7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha dan Faktor Penyebabnya

Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

Ingin tahu cara menghilangkan selulit pada paha secara efektif? Artikel ini akan membahas berbagai metode yang terbukti ampuh untuk mengatasi selulit, mulai dari perawatan di rumah hingga prosedur profesional. Temukan solusi terbaik yang bisa membantu Anda mendapatkan kulit paha yang halus dan bebas dari selulit, sehingga Anda bisa tampil lebih percaya diri!

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Dagu

Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Mudah

Munculya selulit di paha pastinya mengganggu penampilan Anda apabila ingin mengenakan celana pendek. Secara ilmiah, masalah selulit ini biasanya muncul karena sel-sel lemak yang ada di tubuh.

Karena itu, cara menghilangkan selulit pada paha yang lazim disarankan adalah berolahraga. Ada juga yang menggunakan krim perawatan untuk menghilangkan selulit di tubuh. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mengatasi selulit di paha beserta penjelasan medisnya:

1. Menggunakan Body Care Anti Selulit

Sejatinya, penggunaan body care tidak bisa menghilangkan selulit dalam semalam, tapi bisa membuat paha lebih mulus dan kencang. Sudah banyak body care untuk menghilangkan selulit yang dijual, tapi disarankan untuk memilih yang varian kopi.

Kandungan kopi sangat ampuh untuk membatasi gerakan pada pembuluh darah, sehingga sel lemak bisa menciut. Selalu ingat, hasil yang diharapkan tidak permanen, jadi gunakan secara rutin. 

2. Melakukan Dry-Brushing

Cara menghilangkan selulit pada paha juga bisa dilakukan dengan menggosok bagian paha menggunakan body brush, kemudian memijatnya. Cara ini bisa juga dilakukan saat mengaplikasikan coffee scrub di bagian paha saat melakukan eksfoliasi, asalkan jangan setiap hari.

Menyikat dan memijat paha setiap hari bisa menghilangkan racun yang menumpuk di lapisan lemak dan akhirnya membentuk selulit. Metode dry-brushing ini harus dilakukan sebelum mandi, dan jangan lupa mengaplikasikan krim atau lotion agar kulit tetap mulus. 

Baca juga: Ketahui Cara Menghilangkan Lemak di Paha Agar Tampil Percaya Diri

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan yang bergizi dan sehat setidaknya bisa menghilangkan lemak yang bisa memunculkan selulit di permukaan kulit. Meskipun pola makan kita tidak mempengaruhi pertumbuhan selulit, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang lebih bergizi.

Untuk menghilangkan selulit secara alami, perhatikan asupan natrium, dan konsumsi makanan yang mengandung serat dan biji-bijian, seperti sereal gandum. Kandungan gizi tersebut setidaknya menghilangkan racun yang menumpuk di bagian usus.

4. Minum Air yang Banyak

Tips sehat yang klasik ini ternyata menjadi salah satu cara menghilangkan selulit pada paha. Perlu diketahui, selulit bisa muncul lebih sering kalau kita kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga selulit sering muncul. Karena itu, minum air putih sangat berguna untuk mengurangi munculnya selulit.

5. Berolahraga secara Teratur

Selulit muncuk dikarenakan adanya penumpukan lemak yang mana dapat diatasi dengan olahraga yang teratur. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda juga bisa menyamarkan selulit pada paha dengan workout di rumah atau sekedar jogging. Hitung-hitung, munculnya selulit bisa memotivasi Anda untuk berolahraga lebih sering, bukan?

Meskipun begitu, selulit bisa saja muncul karena faktor genetik, tidak peduli seberapa sering Anda berolahraga. Setidaknya, olahraga bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada paha, sehingga selulit hilang dan badan pun lebih ramping.

Untuk menghilangkan selulit pada paha, Anda juga dapat melakukan latihan kardio dan latihan mengangkat beban di keesoka harinya. Latihan karido berfungsi untuk membakar lemak, sedangkan mengangkat beban untuk menjaga dan mengencangkan kulit dan otot di area tubuh tertentu.

6. Menggunakan Krim

Mengutip laman dari American Academy of Dermatology, menyebutkan bahwa produk krim yang mengandung kafein dapat membantu mengurangi selulit. Pasalnya, produk yang mengandung kafein dapat mengeringkan sel yang membuat selulit tidak terlalu terlihat. Meski begitu, Anda harus menggunakan krim setiap hari sesuai aturan agar hasilnya optimal.

