pori-pori besar, mengurangi kerutan, mengangkat sel kulit mati dan flek, serta menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Hasil dari mikrodermabrasi bervariasi antara satu orang dengan lainnya. Pastikan kamu berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mengetahui apakah prosedur menghilangkan bopeng dengan cara ini cocok untukmu atau tidak.

6. Derma Filler

Berikutnya yang mungkin cocok bagi Anda adalah Metode Derma Filler yang merupakan salah satu opsi perawatan medis yang membantu mengatasi bekas jerawat pada kulit. Metode ini melibatkan injeksi sejumlah bahan kimia pengisi seperti asam hialuronat, kolagen, dan poli-L-laktat ke dalam bekas jerawat.

Filler untuk bekas jerawat dapat memberikan hasil yang instan dan tahan lama, tetapi perlu diingat bahwa hasil yang diperoleh dapat bervariasi tergantung pada lokasi bekas jerawat dan jenis kulit Anda.

Perlu diketahui bahwa metode ini membawa efek samping seperti kemerahan, bengkak, dan memar pada area yang diinjeksi. Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), efek filler kulit bersifat sementara saja. Biasanya hanya bertahan 6 bulan hingga 1 tahun. Penting untuk memilih dokter yang berpengalaman dan terlatih dalam melakukan filler untuk bekas jerawat.

7. Laser

Pada dasarnya, laser resurfacing (terapi laser) sama seperti dermabrasi dan chemical peeling, yaitu untuk menghilangkan lapisan epidermis dan mengencangkan lapisan tengah kulit. Kelebihan terapi laser dibanding metode keduanya adalah bisa dibilang cara yang cepat dan efektif untuk mengobati bopeng bekas jerawat.

Adapun prinsip kerja metode laser adalah dengan “menghancurkan” lapisan kulit paling luar dengan menggunakan bantuan laser. Cahaya laser akan menembus kulit dan setelah sampai di dalam jaringan kulit, sinarnya akan merangsang produksi kolagen serta sel pembaruan.

8. Microneedling

Microneedling adalah salah satu opsi perawatan medis yang dapat Anda coba untuk mengatasi bopeng bekas jerawat pada kulit Anda . Pada prosedur ini, dokter kulit menggunakan alat khusus bernama dermapen atau rol mikro dengan jarum-jarum kecil untuk membuat luka-luka mikro di permukaan kulit yang terkena bekas jerawat.

Kemudian luka-luka ini akan merangsang produksi kolagen dan elastin yang membantu memperbaiki dan menghaluskan permukaan kulit yang rusak.

Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar 30-60 menit tergantung pada luas area yang dirawat. Sebelum melakukan prosedur, area yang akan dirawat akan dibersihkan dan diberi obat bius topikal untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Setelah prosedur microneedling, kulit Anda mungkin akan terlihat kemerahan dan terasa sedikit sakit selama beberapa hari. Namun, efek samping tersebut akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Setelah beberapa minggu, kulit Anda akan terlihat lebih halus dan bekas jerawat akan menjadi lebih pudar.

9. Punch Excision

Perawatan ini menggunakan metode untuk mengatasi bekas bopeng akibat jerawat dengan menggunakan alat yang disebut punch. Alat tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bekas bopeng atau luka yang akan dihilangkan.

Meskipun merupakan metode yang efektif untuk menghilangkan bopeng di wajah, proses ini dapat meninggalkan sedikit bekas luka pada kulit. Selain itu, tidak ada efek samping lain yang signifikan.

10. Pijat wajah

Pijat wajah tidak secara langsung juga menjadi salah satu cara menghilangkan bekas bopeng jerawat yang dapat dilakukan. Tetapi, hal ini dapat menjadi pelengkap untuk terapi atau perawatan lain yang telah Anda gunakan.

Pijat wajah dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi kulit, dan membantu mengeluarkan racun dari kulit. Akibatnya, Anda mungkin melihat peningkatan secara keseluruhan pada tekstur dan warna kulit.

11. Menggunakan Lidah Buaya

Selain melakukan pijatan pada wajah, metode alami lain yang bisa dicoba untuk mengatasi bopeng bekas jerawat adalah menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa asam salisilat yang dapat membersihkan sel-sel kulit mati di dalam pori-pori, membantu mengurangi tampilan bopeng bekas jerawat. Gel lidah buaya juga mengandung polisakarida dan sterol yang dapat menjaga kelembapan alami kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih dan sehat. Selain itu lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit dan mengurangi tampilan bopeng bekas jerawat. Selain itu, lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati jerawat yang meradang.

Baca juga: Perbedaan Filler dan Tanam Benang, Mana yang Lebih Aman?

Konsultasikan Segera Masalah Kulit Anda bersama JAC

Konsultasi dan Perawatan Dokter untuk Hilangkan Scar di Wajah

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman dalam melakukan berbagai prosedur medis tersebut di atas dan memilih jenis treatment yang tepat untuk kondisi kulit Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan perawatan kulit pasca-prosedur untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan

Cara menghilangkan bopeng di wajah yang paling tepat dan efektif adalah konsultasi dan perawatan langsung ke dokter ahli. Ada berbagai treatment yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah seperti injeksi steroid, prosedur laser, filler wajah, hingga operasi.

Selain itu, beberapa krim khusus yang diracik dengan dosis yang tepat juga bisa didapatkan melalui konsultasi dengan dokter ahli. Karena kandungan seperti dosis retinoid yang tinggi harus digunakan di bawah pengawasan dokter.

Melalui Baby Skin Treatment, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sempurna. Tak hanya menghilangkan scar, treatment JAC yang satu ini mampu merawat kulit menjadi lebih sehat, memudarkan bekas jerawat dan flek hitam, serta mengecilkan pori-pori.

Perlu Anda sadari seiring bertambahnya usia, kulit wajah juga akan kehilangan kemampuan untuk menjaganya tetap sehat secara maksimal. Oleh karenanya, merawat kulit dengan arahan dokter ahli dan tersertifikasi dari JAC tentunya akan mengembalikan kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai permasalahan dengan cepat, tepat, dan aman.

Berminat untuk mencoba cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah dengan treatment dari JAC? Jangan ragu memilih JAC karena telah terbukti kualitasnya dengan memenangkan lima penghargaan Internasional sekaligus dari 7th Golden Record Award by Merz Aesthetics.

Hubungi JAC sekarang juga dan konsultasikan kondisi kulit wajah Anda dengan tim profesional. Bersama JAC, mari ciptakan kulit cantik, sehat, dan sempurna sekarang juga.

JAC Banner

Sumber rujukan:

  • https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars
  • https://www.nhs.uk/conditions/scars/treatment/
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#natural-remedies
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-11-cara-ampuh-menghilangkan-bopeng-di-wajah
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.