Selain kafein, krim yang mengandung 0,3% retinol mungkin juga memiliki efek yang tidak jauh berbeda. Retinol dapat membantu menebalkan kulit sehingga jumlah selulit pun berkurang.

7. Terapi Gelombang Akustik

Ada terapi gelombang akustik (acoustic wave therapy) yang dapat membantu mengurangi selulit. Pada saat terapi ini dilakukan, dokter kulit atau ahli kecantikan akan mengoleskan gel pada kulit yang mengalami selulit.

Setelah itu, mereka akan menggunakan transduser sebagai alat untuk mengirimkan gelombang suara ke tubuh untuk memecah selulit. Metode ini mungkin memerlukan beberapa sesi sebelum jumlah selulit benar-benar terlihat berkurang.

Baca juga: Panduan Terbaik untuk Mengecilkan Lengan Atas

Penyebab Umum Selulit di Paha

Selulit di paha adalah kondisi umum yang dialami banyak orang, dan beberapa faktor dapat berkontribusi terhadap kemunculannya. Berikut adalah beberapa penyebab utama selulit di paha:

1. Genetika

Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan apakah seseorang akan memiliki selulit. Jika orang tua atau keluarga dekat memiliki selulit, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.

2. Perubahan Hormon

Hormon seperti estrogen, insulin, noradrenalin, hormon tiroid, dan prolaktin dapat memengaruhi perkembangan selulit. Ketidakseimbangan hormon ini sering terjadi selama pubertas, kehamilan, menopause, atau penggunaan pil KB.

3. Gaya Hidup Sedentari

Kurang aktivitas fisik dan gaya hidup yang tidak aktif dapat memperburuk selulit. Olahraga teratur membantu menjaga sirkulasi darah yang sehat dan mengurangi penumpukan lemak di bawah kulit. Selain itu, selalu terapkan pola hidup sehat agar menurunkan risiko selulit.

4. Perubahan Berat Badan

Fluktuasi berat badan yang signifikan, baik naik maupun turun, dapat menyebabkan munculnya selulit. Perubahan berat badan yang cepat dapat merusak jaringan ikat di bawah kulit.

5. Kelebihan Lemak Tubuh

Meskipun selulit dapat muncul pada orang dengan berbagai bentuk tubuh, kelebihan lemak tubuh dapat meningkatkan risiko dan keparahan selulit. Selulit terjadi ketika lemak didorong melalui lapisan kolagen yang lemah atau tidak rata di bawah kulit.

Dengan memahami penyebab selulit di paha, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang lebih efektif untuk mengurangi tampilan selulit dan menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Agar Tampil Percaya Diri

Segera Konsultasikan Masalah Selulit Anda bersama Dokter Kulit JAC

Sebenarnya berbagai cara di atas hanya bisa menghilangkan selulit secara sementara. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menghilangkan area selulit Anda secara permanen, maka diperlukan tindakan medis profesional.

Untuk itu, Anda bisa menghubungi dokter kulit seperti Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) apabila ingin menghilangkan selulit secara permanen.

JAC

Berbekal pengalaman dibidang estetika, Tim dokter ahli Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) mampu menganalisa dengan tepat, sehingga rekomendasi yang diberikan lebih spesifik, sesuai, dan tepat sasaran untuk setiap pasien dan mampu memberikan hasil yang maksimal pada kulit tubuh dan wajah.

Skin Tightening Program sangat disarankan apabila Anda ingin menghilangkan selulit secara permanen. Di sini, kami melakukan perawatan pada seluruh tubuh sehingga kulit terlihat lebih kencang tanpa selulit.

Dengan menggunakan teknologi Gelombang Akustik, secara cepat mampu mengurangi tampilan selulit dan stretch-marks, terbaik dikelasnya. Menyenangkan rasanya dapat memiliki kembali kulit yang mulus, kontur tubuh yang kencang dengan sirkulasi darah yang baik.

Cara menghilangkan selulit pada paha di atas bisa dilakukan di rumah, dan Anda pun bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk masalah ini. Langkah mana yang Anda pilih?

Sumber rujukan:

  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/cara-menghilangkan-selulit/
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/selulit#:~:text=Penyebab%20Selulit,dapat%20mengimbangi%20peregangan%20kulit%20tersebut.
  • https://www.aad.org/public/cosmetic/fat-removal/cellulite-treatments-what-really-works
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.